A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/Pages.php

Line Number: 56

Backtrace:

File: /var/www/dev.laduni.id/public_html/vendor/smarty/smarty/libs/sysplugins/smarty_internal_errorhandler.php
Line: 106
Function: _error_handler

File: /var/www/dev.laduni.id/public_html/app/modules/pages/controllers/Pages.php
Line: 56
Function: mutingErrorHandler

File: /var/www/dev.laduni.id/public_html/index.php
Line: 334
Function: require_once

Kolom › Laduni - Layanan Digital untuk Nahdliyin NU

Laduni - Layanan Digital untuk Nahdliyin NU

Kolom

 

Golput Takfiri

Seorang pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya biasanya disebut golongan putih (golput). Golput sendiri sebenarnya pilihan.  Beberapa hal yang membuat seseorang memilih golput. Ada karena skeptis lalu apatis melihat realitas politik. Sebagian karena merasa semua calon yang ikut kontestasi pemilu tidak sesuai dengan aspirasinya.

Memeriksa Twet MS Kaban: Cheng Ho Jajah Nusantara?

Cheng Ho pernah bawa puluhan kapal lengkap dgn pasukan utk serang Majapahit krn tdk mau tunduk bayar upeti pada kaisar China.

Iman-Islam, Antara Dimensi Lahir dan Batin

Banyak hal dalam hidup yang tidak bisa dijangkau dengan indera dan nalar kita. Bahkan kita tidak tahu jumlah rambut di kepala kita, jumlah bulu di sekujur organ tubuh kita. Bahkan kita tidak tahu apa yang akan terjadi di hari esok. Bahkan kita tahu isi hati isteri atau suami kita. Bahkan kita tidak tahu isi hati kita sendiri. Manusia serba misteri. Alexis Carrel menulis buku Man: The Known.

Menghadapi Para Perusak Agama

Setiap agama yang benar mengajarkan kedamaian, “Ad Din As Salaam” , setiap orang yang beragama dengan benar pastilah ingin mencari hidup dengan penuh  keselamatan, ketentraman, kebahagiaan, bukan kegaduhan sosial.

Khutbah Jumat dan Narasi Politik

Akhir-akhir ini hampir semua ruang dan waktu diisi dengan perbincangan politik. Baik berupa ruang faktual seperti warung kopi, kantor, ruang keluarga dan tempat vital umum lainnya seakan tidak dapat menghindar dari perbincangan beraroma politik. Begitu juga ruang virtual, seperti laman media sosial,