Makanan dan Minuman

 

Makan Sambil Bicara Itu Sunnah, Ini Dalilnya

Berdasarkan dalil di atas maka baiknya pembicaraan diucap pada saat ini. Kapan itu?

Hukum dan Tahapan Makan Menurut Syaikh Nawawi Al Bantani

Syaikh Nawawi Banten dalam kitab Maraqil ‘Ubudiyyah, sebagaimana yang beliau kutip dari Mandzumah Ibni Ma’ad, menjelaskan bahwa aktivitas makan yang dilakukan manusia memiliki tujuh tahapan dan kesemuanya memiliki hukum masing-masing.

Adab Makan dan Minum Dalam Islam Beserta Dalilnya

Islam sangat peduli dengan semua aktivitas manusia, mulai dari hal kecil sampai hal yang besar. Maka dari itu sebagai muslim yang baik, kita harus benar-benar menjaga aktivitas keseharian mulai dari yang sepele, salah satunya adalah makan dan minum.

Hukum Makan Sambil Berbicara

Banyak yang menyangka bahwa saat makan hendaklah utamanya sambil diam tak sambil mengobrol. Tuntunan ini sama sekali tak ada dalam sunnah.

Memakan Sisa Makanan Orang lain Kelak tidak Dihisap

Nabi SAW bersabda : "Malaikat senantiasa bersholawat kepada salah seorang di antara kalian selama suguhan makanan masih diletakkan di hadapannya hingga diangkat "

Hukum Makan Hingga Kekenyangan

"Makan dan minumlah kalian, namun jangan berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang suka bersikap berlebihan."  (QS. al-A’raf: 31). 

Etika Sebelum dan Sesudah Makan Minum

Orang Muslim melihat makanan dan minuman itu sebagai sarana, dan bukan tujuan. Ia makan dan minum untuk menjaga kesehatan badannya karena dengan badan yang sehat, ia bisa beribadah kepada Allah Ta’ala dengan maksimal.

Inilah Manfaat Mengunyah Makanan Sampai Halus

Saat makan, mengunyah menjadi hal yang penting. Memang banyak orang yang kurang memperhatikan hal ini. Sebenarnya mengunyah dengan baik sangat membantu pencernaan.

Benarkah Menambahkan Ar-Rahmaan dan Ar-Rahiim dalam Bertasmiyah Sebelum Makan, Bid’ah?

Pernyataan tersebut berisi larangan menambahkan kata Ar-Rahman dan Ar-Rahim dalam bacaan Bismillah sebelum makan yang dianggap bid’ah oleh sebagian orang.

Cara Minum Sehat Rasulullah SAW yang Bisa Cegah Kemaksiatan

Sebagai umat Muslim, segala sesuatu yang kita lakukan selalu memiliki tuntunan dalam mengerjakannya, baik itu melalui sunnah nabi ataupun perintah langsung yang Allah sampaikan. Seluruh kegiatan yang kita lakukan memiliki tuntunan, agar apa yang kita kerjakan mendapat suatu keberkahan dari Allah SWT, termasuk dalam hal makan dan minum.

Menampilkan 1 - 10 dari 128 Makanan dan Minuman