Laduni - Layanan Digital untuk Nahdliyin NU

Jenazah & Makam

 

Beginilah Tata Cara Mengubur Jenazah Sesuai Hukum Islam

Kematian adalah hal yang akan menghampiri semua orang. Ia tidak mengenal usia ataupun waktu. Kapan dan dimana saja kematian bisa datang menghampiri seseorang.

Tata Cara Memandikan Jenazah

Ada empat kewajiban yang mesti dilakukan oleh orang yang masih hidup terhadap orang yang meninggal atau mayit diantaranya memandikan, mengafani, menshalati, dan mengubur.

Tata Cara Sholat Jenazah

Menshalati adalah salah satu kewajiban kifayah selain memandikan jenazah, mengafani, dan terakhir menguburnya. Secara teknis taa cara shalat jenazah berbeda dari tata cara shalat pada umumnya, lantaran tak menggunakan gerakan ruku’, i’tidal, dan sujud.

Ustadz Ma'ruf Khozin : Pahala Qur'an Untuk Mayit Menurut Imam Syafi'i dan Madzhab Syafi'i

Masalah kirim pahala bacaan Al-Qur'an untuk orang yang sudah wafat terus menjadi alat bagi kelompok tertentu untuk menyerang Madzhab Syafi'i. Sebab mereka menemukan pendapat Imam Asy-Syafi'i yang menyatakan tidak sampai, sementara dari pengikut madzhab Syafi'i ada yang mengatakan tidak sampai dan ada yang mengatakan sampai, tetap bersumber dari pendapat Imam Asy-Syafi'i. Mana buktinya?

Ustadz Ma'ruf Khozin : Pahala Ikut Menyalatkan Jenazah

Di masjid Nabawi ini, juga di Masjidil Haram, setiap selesai shalat 5 waktu hampir pasti ada shalat jenazah. Apa keutamaan bagi kita yang selalu ikut? Manfaat dan pahalanya adalah kita akan mendapatkan syafaat Rasulullah shalallahu alaihi wasallam, seperti dalam hadis sahih berikut: