Hukum Memakai Bulu Mata Palsu dalam Islam

Dalam Islam, secara jelas bahwa mengubah ciptaan Allah hukumnya haram. Dan memakai bulu mata palsu menurut sebagian ulama termasuk dalam kategori mengubah ciptaan Allah.

Penjelasan Hadis “Jauhi Perempuan Cantik yang Tumbuh di Tempat Buruk”

Sebuah hadis dari Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wa Sallama akan perintah menjauhi perempuan cantik yang tumbuh di tempat yang buruk.

Fatwa - Fatwa Penting Tentang Poligami

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menikah lebih dari seorang wanita.  Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu…”  [Al-Ahzaab/: 21].

Keistimewaan Wanita Dalam Islam

LADUNI.ID, Jakarta – Dalam islam setiap muslimah memilki banyak keistimewaan. Sebagai seorang perempuan, istri, dan ibu, seorang muslimah sangat dimuliakan dalam kehidupan.

Pertengkaran yang Harus Dihindari oleh Wanita Berumah Tangga

Pertengkaran dalam rumah tangga, hampir pernah terjadi dalam semua keluarga. Tak terkecuali keluarga yang anggotanya orang baik sekalipun. Dulu keluarga Ali bin Abi Thalib dan Fatimah radhiyallahu ‘anhuma, juga pernah mengalami semacam ini.

Seorang Ibu Berjuang Mencari Keberadaan Sang Anak Hingga Meninggal Dunia

Dan ibunya bernadzar tidak akan berbicara kecuali dengan ayat-ayat al-qur'an. Kemudian aku melihat mereka menangis,maka bertanya kepada mereka.  Mereka menerangkan bahwa ibu mereka dalam keadaan sakarotul  maut,Kemudian aku masuk dan menanyakan perihal wanita itu.

Agar Suami Tambah Cinta, Seorang Istri Harus Perhatikan Hal Ini

Seyogyanya (sunah) seorang istri mengetahui dan menempatkan dirinya  seperti seorang Amat (hamba sahaya perempuan) terhadap suaminya,atau  seperti tawanan dalam kekuasaan seseorang). Ia (istri) tidak  diperbolehkan menafkahkan harta suaminya tanpa seizinnya.

Perilaku yang Harus Dilakukan Seorang Istri terhadap Suaminya

Seyogyanya (sunah) seorang istri mengetahui dan menempatkan dirinya  seperti seorang Amat (hamba sahaya perempuan) terhadap suaminya,atau  seperti tawanan dalam kekuasaan seseorang). Ia (istri) tidak  diperbolehkan menafkahkan harta suaminya tanpa seizinnya.

Seorang Istri Bisa Berjihad Kapanpun Ia Mau

Maka Rosulullah menjawab : "Sampaikanlah perkataanku kepada mereka,Bahwa  sesungguhnya taat kepada suami dan mengakui hak-haknya itu dapat  mengimbangi/menyamai ganjaran jihadnya para suami. Dan hanya sedikit dari  kalian yang mengerjakannya (taat dan mengakui hak suami).

Inilah Keunggulan Lelaki yang Perlu Diketahui Para Wanita

Ulama ahli tafsir mengatakan: keunggulan laki-laki  atas wanita bisa dilihat dari banyak sisi,baik secara hakikat maupun  dalam hal beragama. Dan dari sebagian yang awal adalah bahwa  akal dan pengetahuan laki-laki lebih banyak, hati laki-laki lebih sabar  ketika mengerjakan satu pekerjaan berat, juga tenaga dan ketika menulis  pada kumumnya, pasukan penunggang kuda.

Dosa Besar Istri Terhadap Suami

Dalam ajaran agama Islam, suami merupakan surga atau neraka bagi seorang istri. Keridhoan suami menjadi ridho Allah. Istri yang tidak mendapatkan ridho suami karena tidak taat atau melakukan beberapa perbuatan dosa dikatakan sebagai perempuan yang durhaka serta kufur nikmat.

Berapa Lama Masa Iddah Perempuan yang Tidak Pernah Haid?

Masa iddah adalah periode penantian yang harus dilewati oleh seorang perempuan setelah terjadi perceraian atau kematian suami. Namun, bagi perempuan yang tidak pernah haid atau tidak lagi mengalami haid karena sudah mengalami menopause, konsep masa iddah dapat menjadi lebih kompleks

Hati yang Kotor dan Bersih

“Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik seluruh jasadnya. Jika ia rusak, maka rusak seluruh jasadnya. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung)” (HR. Bukhari No. 52 | HR. Muslim No. 1599).

Inilah Sebutan Darah Wanita yang Keluar Saat Keguguran

Orang hamil 1 bulan lalu keguguran. Apakah darah yang keluar disebut darah nifas ? Dan umur berapakah kandungan itu bisa di sebut 'ALAQOH?

Bolehkah Memperjual - Belikan Air Susu Ibu untuk Dikonsumsi

Numpang tanya ustadz dan ustadzah. Apa hukumnya membeli ASI (air susu ibu-manusia) untuk dikonsumsi ? Terimakasih. 

Hukum Menindik Telinga

Seumpama punya anak perempuan, tetapi dia tidak mau diberi anting anting karena tidak tega kalau telinganya dilobangi, apakah yang seperti itu boleh atau tidak ?

Hukum Mandi pada Hari Jumat bagi Seorang Perempuan

Mandi merupakan bagian penting dari keseharian umat Muslim, yang juga memiliki kekhususan tertentu dalam ajaran agama. Di antara tradisi ini adalah mandi pada hari Jumat, yang memiliki nilai spiritual dan kebersihan yang sangat dihargai

Istilah Haid dalam Islam yang Perlu Diketahui oleh Wanita

Haid adalah salah satu aspek penting dalam agama Islam yang memiliki peraturan khusus untuk wanita. Haid, atau menstruasi, merupakan periode bulanan alami yang dialami oleh wanita dewasa yang sehat secara fisik.

Apakah Boleh Bersedakah Tanpa Sepengetahuan Suami? Inilah Jawabannya

Dari Hadits tersebut, apakah berarti seorang istri boleh bersedekah dengan makanan atau dengan harta milik suaminya, tapi tanpa sepengetahuan si suaminya ? Terimakasih.

Inilah Hukum Isbal bagi Seorang Perempuan

Isbal adalah praktik memperpanjang pakaian dengan cara menyeretkan bagian bawahnya ke tanah atau jalan, sehingga menutupi atau menyembunyikan bagian kaki.

Operasi Sesar dalam Pandangan Ahli Fiqih

Darah yang keluar saat operasi sesar memang memiliki peran yang penting dan memiliki nama yang spesifik, yaitu darah nifas. Proses operasi sesar, atau disebut juga dengan caesarean section.

Inilah Masa 'Iddah bagi Wanita yang Biasa Haid Setahun Sekali

"Iddah" adalah istilah dalam Islam yang merujuk pada masa tunggu atau masa penantian yang harus dilewati oleh seorang wanita setelah kehilangan suaminya, baik karena perceraian atau kematian.

Hukum Memutus Jalan Rahim Lewat Operasi Sterilisasi

Memutuskan jalan rahim melalui operasi sterilisasi merupakan tindakan medis yang sering kali dipertimbangkan oleh individu yang telah memutuskan untuk tidak memiliki anak lagi atau memiliki jumlah anak yang dianggap cukup.

Solusi Hukum untuk Istri yang Bernadzar dan Taat pada Suami

Seorang istri bekerja (TKW) dan bernadzar setelah punya rumah sendiri akan meng-umrohkan ibu. Setelah uang terkumpul si istri minta izin suami namun suami dengan tegas menolak / tidak mengizinkan, karena masalah ini, hubungan pasutri inipun jadi putus komunikasi.

Inilah Hukum Membuka Aurat di Depan Mahrom

Apa hukumnya seorang laki-laki yang membuka paha di depan Ayah tirinya? 

Hukum Memakai Jilbab Wig Menurut Para Ulama

Memakai jilbab atau wig adalah topik yang sering menjadi perdebatan dalam masyarakat Muslim, terutama dalam hal kewajiban berpakaian sesuai dengan ajaran agama. Menurut para ulama, terdapat pendapat yang beragam terkait hal ini.

Hukum Seorang Wanita yang Bersetubuh dengan Hewan

Praktik bersetubuh antara manusia dengan hewan, yang dikenal sebagai zoofilia, merupakan tindakan yang secara luas dianggap sebagai penyimpangan moral dan kejahatan di banyak negara di seluruh dunia.

Berbakti kepada Orang Tua atau Mertua Dinilai Pahala

Memilih dan merawat mertua atau orang tua adalah aspek penting dalam kehidupan banyak orang, dan seringkali dapat menjadi tantangan yang kompleks.

Masa Iddah Perempuan Keguguran yang Ditinggal Mati Suaminya

Iddah apakah yang harus dijalani wanita tsb ? sebelumnya atas pencerahan & jawaban saya ucapkan terima kasih, semoga menjadi 'Ilmu yang nafi

Cara Niat Menghilangkan Hadas Besar Ketika Mandi Haid

Bagi sebagian besar perempuan muslim, mandi wajib atau mandi besar merupakan bagian penting dari ibadah. Namun, saat masa haid, ada beberapa aturan khusus yang perlu diikuti dalam melakukan mandi wajib.

Andai Diperkenankan Allah Seorang Istri Sujud Kepada Suami

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Kalau seandainya aku boleh menyuruh seorang sujud kepada seseorang, maka aku akan perintahkan seorang wanita sujud kepada suaminya”.

Hukum Seorang Perempuan yang Menggunakan Sandal Jinjit

Perdebatan mengenai hukum memakai sandal jinjit atau sandal terbuka bagi perempuan memang telah menjadi topik yang diperdebatkan oleh ulama selama bertahun-tahun. Pandangan mereka bervariasi tergantung pada interpretasi mereka terhadap sumber-sumber hukum Islam, seperti Al-Quran, hadis, serta prinsip-prinsip ajaran agama.

Dalam Kondisi Apa Seorang Istri Boleh Menjadi Tulang Punggung Keluarga?

Namun dalam hukum Islam seorang istri dibolehkan bekerja bilamana suami faqir atau tidak mampu menafkahi.

Bolehkah Seorang Perempuan Menawarkan Diri untuk Dilamar?

Tentu, di banyak budaya, konsep tawaran diri untuk dilamar oleh seorang perempuan sudah menjadi hal yang biasa. Hal ini tercermin dalam banyak aspek budaya dan tradisi, yang memperbolehkan perempuan untuk mengambil inisiatif dalam proses pencarian pasangan hidup.

Ketika Masa 'Iddah, Bolehkah Seorang Perempuan Menunaikan Ibadah Haji?

Ibada haji merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim yang mampu secara fisik, finansial, dan mental setidaknya sekali seumur hidup.

Saudara Ipar Termasuk Mahram?

Saudara ipar, dalam konteks budaya dan agama Islam, adalah anggota keluarga yang terkait dengan perkawinan, baik melalui pernikahan saudara kandung atau pasangan hidup.

Apakah Seorang Ibu Wajib Menyusui? Begini Menurut Para Ulama

Di dalam Islam sendiri, menyusui memang dianjurkan untuk dilakukan. Sebagaimana tertuang dalam QS. Al-Baqoroh 2:233

Inilah Solusi Darah Nifas yang Putus Sebelum Empat Puluh Hari

Darah nifas yang terputus sebelum empat puluh hari merupakan masalah yang sering dihadapi oleh wanita pasca melahirkan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kontraksi rahim yang tidak efektif setelah persalinan atau sisa-sisa jaringan plasenta yang tertinggal di dalam rahim.

Apa yang Perlu Dilakukan oleh Perempuan ketika Keluar Darah Istihadhah saat Hendak Shalat?

Istihadhah adalah kondisi ketika seorang perempuan mengalami pendarahan di luar periode menstruasi normalnya. Saat menghadapi istihadhah, perempuan memerlukan pemahaman yang jelas tentang tata cara dalam menjalankan ibadah, khususnya shalat.

Beginilah Hukum Menyulam Alis dan Bibir Menurut Para Ulama

Sulam alis adalah melukis alis mata yang sebelumnya rambut alis yang asli dibuang atau dikerok.Sistem pembuatannya mirip (bahkan kalau saya lihat sama) dengan tatto, hanya saja kalau Sulam daya tahannya cuman 6 bulan, alias semi permanen.

Bolehkah Wanita yang Keputihan Membaca Al-Qur'an?

Keputihan adalah kondisi umum pada wanita di mana terjadi keluarnya cairan dari vagina yang dapat berwarna putih, kekuningan, atau kehijauan. Ini biasanya disebabkan oleh perubahan hormon atau infeksi.

Bolehkah Seorang Perempuan Bepergian Tanpa Mahram?

Dalam konteks budaya dan agama tertentu, isu perempuan bepergian tanpa mahram seringkali menjadi topik kontroversial. Dalam Islam, terdapat pandangan yang beragam terkait masalah ini.

Cara Menyenangkan Istri Sesuai Ajaran Nabi Muhammad SAW

“Orang yang imannya paling sempurna di antara kaum mukminin adalah orang yang paling bagus akhlaknya di antara mereka, dan sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya terhadap istrinya.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Inilah Hukum Sesuatu yang Tumbuh Memanjang Melebihi Batas Aurat

Ada seorang unik dan antik yang suka memanjangkan rambutnya. Saking antik nya, rambut kemaluan pun dipelihara hingga memanjang sampe ke tanah (uuppss, ngapunten). Celana ataupun sarung nya masih kalah panjang dengan rambut nya itu. Yang jadi pertanyaan adalah, apakah rambut panjang tersebut termasuk aurat ???

Kupas Tuntas Hukum Bagi Pelaku Zina di Dunia dan Akhirat

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian zina adalah perbuatan bersenggama antara laki-laki dan perempuan yang tidak terikat oleh hubungan pernikahan (perkawinan). Namun, zina tidak hanya sebatas melakukan hubungan seksual antara laki-laki dan perempuan yang tidak terikat pernikahan, tapi juga zina adalah perbuatan-perbuatan lainnya yang membangkitkan syahwat lawan jenis yang bukan muhrim.

Jihad Para Perempuan di Masa Nabi Muhammad SAW

Jihad dalam Islam merupakan konsep yang sering kali disalahpahami, terutama dalam konteks modern yang serba kompleks. Namun, dalam sejarah awal Islam semasa kehidupan Nabi Muhammad SAW, jihad bukanlah sekadar perang fisik, tetapi juga melibatkan perjuangan batin dan spiritual.

Apakah Rambut Perempuan yang Sudah Terpotong Tetap Menjadi Aurat?

Rambut perempuan yang sudah terpotong tetap dianggap sebagai aurat dalam Islam. Hal ini didasarkan pada ajaran agama Islam yang mengatur tentang aurat, yakni bagian-bagian tubuh yang harus ditutupi dari pandangan orang yang bukan mahram perempuan tersebut.

Lebih Utama Mana Menikahi Seorang Janda Atau Wanita Perawan

Pernikahan merupakan sunnah Nabi yang sangat dianjurkan pelaksanaannya bagi umat Islam. Hukumnya pada kondisi tertentu bisa menjadi wajib, sunnah, makruh, bahkan bisa menjadi haram. Bagi seorang pria yang sudah waktunya menikah dan berniat mencari pasangan, bisa memilih menikahi seorang gadis atau janda. Namun, menikahi gadis bukan sebuah kewajiban dalam agama.

Suara dan Gerak Tubuh Wanita

Suara wanita diciptakan adalah untuk diucapkan. Namun jangan sampai suara itu mendatangkan fitnah. Untuk menentukan suara yang seperti apa yang bisa mendatangkan fitnah, maka ukurannya adalah umumnya manusia yang hatinya sehat.

Inilah Hukum Makan Bersama dalam Satu Nampan

Assalamualaikum. Hukum makan bareng dalam satu nampan itu bagaimana ? 1 nampan bisa 4 orang bahkan 5 orang. 

Benarkah Bahwa Semua Penyakit Berasal dari Perut?

Assalamu’alaikum wr.wb. Para ust. minta hadis dan penjelasannya : bahwa segala penyakit berasal dari perut. Terima kasih. 

Inilah Nama Air Susu yang Pertama Kali Keluar Setelah Melahirkan

Numpang nanya apa nama air susu yang pertama kali keluar setelah melahirkan. ? 

Inilah Hukum Makan Daging Katak dan Buaya Menurut Para Ulama

Assalamu’alaikum Maaf mau nanya, buaya dan kodok apakah semuanya haram atau bagaimana? Terimakasih 

Hukum Perempuan Memakai Surban

Hukum tentang perempuan yang memakai surban atau penutup kepala dalam Islam bervariasi tergantung pada interpretasi masing-masing ulama dan mazhab.

Apakah Derajat Laki Laki Lebih Tinggi dari Perempuan?

Assalamu'alaikum . Mau tanya. Tinggian derajat mana di sisi Allah swt,Apakah lelaki atau wanita. Syukron .

Hukum Makan Hingga Kekenyangan

"Makan dan minumlah kalian, namun jangan berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang suka bersikap berlebihan."  (QS. al-A’raf: 31). 

Hukum Memakan Sembelihan Orang Non Muslim

Assalaamua'laikum. Mohon maaf saya nanya boleh nggak, umat islam makan daging sembelihan orang non muslim ? Makasih wassalam. 

Hadis yang Membahas tentang Wanita dan Laki Laki

Assalamu'alaikum, Ada tulisan "wanita adalah belahan separo (yg sama) dgn lelaki", Ada yg bs jelaskan?

Hukum Potong Rambut bagi Seorang Perempuan

Dalam banyak budaya dan agama, rambut sering kali dianggap sebagai simbol femininitas, kecantikan, dan identitas perempuan.

Bolehkah Menolak Perjodohan dari Orang Tua?

Permisi, numpang tanya melawan perintah Ortu kan dosa ? lantas jika menolak dijodohkan itu bagaimana ? Sedangkan seorang Anak Punya Hak Untuk MenoLak. 

Hukum Menjadikan Ulat Sebagai Minyak Goreng

Halalkah membuat minyak goreng dari ulat serangga ? Kebanyakan Minyak goreng yang kita dipakai terbuat dari kelapa sawit. Akibatnya, luas hutan di Indonesia berkurang drastis karena hutan diubah menjadi perkebunan kelapa sawit.

Hukum Menyimpan Minuman Keras Menurut Para Ulama

Apa saja yang haram penggunaannya maka haram juga menyimpannya.

Menopause Adalah Tanda Alami Berakhirnya Haid?

Perubahan dalam siklus haid merupakan bagian alami dari proses penuaan pada wanita. Salah satu tahap penting dalam perjalanan ini adalah menopause, yang menandai berakhirnya siklus menstruasi.

Wanita Haid tidak Wajib Mengqadha Shalat tetapi Wajib Mengqadha Puasa Ramadhan, Begini Penjelasannya

Assalamu 'alaikum, saya mau bertanya, Sholat dan puasa itu wajib kiat kerjakan, yang jadi pertanyaannya, kenapa wanita yang lagi haid di bulan puasa hanya menggantikan puasanya saja, sementara sholatnya tidak, padahal itu sama wajibnya kan ?.

Posisi Tidur yang Baik bagi Seorang Wanita

Posisi tidur yang baik sangat penting bagi kesehatan bagi siapa pun, termasuk bagi seorang wanita. Seiring dengan gaya hidup yang sibuk dan tekanan sehari-hari, tidur yang berkualitas menjadi semakin penting.

Inilah Jumlah Rukun Nikah dan Penjelasannya

Setiap muslim atau muslimah yang mengidamkan sebuah pernikahan, pasti harus paham rukun rukun nikah.

Bacalah Doa Ini saat Proses Persalinan Istri Anda

Satu hal yang pastinya paling diharapkan ialah bayi yang dilahirkan berada dalam kondisi sehat, utuh tanpa cacat, dan segala kebaikan lainnya. Di samping itu juga berharap ibu yang melahirkan juga selamat dan cepat kembali bugar.

Inilah Tata Cara Melaksanakan Shalat Idul Fitri

Secara global syarat dan rukun shalat id tidak berbeda dari shalat lima waktu, termasuk soal hal-hal yang membatalkan. Tapi, ada beberapa aktivitas teknis yang agak berbeda dari shalat pada umumnya. Aktivitas teknis tersebut berstatus sunnah.

Lima Rukun Khutbah Jum'at dan Penjelasannya

Terdapat lima rukun khutbah jum'at yang mana disyariatkan menggunakan Bahasa arab, dilakukan dengan tertib sesuai urutan dan berkesinambungan atau muawalah.

Bacaan Wirid dan Doa Setelah Shalat Fardhu

Laduni.ID, Jakarta Selepas menunaikan shalat fardhu lima waktu, seseorang dianjurkan meluangkan waktu sebentar untuk berdzikir. Amalan ini menjadi rutinitas (wirid) as-salafus shalih yang memiliki dasar yang kuat dari Sunnah Nabi.

Bacaan Niat Puasa Sunnah Rajab

LADUNI.ID, Jakarta – Puasa Rajab merupakan salah satu bulan dalam kalender hijriah yang memiliki banyak keutamaan. Selain itu, pada Bulan Rajab juga dianjurkan untuk melakukan banyak amalan baik. Salah satunya yaitu amalan puasa Rajab.

Beberapa Bacaan Niat Zakat Fitrah

Niat merupakan bagian dari penentu sah atau tidaknya suatu amalan. Tak terkecuali pada pelaksanaan zakat fitrah yang wajib ditunaikan oleh setiap individu Muslim, baik laki-laki, perempuan, dewasa, anak-anak, merdeka, atapun hamba sahaya.

Menyentuh Istri dapat Membatalkan Wudhu? Inilah Jawabannya

Hal lain yang dapat membatal wudhu adalah jika antara laki-laki dan perempuan ini tidak ada hubungan mahromiyah.

Antara Shalat Hajat dan Shalat Istikharah

Sebenarnya ketika kita dihadapkan kepada suatu pilihan yang rumit untuk dipecahkan dan harus dipilih salah satunya, kita disunnahkan untuk melaksanakan shalat istikharah.

Wajib Membayar Fidyah karena Tak Sanggup Berpuasa

Setiap umat muslim diwajibkan berpuasa. Namun, pada kenyataannya tidak semua orang dapat menjalani 30 hari puasa selama bulan Ramadan. Bukan dengan kesengajaan puasa tidak dapat berjalan dengan baik, tetapi ada sejumlah kondisi yang memaksa seseorang meninggalkan puasanya.

Beginilah Tata Cara Mengubur Jenazah Sesuai Hukum Islam

Kematian adalah hal yang akan menghampiri semua orang. Ia tidak mengenal usia ataupun waktu. Kapan dan dimana saja kematian bisa datang menghampiri seseorang.

Inilah Hukum Melihat Kelamin saat Hubungan Suami-Istri

Nabi Muhammad Saw. bersabda: “Sesungguhnya seorang suami yang menggauli (jima’) istrinya, maka jima’nya itu dicatat memperoleh pahala seperti pahalanya anak lelaki yang berperang (dengan kaum kafir) di jalan Allah, lalu terbunuh.”

Apakah Boleh Meminjam Uang ke Bank untuk Membeli Rumah?

Jual beli dengan kredit dalam arti menjual barang kepada pembeli dengan pembayaran yang dicicil dalam jangka waktu tertentu

Bacaan Doa Kamilin, Doa Setelah Shalat Tarawih

Sebagaimana yang diketahui bahwa dalam prakteknya shalat tarawih ada yang 23 raka’at dan ada pula yang 11 raka’at termasuk shalat witir.

Inilah Persyaratan untuk Menjadi Wali Nikah

Dalam pernikahan adalah yang menjadi pihak pertama dalam aqad nikah, karena yang mempunyai wewenang menikahkan mempelai perempuan, atau yang melakukan ijab.

Amalan Doa untuk Bayi di dalam Kandungan Lengkap dengan Dalilnya

Kehamilan merupakan sebuah prosesi alamiah yang lazimnya sangat didambakan pasangan suami-istri. Kehamilan merupakan fase yang harus dilalui untuk menghadirkan anak di dalam keluarga.

Hukum Memakai Cadar Menurut Para ulama

Hukum memakai cadar, khususnya dalam konteks Islam, telah menjadi perdebatan yang berkelanjutan di kalangan ulama. Pandangan terhadap pemakaian cadar bisa bervariasi tergantung pada interpretasi masing-masing aliran atau madzhab.

Doa Lengkap Menyembelih Hewan Kurban Sekaligus Tips Menyembelih Agar Daging Tidak Bau

Menghadapi ‘Idhul Adha, penyembelihan hewan kurban adalah bagian dari ibadah yang sangat dianjurkan. Ada beberapa Tips dalam menyembelih hewan Kurban, di antaranya adalah:

Beginilah Doa Ngupati Usia Kandungan Empat Bulan

Menghadapi kehamilan banyak usaha yang harus dilakukan agar buah hatinya sehat dan selamat. Namun tidak sedikit yang terpaku pada hal yang bersifat lahiriyah saja, karena memang hal ini yang tampak oleh indera kita.

Hukum Laki - Laki Meninggalkan Shalat Jum'at

Siapa yang meninggalkan shalat Jumat sebanyak tiga kali berturut-turut tanpa uzur, maka Allah akan tutup hatinya

Niat, Cara, dan Adab Mandi Junub yang Wajib Diketahui

Hadas terbagi dalam 2 macam dan cara mensucikan yang berbeda, hadas kecil cukup disucikan dengan wudhu sedangkan hadas besar dengan cara mandi wajib (mandi Junub/ Jinabat) atau yang paling umum di masyarakat dengan istilah mandi wajib.

Pencerahan bagi yang Sering Bercanda Sunah Rasul Malam Jumat

Canda atau guyon sebenarnya tidak masalah dalam agama. Hanya saja kalau mau tahu kedudukan hukum agama sebenarnya, kita perlu mendapat penjelasan ahli hukum Islam terkait hubungan sunah rasul, malam Jumat, dan hubungan intim suami-istri.

Apakah Pelaku Bunuh Diri Akan Kekal di Neraka? Inilah Jawabannya

Terdapat pendapat di masyarakat, bahwa orang yang bunuh diri itu akan masuk neraka dan dianggap keluar dari agama Islam. Benarkah anggapan tersebut ? Mari kita simak penjelasannya berikut ini.

Ketahuilah, Begini Tata Cara dan Ketentuan Melakukan Qashar Shalat

Laduni.ID, Jakarta Dalam beribadah Allah ternyata tidak selalu memberikan hukum yang berlaku permanen. Allah memberikan keringanan-keringanan kepada orang tertentu dalam kondisi tertentu. Hal ini mengingat keadaan yang dihadapi oleh seorang hamba tidak selalu berjalan mulus.

Mengelola Rasa Cinta Dalam Sudut Pandang Islam

Allah SWT berfirman : “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)” (QS.Ali Imran 3:14).

Agar tidak Gampang Ejakulasi Dini Bacalah Doa Ini

Ingat bahwa menikah adalah suatu ibadah, jadi bukan hanya kesenangan dan kenikmatan biasa yang bisa didapatkan oleh pasangan tersebut. Allah akan memberikan pahala bagi pasangan yang berhubunganan intim.

Bolehkah Menjawab Salam Seorang Tamu Saat Suami Tidak Berada di Rumah?

Suami saya sedang di luar rumah, tiba-tiba ada tamu d'luar(temen suami) ucap salam,apa yang harus saya lakukan? Saya dari dalam harus menjawab salam atau diam saja ?

Bagaimanakah Hukum Berdesakan di Angkutan Umum dengan Lawan Jenis?

Asssalamu'alaikum, Aku mau nanya gimana hukumnya laki laki dan perempuan bercampur dan berdesak-desakan dalam bis yang penumpangnya full ?

Memakan Sisa Makanan Orang lain Kelak tidak Dihisap

Nabi SAW bersabda : "Malaikat senantiasa bersholawat kepada salah seorang di antara kalian selama suguhan makanan masih diletakkan di hadapannya hingga diangkat "

Tolak Ukur Menjijikan yang Dapat Menyebabkan Haram

Nanya lagi tapi agak jorok. Pernah saya baca jika air mani itu haram ditelan (dimakan) sebab menjijikan. Nah, penentuan menjijikan itu yang bagaimana? Sebab sesuatu yang menjijikan pada satu daerah belum tentu menjijikan pada daerah lain.

Dianjurkan Memperbanyak Amalan di Hari Jumat, Ini Salah Satunya

Hari Jumat memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan hari-hari yang lain. Terdapat beberapa aktivitas ibadah yang secara khusus dianjurkan pada hari Jumat. Oleh karenanya, hari Jumat disebut dengan hari ibadah. 

Beberapa Hal Inilah yang Hendaknya Dilakukan oleh Seorang Muslim pada Hari Jumat

Hari Jumat, disebut "Sayyidul Ayyam", tuannya dari hari-hari, karena di dalamnya dipenuhi dengan keberkahan dan keluarbiasaan,

Perbanyaklah Shalawat di Hari Jumat

Membaca shalawat memiliki keutamaan yang tidak diragukan lagi. Banyak kisah menakjubkan yang dialami oleh ahli shalawat. Nabi menjelaskan bahwa bacaan shalawat yang dibacakan oleh umatnya akan dibalas sepuluh kali lipat.

Semut yang Menggigit Alat Vital Orang Shalat, Bagaimana Menyikapinya?

Ketika seseorang sedang menjalankan ibadah shalat, fokus dan konsentrasi merupakan kunci utama untuk mencapai hubungan spiritual yang mendalam dengan Sang Pencipta.

Bolehkah Seorang Wanita Awam Menawarkan Diri untuk Dinikahi Pria Sholeh?

Mohon maaf saya langsung post di sini, kemarin ada temen bilang kata nya kalo wanita awam menawarkan diri untuk dinikahkan sama seorang ustadz boleh ya...?

Membentuk Karakter Seorang Muslim dengan Beristiqomah

Istiqomah berasal dari kata Qawama yang berarti tegak lurus. Kata istiqomah selalu dipahami sebagai sikap teguh dalam pendirian, konsekuen, tidak condong atau menyeleweng ke kiri atau ke kanan dan tetap berjalan pada garis lurus yang telah diyakini kebenarannya.

Kenapa Berdoa di Makam Para Wali Sangat Dianjurkan Ulama?

Semua dari kita berharap doa yang kita minta kepada Allah SWT diterima oleh-Nya, dalam arti dikabulkan. Kita untuk itu dianjurkan untuk menjaga adab-adab atau sejenis tata cara yang seharusnya dilakukan oleh orang yang meminta sesuatu dari Allah SWT.

Bolehkah Memegang Hidung Lawan Jenis?

Mau nanya ini kalau berjabat tangan lawan jenis dan bukan mahrom kan gak boleh ya .... nah kalau megang hidung nya boleh gak ?

Benarkah Memakan Roti Bisa Mendapat Pahala Sunnah?

Rasulullah SAW biasanya makan roti gandum kasar. Jika kita juga makan roti, apakah kita mendapatkan pahala sunnah ?

Penjelasan Tentang Minuman Sakkinjabin Menurut Ulama

Mohon bantuan akhy dan ukhty, ada yang tahu arti dari kalimat "السكنجبين". Terimakasih.

Hukum Makan Sambil Berbicara

Banyak yang menyangka bahwa saat makan hendaklah utamanya sambil diam tak sambil mengobrol. Tuntunan ini sama sekali tak ada dalam sunnah.

Hukum Laki-Laki dan Perempuan Bershalawat dalam Satu Majlis

Hukum bersholawat dalam satu majlis bagi seorang pria dan wanita merupakan topik yang telah menjadi subjek perdebatan di kalangan ulama dan masyarakat Islam.

Amalan dan Dzikir Di Bulan Rajab

LADUNI.ID, Jakarta – Selamat datang bulan mulia Bulan Allah bulan untuk memperbanyak istighfar permohonan Ampun, bulan untuk riyadhoh, bulan khalwat munajat, bulan penuh berkah.

Makna dan Keistimewaan Bulan Rajab

LADUNI.ID, Jakarta - Satu hal yang tidak boleh dilupakan, pada bulan haram ini (Rajab), seorang hamba harus tetap mewaspadai syaitan yang akan selalu melancarkan tipu-daya, godaan dan bisikan-bisikan agar manusia santai saja dalam menyongsong bulan mulia ini.

Beginilah Hukum Menikah pada Bulan Shofar

Paling utamanya prosesi pernikahan adalah pada hari jumat pagi di bulan Syawal. Bulan lain yang juga dianjurkan untuk menikah adalah bulan Shafar berdasar riwayat Az-Zuhri.

Hukum Menulis Basmalah di dalam Kartu Undangan Menurut Para Ulama

Sudah menjadi kebiasaan apabila kita mendapat undangan dalam undangan tersebut ada basmalah dan salam dengan teks arab, dan bahkan tertera hiburan orkes melayu dan gambus,

Jeda dalam Ijab Kabul Nikah Menurut Para Ulama

Sebagaimana telah maklum bahwa prosesi ijab kabul pernikahan merupakan gerbang utama bagi pasangan calon suami istri untuk mengikat satu sama lain dalam sebuah ikatan perkawinan untuk bersama mengarungi bahtera rumah tangga.

Inilah Bacaan dalam Akad Nikah yang Wajib Diketahui Lelaki Muslim

Dalam prosesi akad nikah  yang terpenting adalah ijab kabul (qobul). Di mana wali calon mempelai perempuan menikahkan putrinya dengan calon pengantin laki-laki (ijab) dan calon pengantin laki-laki menjawabnya (kabul/qobul) sebagai tanda menerima pernikahan tersebut .

Perempuan Bisa Berdosa Jika Dipandang Laki-Laki Lain (Ajnaby)?

Ketika sebuah masyarakat masih terjebak dalam pola pikir patriarki yang kuat, seringkali perempuan dianggap bersalah atas pandangan yang dilontarkan oleh pria terhadap mereka.

Cara Mengatasi Darah Istihadhah yang Keluar ketika Akan Shalat

Sebenarnya ketika perempuan mengalami istihadhah, tidak diwajibkan menggunakan pembalut, yang diwajibkan adalah menyumbat farji dengan kapas. Jadi, setelah menyumbat farji dengan kapas, baru kemudian boleh ditambahi dengan pembalut.

Inilah Amalan Rasulullah SAW Setelah Jumatan

Jum’at hari spesial bagi umat Islam. Tidak berlebihan bila dikatakan jum’at sebagai hari raya umat Islam. Selain hari raya Idul Fitri dan Idul Adha yang sifatnya tahunan, umat Islam juga memiliki hari spesial lainnya, yaitu jum’at.

Hukum Memakan Ikan Bandeng yang Ada Uletnya

Ceritanya ibu saya masak ikan bandeng yang sudah digoreng, terus mau dikasih kuah, eh saat sudah matang di ikannya ada uletnya,

Hukum Seorang Perempuan yang Berjalan bersama Tunangan

Kehidupan sosial sering kali melibatkan dinamika yang kompleks antara agama, budaya, dan nilai-nilai personal. Salah satu contoh situasi yang memunculkan pertanyaan etis adalah ketika seorang perempuan berjalan bersama tunangannya sebelum pernikahan.

Inilah Beberapa Keutamaan Puasa di Bulan Rajab

Umat Islam akan segera berjumpa kembali dengan bulan Ramadlan yang penuh berkah. Sebelum menyongsong bulan Ramadlan, umat Islam akan melewati dua bulan utama sebelum Ramadlan, yaitu bulan Rajab dan Sya’ban.

Beginilah Solusi Niat Puasa Rajab yang Digabung dengan Qadla Puasa Ramadhan

Meski tidak ada hadits shahih yang secara khusus menjelaskan keutamaan puasa Rajab, namun kesunnahan puasa Rajab sudah tercakup dalam dalil anjuran berpuasa secara umum dan anjuran umum berpuasa di bulan-bulan mulia.

Inilah Jumlah Hari Puasa Rajab yang Perlu Anda Ketahui

Simpulannya, berpuasa Rajab tidak ada batasan berapa hari yang baik untuk dipuasai. Namun menyesuaikan dengan batas kemampuan setiap orang.

Beginilah Hukum Membuat Akun Facebook dengan Nama Samaran Menurut Ulama Masa Kini

Bagaimana hukumnya menamai nama fesbuk dengan nama samaran. Apa itu termasuk bohong. Kan kami tidak tahu. 

Menangkap Ikan di Perairan Negara lain Menurut Hukum Islam

Sahabat mau tanya apabila ada orang asing mengambill ikan di laut indonesia dan orang asing itu mengetahui bahwa ikan yang diambil itu bukan hak nya, mohon penjelasannya, terimakasih. 

Hukum Seorang Pria yang Menggunakan Smartphone dari Emas

Hukumnya pria memakai / menggunakan handphone yang berbahan / berlapis logam emas. Syukron. 

Bolehkah Berdakwah dengan Menggunakan Media Musik? Begini Jawaban Ulama

Saya pernah mendengar bahwa alat musik itu tidak diperbolehkan, dan bagaiman hukumnya menyiarkan agama dengan media musik ? Mohon jawabannya.

Penjelasan Ulama tentang Makan Sambil Berjalan

Adakah hukum memakan sambil berjalan ?. Terima kasih

Definisi tentang Mabuk

Mohon Maaf, saya ingin bertanya apakah definisi dari yg mabuk, karena saya cuma tau yang disebut mabuk itu adalah sesuatu yang membuat kita lupa kepada Allah .

Penjelasan tentang Hukum Memakan Daging Manusia

Saya ingin menanyakan, apa hukumnya seseorang yang memakan daging manusia, seperti diberitakan di televisi atau di media baru baru ini ? 

Penjelasan dan Rukun Radha' dalam Menyusui Bayi

Radha' adalah praktik menyusui bayi yang umum di beberapa budaya di dunia, terutama di Indonesia.

Bolehkah Seorang Istri Menolak Berhubungan Intim karena Mengetahui Suaminya Terjangkit Penyakit HIV

Jika seorang istri mengetahui bahwa suaminya terjangkit penyakit HIV/AIDS kemudian si suami meminta "berhubungan" kepada istri, berdosakah bila istri menolak, atau bahkan meminta cerai ? terima kasih. 

Menurut Hukum Islam Beginilah Jika Kulit Seorang Pria Dioperasi dengan Kulit Wanita

Bagaimana hukumnya operasi kulit wajah laki-laki diganti dengan kulit wanita ?

Tata Cara Mengurus Potongan Organ Tubuh yang Diamputasi

Mohon pencerahan sedulur, Bagaimana Kaifiah atau cara mengurus potongan organ tubuh yang telah diamputasi? 

Bagaimanakah Hukum Menonton Televisi?

Ustadz / Ustdzah. Maaf saya punya pertanyaan, apa hukumnya menonton tv/radio. Alasan / dalilnya, kurang lebihnya saya minta maaf. Makasih.

Hukum Menyeterilkan Rahim Ibu yang Berbahaya Jika Hamil Kembali

Steril pada ibu yang cukup beresiko jika terjadi kehamilan karena beberapa faktor bagaimana hukumnya..? Suwun. 

Benarkah Ada Orang yang Bisa Pergi ke Bulan? Beginilah Jawaban Logis Para Ulama

Maaf nie mau bertanya, apakah benar ada ilmuwan yang benar-benar naik ke bulan..? sekian mohon penjelasan-nya, dari segenap, terimakasih.

Chatting dan Komen di Media Sosial Menurut Para Ulama

Bagaimanakah fban yang mana di situ terdapat iklhtilat saat main komen-komenan / chatting ? 

Pertimbangan Dampak Negatif yang Ditimbulkan oleh Media Sosial

Mempertimbangkan ekses negatif yang ditimbulkan, kontak via HP (telpon, SMS, 3G, chatting, Friendster, facebook, dan lain-lain) dengan ajnaby (bukan muhrim), bisakah dikategorikan atau semakna dengan khalwah (mojok) jika dilakukan di tempat-tempat tertutup?

Beginilah Hukum Telepon dan SMS dengan Lawan Jenis yang Non Mahram

Ustadz dan Ustadzah saya mau tanya perihal hukum sms dan telfon laki-laki dan perempuan yang bukan muhrim tanpa keperluan (hanya bosa-basi atau ngobrol), itu diperbolehkan apa termasuk kholwah atau berduaan.

Hukum Bermain Game Online di Media Sosial Menurut Para Ulama

Ustadz yang Kami Muliakan. Bagaimana Hukumnya Memainkan GAME yang ada di FB dsb. Syukron Katsir. 

Menyibukkan Diri untuk Mensucikan Hati

Kesibukanmu dengan dunia butuh niat yang shaleh, jika tidak anda terkena amarah. Pertama-tama, sibuklah menyucikan hatimu, lalu siapkan untuk ma’rifah.

Rahasia Seorang Wanita yang Diungkap Sayyidina Ali bin Abi Thalib Karamallahu Wajhah

Sahabat Ali bin Abi Thalib karamallahu wajhah menantu Baginda Nabi. Dikisahkan, Nabi merupakan pintu ilmu yang sangat luas. Ia sebagai bekal dunia akhirat sebagaimana pernah disabdakan, kunci ilmu dimiliki oleh sahabat Ali.

Gaya Seks Inilah yang Dilarang oleh Agama Islam

Dalam masalah hubungan ranjang, Allah subhanahu wa ta'ala memberikan kebebasan kepada para suami untuk mendatangi istrinya dengan metode apa pun.

Menggunakan Kondom Ketika Bersetubuh dengan Istri yang Sedang Haid

 Bahwa bagi suami istri berjimak adalah sebuah kebutuhan yang mendasar. Dalam  ajaran Islam, besetubuh (jima’) pada saat istri haid tidak diperbolehkan, haram.

Bolehkah Seorang TKW Menikah Lagi Tanpa Sepengetahuan Suami?

Ditemukan banyak TKW di Malaysia, diam-diam menikah lagi di negara tersebut. Padahal, mereka masih punya suami di kampung halaman. Alasan menikah, karena satu tahun lebih suami tidak memberi nafkah lahir batin.

Hukum Seorang TKW yang Melayani Hubungan Seks dengan Majikannya

Ditemukan TKW di sebagian Negara kawasan Timur Tengah dianggap sebagai budak oleh majikannya, sehingga sang majikan merasa bebas “mengumpuli” TKW tersebut.

Dalam Agama Islam Ada Sebuah Ritual Sebelum Melakukan Hubungan Seks

Berhubungan Seks adalah sebuah kebutuhan yang mendasar. Sebagai sebuah kebutuhan yang mendasar maka terdapat beberapa amalan yang sebaiknya dilakukan baik sebelum melakukannya, sedang maupun sesudahnya.

Hukum Makan karena Perut Sedang Lapar

Manusia membutuhkan asupan makanan dan minuman untuk hidup, dan ada batas maksimal tidak mengonsumsi makan dan minum secara berlebihan. Sedangkan Hukum makan karena lapar adalah mandub atau dianjurkan.

Inilah Jenis Buah Kurma yang Sangat Disukai Rosululloh

Kurma ajwa adalah kurma yang sangat disukai dan dianjurkan oleh Rosul .

Bolehkah Melihat Kelamin Pasangan Ketika Sedang Bersetubuh?

Dalam bersenggama, masing-masing pasangan diperbolehkan menyentuh atau bahkan memegang kelamin pasangan masing-masing tanpa ada perbedaan pendapat dari kalangan ulama.

Pesta Seks di Surga?

Pesta seks dari pengertian “pesta” yang secara harfiah merujuk pada perjamuan makan dan minum (bersuka ria dan sebagainya); perayaan (keramaian dan sebagainya).

Berbagai Variasi Seks yang Dibolehkan dalam Agama Islam

Agama Islam telah mengatur berbagai tata norma kehidupan antara suami dan istri. Termasuk di dalamnya juga etika berhubungan intim. Seperti yang diterangkan dalam kitab ‘uqudul lujain’ mengenai tatacara melakukan huhbungan seks suami-istri.

Cara Alami Memulihkan Gairah Seksual yang Perlu Anda Ketahui

Sebagaimana diketahui, banyak obat dan tips yang ditawarkan untuk meningkatkan gairah seksual. Sebagian obat dan tips itu cocok untuk sebagian orang. Tetapi sebagian lagi tidak cocok.

Karena Suami Mabuk, Apakah Boleh Seorang Istri Menolak Ajakan untuk Berhubungan Badan?

Pada dasarnya ketika seorang suami meminta berhubungan badan, maka sang istri harus memenuhi keinginannya karena itu merupakan haknya. Sedang kewajiban istri adalah memenuhi kewajibannya.

Hukum Air Susu Hewan yang Haram Dimakan

susu hewan yang haram dimakan dagingnya, hukumnya halal tidak?

Hukum Meminum Perasan Buah Anggur

Yai mau tanya, gimana hukum perasan anggur tanpa difermentasi ? apakah dihukumi minuman keras (haram) ? ada salah satu kyai di daerah saya tidak mau minum air anggur hasil perasan (sirop), entah dalil apa yang di gunakan ini kyai? 

Bolehkah Makan di Tempat Pemakaman?

Maaf sebelumnya saya mau nanya bagaimana hukumnya ada khotmil qur'an di makam, dan sesudah khotmil diadakan makan bersama di tempat / makam terimakasih.

Hukum Mengkonsumsi Anak Lebah dalam Agama Islam

Ustadz & Ustadzah. Mau tanya halal kah memakan anak lebah ?

Hukum Mengkonsumsi Kue Ampo yang Terbuat dari Tanah Liat

Di sebagian daerah jawa timur ada yang memperoses tanah liat dijadikan makanan ringan. Namanya kue Ampo. Bagaimana hukum mengkonsumsi kue yang terbuat dari tanah liat ? 

Apakah Murtad Bisa Membatalkan Pernikahan Suami Istri?

Contoh, ada seorang Muslim yang dengan santai mengatakan, “Nanti kalau kamu bisa mendapatkan juara satu, aku sembah kamu.” Atau, “Itu lho si Fulan, kalau enggak aku yang menolong,

Batalkah Pernikahan Seseorang yang Keluar dari Agama Islam?

Bagaimana hukumnya suami istri bilamana yang salah satu itu murtad (keluar dari islam) atau seperti jaman sekarang banyak yang tinggal sholat ? pernikahan apa masih berlanjut / batal ? 

Hukum Melakukan Hubungan Seks Sebelum Istri Mandi Junub dari Haid atau Nifas

Praktik hubungan badan antara suami-istri harus dilakukan dalam kondisi istri suci dari haid dan nifas.

Do'a Sebelum dan Setelah Berhubungan Seksual, Beserta Amalan-amalannya.

Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani menerangkan, sebelum berhubungan suami-istri (jimak) kita dianjurkan minimal berdo’a kepada Allah. Di samping itu, kita mengharapkan dalam do’a tersebut karunia anak saleh kelak jika Allah SWT menakdirkannya dari hubungan tersebut.

Etika dalam Melakukan Hubungan Seksual Menurut Imam Al-Ghazali

Ulama yang bergelar Hujjatul Islam ini memandang bahwa aktivitas hubungan seksual bukan hanya sekadar kegiatan rutin pelepasan syahwat belaka.

Mewakilkan Do'a Ketika Makan Bersama Menurut Hukum Islam

Assalamualaikum w.b. Kalau Makan bareng berjamaah sama orang banyak yang sunah basmalah apakah masing-masing orang atau cukup satu orang saja ? 

Hukum Memberi Julukan yang Jelek pada Makanan

Bagaimanakah hukumnya menamai makanan dengan nama-nama yang menyeramkan seperti: Rawon Setan, Bakso Laknat, Pentol Granat, Sambel Neraka dll.

Hukum Meminum Air Bekas Cuci Ibu dalam Hukum Islam

Ada seorang teman yang memcuci kaki ibunya lantas meminum air cucian tersebut.

Menyantap Makanan yang Masih Panas Menurut Para Ulama

Apakah hukumnya makan makanan yang masih panas ?  Terima kasih. 

Hukum Mengkonsumsi Buah Bekas Gigitan Hewan

Mau tanya apa hukumnya memakan buah bekas yang digigit kelelawar atau kalong ada yang bilang haram ? 

Alasan Islam Melarang Mengumpulkan Istri dalam Satu Ranjang

Sebetulnya 'Illat (alasan) keharaman mengumpulkan dua istri dalam satu ranjang itu apa ya.?

Hukum Menikahkan Wanita Dua Kali dalam Kurun Waktu yang Sama

Bagaimana Hukumnya Dua Pernikahan tersebut, lalu Nur Jannah Istri Siapa..? Ahmad Atao Ali ?

Meminang Seorang Wanita yang Sedang Masa 'Iddah Menurut Para Ulama

Bolehkah seorang wanita yang sedang menjalani masa 'iddah wafat, menerima pinangan dari seorang laki-laki ? 

Mengunyah Kurma untuk Disuapkan pada Bayi yang Baru Lahir (Tahnik)

Ibnu Hajar Al-Asqalani berkata dalam kitabnya fathul bari juz 9 hal 558, tahnik ialah mengunyah sesuatu, kemudian meletakkan / memasukkannya ke mulut bayi lalu menggosok-gosokkan ke langit-langit mulut. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar bayi terlatih dengan makanan, dan untuk menguatkan atasnya.

Bolehkah Bersholawat Ketika akan Makan?

Ada seorang yang ketika mau makan minum dia selalu berdoa dan membaca sholawat kemudian dia berkata.. Ya Rosululloh mari makan... ya Rosululloh mari minum... Pertanyaannya apakah amalan tersebut termasuk bid'ah yang dholalah... ?

Hukum Mengambil Buah Milik Pemerintah yang Berada di Pinggir Jalan

Bagaimana hukumnya mengambil buah milik pemerintah ? misalnya pohon buah tersebut ditanam di pinggir-pinggir jalan atau di taman-taman umum. 

Apakah Seorang Suami Mendapatkan Pahala Ketika Menyuapi Sang Istri?

Dari Saad bin Abi Waqosh radhiyallahu 'anhu berkata, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : “Dan sesungguhnya jika engkau memberikan nafkah, maka hal itu adalah sedekah, hingga suapan nasi yang engkau suapkan ke dalam mulut istrimu.“(Mutafaqun ‘Alaih).

Beginilah Hukum Masturbasi dalam Agama Islam

Dalam istilah fiqh onani / masturbasi disebut ISTIMNAA’ yang berarti merangsang keluarnya sperma di luar senggama baik dengan media haram seperti memakai tangan sendiri, bantal, dildo, bolpoint, spidol, botol dan lain-lain atau bahkan hanya dengan fantasi-fantasi yang sengaja di ciptakan sendiri.

Oral Seks Munurut Ulama Kontemporer

Berangkat dari kaidah umum para ulama klasik, selanjutnya oral seks dibahas juga oleh sejumlah ulama kontemporer

Penjelasan Tentang Syarat dan Urutan Wali Nikah

Wali dalam nikah ialah sebutan untuk pihak lelaki dalam keluarga atau lainnya yang bertugas mengawasi keadaan atau kondisi seorang perempuan, khususnya dalam bab nikah.

Beberapa Sumber untuk Menentukan Hukum Islam yang Perlu Anda Ketahui

Untuk menentukan sebuah hukum dalam Islam diperlukan beberapa sumber, ada empat sumber pokok yang digunakan oleh madzhab Ahlussunnah wal Jama’ah (Aswaja) yaitu; Al-Qur’an, Hadits/as-Sunnah, Ijma’ dan Qiyas.

Wanita yang Haram Dinikahi Namum Hanya Bersifat Sementara

Dalam Islam, suatu pernikahan sebagai salah satu sarana dalam menyempurnakan Agama. Namun yang perlu diketahui, dalam Islam pernikahan tidak hanya sekedar pernikahan, salah satunya ialah dengan memperhatikan poin-poin penting saat memilih calon pasangan.

Hukum Mengeluarkan Air Mani di Luar Kemaluan Sang Istri

Dalam literatur Fiqh istilah 'Azl diartikan sebagai tindakan suami mencabut penis dalam bersenggama ketika mendekati ejakulasi dan mengeluarkan sperma diluar rahim agar tidak terjadi pembuahan

Inilah Alasan Nikah Syighar Dilarang dalam Agama Islam

Nikah shighar adalah nikah yang dilakukan oleh seorang laki-laki dengan mahar wali dari pihak perempuan akan dinikahkan dengan adik perempuan / anak atau orang yang di bawah perwaliannya.

Hukum Mengkonsumsi Binatang Tikus Menurut Para Ulama

Tikus juga dikenal dapat membahayakan kesehatan manusia. Binatang mamalia yang sering bersarang di got atau area rumah seperti garasi dan dapur ini bisa menularkan beragam penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai.

Hukum Berhubungan Seks dengan Perempuan Transgender

Anggap saja namanya Dono + Dony jika Dono operasi kelamin (diganti kelamin perempuan) Terus Dono Berzina ma Dony.

Apakah Mengandung Seorang Anak dari Hasil Zina Bisa Mendapatkan Pahala?

Mengenai pertanyaan apakah seorang ibu yang mengandung anak hasil dari perbuatan zina bisa mendapatkan pahala, ini menjadi isu yang kompleks dalam pandangan agama dan moralitas.

Hukum Seorang Pembantu yang Tidak Ijin Saat Mengambil Makanan Majikannya

Ustadz dan ustadzah, saya mau tanya : bagaimana hukumnya pembantu makan makanan majikan tanpa ijin karena lapar apa sama degan mencuri ? Mohon penjelasannya! Terima kasih.

Hukum Mengikuti Arisan Haji Menurut Para Ulama

Bagi banyak orang, ibadah haji bukan sekedar masalah kewajiban. Haji sudah menjadi cita-cita umat Islam pada umumnya. Maka, akhirnya banyak yang ingin menjalankan ibadah haji meski dengan segala risiko dan dengan menempuh cara apapun.

Sejarah Minuman Kopi yang Ditemukan oleh Sufi

Imam Najmuddin al-Ghazziy Seorang pakar sejarah mencatatkan dalam kitab al-Kawakib as-Sairah Fi A'yan al-Miah al-A'syirah bahwa : " Orang yang pertama kali menjadikan kebiasaan minum kopi sebagai minuman berkhasiat adalah syekh Abi Bakr Bin Abdullah Al-Aydrus.

Manfaat Buah Tin yang Disampaikan Rasulullah dalam Hadisnya

Maaf saya mau tanya tentang ayat dan hadis manfaat buah Tin, terimkasih. 

Masjid Paling Unik di Dunia yang Dibangun Oleh Orang Miskin

Mungkin kita tak percaya jika tidak melihat faktanya. Seorang yang tidak kaya, bahkan tergolong miskin, namun mampu membangun sebuah Masjid di Turki.

Hukum Suami yang Melakukan Kekerasan kepada Istrinya

Hukum Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan oleh seorang suami kepada istrinya adalah haram. Perilaku KDRT bisa menjadi dasar atau alasan seorang istri menggugat cerai kepada suaminya. Pengadilan pun bisa menjatuhkan cerai tanpa ada gugatan dari istri.

Kesunnahan Setelah Sholat Jumat

Hari Jumat merupakan sayyidul ayyam(penghulu hari), hari di mana kaum muslimin yang berkumpul bersama di masjid untuk menjalankan shalat Jumat. Karena itu hari Jumat merupakan salah satu hari raya umat Islam.

Inilah Bacaan Tahlil yang Ringkas dan Praktis

Tahlil secara lughat berarti bacaan لاإله إلاالله  (Lailaha illallah) seperti halnya Tasbih berarti bacaan سبحان الله  (Subhanallah), Tahmid bacaan الحمد لله  (Alhamdulillah) dan lain sebagainya.

Hukum Memakan Ikan yang Masih Ada Kotorannya

Mohon penjelasannya, bagaimana hukumnya memakan ikan kecil-kecil seperti ikan teri atau yang lainnya, yang tidak dibuang kotorannya ?

Hukum Mengkonsumsi Kopi dan Manfaatnya

Hukum asal ngopi adalah halal, namun bisa berubah sesuai tujuannya. Apabila ngopi dengan tujuan dapat membantu melakukan ibadah maka hukumnya sunah. Jika tujuannya dapat membantu melakukan perkara mubah maka hukumnya mubah / boleh.

Mengqadha Shalat Dhuhur saat Haid Berhenti di Waktu Ashar

Di dalam kitab sulam munajat diterangkan Bahwa ketika seorang wanita suci dari haid di waktu ashar atau 'isya, maka sholat sebelumnya (dzuhur atau maghrib) juga harus diqodho

Apa Konsekuensi Terhadap Laki-Laki yang Berhubungan Seks dengan Istri Saat Haid

Berhubungan seksual dengan istri saat haid adalah suatu topik yang sering kali menimbulkan pertanyaan dan kontroversi dalam masyarakat yang mengikuti ajaran agama tertentu, terutama dalam Islam.

Perlu Diketahui Ternyata Wanita Haid Tidak Ada Batasnya

Ada seorang wanita yang kira kira umur 83 tahun, ia udah lama mengalami masa monopause (tidak keluar darah), akan tetapi akhir akhir ini ia mengeluarkan darah lagi bahkan sekarang sudah lewat dua hari. Apakah darah tersebut bisa dinamakan darah haid?

Hukum Seorang Suami yang Poligami dalam Islam

Poligami itu sekedar dianjurkan apa sampai pada nilai / hukum sunnah ya? 

Beginilah Niat yang Baik Sebelum Melangsungkan Pernikahan

Allah yang menciptakan rasa cinta di dalam diri manusia, dan Allah pula yang menciptakan ketertarikan manusia pada lawan jenisnya. Oleh sebab itu Allah memberi petunjuk kepada manusia bagaimana menjalin cinta dalam ikatan yang benar dan suci, yaitu dengan ikatan suci pernikahan.

Hukum Wanita Sholat Memakai Mukena yang Terbuat dari Sutra

Aku pernah dengar kalau kain sutra tidak boleh dipakai untuk sholat, bagaimna dengan mukena yang terbuat dari kain sutra ?

Nikmatnya Berhubungan Seks Sesudah Menikah

Seks dalam keluarga merupakan masalah suci. Islam memberi tempat bagi manusia untuk menghidupkan aktivitas seks bagi suami-istri. Allah menyediakan kemuliaan akhirat ketika suami-istri memenuhi kebutuhan seksnya, sekalipun itu sekedar untuk memperoleh kesenangan dari kekasihnya yang sah.

Ternyata Istighatsah adalah Amalan Para Ulama Shalaf dan Khalaf

Ternyata para ulama salaf dan khalaf melakukan istighotsah kepada selain Allah, yakni meminta pertolongan kepada seorang nabi atau wali atau mendatangi makam mereka dengan keyakinan bahwa nabi dan wali hanya sebab, sedangkan pemberi pertolongan sesungguhnya adalah Allah.

Lima Cara Meraih Keluarga Sakinah Mawaddah Warahmah dalam Rumah Tangga

Perlu usaha lebih bagi suami dan isteri dan bukan hanya sekedar diucapkan di bibir saja. Usaha lebih tersebut bisa berwujud komitmen agama yang kuat dan kesepakatan kedua belah pihak.

Etika Bertamu dan Menerima Tamu yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Mengunjungi rumah saudara, karib kerabat, dan teman termasuk perbuatan mulia. Karena melalui kunjungan tersebut hubungan persaudaraan dan persahabatan menjadi semakin kokoh dan akrab. Supaya kunjungan membuahkan hasil dan mendapatkan kebaikan, perlu diperhatikan etika pada saat bertamu.

Lima Kondisi Ini Dianjurkan untuk Sujud Sahwi

Untuk menanggulangi kekeliruan-kekeliruan dalam shalat, para ulama ahli fiqih telah mengatur pengganti hal-hal tersebut dengan sujud sahwi. Lalu dalam kondisi apakah kita dianjurkan untuk melakukan Sujud Sahwi?

Doa Rasulullah SAW Ketika Pagi Hari Wajib Diketahui

Abu Hurairah RA meriwayatkan sejumlah doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yang dibaca ketika pagi hari sebagaimana dikutip oleh Imam An-Nawawi, Al-Adzkar,

Doa Rasulullah SAW Ketika Menjelang Sore Hari

Rasulullah SAW mengajarkan lafal doa yang baik dibaca pada sore hari. Abu Hurairah RA meriwayatkan doa Rasulullah SAW yang dibaca ketika sore hari sebagaimana dikutip oleh Imam An-Nawawi, Al-Adzkar,

Doa Agar Terhindar dari Marabahaya di Malam Hari yang Diajarkan Rasulullah

Untuk menghindari bahaya di malam hari, Rasulullah Muhammad SAW mengajarkan umat Islam agar membaca doa ini. Anjuran ini terdapat dalam hadis yang diriwayatkan dari Abu Dawud dan Tirmidzi, agar umat Islam terhindar bencana secara tiba-tiba di malam hari.

Beginilah Doa Rasulullah Setelah Sholat Subuh

Salat Subuh, atau salat Fajar (bahasa Arab: صلاة الصبح‎ atau صلاة الفجر) adalah salah satu salat wajib dari salat lima waktu yang dilakukan pada saat fajar sampai menjelang matahari terbit. Salat Subuh didahului oleh salat sunah fajar sebanyak 2 rekaat.

Inilah Amalan Rasulullah Ketika Bangun Tidur

Pagi hari setelah bangun tidur adalah waktu yang tepat untuk banyak melakukan aktivitas sehat agar tubuh segar sepanjang hari. Tapi sebelum melakukan aktifitas setelah tidur alangkah lebih baiknya jika kita berdoa terlebih dahulu seperti yang diajarkan Rasulullah SAW.

Petunjuk Pelaksanaan Shalat Tahiyyatul Masjid

Petunjuk Pelaksanaan Shalat Tahiyyatul Masjid

Tata Cara dan Niat Shalat Sunnah Sesudah Wudhu

Laduni.ID, Jakarta Shalat wudhu merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam.  Shalat ini dilaksanakan sesaat setelah kita melakukan wudhu dan sebelum air wudhu mengering dari anggota wudhu.

Asal-usul Puasa Hari Ayyamul Bidh Menurut Para Ulama

Barang siapa yang menjalankan puasa tiga hari ayyamul bidh, maka sama dengan puasa selama sebulan. Sedangkan jika dilakukan setiap bulan, maka sama dengan puasa selama setahun penuh.

Rukun Iman dan Penjelasannya dalam Agama Islam

“Anda beriman kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para rasul-Nya, hari Akhir, dan Anda beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk.” Pengertian Hadits di atas menjelaskan tentang Rukun Iman yang berjumlah 6 yang wajib diimani oleh seluruh mu'min. Jika ada yang diingkari dari ke-6 Rukun Iman tersebut, maka iman kita tidak sah.

Penjelasan tentang Iman, Islam, dan Ihsan serta Hubungannya

Iman. Islam, dan Ihsan adalah suatu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain bagi kita dalam menjalani seluruh aspek kehidupan di dunia ini.

Beginilah Niat I'tikaf Menurut Para Ulama

LADUNI.ID, I’tikaf menurut lughat artinya berdiam diri, yakni tetap diatas sesuatu. Sedangkan menurut syara’ ialah berdiam diri di masjid sebagai ibadah yang disunahkan untuk dikerjakan setiap waktu, lebih diutamakan pada bulan ramadhan.

Hukum Mengkonsumsi Rokok Saat Buang Air Besar

LADUNI.ID, Menghisap rokok saat buang air besar bisa memberikan kenikmatan luar biasa bagi seorang Perokok.

Hukum Mengkonsumsi Kotoran Hewan Menurut Para Ulama

LADUNI.ID, Para ulama membagi dua kategori najis. Pertama, benda yang disepakati ulama status najisnya, yaitu daging babi, darah, air kencing manusia, muntah dan kotoran manusia, khamar, nanah, madzi, dan lain sebagainya.

Batasan Aurat Wanita Muslim di Depan Wanita Non Muslim

Dalam agama Islam, terdapat panduan yang jelas mengenai interaksi antara wanita muslim dengan wanita non-muslim, yang seringkali dikenal sebagai hukum 'aurat'.

Penjelasan Hukum tentang Wanita yang Mengeluarkan Darah Penyakit

Darah istihadhah sama dengan air kenc­ing. Orang yang mengalaminya, dalam segala aspek hukum, sama dengan orang yang mengalami selalu kencing / beser (cêrcêr, jw). Orang yang sedemikian ini disebut da’imul hadats (orang yang se­lalu berhadas).

Cara Menyucikan Pakaian Najis Menggunakan Mesin Cuci

Laduni.ID, Jakarta Ketentuan yang masyhur dalam mazhab Syafi’i tentang air yang terkena najis adalah: jika volume air sudah sampai dua qullah (216 liter atau kubus dengan panjang, lebar, dan tinggi masing-masing 60 cm) .

Enam Syarat Sah untuk Bisa Melakukan Shalat Jumat

Seperti ibadah-ibadah lainnya, shalat Jumat memiliki beberapa ketentuan atau syarat keabsahan yang harus dipenuhi. Sekiranya tidak terpenuhi, maka shalat Jumat dihukumi tidak sah.

Menurut Para Ulama Beginilah Hukum Bersuci Menggunakan Tisu

Laduni.ID, Jakarta Telinga kita begitu akrab dengan an-nadhafatu minal iman, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Atau at-thuhuru syartul iman, kesucian merupakan separoh dari keimanan.

Hukum Mengkonsumsi Daging Kelelawar Menurut Hukum Islam

LADUNI.ID, Di Sulawesi Utara, terdapat satu makanan yang sedikit menyeramkan ketika kita menyantapnya. Paniki namanya, makanan ini menggunakan daging kelelawar sebagai bahan utamanya.

Hukum Berhubungan Seks Secara Three Some

LADUNI.ID, Poligami dalam Islam bukanlah hal terlarang. Meskipun tidak pula dianjurkan.

Bolehkah Meminum Air Susu Istri Saat Bersetubuh?

LADUNI.ID, Mungkin bagi beberapa pasangan, teknik yang itu-itu saja terkadang membuat pasangan jenuh dan akhirnya hubungan intim terasa stagnan dan monoton. Cumbuan-cumbuan suami terhadap istri adalah hal yang biasa dilakukan dalam ajang bercinta.

Hukum Meminum Air Bekas Wudhu

LADUNI.ID, Meminum sedikit air sisa wudhu dapat mengobati segala penyakit. Apakah ada hadist nya ?

Doa untuk Menyembuhkan Diri Sendiri Saat Sakit

LADUNI.ID, Rasa sakit merupakan sebuah kelumrahan yang dirasakan oleh manusia pada bagian tubuh tertentu. Meski demikian, manusia wajib untuk mengatasi rasa sakit dan penyakit yang diderita tersebut.

Inilah Doa Ketika Demam, Pusing, Masuk Angin, dan Sakit Lainnya

LADUNI.ID, Sakit ringan seperti luka kecil, demam, pusing, masuk angin, ngebet sakit gigi, dan lainnya biasanya mudah menyerang orang dengan usia lima puluh tahun ke atas.

Sebelum Melamar Kekasihmu Bacalah Doa Ini

LADUNI.ID, Setiap manusia pasti menginginkan agar kisah pernikahannya seumpama pohon pisang, yakni sekali seumur hidup. Untuk merealisasikan hal tersebut tidaklah mudah.

Do'a Agar Tidak Mudah Pikun

LADUNI.ID, Jakarta - Lupa adalah salah satu hal yang kerap dialami semua orang. Tentunya hal ini sangat menyebalkan, terlebih kejadian seperti lupa menaruh barang, lupa jadwal pelajaran, lupa mengerjakan tugas, lupa pekerjaan, dan lain sebagainya.

Hukum Mengkonsumsi Kulit Hewan yang Sudah Disamak

Kulit hewan mati yang sudah disamak itu halal tidak kalau dikonsumsi ? 

Bolehkah Seorang Wanita Mencukur Seluruh Rambutnya (Botak)?

LADUNI.ID, Bagaimana hukumnya wanita yang rambutnya DiGUNDUL / DIBOTAKI ?

Hukum Shalat Seorang Wanita Ketika dalam Keadaan Istihadhoh

LADUNI.ID, Wanita yang istihadloh tetap berkewajiban untuk melaksanakan shalat disaat istihadloh tersebut dan shalat yang dikerjakan saat istihadloh tersebut tidak wajib diulang / diqodlo

Hukum Makan Menggunakan Tangan Kiri bagi Orang yang Kidal

LADUNI.ID, Islam sangat peduli dengan semua aktivitas manusia. Mulai dari hal kecil sampai dengan hal-hal besar di atur oleh Islam. Termasuk bagaimana adab makan dan minum manusia.

Hukum Mengkonsumsi Hati Hewan dan Darahnya

LADUNI.ID, Seseorang yang mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal didasarkan pada perintah agama tentu akan selalu berhati-hati, disamping mencari makanan dan minuman yang baik dan sehat dia juga berhati-hati dalam memilih sesuatu agar sesuai dengan aturan dalam Agama Islam. 

Ibadah Sosial yang Diajarkan Rasulullah SAW di Hari Jumat

LADUNI.ID,Dalam beberapa riwayat dikisahkan bahwa Rasulullah SAW melakukan aktivitas tertentu di hari Jumat. Aktivitas tersebut tidak melulu bersifat ritual, semisal  wiridan, do’a, sholat, dan sejenisnya.. Akan tetapi, beliau juga suka mengerjakan ibadah yang bersifat sosial.

Keutamaan Membaca Shalawat pada Hari Jumat

LADUNI.ID, Dalam kitab Nawadirul Hikayah karya Syaikh Syihabuddin bin Salamah Al Qulyuby termaktub hadits.

Ahli Kuburpun Merasakan Pahala Surat Yasin yang Dibaca pada Hari Jumat

LADUNI.ID, Dikabarkan dari al-Hasan bin al-Haitsam bahwa suatu ketika ia mendengar Abu Bakar al Athrusyi bin Abi Nashr bin At-Timar bercerita.

Agar Terhindar dari Kematian Mendadak Bacalah Ini

Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-azhar, Citangkolo, Banjar, Jawa Barat, KH Mu'in Abdurrahim mengatakan sebagian orang takut akan datangnya kematian. Akan tetapi, kematian, baik ditakuti maupun tidak ditakuti, pasti akan datang juga.

Amalan Inilah yang Paling Disukai Rasulullah SAW

LADUNI.ID, Umat Islam meyakini bahwa hidup tidak hanya sekali. Setelah meninggal kelak, kita percaya akan ada kehidupan lain yang berbeda dengan kehidupan dunia. Karenanya, kita dianjurkan untuk mempersiapkan bekal dan modal sebanyak-banyaknya guna menghadapi kehidupan di akhirat.

Najiskah Tubuh Seorang Pemakan Daging Anjing?

Apakah tubuh orang yang makan daging anjing itu najis seumur hidup ?

Bolehkah Makan di Masjid?

LADUNI.ID, Bagaimana hukumnya makan di masjid?

Hukum Anak Laki-laki yang Menjadi Wali Nikah Ibunya

LADUNI.ID, Bolehkan anak kandung (laki laki) menjadi wali nikah ibu kandungnya?

Hukum Menjatuhkan Talak dari Sebagian Anggota Badan Sang Istri

LADUNI.ID, Apakah jatuh talaq apabila si suami men-talaq setengah badannya isteri, misalnya suami berkata: “saya talaq kamu tanganmu, atau matamu”. Mohon sertakan referensinya. 

Solusi bagi Orang yang Terpaksa atau Terlanjur Makan daging Anjing

Tanya, bagaimana kalau kita dalam keadaan terpaksa mengkonsumsi makanan yang dihukumi najis mughalazhoh, apakah mulut kita wajib disucikan seperti apabila menempel pada anggota badan lainnya.

Penjelasan Lengkap tentang Tawassul Beserta Dalil, Hukum, dan Macam-Macamnya

LADUNI.ID,  Arti Tawassul adalah mendekatkan diri atau memohon kepada Allah SWT dengan melalui wasilah (perantara) yang memiliki kedudukan baik di sisi Allah SWT.  

Nasihat bagi Orang yang Mau Melangsungkan Pernikahan dalam Kitab Salaf

LADUNI.ID,  Untuk Kalian yang akan menikah dalam waktu dekat, pasti berdebar-debar menunggu hari yang ditungu-tunggu, yaitu hari pernikahan. Itu sangat wajar, mengingat ini adalah momen yang diharapkan hanya terjadi sekali seumur hidup bersanding dengan dia yang kita cinta.

Bacaan Sholawat Tarhim Serta Sejarahnya di Indonesia

LADUNI.ID,  Dipopulerkan pertama kali di Indonesia melalui Radio Yasmara (Yayasan Masjid Rahmat), Surabaya pada akhir tahun 1960′an. Penciptanya adalah Shaykh Mahmoud Khalil Al Hussary, Ketua Jam’iyyatul Qurro’ di Kairo, Mesir.

Hukum Memakan Masakan Non Muslim

LADUNI.ID, Bagaimanakah hukumnya memakan masakan non muslim ? qoblu wa ba'du syuron kasiron.

Anjuran untuk Menutup Makanan dan Minuman di Wadah

LADUNI.ID, Apakah benar ada kesunahan menutupi gelas minum jika mau menghidangkan ? Nah kalau di walimahan (Kenduren) yang tamu nya banyak dan tidak mencukupi tutupnya bagaimana ? Berikut jawabannya.

Hukum Memukul Ikan Lele untuk Dikonsumsi

LADUNI.ID, Bagaimana dengan sembelihan ikan LELE yang dipukul kepalanya karena ini sudah Umum di masyarakat. Dengan Sembelihan ikan lele yang harus dipukul kepalanya biar cepat mati.

Penjelasan Hukum tentang Ngidam yang Perlu Diketahui Ibu Hamil

LADUNI.ID, Ngidam adalah keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang tak biasa atau ingin melakukan suatu hal yang kurang lazim. Ngidam terbilang fenomena unik.

Penjelasan tentang Dua Haid bagi Seorang Wanita

LADUNI.ID, Yang dimaksud suci di antara dua haid itu apa dan bagaimana ? 

Hukum Suami Istri yang Bersetubuh tetapi Beda Madzab tentang Haid

LADUNI.ID, Bagaimana kalau seorang istri yang bermazhab Hanafi apakah hari ke-sebelas boleh jimak ?

Hukum Seorang Perempuan yang Masih Perawan Niat Mandi Agar Halal Disetubuhi

LADUNI.ID, Tamara masih perawan saat usai haidh lalu hendak mandi, sewaktu mandi ia berniat sbb : ''aku berniat mandi guna menuntut agar halal disenggama'', absahkah niat dan mandinya? 

Solusi bagi Wanita yang Kemaluannya Mengeluarkan Lendir

LADUNI.ID, Keputihan (rutubatul farji) adalah lendir normal pada tiap perumpuan dan dapat pula karena infeksi,

Hukum Seorang Wanita Haid Masuk ke Dalam Masjid

LADUNI.ID, Orang haid yang memakai pembalut, apa tetap diharamkan berdiam di masjid ?

Hukum Mengkonsumsi Daun Khat

LADUNI.ID, Bagaimanakah hukum memakan daun gat yang masih pro kontra, sedangkan di Yaman sudah terbiasa memakannya karena disamakan dengan merokok atau minah, apakah memang sejenis narkoba sehigga haram ?

Najiskah Hewan Semut yang Berada di dalam Minuman?

LADUNI.ID, Haramkah bangkai semut, semisal tercampur di minuman atau sayur yang kita minum atau makan ?

Inilah Hukum Berguru kepada Internet

LADUNI.ID, Globalisasi seolah meruntuhkan tembok pemisah ruang dan waktu. Sehingga kejadian di belahan bumi utara bisa diterima beberpa detik dibelahan bumi selatan.

Hukum Meihat Foto dan Video Lawan Jenis di Media Sosial

LADUNI.ID, Internet semakin membuat orang kecanduan. Media sosial semakin beragam. Penampilannya pun semakin ke sini terkesan semakin dinamis. Jika melihat penampilan beberapa tahun belakangan maka tampak sekali bedanya.

Hukum Mendownload Film dan Musik di Internet

LADUNI.ID, Bagi orang yang membuat web download tadi apakah dosa? Dan apa hukumnya, halal atau haram?

Hak Suami dan Istri Secara Syari’at Islam

Suami dan istri adalah dua insan yang berbeda, namun berkat ikatan suci berupa pernikahan mereka bersatu. Ikatan suci berupa pernikahan yang dilandasi oleh niat luhur menjaga kehormatan diri, dan menjalankan sunnatullah, menjadikan dua insan yang berbeda bisa menyatu. Besarnya tingkat kenyamanan i'tikad, dan cita-cita mereka menutupi segala batasan pribadi di antara mereka.

Penjelasan tentang Makan Setelah Bersetubuh

LADUNI.ID,  Hukum makan setelah berhubungan, itu bukan termasuk larangan sebagaimana hukum menyusui anak sebelum mandi junub.  Hal yang tidak boleh dilakukan saat junub salah satunya adalah menyentuh mushaf Al-Qur'an. 

Menanggapi Isu Lemak Babi yang Terdapat pada Makanan

LADUNI.ID, Apa benar saos "raja rasa" itu haram dikonsumsi ? padahal terkadang masakan dalam acara selamatan memakai saos itu untuk penyedapnya ?

Hukum Mengkonsumsi Daging Ular Menurut Hukum Islam

LADUNI.ID, Bgaimanakah Hukum Mengkonsumsi Daging Ular ? Menurut Ulama Begini Jawabannya

Penjelasan Mengenai Kandungan Alkohol yang Terdapat pada Makanan Tape

LADUNI.ID, Bagaimana dengan tape apa tidak menjadi mutanajis juga karena ada alkoholnya?

Amalan yang Hendaknya Dilakukan oleh Seorang Muslim Sebelum Sholat Jumat

LADUNI.ID, Karena istimewanya hari Jumat, Imam al-Ghazali bahkan menyarankan agar umat Islam mempersiapkan diri menyambut hari Jumat sejak hari Kamis, dimulai dengan mencuci baju, lalu memperbanyak membaca tasbih dan istighfar pada Kamis petang karena saat-saat tersebut sudah memasuki waktu keutamaan hari Jumat.

Disunahkan Membaca Surat Ini Saat Shalat Jum’at

LADUNI.ID, Ada banyak keutamaan dan manfaat bila mengerjakan amaliyah sunah Jum’at. Sebab itu, Rasulullah menganjurkan memperbanyak ibadah dan melakukan amalan sunah di hari Jum’at.

Beginilah Hukum Berpuasa di Hari Jumat

LADUNI.ID, Berbeda dengan puasa wajib, puasa sunah ada yang ditentukan waktunya dan ada pula yang boleh dilakukan kapanpun selama tidak dilakukan di hari yang diharamkan untuk berpuasa, seperti Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, hari Tasyriq, dan lain-lain.

Hukum Melaksanakan Shalat di Jalan Raya

Salah satu tujuan dan hikmah dari melaksanakan shalat adalah mencegah perbuatan keji dan munkar sebagaimana yang termaktub dalam QS: Al-‘Ankabut ayat 45. Lalu bagaimana Hukumnya Shalat di Jalan Raya?

Jawaban Hukum Secara Ilmiah tentang Memasak Makanan Menggunakan Alkohol

LADUNI.ID, Walaupun ada yang mengatakan otomatis alkohol akan terurai secara sempurna, sehingga tak mungkin masih ada etanol yang tersisa yang nempel pada H2O

Hukum Mengkonsumsi Keong Sawah Menurut Para Ulama

LADUNI.ID, Bagaimana hukum mengkonsumsi / makan KEONG bagi seorang Muslim ? Masalahnya sekarang banyak kontroversi tentang itu, tetapi mereka mengungkapkan Argumennya tidak dengan diberikan Dasar / alasan yang kuat.

Hukum Melaksanakan Shalat Jumat dengan Imam dan Khatib Lain Orang

LADUNI.ID, Banyak sekali amalan-amalan masyarakat digugat seperti dibilang bid’ah, syirik dan diancam neraka. Alasannya adalah karena tidak sesuai dengan Al-Qur’an dan hadits menurut asumsi sebagian orang.

Ketika Jenazah Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki Dibongkar Pemerintah Arab Saudi

LADUNI.ID, Abuya As-Sayyid Muhammad wafat pada tanggal 15 Ramadhan 2004. Jenazah beliau dimakamkan di pemakaman umum, Ma’la, Makkah. Sebagaimana biasanya sesuai peraturan pemerintah Arab Saudi, jenazah yang telah berusia 1 tahun akan dipindahkan dari Ma’la ke tempat lain karena akan ditempati oleh jenazah yang lain.

Alasan Shalat Harus Menghadap Kiblat

Mungkin hingga saat ini masih ada sebagian orang yang mempertanyakan alasan kenapa kita shalat harus menghadap kiblat? bukankah Allah SWT bisa disembah dengan menghadap kemana saja? 

Beginilah Cara Mendidik Anak Agar Mau Shalat Sejak Dini

Laduni.ID, Jakarta Seorang anak hendaknya mulai dibiasakan untuk melaksanakan shalat sejak usia tujuh tahun.

Arti Sebuah Hijrah yang Harus Dipahami Pemuda Masa Kini

LADUNI.ID, Hijrah yang secara harfiah berarti “meninggalkan” merupakan roh yang menjiwai gerakan seorang Muslim. Hijrah kemudian sering kali dimaknai sebagai perpindahan atau peralihan dari satu ke lain kondisi.

Hukum Merebus Ayam yang Belum Dikeluarkan Kotorannya

LADUNI.ID, Supaya bulu ayam mudah dicabut mesti direbus dulu, apa benar bila direbus sebelum dibedah (dikeluarkan ususnya) ayam tersebut jadi najis sehingga haram dimakan ?

Bolehkah Memakan Kepompong atau Ungker?

LADUNI.ID, Al-asari' ( larva) adalah ulat merah yang berada di sayur sayuran yang akan bermetamorfosis menjadi kupu-kupu. Bentuknya mirip dengan jari-jari wanita, berkepala merah dan berbadan putih.

Penjelasan Hukum tentang Mengkonsumsi Daging Kelinci

LADUNI.ID, Apa hukumnya memakan kelinci atau sejenisnya ? dan apa benar kelinci itu bisa nifas layaknya manusia ?

Perbedaan Antara Ada', Qadha, dan I'adah dalam Shalat

Karena satu dan lain hal kadang kita melaksanakan shalat tidak sesuai dengan alokasi waktu yang telah ditentukan oleh syariat Islam. Sehingga dari kondisi tersebut lahirlah istilah yang dikenal dengan Ada', Qadha, dan I'adah.

Beginilah Hukum Membobol Akun Media Sosial Orang Lain

LADUNI.ID, Di zaman sekarang kebutuhan terhadap internet memang tak dapat terelakkan. Kita rela mengeluarkan uang untuk mendapatkan layanan internet. Namun di tempat-tempat tertentu kita bisa mengaksesnya dengan gratis. Maraknya internet di satu sisi membawa dampak yang positif, tetapi di sisi lain juga membawa dampak yang negatif.

Bagaimana Hukum Mengkonsumsi Sidat?

LADUNI.ID, Sidat (ordo Anguilliformes) atau yang biasa di sebut belut adalah kelompok ikan yang memiliki tubuh berbentuk menyerupai ular.

Hukum Memakan Kecebong Menurut Para Ulama

LADUNI.ID, Benarkah kecebong (berudu) haram? kalau bisa, diberi referensinya

Inilah Ayat Al Qur'an untuk Kesembuhan Orang Sakit

LADUNI.ID, Didalam sebuah kisah, Imam Abu Qasim Qushairi ra. berkata: “seorang di antara anakku jatuh sakit sehingga dia hampir meninggal.

Hukum Memakan Laron yang Masuk ke Dalam Penggorengan

LADUNI.ID, Bagaimana jika laron Tersebut jatuh pada Penggorengan disaat saya sedang Memasak yang mana sangat sulit untuk di Ambil lagi?

Bagaimanakah Hukum Mengkonsumsi Daging Keledai?

LADUNI.ID, Menurut keterangan Imam Nawawi dalam Syarah Muslim, telah terjadi perbedaan pendapat ulama mengenai hukum memakan daging keledai kampung dalam beberapa pendapat.

Cara Menyucikan Pentol Daging yang Jatuh Terkena Kotoran

LADUNI.ID, Bagaimana cara mencucinya pentol yang terkena najis yang jelas menyerap ke dalam pentol.

Hukum Mengulang Hubungan Badan Tanpa Wudhu

LADUNI.ID,  Maklum bahwa bersetubuh dengan istri (jima’) merupakan sebagian dari laku ibadah. Oleh karena itu, hendaklah jima’ dilakukan dalam kondisi suci. Artinya tidak menanggung hadats besar.

Beginilah Hukum Membayar Hutang dengan Uang Haram

LADUNI.ID, Ada seorang yang bernama Ali menghutangkan uang kepada Aris, dan ditentukan batas akhir pengembaliannya. Setelah waktunya habis Ali meminta pengembalian hutang tersebut.

Wajibkah Mengulang Mandi Saat Terdapat Sperma dalam Kemaluan Perempuan?

Laduni.ID, Jakarta Seorang perempuan mengeluarkan sperma setelah mandi besar (janabat) namun ia tidak tahu perihal sperma tersebut, apakah spermanya sendiri ataukah sperma suaminya.

Inilah Alasan Terjadinya Peristiwa Isro' Mi'roj yang Wajib Muslim Ketahui

LADUNI.ID, Isra Mikraj terjadi di tengah-tengah kehidupan carut-marut bangsa Arab. Saat itu, aktivitas dakwah islam sangat sulit dan tidak kondusif.

Penjelasan Isra’ Mi’raj dalam Konteks Kemajuan Teknologi Masa Kini

LADUNI.ID, Pada tanggal 27 Rajab, umat Islam selalu memperingati Isra’ Mi’raj yang merupakan perjalanan Rasulullah dari Masjidil Haram menuju Sidratul Muntaha untuk menerima perintah shalat.

Kajian Kitab Ulama Nusantara yang Membahas Isra’ Mi’raj

LADUNI.ID, Isra' dan Mi'raj bagi umat Islam menjadi fenomena sejarah yang sungguh luar biasa, terjadi satu tahun sebelum hijrah (10 tahun dari masa diutusnya Sayyid Muhammad sebagai Nabi) pada malam Isnain tanggal 27 Rajab.

Hikmah dari Peristiwa Isra’ Mi’raj, Wajib Tahu

Isra’ Mi’raj adalah peristiwa yang agung,suatu perjalanan agung yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dalam satu malam mulai dari Masjidil Haram Makkah menuju Masjidil Aqsha Palestina dilanjutkan menuju Sidratil Muntaha untuk menghadap Allah SWT sang pencipta Alam semesta.

Inilah Penjelasan Isra’ Mi’raj dan Perintah Shalat

LADUNI.ID, Rintangan dan terror yang ditujukan kepada Nabi dan para pengikutnya tidak lagi mempertimbangkan waktu.

Ketika Malaikat Jibril AS Membelah Dada Nabi Muhammad SAW

LADUNI.ID, Pada suatu malam Nabi Muhammad SAW berada di Hijir Ismail dekat Ka’bah al Musyarrofah, saat itu beliau berbaring diantara paman beliau, Sayyiduna Hamzah dan sepupu beliau, Sayyiduna Jakfar bin Abi Thalib, tiba-tiba Malaikat Jibril, Mikail dan Israfil menghampiri beliau

Bagaimanakah Status Hewan dengan Dua Kali Penyembelihan?

LADUNI.ID, Menjelang lebaran, si Budi menyembelih seekor ayam miliknya. Ketika disembelih pada tebasan yang pertama, si ayam tidak mati padalah urat kerongkongannya sudah putus. Lalu 3 hari kemudian si ayam disembelih untuk kedua kalinya.

Penjelasan Hukum tentang Makanan Berkuah yang Kemasukan Bangkai Tikus

LADUNI.ID, Ada orang mengadakan Hajatan dan menyediakan Prasmanan ketika Hendak menambahkan Makanan berkuah ternyata di Dalam Kuahnya ada seekor Tikus yang mati padahal persediaan sebelumnya sudah Habis dimakan Oleh tamu.

Hukum Seorang Wanita yang Menindik Hidung

LADUNI.ID, Tindik hidung atau anggota tubuh yang lain untuk dikasih perhiasan, jika memang adatnya/umumnya para wanita muslimah memakai seperti itu maka hukumnya boleh diqiyaskan pada tindik di telinga dengan catatan tidak mengalami cidera.

Seorang Istri yang Bekerja dengan Niat Agar Berani Terhadap Suami

LADUNI.ID, Wanita bekerja bukan untuk mencari kekuatan tapi untuk membantu suami dan mengharap Ridho Alloh, bagaimana jika dalam fikiran seorang istri memiliki pemikiran bekerjalah untuk mempunyai kekuatan.

Inilah Hukum dan Manfaat bagi Perempuan yang Khitan

LADUNI.ID, Melakukan khitan bagi kaum hawa, apabila perlu tujuannya apa dan apabila tidak melakukannya bisa mengakibatkan apa? Dan sebenarnya apa hukumnya khitan bagi kaum hawa.

Keutamaan Shalat yang Perlu Kita Ketahui

LADUNI.ID, Jakarta – Shalat merupakan salah satu kewajiban bagi setiap muslim. Sebuah ibadah mulia yang mempunyai peran penting bagi keislaman seseorang. Sehingga Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengibaratkan shalat seperti pondasi dalam sebuah bangunan.

Anda Ingin Berjumpa dengan Rasulullah SAW Lewat Mimpi?

LADUNI.ID, Syaikh Yusuf bin Ismail al-Nabhani dalam kitabnya Sa’adatud Darain fi al-Shalati ‘ala Sayyid al-Kaunain. Shalawat ini dianjurkan untuk dibaca sebelum tidur dengan harapan bertemu Rasulullah Saw dan mendapatkan syafaatnya.

Hukum Seorang Perempuan yang Masih Perawan Ketika Bercerai

LADUNI.ID, Ada wanita yang sudah menikah tapi baru brjln sekitar 2 bulan terjadi perceraian dan dalam masa itu wanita tersebut belum pernah sama sekali melakukan hubungan dengan suaminya.

Hindari Berhubungan Seks Saat Kondisi Tidak Stabil

LADUNI.ID, Apabila seorang suami ingin bersetubuh dengan istrinya, sedangkan ia dalam keadaan haus, lapar, dan emosi (marah-marah) maka sebaiknya keinginannya itu ditunda saja. Sebab hal ini dapat melumpuhkan kekuatan (gairah seksual), sebagaimana apa yang telah dikatakan oleh Imam al-Razi.

Hukuman Seorang Suami yang Berhubungan Seksual Saat Istri Sedang Haid

LADUNI.ID, Para Ulama berbeda pendapat apakah haram di sini termasuk dosa besar atau dosa kecil.

Menampilkan 1 - 10 dari 310