Laduni - Layanan Digital untuk Nahdliyin NU

Artikel

 

Dayah Sekolah bagi Masyarakat

Asisten guru dipilih dari murid, mereka bekerja secara sukarela tanpa bayaran. Mengajar kawan sebaya mereka adalah salah satu proses yang dilalui ketika belajar di dayah, dan kegiatan ini dipandang sebagai ibadah. Keadaan inilah yang menjadikan agak mudah bagi masyarakat untuk memperoleh kesempatan belajar.

Dayah Mendidik dan Melahirkan Ulama serta Generasi Ikhlas

Sebagai agen pembangunan, lulusan dayah nampaknya memainkan peran intelektual yang telah membawa ide-ide segar kepada masyarakat. Dengan Islam, mereka membentuk tali persaudaraan di kalangan masyarakat Aceh, yang berlandaskan pada konsep persamaan manusia dalam agama, yang dalam masyarakat mereka menemukan adanya pikiran memandang rendah satu sama lain.

Lulusan Dayah Menjadi Kiblat dan Teladan Masyarakat

Lulusan dayah telah menunjukkan bahwa mereka memiliki perhatian yang besar terhadap masyarakat dan berbagai kepentingan. Hal ini berdasarkan kenyataan bahwa selama meudagang di dayah, mereka melewati pengalaman baru yang berbeda dengan pengalaman mereka selama berada di kampung halaman. 

Dayah Agen Pembangunan

Beberapa dayah mencoba untuk mengajarkan berbagai ke- ahlian  bagi  murid  mereka.  Bagaimanapun,  inisiatif  ini  masih berada pada tahap terbatas. Beberapa program tidak diatur dengan baik, bahkan rada insidental, dan jenis keahlian yang dilatih pun masih tergantung pada tenaga pengajar yang tersedia.

Penyakit itu Bernama Hoax

Hoax menurut wikipedia adalah :”Sebuah pemberitaan palsu adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut palsu.