Biografi KH. Ahmad Syakir Ma'shum, Pengasuh Pesantren Al-Hidayat, Lasem

Pendidikan yang diberikan KH. Ma’shum Lasem kepada Kyai Ahmad Syakir ini benar-benar merupakan tempaan yang kuat, agar kelak beliau mampu melanjutkan perjuangan ayahandanya ketika sudah dewasa.

Biografi Habib Ahmad bin Abdullah bin Muhsin Assegaf (Pendiri Ar-Rabithah Al-Alawiyyah)

Habib Ahmad bin Abdullah bin Muhsin Assegaff merupakan ahli nasab, wartawan, satrawan, dan juga guru bagi banyak orang.

Biografi Habib Abdurrahman bin Ahmad As-Segaf Bukit Duri, Tebet

Habib Abdurrahman As-Sagaf adalah figur yang tidak hanya dikenal karena ilmu agamanya, tetapi juga karena sifat-sifat luhur dan akhlak mulianya. Beliau menjadi contoh nyata dari kesempurnaan budi pekerti, kelembutan perilaku, dan ketakwaannya yang memikat hati siapa pun yang berinteraksi dengannya.

Biografi Syaikh Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin (Abah Anom)

Syaikh Ahmad Shohibulwafa Tajul Arifin atau yang kerap disapa dengan panggilan Abah Anom lahir 1 Januari 1915 di Suryalaya, Tasikmalaya. Beliau merupakan anak kelima dari Syaikh Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad, atau Abah Sepuh, pendiri Pesantren Suryalaya.

Biografi KH. Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus)

KH. Ahmad Mustofa Bisri adalah seorang tokoh ulama besar Nahdlatul Ulama berasal dari Rembang, selain sebagai seorang pengasuh Pesantren Raudlotuh Tholibin beliau juga seorang budayawan, dan cendikiawan multitalenta dengan melahirkan berbagai karya-karya seni, dan kaligrafi.

Biografi Habib Sholeh bin Ahmad Al-Aydrus

Beliau adalah Ad-Da'i ilallah Al-Ustadz Al-Habib Sholeh bin Ahmad bin Salim Al-Aydrus, salah seorang ulama kharismatik yang disegani di Malang. Habib Sholeh lahir di Malang pada 21 Juli 1953.

Biografi KH. Ahmad Yasin Asymuni, Pendiri Pesantren Hidayatut Thullab Kediri

KH. A. Yasin Asymuni berpegang prinsip bahwa orang yang mempunyai ilmu agama tidak boleh kitmanul ilmi (menyimpan dan merahasiakan ilmunya).

Biografi Habib Abdullah bin Abdul Qadir bin Ahmad Bilfaqih

Masyarakat Malang dan sekitarnya mengenal dua tokoh ulama yang sama-sama kharismatik, sama-sama ahli hadits, sama-sama pendidik yang bijaksana.

Pesantren Al-Itqon Bugen, Semarang

Pondok Pesantren Al-Itqon berada di Desa Bugen kelurahan Tlogosari Wetan Pedurungan Semarang. Perlu diketahui bahwa, sejarah keberadaan Pondok Pesantren ini sangat terkait erat dengan sejarah Desa Bugen.

]Ziarah di Makam Habib Ahmad Bafaqih, Wali Kasyaf dari Yogyakarta

Habib Ahmad Bin Ali Bafaqih Tempel Sleman Yogyakarta adalah seorang ulama, habaib dan waliyullah. Sosok Habib Ahmad Bafaqih juga dikenal sosok yang sangat dekat dengan Nabi Khidir As. Bahkan sering bersama sahabat beliau, Syekh M. Abdul Malik Ilyas Purwokerto guru mursyidnya Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan, berjumpa Nabi Khidir As. dan mengetahui "penyamaran" Nabi Khidir dengan mudah

Biografi Syekh Ahmad As-Suja'i

Syekh Ahmad As-Suja'i adalah pengarang kitab Kitab Fath al-Mannan fi Bayani Masyahir ae-Rasul Allati fi Al-Qur'an.

Biografi Sayyid Abdul Malik bin Muhammad bin Ahmad bin Jadid

Sayyid Abdul Malik bin Muhammad bin Ahmad bin Jadid lahir di Kota Tarim Hadramaut, Ayah beliau adalah Sayyid Muhammad bin Ahmad bin Jadid.

Halal bi Halal NU Depok Gelorakan Semangat Berkhidmat untuk Masyarakat

NU selama ini telah banyak berkiprah dan berkhidmat bagi masyarakat. Oleh karena itu patut untuk terus menggelorakan semangat warga Nahdliyin dalam melanjutkan kiprah NU ke depan.

Gus Nadif: Kalau Anak Pesantren, Persoalan Islam Nusantara Sudah Selesai

KH Ahmad Nadhif Mujib (Gus Nadhif) di depan ribuan nahdliyin pada acara Ngerang Bershalawat dan Halal bi Halal bersama Habib Ali Zaenal Abidin dan Az-Zahir dari Pekalongan

Ulama Maroko dan Ukraina Akui Islam Nusantara sebagai Uswah Islam se-Dunia

PBNU kembali kedatangan tamu Ulama Luar Negeri. Mereka, Rektor Muassasah Al-Fath, Wujdah, Maroko, Syeikh Ahmad Yakhluf, dan ulama Ukraina Syeikh Tamim menyanjung paham Ahlussunnah wal Jamaah an Nahdliyyah

MPR; Isu Adu Domba Antara Islam dan Nasionalis Harus Segera Diakhiri

"Isu adu domba antara islam dan nasionalis ini harus segera diakhiri," kata Basarah saat menerima audiensi Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI) di ruang kerjanya di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (23/7/18).

Ceramah Ustad Hanan Attaki Dinilai Kurang Beretika

Menurut Gus Ahmad, Ustad Hanan Attakki ini dalam beberapa videonya memakai redaksi yang kurang beretika. Misalnya menyebut Nabi Musa Premannya para Nabi

Gus Muwafiq: Jangan Kaget Dengan Cara Ustadz Evie

Menurut Gus Muwafiq, pandangan demikian memang jamak ditemukan dari cara pandang kelompok penganut faham Wahabi

Biografi Sayyid Ahmad bin Muhammad Shahib Mirbath bin Ali Khala’ Ghasam

Sayyid Ahmad bin Muhammad Shihab Mirbath bin Ali Khala’ Ghasam dilahirkan di Kota Tarim. Ayah beliau adalah Sayyid Muhammad Shihab Mirbath bin Ali Khala’ Ghasam bin Alwi

Biografi Sayyid Hasan Jabhan bin Ali bin Muhammad bin Ahmad

Sayyid Hasan Jabhan bin Ali bin Muhammad dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut. Ayah beliau adalah seorang Imam dan Ulama yang diakui kewaliannya pada masa itu. Yaitu Sayyid Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam.

Akhlak Orang Saleh Itu Suka Mendamaikan

Habib Ahmad Jindan mengatakan akhlak seorang muslim yang saleh dan bertakwa adalah suka mendamaikan antara kaum Muslimin satu sama lain

Cinta Indonesia Ala Ali Ahmad Bakatsir

Ali Ahmad Bakatsir (1910-1969) adalah sastrawan Arab kelahiran Surabaya yang sangat mencintai tanah kelahirannya. Walaupun sejak 1934 ia mukim di Cairo,

Innalillahi. Sang Tuan Guru, Ketua DPW NU NTB Berpulang ke Rahmatullah

Ketua Tanfidziyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Haji (TGH) Ahmad Taqiuddin Mansyur dikabarkan meninggal dunia, Rabu (10/10) pagi ini.

Begini Doa Gus Mus untuk Mbah Maimoen Zubair di Usia yang ke-90

LADUNI.ID, Jakarta - Pengasuh Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin Leteh, Rembang, Jawa Tengah KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) tidak lupa turut mendoakan Mustasyar PBNU KH Maimoen Zubair.

Gus Mus Ungkapkan Kerinduan pada Sang Rasul

KH Ahmad Mustofa atau yang kerab dipanggil Gus Mus mempersembahkan puisi dalam seminar yang digelar jurusan Sastra Aran UIN Malang, pada Rabu (7/11) kemarin. Puisi tersebut berkisah tentang kerinduan pada Rasulaullah Muhammad SAW.

Di Sumenep, Gus Mus Sebut Maulid Nabi dan Haul Itu Bid’ah

LADUNI.ID, Sumenep - Ketika memberikan pengajian di Pantai Salopeng, Desa Semaan, Kecamatan Dasuk, Sumenep Jawa Timur, KH. Ahmad Mustofa Bisri atau Gus Mus menilai Maulid Nabi Muhammad SAW adalah bid'ah.

Tgk. Ahmad Yani An-Nisami: Maulid Nabi Momentum Reformasi dan Revolusi Menuju Kesuksesan

Ini sebagaimana diungkapkan oleh Tgk. Ahmad Yani An-Nisami, M. Pd salah seorang guru senior Dayah Jami’ah Al-Aziziyah (DJA) Batee Iliek Samalanga menyambut bulan Rabiul Awal kelahiran nabi Muhammad Saw, Kamis

Biografi KH. Ahmad Abdul Hamid Kendal

KH. Ahmad Abdul Hamid sang kreator kalimat Billahit taufiq wal-hidayah atau Wallahul Muwaffiq Ila Aqwamith Thariq yang diucapkan atau ditulis sebelum salam penutup

Biografi Sayyid Ahmad Zaini Dahlan

Sayyid Ahmad Zaini Dahlan adalah salah seorang “Syaikhul Islam” yang ilmu dan dakwahnya menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Biografi Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi

Syaikh Ahmad Khathib Al-Minangkabawi Rahimahullah Indonesia(1860 - 1916) adalah seorang ulama Indonesia asal Minangkabau.

Sumber Inspirasi Generasi Muda: Gus Dur dan TGH Ahmad Taqiuddin

Gus Dur dan TGH Ahmad Taqiuddin Mansur adalah dua sosok yang banyak menginsipirasi generasi muda. Kenapa?

Agar Kembali ke Damaskus, Pemimpin Oposisi Suriah Minta Bantuan Baghdad

Pemimpin opisisi Suriah minta bantuan Baghdad agar kembali ke Damaskus. Bagaimana bentuknya?

Dayah Jami’ah Al-Aziziyah (DJA) Batee Iliek Kembali Membuka Pendaftaran Santri dan Mahasiswa Baru

Insya Allah pada tahun ajaran 2019/2020 ini Dayah Jamiah Al-Aziziyah akan menerima sebanyak 250 santri tingkat SMP, 250 tingkat SMK, dan 250 tingkat mahasiswa/I dan tentunya ini kuota terbatas,” kata Tgk. Ahmad Yani, M. Pd selaku Humas DJA Batee Iliek dalam siaran persnya kepada liputanaceh.com, Kamis, (17/1/2019).

Konser Dewa 19 di Malaysia tetap Berjalan, Tanpa Ahmad Dhani

Kami tetap jalan terus, Dhani ditahan, Dhani dicekal, kami tetap jalan terus." Para personel Dewi 19 akan berangkat 31 Januari mendatang. Pihaknya belum menentukan apakah Dhani akan digantikan atau tidak.

Imam Ahmad Bin Isa al-Muhajir Bukan Penganut Syiah

Dijelaskan dalam berbagai sumber, pendapat yang terpopuler, bahwa madzhab al-Imam al-Muhajir adalah Sunni Syafi’i. Namun sebagian kalangan menyebut beliau sebagai seorang Imamy, alias penganut Syi’ah yang mewajibkan untuk mengikuti Imam Dua Belas (Itsna ‘Asyariyah). Nama madzhab ini dinisbatkan kepada imam-imam dua belas (al-aimmah al-itsna ‘asyar) itu

Ahmad Dhani, Wali, dan Mi’roj; Sebuah Kisah Reflektif

Seorang teman Ahmad Dhani, bercerita tentang Dhani, kewalian, dan kenapa masuk penjara. Penasaran?

Pertemuan Penting yang Dianggap tidak Penting

Menurutku, Dhani di penjara malah justru baik baginya, dengan begitu dia kini banyak waktu untuk merenung dan dijadikan lagu-lagu baru. Sementara kalau di luar. Dhani banyak dimanfaatkan banyak pembisik banyak yang dompleng, ngeri aku membayangkan SETAN POLITIK dan kroni-kroninya!

Kisah Pertemuan "Aneh" Gus Miek dengan Kiai Hamid Pasuruan

Gus Miek dalam usia 9 tahun sudah pernah ke pasuruan untuk mengunjungi KH. Hamid. Ini adalah sebuah pertemuan pertama yang sangat mengharukan.

Kisah KH. Kholil Bangkalan Belajar Ilmu Hadits pada Santrinya, KH. Hasyim Asy’ari

Dengan tersenyum Kiai Kholil membalas, “Hasyim, di sini saya datang sebagai santri sebagaimana santri yang lain. Jadi janganlah kamu istimewakan dan pisahkan dengan santri-santri yang lain.

Nasihat untuk Nur Sugik (Gus Nur)

Ceramahnya kebanyakan hanya berisi sumpah serapah yang dialamatkan kepada siapa saja yang tidak dia sukai.

Kiai Kok Gak Meyakinkan!

Banser curiga dan mencegat Kiai Sahal. “Bapak siapa gih?,” tanya Banser. Bagaimana kelanjutannya?

Kiai Azaim: Orang Berakhlak Juga Belajar dari Orang Bejat

Kiai Azaim mengatakan orang berakhlak juga belajar dari orang bejat. Kenapa demikian?

Biografi KH. Ma'mun Ahmad Kudus

KH Ma'mun Ahmad Kudus Ulama Nahdlatul Ulama Jawa Tengah

Biografi KH. Tubagus Ahmad Bakri as-Sampuri (Mama Sempur)

KH Tubagus (Tb) Ahmad Bakri lahir di Citeko, Plered, Purwakarta, Jawa Barat pada tahun 1259 H atau bertepatan dengan tahun 1839 M, ia merupakan putra pertama dari pasangan KH Tubagus Sayida dan Umi, selain KH Tubagus Ahmad Bakri dari pasangan ini juga lahir Tubagus Amir dan Ibu Habib.

Hukum Mengganti Nama Muhammad dengan Nama Ahmad

Laduni.ID, Jakarta Sudah cukupkah mengganti nama 'Muhammad' dengan nama 'Ahmad' bagi calon Muallaf?

Sedikit Penjelasan tentang Ruh

Laduni.ID, Jakarta Roh itu  termasuk urusan Tuhanku, dan tidaklah kalian diberi penge­tahuan  melainkan sedikit.

Nasihat Buat Pengantin Baru dari KH Djamaludin

Ini adalah nasihat dari mbah Yai Djamaluddin buat setiap rumah tangga. Bagaimana nasihatnya?

Gus Mus: Kiai yang Alim Tidak Mau Disebut Ulama

Kiai-kiai ini adalah tokoh yang sangat alim, tetapi mereka tidak mau disebut ulama. Kenapa?

Kesufian Mbah Ahmad bin Syuaib dan Karomah Mbah Moen

Mbah Maimoen itu badannya mirip Mbah Ahmad bin Syuaib. Karena apa?

Ijazah Surat Al Fil untuk Keutuhan NKRI dari KHR Ahmad Azaim Ibrahimy

Cucu KHR. As’ad Syamsul Arifin, pengasuh IV Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo Situbondo, yakni KHR Ahmad Azaim Ibrahimy memberikan ijazah Surat Al Fil demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kisah Murid Syeikh Abdul Qadir Jailani dan Seekor Singanya

Murid Syeikh Abdul Qadir Jailani memiliki seekor singa yang menjadi kendaraannya. Bagaimana kisahnya?

Kisah Ahmad bin Miskin dan Nafsu yang Tersembunyi

Mereka mulai menaruh satu persatu berbagai jenis amal baik yang pernah kulakukan. Namun alangkah ruginya aku.

Begini Sambutan Gus Mus Ketika Umar Hamdan Minta Maaf

Umar Hamdan meminta maaf kepada Gus Mus terkait komentarnya di Facebook yang mengundang reaksi negatif warganet.

Habib Ahmad Al-Muhdlar Khatamkan Al-Qur’an 8000 Kali di Calon Kuburannya

Dikisahkan, bahwa Rabi’atul Adawiyah, seorang Wanita Shalihah yang sangat Mencintai Allah SWT dan Rasulullah SAW, beliau menggali kubur untuk dirinya sendiri sebelum wafat, kemudian memperindahnya dengan membacakan Al Qur’an setiap hari di dalamnya, hingga mencapai 7000 kali khatam Al Qur’an

Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi: Istiqamah Belajar dan Mengajar di Mekkah al-Mukarramah #2

Sosok ulama yang mendunia  bernama lengkap Al ‘Allamah Asy Syaikhul Ahmad Khatib Rahimahullah bin ‘Abdul Lathif bin ‘Abdurrahman bin ‘Abdullah bin ‘Abdul ‘Aziz Al Khathib Al Minangkabawi Al Jawi Al Makki Asy Syafi’i Al Atsari rahimahullah itu sejak kecil telah mengguluti dunia pendidikan agama

Prasangka, Belajar Kritis dari Putri Imam Ahmad

Kadang kita merasa mulia setelah kita berbuat banyak kebaikan, dan merasa orang lain belum berbuat banyak, apalagi yang mereka lakukan tidak sesuai dengan prasangka kebaikan kita. Seakan-akan mereka hanya melakukan kesia-siakan. Ada suatu kisah yang luar biasa, seorang alim dan anak kecil dengan pandangannya, di luar pengetahuannya.

KH.Ahmad Ishomuddin Bermimpi Bersama KH. Maimoen Zubair. Ini Katanya

KH. Ahmad Ishomuddin Bermimpi Bersama KH. Maimoen Zubair. Ini Katanya

Ilmuan Indonesia Inilah yang Mampu Pecahkan Rumus Tersulit di Dunia

Selama puluhan tahun, ilmuan dari berbagai belahan dunia belum mampu memecahkan rumus Halmholtz ini.

Adab Imam Ahmad Terhadap Kaum Sufi atau Sholihin

- Pernah suatu ketika, Imam Ahmad bin Hanbal duduk ittika' (duduk bersandar) karena sakit. Kemudian disebutkan dihadapan beliau nama salah seorang sholihin, seketika beliau duduk tegak dan berkata: "Tidak baik duduk ittika' saat disebutkan nama orang sholih".

Cendekiawan Mesir Sebut Pancasila Sebagai Intisari Ajaran Islam

Cendekiawan muslim asal Mesir, ath-Thayyeb menyebut bahwa sila-sial yang terdapat di dalam Pancasila adalah intisari ajaran Islam.

Biografi KH. Ahmad Hasan

Nama lengkapnya adalah Romo Kyai H. Ahmad Hasan, atau lebih dikenal dengan sebutan Romo Kyai Hasan. Lahir di Tirtoyudo Malang, 01 September 1970 Putra dari H. Syaifuddi Abbas.

Menarik, Tiga Ulama Ini Isi Jajaran Syuriyah PBNU yang Baru

Tiga ulama ini telah mengisi pos Rais Syuriyah PBNU yang baru. Siapakah beliau-beliau ini? Simak di sini...

Ziarah di Makam KH. Ahmad Abdul Haq, Masyayik Pesantren Darussalam Watucongol

KH. Ahmad Abdul Haq Watucongol berada di di Pekuburan Santren, Desa Gunungpring, relatif tak jauh dari kompleks Pesantren Darussalam Watucongol, Muntilan, Magelang.

Ziarah di Makam Syeikh Ahmad Mutamakkin, Sang Mutiara dari Pati

Makam Syeikh Ahmad Mutamakkin di pemukiman Desa Kajen tepatnya sebelah barat Masjid Jami’ Kajen

Ziarah di Makam KH. Ahmad Basyir Kudus, Sang Mujiz Dalail Khairat

Makam KH. Ahmad Basyir berada di komplek pesantren Darul Falah Jekulo, beralamat di Jalan Sewonegoro No.25-29 Jekulo Kudus, Jekulo, Kudus

Biografi KH. Ahmad Basyir Jekulo Kudus

KH. Basyir memegang falsafah ilmu itu harus diamalkan walau hanya satu kali, kalau ingin manfaat. KH. Basyir, sosok kyai yang teladan yang patut di contoh. Beliau adalah seorang ulama yang mentradisikan riyadhoh (laku prihatin) sejak mudanya. Tradisi itu masih beliau pegangi hingga usia 88 tahun.

Kitab Fiqih KH. Ahmad Dahlan Niat Shalat Memakai Lafadz 'Ushalli'

Kitab Fiqih KH. Ahmad Dahlan Niat Shalat Memakai Lafadz 'Ushalli'

Biografi KH. Ahmad Umar Abdul Mannan Mangkuyudan

KH. Ahmad Umar Abdul Mannan lahir pada hari Sabtu Pahing, 5 Agustus 1916. Beliau merupakan putra dari pasangan KH. Abdul Mannan dengan Nyai Zaenab.

Manuskrip Tarekat dari Abad ke-XVIII Milik Sultan Banten

Berikut ini adalah halaman yang berisi catatan kepemilikan manuskrip kitab tentang sejarah hidup (biografi atau manaqib) Syaikh Ahmad al-Rifâ’î, salah satu wali sufi besar dunia Islam yang hidup di abad ke-XII M (w. 578 H/ 1182 M).

Debat Dua Kiyai dari Sukabumi: KH. Ahmad Syaubandi yang Puritan vs KH. Ahmad Sanusi yang Tradisional

Berikut ini adalah surat yang ditulis oleh seorang yang bertanda tangan atas nama Ahmad Syaubandi Sukabumi. Surat ini ditulis dalam bahasa Sunda aksara Arab (Pegon) dan dimuat dalam majalah “Tjahja Islam” yang terbit di Garut, bilangan nomor 8, Bulan Februari 1931 (Puasa/ Ramadhan 1349 Hijri), tahun ke-II.

Cerita Al Hasan, Peraih Juara III dalam Lomba Musabaqah Hafalan Alquran di Mekah

Al Hasan Ahmad Sudarmanto meraih juara ketiga Musabaqah Hafalan Alquran Raja Abdul Aziz Ali Su'ud tingkat Internasional.

Lintas Ziarah dan Bertawassul di KH. Nur Muhammad Magelang

Makam KH. Nur Muhammad Ngadiwongso, Salaman, Magelang, Jawa Tengah

Wisata Religi dan Berdoa di Makam Syiekh Jamaluddin al Akbari al Husaini Wajo

Makam Syekh Jamaluddin al Akbari al Husaini di Tosora Kabupaten Wajo

Ziarah di Makam KH. Achmad Shiddiq Kediri, Penggagas Trilogi Ukhuwah

KH. Achmad Shiddiq adalah Ulama Kharismatik berwajah teduh dan menyejukan ketika dipandang mata ketika bertemu. KH Achmad Shiddiq adalah Rais Aam PBNU semasa Gusdur menjadi Ketua Umum PBNU. Beliau Rois Aam Syuriah PBNU tahun 1984-1991.

Meski Pimpin Organisasi Besar, Begini Kehidupan Kang Deni

Kang Deni adalah pemuda yang patut dicontoh. Meski memimpin organisasi besar, Kang Deni tetap sederhana.

Saat Tengku Zulkarnain Dipatahkan Timur Suprabana Soal Pelantikan Presiden

Karena bertepatan dengan hari libur, Tengku Zulkarnain berkomentar yang disampaikan melalui akun twitternya

Saat KH Ahmad Siddiq Bingung dengan Tingkat Kewalian Gus Miek

Setelah mendengar jawaban Kyai Hamid, KH Ahmad Siddiq dengan perasaan yang berkecamuk langsung berangkat ke Ploso menemui KH Djazuli.

Biografi Tgk H. Muhammad Zamzamy (Tgk Ahmad Perti)

Darul Mua’rrif muncul sebagai sebuah dayah yang disegani di Aceh dan sekitarnya. Para pelajarnya disamping berasal dari Aceh, juga ada yang berasal dari luar Aceh, seperti Riau, Padang, Palembang, Bengkulu. Bahkan banyak juga yang berasal dari negara tetangga, Malaysia.

Orang Yahudi Ini Masuk Islam Berkat Peringatan Maulid Nabi

Kisah ini patut kita jadikan motivasi untuk menambah rasa cinta kita kepada Baginda Rosululloh SAW.

Begini Petuah Berharga Kiai Ahmad Nafi’ Abdillah

“Yang kuherankan, Syaikh Yasin kok pirso, padahal Syaikh Yasin tidak pernah ke Kajen…”

Safari Ziarah dan Berdoa di Makam KH Ahmad Sanusi Sukabumi

Makam KH Ahmad Sanusi Kecamatan Gunungpuyuh, Sukabumi, Jawa Barat.

Kisah Kedekatan Gus Miek dengan Ulama-Ulama Besar

Amar yang sejak pertama sudah tahu bahwa KH. Ahmad Siddiq sangat anti dengan Gus Miek merasa terpanggil untuk membela Gus Miek.“Benar,” jawab Amar.

Biografi Syeikh Ahmad Khatib Sambas

Syekh Ahmad Khatib Sambas Ulama Sambas Kalimantan Barat

Kisah Ketika Gus Miek Melobi Malaikat Izrail

Salah satu putra Kiai Ahmad Siddiq pergi mencari Gus Miek untuk mengabarkan keadaan orang tuanya. Setelah bertemu Gus Miek di Ampel Surabaya, maka putra Kiai Ahmad Siddiq bercerita kepada Gus Miek.

Kuatkan Kebenaran Ceramah Gus Muwafiq, Ini Penjelasan Ilmiah Santri Annuqayah

Namun beliau tetap minta maaf sebagai wujud kerendahan hatinya. Kita meributkan soal agama, karena kebodohan kita sendiri, ilmu kita dangkal, ngajinya baru tarikh terjemahan, tapi berani menghakimi kiai

Mimpi Gusdur Tentang Gus Muwafiq yang Menjadi Kenyataan

Ketika Gus Dur masih menjadi Ketua Umum PBNU, KH. Hasyim Asy'ari menemui dalam sebuah mimpi untuk membentuk sebuah badan khusus warga NU agar bisa berperan aktif dalam arena politik praktis.

Biografi KH. Sya’roni Ahmadi Al Hafidz

Biografi KH Sya’roni Ahmadi Al Hafidz Ulama Nahdlatul Ulama Kudus

Hukum Buka Bazar untuk Natalan di Gereja

Pada perayaan natal banyak orang yang menggunakan kesempatan untuk mendapatkan rezeki, salah satunya buka bazar di bulan natal, bagaimana hukumnya buka bazar bagi orang muslim?

Biografi Dr. KH. Ahmad Fathoni Lc. MA

Dr. KH. Ahmad Fathoni Lc. MA, Ulama, Tangerang

Biografi Syekh KH. Ahmad Jauhari Umar

Biografi Syaikh Ahmad Jauhari Umar Ulama Pasuruan Jawa Timur

Rais Syuriyah PBNU: Pernyataan Kiai Said Selalu Ada Rujukan Kitabnya

"Saya katakan bahwa apa yang disampaikan Ketua Umum PBNU, ada rujukannya dari kitab-kitab terdahulu," terang Gus Ishom  saat menghadiri acara Pembinaan Warga Nahdliyyin dan Peresmian gedung ranting NU Desa Mandalaguna, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu (8/1) lalu.

Beragama Ternyata Sesederhana Ini

Adapun yang disebut dengan fiqih sosial itu, ustadz Ahmad Sarwat mengilustrasikan bahwa orang membuang duri dari jalan itu juga disebut dengan beragama.

Biografi KH. Ahmad Fayumi Munji

KH Ahmad Fayumi Munji Ulama Nahdlatul Ulama Pati Jawa Tengah

Perkuat Paham Aswaja, MWC NU Makasar Gelar Lailatul Ijtima dan Maulid Nabi

Perkuat Paham Aswaja, MWC NU Makasar Gelar Lailatul Ijtima dan Maulid Nabi

Biografi KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi

KH. Ahmad Asrori Al-Ishaqi memulai pendidikannya dengan belajar di Pondok Pesantren Darul Ulum, Peterongan Jombang, Jawa Timur. Setelah selesai, beliau kemudian melanjutkan belajar di Pondok Pesantren Al-Hidayah, Pare, Kediri, Jawa Timur.

Biografi Abuya Ahmad Muhtadi Dimyathi

Setelah ayahandanya wafat, Abuya Muhtadi Dimyathi melanjutkan kepemimpinan pesantren. Beliau menjadi pengasuh di Pondok Pesantren Roudotul 'Ulum Cidahu, Pandeglang.

Ziarah di Makam KH Ahmad Umar Abdul Mannan, Sang Wali Autad

KH. Ahmad Umar Abdul Manan merupakan salah seorang tokoh ulama kharismatik dari Solo sebagai seorang pengasuh dan penghafal al-Quran yang diberi keistimewaan mengetahui banyak tentang rahasia kandungan al-Quran.

Tausyiyah KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy: NU Jadi Pengayom Masyarakat

Acara Istghatsah Kubro dan Ijazah Kubro yang diselenggarakan oleh PB LDNU di Kantor PBNU, dihadiri oleh Ketua Umum PBNU KH. Said Agiel Siroj dan KHR. Ahmad Azaim Ibrahimy, Pengasuh Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo Situbondo.

Biografi KH. Ahmad Muthohar

KH. Ahmad Muthohar bin Abdurrahman bin Qoshidil Haq lahir pada tahun 1926. Beliau merupakan putra kelima dari KH. Abdurrahman.

Komentar Pers atas Berpulangnya KH. Ahmad Bagdja

Keluarga besar Nahdlatul Ulama berbela sungkawa atas bepulangnya KH. Ahmad Bagdja. InsyaAllah Husnul Khotimah, diampuni segala kesalahannya, serta ditempatkan di tempat yang paling mulia di sisi Allah.

Biografi KH. Ahmad Bagdja, Sekjen PBNU 1989-1994

Pada 1970, Kyai Ahmad Bagdja melengkapi gelar kesarjanaannya dengan melanjutkan pendidikan tinggi di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Jakarta (IKIP Jakarta) yang sekarang bernama Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Gus Baha : Orang Kafir pun Bisa Faham Al-Quran, Anda?

Ketika al Quran turun, itu pendengarnya tidak ada yang muslim. Pendengarnya, non muslim.

Meneladani Kiai Abdullah Salam dalam Menjaga Al-Qur’an

Ada beberapa point penting teladan Mbah Abdullah Salam yang perlu kita tiru bersama sebagai berikut.

Biografi KH. Ahmad Baidlowie Syamsuri., Lc.H

KH. Ahmad Baidlowie Syamsuri, Lc. H Ulama Nahdlatul Ulama Grobogan

Sempat Undurkan Diri, Mahathir Mohamad Kini Jabat PM Sementara Malaysia

Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad (94), menyerahkan surat pengunduran diri kepada raja, Senin (24/2). Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah sempat menerima pengunduran dirinya.

Ranting NU CBS Jatinegara Resmi Dikukuhkan, PCNU Jaktim: Tetap Pertahankan Silaturahim

Ranting NU CBS Jatinegara Resmi Dikukuhkan, PCNU Jaktim: Tetap Pertahankan Silaturahim

Pelantikan Ranting NU CBS Jatinegara, PCNU Jaktim Buka Diskusi Tentang Program

Pelantikan Ranting NU CBS Jatinegara, PCNU Jaktim Buka Diskusi Tentang Program

Biografi Tuan Guru KH. Ahmad Bakeri, Pendiri Pesantren Al-Mursyidul Amin Gambut

Tidak lama setelah menyelesaikan Pendidikan di Ponpes Darussalam, beliau mempersunting gadis Gambut. Dan di tempat inilah beliau kemudian mendirikan Pondok Pesantren Al-Mursyidul Amin.

Ziarah di Makam KH. Ahmad Bakrie, Muasis Pesantren al-Mursyidul Amin Gambut

H. Ahmad Bakrie, atau yang lebih akrab disapa Guru Bakrie, adalah seorang ulama kharismatik berasal dari Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Beliau adalah pendiri dan pengasuh Pondok Pesantren al-Mursyidul Amin Gambut

Biografi KH. Ahmad Siroj

Kyai Ahmad Siroj Solo Jawa Tengah Ulama Nahdlatul Ulama

Mengapa Habib Ahmad Al-Muhdlor Hatamkan al-Qur’an 8000 Kali di Calon kuburannya?

Adapun Al Habib Ahmad bin Muhammad Al Muhdhar Shahib Al Quwairah Hadramaut, sebelum Wafat, beliau mengkhatamkan Al Qur’an sebanyak 8000 kali di dalam kuburnya.

Meniru Tidur Sambung ala Gus Dur

Sudah masyhur, Gus Dur sering tidur di berbagai forum ilmiah, lalu bangun menyampaikan pemaparan sesuai tema, seolah-olah nyambung dengan uraian narasumber-narasumber sebelumnya. Padahal sebelumnya benar-benar tidur, sangat nyenyak pula.

Faedah Ijtima' Mantiqi Al Wafa' bi Ahdillah

erkata Habib Ahmad bin Hasan al Attas ; empat kitab yang hendaknya dibaca dan diulang-ulangi. Karena sesungguhnya  bagi pemula akan mendapatkan kemanfaatan dan senior akan menjadi pengingat.

Biografi KH. Ahmad Syaikhu

KH Ahmad Syaikhu Ulama Nahdlatul Ulama Depok Jawa Barat

Biografi KH. Ahmad Syathibi Al-Qonturi (Mama Gentur)

Biografi KH. Ahmad Syathibi Al-Qonturi (Mama Gentur) Ulama Nahdlatul Ulama Cianjur Jawa Barat

Taati Keputusan Pemerintah Cegah Corona, Habib Ahmad Jindan Tunda Ziarah

Saya umumkan bahwa dalam rangka menta'ati pemerintah kita, maka kegiatan tersebut untuk sementara saya tunda sampai batas waktu yang belum ditentukan,

Ijazah Kyai Umar Kempek untuk Mengobati Penyakit Virus

Ijazah dari alm. Abah Ayip Usman bin Yahya (Kempek) beliau di Ijazahi dari Kyai Umar Kempek:

Adzan Hanya untuk Panggilan Shalat?

Banyak kalangan yang kurang memahami status adzan. Dikiranya adzan itu semata-mata hanya panggilan untuk shalat saja.

Social Distancing Adalah Sunah Rasul

"Siapa saja saat terjadi wabah, diam dirumah dengan sabar dan mengharap pahala semata-mata dari Allah, dan dia meyakini tidak akan terkena (atau terkena) wabah itu kecuali atas ketetapan Allah swt, ia mendapat pahala syahid (walaupun ia tidak meninggal dunia)". HR. Ahmad.

Guru Zuhdi Minta Masyarakat Kalsel Patuhi Pemerintah untuk Cegah Covid-19

Pimpinan Majta (Majelis ta’lim) Banjarmasin, KH Ahmad Zuhdianoor, mengajak kepada masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel) supaya mematuhi aturan dari pemerintah dalam rangka mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kelebihan Mbah Mad Watu Congol dalam Mengetahui Makam Para Wali

KH Ahmad Abdul Haq Dalhar atau Mbah Mad adalah salah seorang kiai yang cukup disegani banyak kalangan lintas golongan, para ulama dan pejabat. Sejak kecil, ia dikenal memiliki ilmu yang tidak dimiliki para kiai pada umumnya.

Biografi KH. Ahmad Syahid, Pendiri Pesantren Al-Qur'an Al-Falah I Cicalengka, Bandung

KH. Ahmad Syahid atau yang akrab disapa dengan panggilan Ayah Syahid atau Ajengan Syahid lahir pada 9 Januari 1945 di Cicalengka, Nagrek, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Beliau merupakan putra dari KH. Soleh.

Biografi KH. Ahmad Maimun Adnan, Pendiri Pondok Pesantren Al-Ishlah Bungah, Gresik

KH. Ahmad Maimun Adnan lahir pada tanggal 22 Juli 1933 di Desa Tanggungan Baureno, Bojonegoro. Beliau merupakan putra ketiga dari delapan bersaudara, dari pasangan KH. Adnan dan Nyai Robi’ah.

Menyapa Free Range Chicken, Menyapa Tanda Kebesaran Tuhan

Bukankah mereka sudah setia membangunkan manusia setiap paginya untuk beribadah dan memulai aktivitas lainnya, sebagaimana kelugasan sabda Utusan Tuhan Saw...

Biografi KH. Ahmad Zuhdiannoor (Guru Zuhdi)

Guru Zuhdi adalah pemuka agama Indonesia yang dikenal sebagai ulama di Kalimantan Selatan. Beliau merupakan mustasyar Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalimantan Selatan.

Mengenal Guru-Guru Mbah Hasyim Asy'ari

Seperti apa yang telah maklum bahwa pada tahun 1892 M, Mbah Hasjim Asy'ari pergi menimba ilmu ke Mekah, di sana beliau berguru kepada banyak ulama dan masyayikh, di antaranya adalah:

Biografi KH. Ahmad Qusyairi

KH. Ahmad Qusyairi Ulama Nahdlatul Ulama Pasuruan Jawa Timur

Cinta Sejati Itu...

Arjuna, seperti digambarkan oleh Ahmad Dhani, berusaha mencari cinta sejati sampai harapan terakhir.

Kisah Saat Mbah Bisri Mustofa Menipu Setan

Pada tahun 1925, Mbah Bisri dikirim ke pesantren Kajen-Pati pimpinan KH. Chasbullah untuk mondok selama bulan puasa.

Kata-Kata Mutiara Gus Baha' yang Menyejukkan Hati

KH. Ahmad Bahauddin Nursalim atau biasa dikenal Gus Baha' merupakan salah satu ulama muda yang populer di Indonesia.

Asal Mula Kewalian Habib Ahmad bin Ali Bafaqih Yogyakarta

Habib Ahmad Bafaqih adalah seorang wali Allah dikarenakan kesucian hatinya, kesabaran akhlaknya, telah dianugerahi oleh Allah SWT berupa Futuhal ‘Arifiin, kasyaf dan ilmu ladunni

Ijazah Doa dari KH Sya'roni Ahmadi Kudus Hafizhahullah

KH Sya’roni Ahmadi Kudus Hafizhahullah memberikan beberapa ijazah, yakni ijazah doa ketenangan hati, ijazah doa agar diberi rizki yang luas, ijazah doa kerukunan keluarga, dan ijazah doa saat menghadapi kesulitan.

Kewalian Sayyid Ahmad Al-Maliki Terungkap Saat Minum Kopi

Kisah ini terjadi pada KH. Nur Hasanuddin (Pengasuh PP. Darussa’adah Tumpang) ketika bersama dengan Sayyid Ahmad Al-Maliki di Masjid Nabawi.

Karomah Al-Habib Ahmad Bin Hamid Al-Kaff yang Jarang Diketahui

Dalam manakib beliau diceritakan banyak ulama dari penjuru Nusantara belajar kepada beliau. Palembang memang dikenal sebagai kota tempat bermukim dan berdakwah para habib dan ulama besar

Ulama Pejuang dari Lampung Itu adalah KH Ahmad Hanafiah

KH Ahmad Hanafiah adalah seoang pejuang kemerdekaan sekaligus ulama berpengaruh dari Kota Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Setiap Melihat Orang Shalat Sama dengan Menyaksikan Kekalahan Iblis

Tidak perlu kita menganggap bahwa iblis adalah makhluk yang hebat, karena kenyataan yang kita lihat dalam kehidupan masih banyak orang shalat.

Kisah Abu Yazid dan Tersiksanya Rasulullah Melihat Umatnya Seperti Ini

Suatu saat, ketika Abu Yazid Al-Busthami sedang terdiam, kemudian ada muridnya membaca sebuah ayat ini,

Ruginya Ibadah Orang yang Hanya Berharap Masuk Surga

Betapa ruginya orang masuk Islam dan beribadah beribu-ribu hari jika yang egonya hanya mengharapkan masuk surga.

Gus Baha: Masuk Surga Bukan karena Ibadah Kita

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha, dalam salah satu ceramahnya menyampaikan bahwa, status lamanya di surga semuanya bukan karena ibadah kita.

Belajar Islam Itu Berat, Biar Santri Saja

Serahkan saja kepada santri-santri yang sudah mendedikasikan hidupnya untuk belajar dan memahami Islam secara mendalam dan menyeluruh. Karena belajar Islam itu berat, maka itulah biar santri saja.

Kisah Raja Abrahah dan Sindiran untuk Kelompok Ekstremis

Dalam sebuah kesempatan, KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha (sapaan takdzimnya) menceritakan tentang bagaimana Abdul Muthalin memiliki nalar ketauhidan yang amat kuat. Hal ini terbukti ketika Raja Abrahah akan merobohkan Ka’bah.

Benarkah Semua Agama Itu Sama? Begini Penjelasan Gus Baha

Dalam sebuah buku yang berisi tentang pemikiran liberal, terdapat bagian yang menerangkan tentang semua agama itu sama. Benarkah apa yang dikatakan buku itu? Apakah tidak berlebihan jika mengatakan bahwa semua agama itu sama?

Biografi KH. Ahmad Wafi Maimoen

Gus Wafi memulai pendidikannya dengan belajar langsung kepada sang ayah dan para guru di Madrasah Ghozaliyyah Syafi'iyyah. Wafi kecil tumbuh dengan budi pekerti yang baik dan memiliki kepedulian keilmuan yang tinggi.

Belajar dari Empat Model Sekolah di Era 1950-an

ada sekitar tahun 1950-an, orang Kediri memiliki cara yang sangat unik dalam mengatur dan memetakan pendidikan bagi anak-anaknya.

Kiai Bagus Sarodin Sudah Menulis Islam Nusantara Sejak Era 1820-an

Kiai Bagus Sarodin adalah contoh ulama kita yang dulu telah mengajarkan Islam Nusantara sebagai agama yang rahmatan lil ‘alamin.

Nasihat Mbah Moen pada Peter Sanders

Gambar ini adalah foto KH. Muhammad Ahmad Sahal Mahfudz (wafat pada 24 Januari 2014) dan KH. Maimoen Zubair (wafat pada 6 Agustus 2019).

Biografi KH. Ahmad Marzuqi Zahid

KH. Ahmad Marzuqi Zahid dilahirkan di Desa Kauman Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan pada Hari Kamis pon tanggal 22 Jumadal Ula 1327 H. yang bertepatan dengan tanggal 10 Juni 1909 M.

Penjelasan Al-Qur’an tentang Makhluk Jin

Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam dan sumber rujukan utama membahas berbagai hal dalam kehidupan, baik di dunia maupun di akhirat. Al-Qur’an juga sarat dengan keterangan-keterangan ilmu pengetahuan.

Kisah Malaikat Dihukum karena Tak Berdiri Saat Rasulullah Lewat

Suatu hari, turunlah malaikat Jibril menemui Nabi Muhammad Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam dan bercerita.

Ketika Mengomentari Segala Hal

Seingat saya, dua kali Habib Muhammad Quraish Shihab enggan menjawab pertanyaan.

Faktor Inilah yang Menyebabkan Umat Islam Mundur

Rais Syuriyah PBNU KH Ahmad Ishomuddin mengungkapkan bahwa kemunduran umat Islam juga disebabkan tirani yang tersebar luas sebagaimana mewabahnya penyakit menular dan lebih memprioritaskan kemaslahatan individu atas kemaslahatan umum.

Kisah Habib Ahmad Benhil Melindungi Nyawa Orang PKI

Tulisan ini adalah kisah tentang Al-Habib Ahmad bin Abdullah Al Attas Shahib BENHIL (Bendungan Hilir) melindungi nyawa PKI yang hendak membunuhnya. Kisah ini berawal ketika Habib Ahmad punya tetangga yang begitu akrab dengan beliau.

Biography of KH. Ahmad Baha’udin Nursalim (Gus Baha)

Gus Baha is the son of the great religious teacher of Holy Qur’an and the Pesantren leader in Tafidzul Qur’an LP3IA whose named KH. Nursalim al- Hafizh from Narukan, Kragan district, Rembang regency, Central Java.

Kisah Karomah Tuan Guru Haji Ahmad Tretetet

Nama beliau adalah Tuan Guru Haji Ahmad, tapi beliau lebih familiar dengan nama "Tuan Guru Tretetet". Gelar "Tretetet" itu konon disematkan padanya karena beliau gemar tertawa, dan suara tawa beliau serupa itu. Beliau adalah seorang waliyullah, Kekasih Allah, Murobbi Mursyid tanpa murid, Tuan Guru tanpa pesantren.

Kodifikasi Hukum Islam Nusantara dalam Naskah Surya Ngalam

Kodifikasi hukum sebenarnya sudah ada jauh sebelum kemerdekaan Indonesia, terutama hukum Islam yang berbasis di Nusantara. Hal ini sebagaimana dapat dilihat dalam sebuah naskah Surya Ngalam di era Kesultanan Demak.

Kisah Nyata: Ceramah Modal Akting

So, ini bukan taklim, ini bukan majelis ilmu, ini murni seni akting, ini seni menggugah dan memainkan perasaan hadirin.

Mbah Ud Pagerwojo: Bertemu Dengan Gus Miek Bagai Mendapatkan Lailatul Qodar

Kemarin-kemarin, kamu datang ke rumahku untuk meminta doa. Aku menyuruh seorang bocah untuk mendoakan kamu, Itulah Gus Miek. Jadi, siapa saja, termasuk kamu, bisa berkumpul dengan Gus Miek itu seperti mendapatkan Lailatul Qodar.

Komunitas Buda dari Masa Majapahit: Pewaris Ilmu Sunan Giri

Komunitas ini mengoleksi dan menghimpun naskah-naskah pesisiran, terutama peninggalan para Wali Songo, terutama ilmunya para Wali di Giri Kedaton, Kangjeng Sunan Giri, putra dan cucunya. Bahkan menegaskan diri mereka, salah satunya, sebagai pewaris ilmunya Sunan Giri.

Hari Santri: Hari Ngaji Hanacaraka Bersama Santri-santri Jawa

Hari Santri Nasional, hari ngaji Hanacaraka bersama kreatfitas intelektual santri-santri Jawa: Ini naskah Serat Selarasa dalam naskah British Library di London, dirampok Raffles dari Yogya pas invasi Jawa 1814.

Ahmad Muntaha: Wafatnya Syekh Adnan adalah Korban dari Tindakan Radikalisme

“Radikalisme memakan korban ulama Internasional, Syekh Adnan Afyouni, Mufti Damaskus Suriah. Beliau di antaranya yang mewanti-wanti agar Indonesia terus dijaga dari radikalisme yang sangat bertentangan dengan ajaran Islam dan kemanusiaan,” ungkap Kang Taha (sapaan akrab Ahmad Muntaha AM), kepada Laduni.id, Jumat (23/10/2020).

Murid Imam Syafi’I yang Hafal 1 Juta Hadis Ini Dikalahkan Penjual Roti

Salah satu murid Imam Syafi’I yaitu Imam Ahmad bin Hanbal r.a. atau yang dikenal dengan Imam Hambali pernah bercerita di masa akhir hidupnya.

Kisah Kiai Ahmad Yazid, Sosok Poligot Legendaris

Bagaimana rasanya menjadi poliglot, manusia yang menguasai banyak bahasa dan alfabet dunia? Tanyakan ini kepada Kiai Ahmad Yazid.

Divide et Impera: Cara Kompeni Merusak Sumber Sejarah Nusantara

Untuk merusak sumber-sumber primer sejarah Nusantara, kompeni bikin cerita-cerita mitos tentang sejarah Wali Songo yang negatif, lalu disebar dalam bentuk Naskah Babad seperti Babad Kedhiri, Darmogandhul,  kisah-kisah Sabda Palon dan lain-lain yang anti-wali.

Kalam Hikmah KH. Ahmad Zuhdiannoor Agar Dosa Diampuni Allah SWT

Semua umat manusia pasti memiliki dosa. Begitupun dengan umat Islam yang sudah dijamin masuk surga, pasti pernah melakukan dosa di dalam hidupnya. Akan tetapi, sesungguhnya Allah akan mengampuni dosa-dosa hambanya tatkala ia mengetahui cara-caranya.

Gus Muwafiq: Islam Tidak Pernah Berikan “Privilege” untuk Etnis dan Klan Tertentu

Setahun sebelum wafat, di bukit Arafah, Kanjeng Nabi Muhammad SAW menyampaikan sebuah pidato pamungkas dengan penegasan bahwa Islam adalah Agama Equality (persamaan, al-musawat).

Jejak Perjuangan Kiai Mas Mansur: Dari Ndresmo Hingga Brangkal

Kali ini penulis ingin mengajak pembaca menyelami jejak dakwah dan perjuangan KH. Mas Mansur Ndresmo. Pastinya, bukan Kiai Mas Mansur yang juga masyhur dan akhirnya menjadi tokoh Muhammadiyah.

Kisah Wali Jadzab yang Ditunda Kematiannya Sebelum Bertemu Abah Guru Sekumpul

Ketika acara selamatan di rumah H Ahmad Marzuki (Bangil, Jawa Timur), tiba-tiba datang seorang Habaib yang menumpang sebuah becak, perawakan tubuh agak pendek, dia adalah Habib Abdullah Baroqbah yang majdzub.

Kisah Kecil tentang Ibrahim ibn Thahman

Sosok Ibrahim ibn Thahman adalah salah seorang ulama yang paling awal (abad ke-2 Hijriyah) menolak dengan keras pandangan sebuah sekte bernama Jahmiyyah. Inilah sekte yang menjadi pendahulu sekte terkenal bernama Mu'tazilah.

Meneladani Kesederhanaan Grand Syaikh Ahmad Thayyib

Dalam salah satu acara, syaikh Ahmad Thayyib berkata: "Beberapa orang ekstremis mengatakan kepada para pelajar bahwa ulama kalian adalah ulama pemerintah. Kita ulama pemerintah? Sampai hari ini saya masih ngontrak rumah dan demi Allah saya tidak memiliki sepeser pun uang untuk membeli rumah!"

Kopi Panas dan Jin

“Sesungguhnya setiap tempat atau rumah yang ditinggalkan oleh penghuninya dalam keadaan sunyi tanpa seseorang, maka ia akan menjadi rumah jin. Namun...

Nasihat Imam Syafi’i; Dalam Menilai Seseorang Dibutuhkan Kejernihan Hati

Inilah cara Imam Syafi'i dalam menilai seseorang

Kiprah Tokoh Muda NU dari Luar Jawa yang Terlupakan (1)

Dalam tulisan KH. Ahmad Baso yang diunggah di akun Facebook pribadinya menulis sejarah tentang beberapa riwayat tokoh muda NU dari luar Jawa yang kini banyak dilupakan.

Kiprah Tokoh Muda NU dari Luar Jawa yang Terlupakan (2)

Sejarah beberapa riwayat tokoh muda NU dari luar Jawa, ternyata kini banyak dilupakan. Meski dari luar Pulau Jawa, tokoh-tokoh ini banyak berkontribusi untuk NU kala itu. Siapa saja mereka? Bagaimana kontribusinya pada NU?

Melawan Lupa: Inilah Nama-nama Tokoh Penggerak NU dari Luar Jawa

Berikut ini kami rangkum dari postingan KH Ahmad Baso tentang sejumlah nama yang menjadi penggerak NU dari luar Jawa. Selamat membaca.

Asal-Usul Terciptanya Kalimat Wallahul Muwaffiq Ila Aqwamit Thariq

Foto ini diambil saat KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjadi Ketua Umum PBNU, KH. Ahmad Abdul Hamid Kendal (Mustasyar PBNUwaktu itu) mendoakan Gus Dur, dan Gus Dur pun mengamini doa beliau.

Amalan Barang Hilang Agar Kembali dari Mbah Ma’shum Lasem

Jika pernah kehilangan barang, baca amalan dari Mbah Ma’shum Ahmad.

Nasihat Abu al-Wâfidîn Grand Syaikh Ahmad Thayyib kepada Para Santri

Perhatian Syaikh Ahmad Thayyib terhadap santri-santrinya sangat tinggi. Tak heran beliau dijuluki “Abu al-Wafidin” (abahnya para pelajar asing).

Keilmuan Nusantara: Mengingat Kembali Khazanah yang Terlupakan

Dulu, pesantren mengajarkan minimal empat aksara: Jawa, Pegon, Jawi Melayu dan Sunda atau Bali. Bukan cuma pegon. Keluarga priyayi di Jawa ngaji aksara Jawi melayu ke pesantren.

Buku Historiografi Khittah dan Politik NU Akan Terbit Februari, Ini Daftar Isinya

Buku berjudul Historiografi Khittah dan Politik NU karya Ahmad Baso ini direncanakan terbit pada bulan Februari 2021. Sekilas dari daftar isinya, buku ini mencoba membincang kembali khittah NU 1926 kaitannya dengan isu politik saat ini.

Biografi Syekh Ahmad Nahrawi Mukhtarom al-Banyumasi

Syekh Ahmad Nahrawi Mukhtarom al-Banyumasi adalah ulama Nahdlatul Ulama

Biografi KH. Noor Ahmad Jepara

KH. Noor Ahmad lahir pada hari Kamis Kliwon 14 Desember 1932 M/ 19 Rajab 1351 H, di Robayan, Jepara. Beliau merupakan putra dari pasangan KH. Shiddiq bin Saryani dan Hj. Sawinah.

Inspiratif, Inilah Kisah 3 Mualaf Asal Korea Berjuang Meraih Spiritualitas

Perjalanan spiritual ketiganya adalah sebuah proses berharga yang membuat mereka semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Penasaran bagaimana kisah mereka? Inilah kisah perjuangan hidup spiritual yang mereka jalani.

Catatan KH. Ahmad Baso Menjelang Harlah NU ke-95

Menyambut Hari Lahir Nahdlatul Ulama (Harlah NU) ke-95, KH. Ahmad Baso mengungkapkan catatan harian dalam akun facebook pridadinya dengan judul Kutipan dari Buku Baru Jelang Harlah NU ke-95.

Kiai Wachid Hasjim: Perumus Islam Kebangsaan NU

Dalam catatan yang diunggah di akun Facebook pribadinya, KH. Ahmad Baso menyampaikan bahwa Kiai Wachid Hasjim itu ideologi, bukan nasab.

Biografi Mama Ajengan KH. Ahmad Syuja’i Ciharashas

Mama Ajengan KH. Ahmad Syuja’i Ciharashas atau yang kerap disapa dengan panggilan Mama Ciharashas lahir pada 15 Juni 1910 M, di Kampung Tugu, Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi. Beliau merupakan putra dari pasangan KH. Gojali Singapraja dan Ny. Hj. Hafsah.

Biografi KH. Raden Ahmad Djawari (Ajengan Garuda)

KH. Raden Ahmad Djawari (Ajengan Garuda) adalah ulama NU.

Kisah Sunan Drajat Menguji Orang Sakti di Lamongan

Suatu hari, terdapatlah seorang sakti yang di Tanah Jawa bernama Raden Noer Rahmad. Sunan Drajat penasaran dengan kesaktian Raden Noer Rahmad yang sudah populer di kalangan masyarakat. Dia berniat mengujinya. Pergilah ia dengan para pengawalnya ke Kampung Patunon.

Kisah Habib Ahmad bin Hasan Al-Attos: Keberkahan Mata dan Tangan Seorang Wanita

Al-Habib Ahmad bin Hasan Al-Attos pernah berkata: sebagian wanita itu, kadang-kadang matanya berkah, tangannya berkah, hatinya berkah. Tentang hal ini, ada kisah menarik yang pernah disampaikan salaf kita terdahulu berkaitan dengan soal "barokah".

Trik Mancing Uang dari Habib Hasan Baharun

Al-Habib Hasan Baharun adalah kakak kandung dari AlHabib Qosim Baharun, putra dari Sayyidil Walid Al-Habib Ahmad Baharun. Suatu hari, di tengah keheningan malam, Habib Segaf Baharun dibangunkan oleh ayahanda beliau Al-Habib Hasan bin Ahmad Baharun.

Gara-Gara Dawamkan Istighfar, Penjual Roti Ini Bertemu Imam Ahmad bin Hanbal

Penjual roti ini punya kebiasaan unik. Kalau Imam Ahmad mengajaknya bicara, dia menjawabnya. Kalau tidak, dia terus membuat adonan roti sambil melafalkan istighfar, Astaghfirullah.

Biografi Abu Raihan Muhammad bin Ahmad Al-Biruni

Abu Raihan Muhammad bin Ahmad Al-Biruni adalah ulama NU.

Derajat Ikhlas Menurut Habib Ahmad bin Ali Bafaqih

Menurut Habib Ahmad bin Ali Bafaqih Allahummaghfirlahu, terdapat derajat ikhlas dalam diri seseorang. Oleh karena itu masih ada banyak kemungkinan orang menjadi orang ikhlas.

Biografi KH. Ahmad Nafi' Abdillah Kajen, Direktur Perguruan Islam Mathali’ul Falah

KH. A. Nafi’ Abdillah adalah sosok yang bersahaja, santun, dan ramah kepada siapa pun. Sebagai seorang mursyid thariqah, beliau mempunyai jamaah yang tingkat keilmuan dan strata sosialnya beragam, namun beliau mampu mengayomi semua tanpa diskriminasi.

Biografi Tubagus Ahmad Bakri (Ajengan Sempur)

Tubagus Ahmad Bakri (Ajengan Sempur) adalah ulama NU.

Biografi KH. Ahmad Dahlan Tremas

KH. Ahmad Dahlan Semarang adalah ulama NU yang juga anak dari KH. Abdullah Tremas

Biografi KH. Ahmad Dimyati, Pendiri Pesantren Daarul ‘Uluum, Bogor

Pada tahun 1982, KH. Ahmad Dimyati menikah dengan Nyai Hj. Sa’diyah, BA yang sama-sama kuliah di IAIN Serang. Nyai Hj Sa’diyah adalah putri dari KH. Elon Syuja’i pendiri Pesantren Asy-Syujaiyah, Bantar Kemang, Bogor.

Biografi Sayyid Ahmad bin Alwi Al-Khowas bin Abu Bakar Al-Jufri

Sayyid Ahmad bin Alwi Al-Khowas bin Abu Bakar Al-Jufri bin Muhammad dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut.

Bagaimana Hukumnya Mewakilkan Wali Nikah Lewat Telepon ?

Mewakilkan perwalian lewat telepon Menurut KH. Achmad Masduqi Mahfudh

Naskah Kuno: Jejaring Kangjeng Sunan Bonang di Makassar Abad ke-16

Ini kesaksian Naskah kuno berbahasa Makassar dari abad 17, satu koleksi British Library dalam aksara jangang-jangang; dan, satunya lagi koleksi Perpus Berlin dalam aksara lontara' lama, tentang kedatangan utusan Kangjeng Sunan Bonang yang disebut dengan nama "Anakoda Bonang" dari Tuban, Jawa, ke Makassar pada pertengahan abad 16

Naskah Kuno: Jejaring Kangjeng Sunan Bonang di Makassar abad 16 (2)

Ngaji naskah kuno berbahasa Makassar dari abad 17, koleksi British Library dalam aksara jangang-jangang (kode BL Add 12351).

Berkat Ijazah Kiai Ahmad Watucongol, Hutang Orang Tionghoa Ini Lunas

Kisah saat orang Tionghoa hutangnya lunas berkat ijazah Kiai Ahmad Watucongol.

Lima Nasihat KH. Ahmad Sahal Gontor yang Tak Boleh Dilupa

Mbah KH. Ahmad Sahal lahir di Gontor Ponorogo 22 juni 1901, meninggal 9 april 1977, beliau putra ke 5 dari Kyai Anom Besari.

Biografi Sayyid Abdullah bin Muhammad bin Ahmad bin Jadid

Sayyid Abdullah bin Muhammad bin Ahmad bin Jadid lahir di Kota Tarim Hadramaut, Ayah beliau adalah Sayyid Muhammad bin Ahmad bin Jadid.

Peradaban Nusantara: Pesan Kangjeng Sunan Ampel kepada Raden Patah

Dalam sebuah postingannya, KH. Ahmad Baso menulis tentang peradaban Jawi-Nusantara yang ditemuinya di dalam dawuh Kangjeng Sunan Ampel Denta kepada Raden Patah. Dawuh ini berisi tentang pesan untuk membuka hutan glagah wangi, Bintara Demak. Selamat membaca.

Di Mana Pertama Kali Digelar Tradisi Halal bi Halal? Ini Temuan dalam Naskah Kuno

Bila kita mendapat pertanyaan sebagaimana pada judul di atas, maka dapat kita jawab bahwa tempat pertama kali digelarnya tradisi halal bi halal adalah...

Saat Mbah Mad Mranggen 'Menekuk' Logika Hukum Usulan Lokalisasi

Cerita ini barangkali dapat menginspirasi kita yang sedang larut di tengah arus pro dan kontra pemberian ijin investasi miras di propinsi Bali, Sulawesi Utara, NTT, Maluku, dan Papua.

Berapa Harga Naskah Islam Nusantara di Abad 19?

Sejarawan Islam Nusantara, KH. Ahmad Baso menulis tentang proses penyalinan, percetakan, hingga penyebaran dan harga yang perlu dikeluarkan untuk segala proses naskah Islam Nusantara. Penasaran berapa harganya? Simak di sini.

KH Ahmad Shodik Lampung, Seorang Mursyid yang Terus Bertani

ayah enam anak itu adalah mursyid tarekat Qadiriyah wa al-Naqshabandiyah Lampung. Santri tarikat saja mencapai 10 ribuan orang, sedangkan santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Darus Salamah yang dia pimpin sekitar 800 orang. Ia pun sering diundang dalam event-event kiai sepuh (ternama) di Indonesia.

Mustasyar PBNU KH. Sya'roni Ahmadi Wafat

Sejak kecil beliau adalah sosok yang cerdas, pada usia 11 tahun beliau sudah mampu menghafal Kitab Alfiyah Ibnu Malik.

Biografi Ahmad bin Yahya bin Wazir bin Sulaiman At Tujibi

Ahmad bin Yahya bin Wazir bin Sulaiman At Tujibi tabiin ulama ahli fiqih ahli tafsir islam muslim

Jadi Umat Islam Harus Rukun, Meski Rumahnya (organisasinya) Berbeda-Beda

Ribuan orang berbondong-bondong menuju gedung itu. Setelah menyelesaikan jama’ah shalat Maghrib, seakan tak mau ketinggalan, dengan berbekal sebuah buku catatan kecil aku bergegas mempercepat langkah. Karena luas gedung yang terbatas maka jama’ah pun mengular di jalanan

Biografi Imam Ahmad bin Hanbal

Imam Ahmad bin Hanbal tabiin ulama Baghdad ahli fiqih ahli tafsir islam muslim

Basmalah: Faedah Untuk Segala Hajat

Jika kalian memiliki urusan, maka bacalah Basmalah 19 kali, sesuai dgn hitungan huruf2nya. Karena siir Al-Qur'an ada di surah Al-fatihah dan siir Al-fatihah ada di Basmalah nya dan siir Basmalah ada di huruf Ba' nya. Ini amalan mujarrab, Semoga bermanfaat

Biografi Ahmad bin Sayyar

Ahmad bin Sayyar ulama tabiin ahli fiqih ahli tafsir islam muslim

Nasehat KH Muhammad Ulil Albab Arwani untuk Orang Tua dan Santri Penghafal al-Qur’an

Diantara nasehat Abah Ulil Albab untuk orang tua yang sedang memondokkan anaknya adalah: Bukti tanda cinta orang tua kepada anak, Suatu ibadah bisa terjaga dan diterima oleh Allah

Malpraktek di Bidang Agama

Seorang anak muda, baru lulus SMA, bercerita kepada saya bahwa ia bersama teman-temannya sedang belajar agama selama beberapa bulan kepada beberapa "ustadz" yang tempat kajiannya berpindah-pindah, atau sembunyi-sembunyi.

In Memoriam Kiai Ahmad Muzammil

Saya mengenalnya sudah cukup lama, sejak sama-sama mondok di Pesantren Sukorejo Situbondo pertengahan tahun 80-an. Ia mondok tahun 1984 dan saya mondok tahun 1987. Ia mulai dari kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah dan saya langsung kelas 1 Madrasah Diniyah Wustho setingkat dengan Madrasah Tsanawiyah.

Hadrat Mirza Masroor Ahmad: Kecintaan Tanah Air Merupakan Dasar Dalam Islam

Menurunnya semangat nasionalisme masyarakat Indonesia merupakan angin segar bagi para penyebar paham radikalisme, dengan begitu mereka akan mampu mewujudkan impiannya dengan mudah.

Pilih Senang Atau Tenteram?

"Jadi gini, anda hidup ingin tentram atau ingin senang? Hidup mencari kesenangan atau ketentraman? Silahkan, saya tanyain. Apa? Ngerti nggak bedanya tentram dan senang? Gimana ini, Cak Nun?" tanya Kyai Muzammil. 

Karomah KH Ustman bin Ahmad Supardi: Ulama yang Buta Matanya tapi Terkenal Kewaliannya

Di dalam manakibnya disebutkan bahwa Mbah Usman sangat mencintai Rasulullah hingga anak cucu Rasulullah pun ia cintai, tak peduli apakah dzuriah Rasul tersebut alim ataupun tidak, tua ataupun muda. Seringkali Mbah Usman mewanti-wanti keluarga dan santri-santrinya agar mencintai anak cucu Rasulullah tanpa membeda bedakan.

KH. Ahmad Nawawi Jalil adalah Mata Air Keteladanan

“Innalillahi wainna ilaihi rojiun. Keluarga besar Nahdlatul Ulama menyampaikan duka yang mendalam dan berbela sungkawa atas bepulangnya KH. Ahmad Nawawi Abdul Jalil. Husnul Khotimah serta ditempatkan di tempat yang paling mulia di sisi Allah,” ungkap Gus Helmy.

Amalan Barang Hilang Agar Kembali

Jika kehilangan barang lekaslah membaca amalan dari Kiai Ma'shum Ahmad yang terbukti Mujarab. Sudah sekian banyak orang yang membuktikannya. Buktikan sendiri keajaiban dalam hidupmu akan terjadi setelah mengamalkan amalan dari beliau, barang yang hilang entah sekian bulan, sekian lama dengan ijin Allah tiba tiba kembali.

Kenangan Bersama Fatimah Az-Zahra

Bagi Fatimah, sosok Rasulullah, ayahnya adalah sosok yang paling dirindukannya. Meski hati sedih bukan kepalang, duka tak berujung suka, begitu melihat wajah ayahnya, semua sedih dan duka akan sirna seketika bagi Fatimah. Rasulullah adalah inspirator terbesar dalam hidupnya. Fatimah hidup dalam kesederhanaan karena Rasulullah menampakkan padanya hakikat kesederhanaan dan kebersahajaan.

Kisah Akhlak Habib Abdul Qodir bin Ahmad Assegaf Jeddah Menjaga Perasaan Seseorang

Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf juga merupakan guru dari seorang ulama kharismatik Nusantara, Habib Luthfi bin Yahya Pekalongan. Berkaca pada akhlak Habib Ali dan Habib Luthfi, kita bisa melihat akhlak Habib Abdul Qadir pada diri kedua murid beliau. Banyak kisah yang menceritakan tentang kemuliaan akhlak beliau, salah satunya ketika berkunjung ke rumah salah satu murid beliau.

Siapa yang Menafikan Istiwa'? (Bagian 1)

Ada perkataan yang dibahas panjang lebar oleh Syaikh Muhammad Amin asy-Syinqithi, gurunya Syaikh Bin Baz dan Syaikh Ibnu Utsaimin. Dia membuat muqaddimah panjang dan uraian yang juga panjang tentang betapa salah dan bodohnya perkataan tersebut. Perkataan tersebut adalah:

KH. Arwani Amin Kudus yang Jago Kitab

Laduni.ID Jakarta – Selama ini jika mendengar nama KH. Arwani Amin Kudus, yang terlintas adalah ulama ahli Qiraat. Atau jika pendengarnya orang-orang sepuh, maka yang terfikir beliau mursyid thariqoh. Jarang sekali yang menilik sisi kealiman KH. Arwani Kudus

Habib adalah Istilah Baru, AWA: Logika Absurd yang Tiada Duanya

Bagaimana bisa ada yang menyebut dirinya ustadz lalu berkata seceroboh seperti di SS ini lalu dinukil oleh penggemarnya dan dilike? Para Habaib sekarang terkenal mempunyai lembaga pencatat nasab yang kredibel. Silakan datangi lembaga-lembaga tersebut lalu gugat kalau memang merasa benar.

Kisah Jin dan Sandal Imam Ahmad bin Hanbal Rahimahullah

Laduni.ID Jakarta - Suatu hari,  Imam Ahmad bin Hanbal رحمه الله‎ sedang berada di masjid. Kemudian, datanglah Khalifah Abbas al-Mutawakkil kepada Beliau رحمه الله‎ yang memberitahukan bahwa ada kerabatnya yang bernama Jariyah, kerasukan jin

Gus Baha : Hikmah Pandemi, Kita Ini Harus Menjaga Syukur

Bala itu kata para ahli tasawuf, menjadikan kita ini paling tidak, meninggalkan takabur. Yang dulu mungkin kita lupa, seakan-akan setelah bisa makan, bisa punya uang. Seakan-akan tidak bisa diganggu, ternyata kita bisa lumpuh. Bisa kalah yang namanya pandemi. Semoga dari pelajaran ini, paling tidak kita kembali ke fitrah, bahwa kita ini mahluk yang dhoif, yang lemah

Kita Shalat Ied di Mana?

Lembaga ulama besar Al Azhar yang dipimpin oleh Dr. Ahmad Thayyib, Syeikh al Azhar dalam penjelasannya terkait dengan hukum shalat Ied dalam situasi Pandemi Covid19, mengatakan : "Shalat Ied bisa diadakan berjamaah di rumah-rumah dengan cara sebagaimana di masjid atau di lapangan.

Memahami Istilah Ta’thil al-Masajid

Bersamaan dengan itu juga muncul istilah Ta’thil al-Masajid (تعطيل المساجد) dan banyak kutipan yang intinya menyatakan keharamannya. Sebenarnya apa itu ta’thil al-masajid (تعطيل المساجد)?

Syeikh Ahmad al-Tayeb Al-Azhar Serukan Persatuan Sunni-Syiah

Melihat dari banyaknya kekerasan dan kerusakan yang terjadi akibat konflik Sunni-Syiah, Grand Syekh atau Imam Besar al-Azhar, Kairo, Syeikh Ahmad al-Tayeb, Sabtu (24/7), menyerukan kepada ulama besar Sunni-Syiah supaya membuat fatwa yang mengharamkan perang satu sama lain sehingga tidak terjadi “banjir darah” di dalam Islam.

Kerancuan Badrusalam Lagi: Tentang Imam Baihaqi, Ibnu Kullab dan Penafian Kaifiyah

Saya betul-betul tidak habis pikir dengan Ustadz satu ini. Sudah dua kali saya menulis khusus tentang bagaimana dia sengaja berbohong, mengarang redaksi sendiri lalu dinisbatkan pada para Imam. Silakan cek tulisan saya sebelumnya.

Ijazah Supaya Keluar dari Kesulitan Hidup

Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf pernah memberikan ijazah yang agar kesulitan-kesulitan yang kita hadapi dapat terurai dengan mudah. Beliau adalah Wali Qutub pada zamannya yang sangat terkenal dengan berbagai karomahnya.

Penjelasan Moderatisme Asy'ariyah Menurut Kiai Abdul Wahab Ahmad

Imam abul Hasan al-Asy’ari merupakan pendiri dari mazhab Asy’ariyah, mazhab yang saat ini dianut oleh mayoritas ulama di dunia. Mazhab Asy’ariyah dianut karena wujud moderatismenya, hal tersebut juga dijelaskan oleh Imam Abu Asakir dalam kitab Tabyin al-Kadzib al-Muftari bahwa Imam Abul Hasan al-Asy’ari selalu mengambil jalan tengah diantara dua pendapat yang ekstrem.

Ilmu Agama yang Harus Dipelajari

Ilmu agama sangatlah beragam dan jenjang tingkatannya sangatlah luas, akan tetapi apa yang harus dipelajari oleh semua orang?

Tauhid itu Apa? Ini Penjelasannya

Sebagian menjawabnya sebagai mengesakan Allah dalam beribadah. Maksudnya menyembah Allah saja, tak bersama yang lain

Bisakah Melepas Aspek Kenabian dari Nabi Muhammad?

Mari kita berandai-andai, bagaimana jadinya bila Nabi Muhammad bukanlah seorang Nabi atau Rasul tetapi hanya seorang pemuda visioner yang mengajak kaumnya untuk menyembah Allah saja dan lepas dari mitos peninggalan leluhur Arab untuk menyembah berhala-berhala?

Kiai Abdul Wahab Ahmad: Fikih ya Begini Aturannya

Ahlul khibrah adalah istilah fikih untuk menyebut para pakar di bidang selain fikih. Fatwa Fikih tidak bisa berdiri sendiri tapi juga harus ditopang oleh data dari para pakar dalam keilmuan lain yang berkaitan. Sebut saja misalnya kasus fikih yang berkaitan dengan penyakit, ahlul khibrahnya tentu saja para dokter yang kredibel

Jelaskan Perbedaan Ilmu Akidah dan Ilmu Kalam, Kiai Abdul Wahab Ahmad: Ada Perbedaan Mendasar

Meski sering dianggap sama, ada perbedaan mendasar antara ilmu akidah dan ilmu kalam

Kiai Abdul Wahab Ahmad: Letak Urgensi Ilmu Kalam

Beberapa ulama tidak sreg pada ilmu kalam dan tidak menyarankannya untuk dipelajari. Kalau sudah yakin pada apa pun yang disampaikan oleh Nabi Muhammad maka untuk apa lagi ndakik-ndakik membahas dalilnya atau berdebat soal itu? Mendingan langsung fokus saja pada amal untuk bekal sesudah mati

Gus Mus, Manusia Merdeka yang Menerapkan Kalimat Tauhid ke dalam Prinsip Hidup

“Manusia merdeka ialah mereka yang dapat menerapkan kalimat Laa ilaaha Illalla ke dalam prinsip hidupnya,” itulah dawuh KH Ahmad Mustofa Bisri atau akrab dipanggil Gus Mus dalam unggahan Youtube Ngaji Hijrah.

Soal Doa Iftitah, Kiai Abdul Wahab Ahmad: yang Bagus, Bacaan ala Muhammadiyah dan NU Itu Digabung

Jadi, yang bagus bacaan ala Muhammadiyah dan NU itu digabung. Hahaha... Bercanda, yang benar adalah semua bacaan tersebut adalah bacaan Rasul, bukan bacaan ormas tertentu. Tapi jangan lupa, ada banyak versi lagi selain kedua versi di atas, silakan cari sendiri

Kiai Abdul Wahab Ahmad: Hal Menarik dari Bacaan Iftitah

Menyambung tulisan sebelumnya, bagi saya yang menarik dari redaksi bacaan iftitah dalam shalat bukan apakah "inni wajjahtu wajhiya" atau "wajjahtu wajhiya" tanpa inni. Yang menarik adalah kaitannya dengan ilmu kalam

Kiai Abdul Wahab Ahmad: Tafsir Salah Kaprah

Ada beberapa penafsiran al-Qur'an yang salah kaprah. Sudah populer sekali di masyarakat tetapi sebenarnya salah

Biografi Habib Ahmad bin Novel bin Salim bin Jindan

Habib Ahmad bin Novel bin Salim bin Jindan ulama habib Tangerang Banten

Kemuliaan Akhlak KH. Abdul Wahid Zaini di Mata KH. Ahmad Shiddiq Jember

KH Abdul Wahid Zaini merupakan pengasuh pondok pesantren Nurul Jadid, sejak muda beliau menujukkan kecintaan dan kepeduliannya pada pendidikan. Setelah dididik oleh sang ayah, KH Abdul Wahid Zaini meneruskan pendidikannya di Pondok Pesantren Peterongan Jombang

Kiai Abdul Wahab Ahmad: Perbedaan Sifat Dzatiyah dan Sifat Jismiyah

Para Taymiyun (wahabi) seringkali menyamakan dan menyamarkan antara sifat Dzatiyah Allah dan Sifat Jismiyah

Viral Video Lawas Kiai Said Terangkan Kata ‘Ada’ Bagi Allah, Ini Penjelasan Kiai Abdul Wahab Ahmad

Baru-baru ini beredar sebuah unggahan video pendek Ketua Umum PBNU, KH. Said Aqil Siraj menerangkan tentang kata “Ada” bagi Allah dalam Al-Quran.

Sosok Teladan KH. Ghazali Ahmadi di Mata Santri

Tumbuh dalam keluarga yang besar sekali ghirahnya pada ilmu pengetahuan, merupakan salah satu faktor yang ikut melejitkan jalan baginya menjadi seorang ilmuan. Lebih dari itu, Abah adalah orang yang genius

Kiai Abdul Wahab Ahmad: Beda Jauh Antara "Allah Tidak Punya Sifat Wujud" dan "Allah Tidak Wujud"

Kalau saya bilang bahwa sifat wujud bagi Allah tidak ada, tentu banyak orang yang tidak mendalami ilmu kalam akan kaget dan salah paham. Bisa-bisa saya dituduh meniadakan Allah meskipun mana mungkin itu terjadi

Biografi KH. Ghazali Ahmadi

KH. Ghazali Ahmadi Ulama Nahdlatul Ulama Madura Jawa Timur

Meneladani Kesederhanaan KH. Ghazali Ahmadi

Kesederhanaan, merupakan salah satu sifat yang menjadi ciri khas kehidupan para nabi dan rasul, kekasih Allah, dan para wali beserta ulama yang kerap melakoni hidup dengan kesalehan. Bahkan, termasuk menifestasi dari kerendahan hati seseorang

Hukum Rokok dari Bahaya yang Ditimbulkan

Dalam Islam, perbedaan pendapat antar ulama adalah sebuah anugerah. Sering terdapat perbedaan pendapat dikalangan ulama dalam memutuskan atau menghukumi suatu perkara, sebut saja perihal rokok

Biografi KH. Ahmad Shodiq

KH. Ahmad Shodiq Ulama Lampung Nahdlatul Ulama

Kiai Abdul Wahab Ahmad: Bukan Bahasa Dakwah

Dakwah berasal kata da'a yang artinya mengajak, yang namanya ajakan harus dilakukan dengan lembut, pelan dan simpatik. Kalau tidak, maka objek dakwah akan lari

Memahami Hadis Dajjal dengan Tepat: Makna Allah Tidak Buta Sebelah

Salah satu hujjah para mujassim untuk mempropaganda awam bahwa Allah adalah jisim, dengan memplesetkan hadis yang bercerita tentang ciri Dajjal

Biografi Sayyid Ali Khala’ Ghasam bin Alwi bin Muhammad

Beliau As Sayyid Al Imam As Syeikhul Kabir Al Alamus Syahir, Majma’ul Fadhail Wal Mahasin Wal Anwar Wi Asrar Abdul Hasan Nuruddin Ali bin Muhammad bin Alwy bin Ubaidilah bin Ahmad.

Ini yang Membuat Mbah Hamid Pasuruan Menangis Setelah Acara Maulid Nabi

Pada suatu hari, KH Abdul Hamid Pasuruan mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan mengundang para masyayikh

Ziarah Makam KH Ahmad Dahlan Tremas, Ulama Besar Ahli Ilmu Falak

Salah satu ulama besar yang sangat berpengaruh perkembangan ilmu falak di Nusantara ialah KH. Ahmad Dahlan Tremas, Pacitan

Biografi Imam Muhammad bin Alwy bin Ahmad bin Faqihul Muqaddam

Beliau salah seorang tokoh ulama, imam besar, maha guru, tauladan, ahli zuhud, ibadah, wara’, berbudi pekerti luhur, dan berilmu tinggi, beliau ahli dalam seluruh bidang ilmu baik itu tafsir, hadits, fiqih, nahwu, bahasa, adab, kedokteran, dan ilmu ilmu lainnya

Biografi Al Imam Nuruddin Ali bin Alwy bin Ahmad

Beliau As Sayyid Al Imam Al Wali Al Mukasyif Syamsuddunya Nuruddin Ali bin Alwy bin Ahmad bin Faqihul Muqaddam

Kiai Abdul Wahab Ahmad: Dalam Kredo Asy'ariyah, Sifat Kalam Itu Tergolong Sifat Wajib

bagaimana bisa ada orang yang sanggup mengarang bebas bahwa menurut Asya'irah Allah Berkalam lalu tak Berkalam lagi?

Biografi Imam Ahmad bin Alwy Bajahdab

Beliaulah sosok panutan bagi para wali, mahkota para asfiya’, guru para guru, lautan hakikat, sumber segala sifat terpuji, Imam ahli syariat dan penerang bagi ahli tarekat

Biografi Al Imam Ahmad bin Al Husain Al Aydrus

Beliaulah sandaran para Wali tarekat, penyatu antara syariat dan hakikat, penolong manusia, keberkahan kaum muslimin. As Sayyid Al Imam Al Qutub Al Arif Billah Syihabuddin Ahmad bin Al Imam Syeikh Al Husain bin Imam Abdullah Al Aydrus.

Biografi Imam Abdullah bin Ahmad Al-Aydrus

Beliaulah seorang Guru besar,tokoh para ulama, pemegang kekeramatan luar biasa yang nampak, kepribadian yang menakjubkan, memiliki firasat batin yang tajam, kedudukan yang tinggi dan agung

Biografi Imam Ahmad bin Muhammad Al-Habsyi Shahib Syi’ib

Beliaulah sosok Ulama Besar, lautan cahaya yang deras, sosok bekal bagi orang-orang yang lemah dan pengayom orang-orang miskin,

Kiai Abdul Wahab Ahmad: Hatibu Lailin Masa Kini

Ada sebuah julukan yang bernada olok-olok bagi cendekiawan yang mengumpulkan semua informasi dan berita tanpa disaring mana yang valid dan mana yang tidak

Biografi Al-Imam Ahmad Al-Muhajir bin Isa Ar-Rumi bin Muhammad Naqib

Imam Ahmad al-Muhajir Ulama Muslim Medinah Mekkah Basrah Irak Hadramaut Yaman

Biografi Imam Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa

Imam Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa Ulama Muslim Hadramaut Yaman

Biografi Imam Ahmad bin Nasir bin Syeikh Abu Bakar bin Salim

Beliau Al Sayyid Al Jalil Al Syeikh Al Jami’ Dzus Sirri Assil Wal Istigharaq Jamil Syihabuddin Ahmad bin Syeikh Nasir bin Sayyid Ahmad bin Syeikh Al Imam Abu Bakar bin Salim Shahib Inat.

Biografi Imam Abdullah bin Ahmad Ba’alawy

Beliau adalah Sayyid Al Alim Al Fadil Al Faqih As Sufi Abdullah bin Ahmad bin Abdullah bin Ahmad bin Abdurrahman bin Al Faqih As Syahir Muhammad bin Abdurrahman Ba’alawy yang dikenal dengan nama Al Asqa

Biografi Imam Ahmad bin Hasyim Al Habsyi

Beliau adalah Al Arif BillahImam Ahmad bin Muhammad Al Habsyi Shahib Si’ib.

Biografi Imam Ahmad bin Aydrus Assegaf

Beliau adalah Sayyid Al Hasib Al Khasyi’ Ahmad bin Aydrus bin Syeikh Al Arif Billah Abdullah bin Ali Shahibul Wahat bin Ali bin Ali bin Hasan bin Syeikh Ali bin Abu Bakar Assegaf.

Biografi Imam Ahmad bin Umar Al Hinduan

Beliau adalah Sayyid Syarif Asy Syihabus Tsaqib, Al Alim Al Mutafanil As Syeikh Al Mutamakkin Ahmad bin Umar bin Agil Al Hinduan Ba’alawy.

Kiai Abdul Wahab Ahmad: Membuang Sawah Memungut Butiran Tanah

Ada seseorang yang menulis panjang lebar untuk membuktikan bahwa Candi Borobudur buatan Nabi sulaiman. Berbagai detail kecil dicari lalu dirangkai agar terlihat cocok lalu dicocok-cocokkan

Ziarah Makam Habib Abdul Qadir bin Ahmad Bilfaqih dan Habib Abdullah bin Abdul Qadir Bilfaqih

Habib Abdul Qadir bin Ahmad Bilfaqih Al-Alawy dan Habib Abdullah bin Abdul Qadir Bilfaqih adalah dua orang mulia ayah dan anak yang merupakan seorang ulama besar

Biografi KH. Ahmad Maimun Alie

KH. Ahmad Maimun Alie Ulama Nahdlatul Ulama Tangerang Banten

Kisah Wali Imam Ahmad Ar-Rifa'i

Imam Ahmad Ar-Rifa’i adalah seorang ulama pendiri Tarekat Rifa’iyyah, beliau hidup sezaman dengan Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.

Biografi Muhammad bin Yahya bin Ahmad bin Daghrah bin Zahrah ad-Dimasyqi (Ibnu Zahra)

Nama lengkap Muhammad bin Yahya bin Ahmad bin Daghrah bin Zahrah ad-Dimasyqi Syamsuddin ath-Tharabulsi asy-Syafi'i. Dikenal dengan nama Ibnu Zahra (sebagian menyebut Ibnu Zuhra).

Biografi Ahmad bin Muhammad bin Abi al-Haram al-Qamuli

Nama lengkap Ahmad bin Muhammad bin Abi al-Haram al-Qarsy al-Makhzumi Najmuddin al-Qamuli. Seorang ulama dan faqih asal Mesir. Dia bermazhab syafi’i-sunni. Dia juga dikenal sebagai mufassir (ulama tafsir), muhaddits (ulama hadis), penyair dan sastrawan.

Biografi al-Husein bin Muhammad bin Ahmad Abu Ali al-Qadhi al-Marzawi

Nama lengkap al-Husein bin Muhammad bin Ahmad Abu Ali al-Qadhi al-Marzawi (sebagian orang menyebutnya al-Marwarrudzi). Dia merupakan ulama pembesar mazhab Syafi'i di negeri Khurasan, Persia.

Biografi KH. Ahmad Sodiq Mukhtar Idris

KH. Ahmad Sodiq Mukhtar Idris Ulama Nahdlatul Ulama Banyumas Jawa Tengah

Biografi KH. Ahmad Buchori Masruri

KH. Ahmad Buchori Masruri Ulama Nahdlatul Ulama Semarang

Biografi KH. Ahmad Hadlor Ihsan

KH. Ahmad Hadlor Ihsan Ulama Nahdlatul Ulama Semarang Jawa Tengah

Biografi KH. Ahmad Imam Sya’roni

KH. Ahmad Imam Sya’roni Ulama Nahdlatul Ulama Semarang JawaTengah

Biografi KH. Ahmad Basyir AS

KH. Ahmad Basyir AS Ulama Nahdlatul Ulama Sumenep Madura Jawa Timur

Kiai Abdul Wahab Ahmad: Kesalahan Logika Imam Ibnu Abdil Barr tentang Tempat Allah

Di antara kaidah yang disepakati seluruh ahli ilmu adalah bahwa yang maksum (terjaga dari kesalahan) adalah Nabi Muhammad saja, sedangkan ucapan orang lain dapat diterima dan dapat ditolak

Biografi Kiai Ahmad Tuhfah Nahrawi

Kiai Ahmad Tuhfah Nahrawi Ulama Nahdlatul Ulama Probolinggo Jawa Timur

Biografi KH. Ahmad Faqih Al-Musri

KH. Ahmad Faqih Ulama Nahdlatul Ulama Cianjur Jawa Barat

Ziarah Makam KH. Ahmad Djazuli Utsman, Pendiri Pondok pesantren Al-Falah Ploso

KH. Mas’ud yang kemudian dikenal dengan KH. Ahmad Djazuli Utsman ini merupakan sosok yang sangat haus akan ilmu, sejak kecil beliau tak pernah Lelah untuk belajar.

Karomah KH. Ahmad Qusyairi Pasuruan yang Berhentikan Kereta Listrik

KH. Ahmad Qusyairi dan KH. Abdul Hamid Pasuruan merupakan dua ulama besar yang sangat berjasa dalam penyebaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah di Pasuruan.

Biografi KH. Ahmad Nashoha

KH. Ahmad Nashoha Ulama nahdlatul Ulama Kebumen Jawa Tengah

Ziarah di Makam Guru Zuhdi, Sosok Wali bersahaja dari Banjarmasin

KH. Ahmad Zuhdinoor atau akrab dikenal dengan nama Guru Zuhdi adalah ulama kharismatik asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Pesantren Mambaus Sholihin Bintan

Pesantren Mambaus Sholihin, Bintan, Kepulauan Riau

Ziarah Makam KH. Ahmad Abdul Hamid Kendal, Pencipta Wallahul Muwaffiq ila Aqwamith Thariq

Warga NU sudah taka sing lagi dengan nama KH. Ahmad Abdul Hamid, sosok dibalik pencipta Wallahul Muwaffiq ila Aqwamith Thariq.

Biografi KH. R Ahmad Dimyati Sukamiskin (Mama Gedongan)

KH. R. Ahmad Dimyati Sukamiskin (Mama Gedongan) Ulama Nahdlatul Ulama Bandung Jawa Barat

Ziarah Makam Habib Muhammad bin Ahmad Al-Muhdhor

Habib Ahmad bin Ahmad Al-Muhdhor lahir di Desa Quwaireh, Du’an Al-Ayman, Hadramaut, Yaman pada tahun 1280 H.

Biografi KH. Abdul Karim Ahmad

KH. Abdul Karim Ahmad, Ulama, Nahdlatul Ulama, Surakarta, Jawa Tengah

Tuan Guru Pancor, Saudara Seperguruan Kiai Hasyim dan Kiai Ahmad Dahlan

Tuan Guru Kiai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid atau yang dikenal juga dengan Tuan Guru Pancor ternyata belajar dari madrasah yang sama dengan Kiai Haji Hasyim Asy’ari dan Kiai Haji Ahmad Dahlan.

Biografi KH. Moh. Djamaluddin Ahmad, Pendiri Pesantren Bumi Damai Al-Huhibbin

KH. Moh. Djamaluddin bin Achmad merupakan Pengasuh Pesantren Bumi Damai Al-Huhibbin, Tambakberas, Jombang. Dikenal sebagai pengampu kitab Hikam dan memiliki jamaah yang demikian banyak. Pengajiannya selalu dibanjiri hadirin, bahkan mereka dari berbagai daerah. 

Saling Menasehati Dalam Tiga Hal

Nasehat, nasihat, dalam Bahasa Indonesia adalah kata serapan dari Bahasa Arab, yakni al-nashihah ( النصيحة ), berasal dari kata al-nushhu ( النصح ) yang berarti al-khulush ( الخلوص ), kemurnian. Sedangkan pengertian nasehat dalam istilah agama adalah:

Lima Syarat Agar Sedekah Diterima

Sedekah (al-shadaqah)--sebagaimana dijelaskan oleh Dr.  Mahmud Abdurrahman Abdulmun'im dalam Mu'jam al-Mushthalahat wa al-Alfadz al-Fiqhiyyah,  Juz 2, halaman 362

Kiai Abdul Wahab Ahmad: Shifat, Istilah Bid'ah dalam Akidah

Meski dunia persilatan teologis sangat heboh dengan pembahasan shifat Tuhan, tetapi tahukah anda bahwa kata "Shifat" tidak pernah digunakan oleh al-Qur'an dan Hadis ketika membahas akidah?

Biografi KH. Ahmad Maisur Sindi Al-Thursidi

KH. Ahmad Maisur Sindi Al-Thursidi adalah ulama kharismatik berasal Purworejo mengasuh di Pesantren Mahir Arriyadl Ringinagung Kediri

Biografi KH. Asrori Ahmad

KH. Asrori Ahmad lahir di Wonosari, Magelang pada 2 Ramadhan 1343 (1923). Beliau adalah putra sulung dari pasangan H Ahmad dan Nyai Aminah.

Ahmad Ishomuddin: Hentikan Aktivitas Politik HTI

HTI adalah bagian dari Hizbut Tahrir yang didirikan oleh Taqiyuddin an-Nabhani pada 14 Maret 1953 di al-Quds, Palestina. HTI baru mulai mencemari dan didirikan di Indonesia pada tahun 1980-an

Biografi KH. Ahmad Makki

KH. Ahmad Makki adalah ulama kharismatik, selain pengasuh pesantren Assalafiyah, beliau sangat produktif dalam mengarang kitab hingga ratusan kitab

Kiai Abdul Wahab Ahmad: Dengan Nama Apa Kita Dipanggil di Akhirat?

Sebelum kita membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa hal semacam ini adalah berita ghaib yang tidak dapat diketahui oleh siapa pun kecuali oleh pencipta semesta, yakni Allah dan para Rasul selaku utusan resmi Allah

Biografi KH. Ahmad Safradji

KH. Ahmad Safradji beliau adalah ulama berasal dari Sumenep dan beliau adalah pengasuh pesantren Aqidah Usymuni

Amalan Mustajab Agar Semua Hajat Dikabulkan

Alhamdulillah semua hajat ku sudah terkabul berkat ku amalakan istighfar, namun ada satu hajat yang belum qobul, yaitu aku ingin bertemu imam Ahmad bin Hamba

12 Ramadhan Mengenang Wafat Simbah KH Ma’sum Ahmad Lasem

Tepat tanggal 12 Ramadhan 1932 H atau 20 Oktober 1972 M, Pendiri Pondok Pesantren Al-Hidayat Lasem Mbah KH Ma’shum Lasem wafat. Beliau wafat setelah pulang dari shalat Jum’at di masjid Jami’ Lasem

Biografi KH. Muhammad Ahmad Muharror Ali

KH. Muhammad Ahmad Muharror Ali beliau adalah ulama kharismatik Blora dan pengasuh di pesantren Khozinatul ‘Ulum Blora

Mengenal Tuan Guru KH Ahmad Riduan Amuntai yang Lahir 14 Ramadhan

KH. Ahmad Riduan lahir di Amuntai pada hari Senin 12 Agustus 1946 M (bertepatan dengan 14 Ramadhan 1365 H). Ayah beliau bernama KH. Ahmad Dahlan Bin As'ad sedangkan Ibunda beliau bernama Hajjah Muntiara

Biografi KH. Reza Ahmad Zahid (Gus Reza)

KH. Reza Ahmad Zahid (Gus Reza) adalah ulama muda dari Kediri beliau adalah pengasuh di pesantren Al-Mahrusiyah

Biografi Al-Habib Husin bin Ahmad Baraqbah

Habib Husin bin Ahmad bin Abdurrahman bin Ahmad bin Abdurrahman bin Umar bin Abdurrahman bin Umar Baraqbah lahir pada akhir abad 11 Hijriyah (17 Masehi) atau sekitar tahun 1095 H (1683 M) di Tarim, sebuah kota kecil di Negeri Hadramaut

Biography of Sheikh Ahmad Khatib Sambas

Sheikh Ahmad Khatib Sambas he is ulama from Sambas, West Kalimantan

Biografi KH. Ahmad Marzuqi Romli

KH. Ahmad Marzuqi lahir pada tahun 1901 M di desa tempat ayahnya tinggal yaitu di Giriloyo Wukirsari Imogiri Bantul sebagai putra bungsu.

Biografi KH. Ahmad Dimyati (Mama Mafazah)

KH. Ahmad Dimyati (Mama Mafazah) beliau adalah ulama kharismatik berasal dari Sindangkerta, dan pendiri pesantren Mafazah, Bandung Barat.

Biografi Syeikh Ahmad Basyir

Syeikh Ahmad Basyir beliau adalah ulama besar dan gururnya para ulama, selain itu beliau adalah perintis dan pengasuh pesantren Al Basyiriyah Petak Bojonegoro

Biografi KH. Ahmad Fauzan

KH. Ahmad Fauzan adalah ulama kharismatik berasal dari Bangsri Jepara

Ziarah di Makam Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi, Mahagurunya Ulama Indonesia

Syekh Ahmad Khatib al-Minangkabawi beliau adalah ulama berasal dari Sumatera Barat yang telah lama mengajar di Mekkah, banyak para ulama-ulama besar Nusantara yang belajar kepada beliau.

Biografi Sayyid Ahmad bin Alwi Ammul Faqih bin Muhammad Shahib Mirbath

Sayyid Ahmad dilahirkan di Tarim Hadramaut. Ayah beliau adalah Sayyid Alwi bin Muhammad Shahib Mirbath bin Ali Khala’ Ghasam

Biografi Sayyid Ahmad Al Muhajir bin Isa Arrumi bin Muhammad An Naqieb

Beliau adalah Sayyid Ahmad Al Muhajir bin Isa Arrumi bin Muhammad An Naqieb. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ubaidillah bin Ahmad Al Muhajir bin Isa Arrumi

Beliau adalah Sayyid Ubaidillah bin Ahmad Al Muhajir bin Isa Arrumi. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Jadid bin Ubaidillah bin Ahmad Al-Muhajir bin Isa Ar-Rumi

Beliau adalah Sayyid Ali Khala'Ghasam bin Alwi bin Muhammad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Jadid

Sayyid Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Jadid lahir di Kota Tarim Hadramaut, Ayah beliau Sayyid Muhammad bin Ahmad bin Jadid.

Biografi Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Umar Al-Hamro

Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Umar Al-Hamro dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut

Biografi Sayyid Muhammad bin Ahmad bin Muhammad Al Faqih Muqaddam

Beliau adalah Sayyid Muhammad bin Ahmad bin Muhammad Al Faqih Muqaddam. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam

Sayyid Ali bin Muhammad dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut. Ayah beliau adalah seorang Imam dan Ulama yang diakui kewaliannya pada masa itu. Yaitu Sayyid Muhammad bin Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam.

Biografi Sayyid Muhammad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad

Sayyid Muhammad bin Ali bin Muhammad dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut. Ayah beliau adalah seorang Imam dan Ulama yang diakui kewaliannya pada masa itu. Yaitu Sayyid Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam.

Biografi Sayyid Ahmad bin Abu Bakar Al-Jufri bin Muhammad

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Abu Bakar Al Jufri bin Muhammad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Muhammad Kuraikarih bin Ahmad bin Abu Bakar Al-Jufri

Sayyid Muhammad Kaukarih bin Ahmad bin Abu Bakar Al-Jufri dilahirkan di Kota Tarim,

Biografi Sayyid Ahmad Alkaf bin Muhammad bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Ahmad Alkaf bin Muhammad bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Muhammad

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Muhammad bin .... Amro. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Umar bin Ahmad bin Muhammad bin Umar Al-Hamro

Sayyid Umar bin Ahmad bin Muhammad bin Umar Al-Hamro dilahirkan di Kota Tarim

Biografi Sayyid Ahmad bin Umar bin Ahmad bin Muhammad bin Umar Al-Hamro

Sayyid Ahmad bin Umar bin Ahmad bin Muhammad bin Umar Al-Hamro dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut

Biografi Sayyid Al-Ghoits bin Ahmad bin Umar bin Ahmad bin Muhammad bin Umar Al-Hamro

Sayyid Al-Ghoits bin Ahmad bin Umar bin Ahmad bin Muhammad bin Umar Al-Hamro dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut

Biografi Sayyid Ahmad Bal-Ghoits bin Al-Ghoits bin Ahmad

Sayyid Ahmad Bal-Ghoits bin Al-Ghoits bin Ahmad di Kota Tarim, Hadramaut.

Biografi Sayyid Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Ahmad

Sayyid Ahmad bin Ali bin Muhammad dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut. Ayah beliau adalah seorang Imam dan Ulama yang diakui kewaliannya pada masa itu. Yaitu Sayyid Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam.

Biografi Sayyid Abdullah bin Ahmad bin Ali

Sayyid Abdullah bin Ahmad bin Ali dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut. Ayah beliau adalah seorang Imam dan Ulama yang diakui kewaliannya pada masa itu.

Biografi Sayyid Abdurrahman Al-Asqo bin Abdullah bin Ahmad

Sayyid Abdurrahman Al-Asqo bin Abdullah bin Ahmad bin Ali dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut.

Biografi Sayyid Ahmad bin Abdurrahman Bil-Faqih bin Muhammad Al-Asqo

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Abdurrahman Bilfaqih bin Muhammad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Umar bin Ahmad bin Abdurrahman Bilfaqih

Beliau adalah Sayyid Umar bin Ahmad bin Abdurrahman Bilfaqih. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Abdullah bin Umar bin Ahmad bin Abdurrahman Bil-Faqih

Sayyid Abdullah bin Umar bin Ahmad bin Abdurrahman Bil-Faqih dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut.

Biografi Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Ali

Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Ali dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut

Biografi Sayyid Abdul Qadir bin Ahmad bin Muhammad

Beliau adalah Sayyid Abdul Qadir bin Ahmad bin Muhammad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Al Habib Abdullah Bilfaqih (Malang) bin Abdul Qadir bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Al Habib Abdullah Bilfaqih (Malang) bin Abdul Qadir bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Umar bin Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Mugaddam

Sayyid Umar dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut. Ayah beliau adalah seorang Imam dan Ulama yang diakui kewaliannya pada masa itu. Yaitu Sayyid Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Mugaddam bin Ali.

Biografi Sayyid Ali Ba’ Umar bin Umar bin Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam

Sayyid Ali Ba’ Umar dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut. Ayah beliau adalah seorang Imam dan Ulama yang diakui kewaliannya pada masa itu. Yaitu Sayyid Umar bin Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam.

Biografi Sayyid Alwi bin Ahmad bin Muhammad Al Faqih Muqaddam

Sayyid Alwi dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut. Ayah beliau adalah seorang Imam dan Ulama yang diakui kewaliannya pada masa itu. Yaitu Sayyid Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam bin Ali.

Biografi Sayyid Abdullah bin Alwi bin Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam

Sayyid Abdullah dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut. Ayah beliau adalah seorang Imam dan Ulama yang diakui kewaliannya pada masa itu. Yaitu Sayyid Alwi bin Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam.

Biografi Sayyid Muhammad bin Abdullah bin Alwi bin Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam

Sayyid Muhammad bin Abdullah dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut. Ayah beliau adalah seorang Imam dan Ulama yang diakui kewaliannya pada masa itu. Yaitu Sayyid Abdullah bin Alwi bin Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam.

Biografi Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Abdullah

Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Abdullah dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut

Biografi Sayyid Alwi bin Ahmad bin Muhammad bin Abdullah

Sayyid Alwi bin Ahmad bin Muhammad bin Abdullah dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut.

Biografi Sayyid Ali bin Alwi bin Ahmad

Sayyid Ali bin Alwi bin Ahmad bin Muhammad bin Abdullah dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut.

Biografi Sayyid Ali Al-Bar bin Ali bin Alwi

Sayyid Ali Al-Bar bin Ali bin Alwi bin Ahmad bin Muhammad bin Abdullah dilahirkan di Kota Dau’an, Hadramaut

Biografi Sayyid Abu Bakar Al Warak bin Ahmad bin Muhammad Al Faqih Muqaddam

Beliau adalah Sayyid Abu Bakar Al Warak bin Ahmad bin Muhammad Al Faqih Muqaddam. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Abu Bakar Al Warak bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Abu Bakar Al Warak bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ali bin Umar bin Muhammad bin Ahmad bin Abu Bakar Al-Warak

Sayyid Ali bin Umar bin Muhammad bin Ahmad bin Abu Bakar Al-Warak dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut.

Biografi Sayyid Umar Al Hinduan bin Umar bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Umar Al Hinduan bin Umar bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Yahya bin Hasan bin Ali bin Alwi bin Muhammad Mauladdawilah

Sayyid Ahmad bin Yahya bin Hasan bin Ali bin Alwi bin Muhammad Mauladdawilah, seorang ulama besar yang hafidz ( hafal Al-Qur'an ) lahir pada tahun 857 H di Tarim Al-Ghonna.

Biografi Sayyid Aqil bin Ahmad bin Yahya bin Hasan bin Ali bin Alwi bin Muhammad Mauladdawilah

Sayyid Aqil bin Ahmad bin Yahya bin Hasan bin Ali bin Alwi bin Muhammad Mauladdawilah, seorang ulama besar yang hafidz ( hafal Al-Qur'an ) lahir pada tahun 887 H di Tarim Al-Ghonna.

Biografi Sayyid Abdurrahman Al-Faqih bin Aqil bin Ahmad bin Yahya bin Hasan bin Ali bin Alwi bin Muhammad Mauladdawilah

Sayyid Abdurrahman bin Aqil bin Ahmad bin Yahya bin Hasan bin Ali bin Alwi bin Muhammad Mauladdawilah, seorang ulama besar yang hafidz

Biografi Sayyid Syekh bin Ahmad bin Yahya bin Hasan bin Ali bin Alwi bin Muhammad Mauladdawilah

Sayyid Syekh bin Ahmad bin Yahya bin Hasan bin Ali bin Alwi bin Muhammad Mauladdawilah, seorang ulama besar yang hafidz ( hafal Al-Qur'an ) lahir pada tahun 897 H di Tarim Al-Ghonna

Biografi Sayyid Muhammad bin Syekh bin Ahmad bin Yahya bin Hasan bin Ali bin Alwi bin Muhammad Mauladdawilah

Sayyid Muhammad bin Syekh bin Ahmad bin Yahya bin Hasan bin Ali bin Alwi bin Muhammad Mauladdawilah, seorang ulama besar yang hafidz ( hafal Al-Qur'an ) lahir pada tahun 929 H di Tarim Al-Ghonna

Biografi Sayyid Ahmad bin Husein bin Abdurrahman As-Segaf bin Muhammad Mauladdawilah

Sayyid Ahmad bin Husein bin Abdurrahman As-Segaf bin Muhammad Mauladdawilah seorang ulama besar yang hafidz ( hafal Al-Qur'an ) lahir pada tahun 845 H di Tarim Al-Ghonna.

Biografi Sayyid Ahmad bin Abdullah bin Thalib bin Ali bin Hasan bin Ali bin Hasan bin Abdullah bin Husein bin Umar bin Abdurrahman Al-Attas

Sayyid Ahmad bin Abdullah bin Thalib bin Ali bin Hasan bin Ali bin Hasan bin Abdullah bin Husein bin Umar bin Abdurrahman Al-Attas mewarisi sifat-sifat kebaikan dari ayah beliau. Beliau adalah seorang yang menguasai dalam berbagai cabang ilmu dan dan merupakan salah satu imam besar di jamannya.

Biografi Sayyid Al Habib Ali Al Attas (Pekalongan) bin Ahmad bin Abdullah

Beliau adalah Sayyid Al Habib Ali Al Attas (Pekalongan) bin Ahmad bin Abdullah. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Alwi bin Muhammad bin Thalib bin Ali bin Ja’far bin Abu Bakar bin Umar Al-Muhdhar bin Syekh Abu Bakar

Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Alwi bin Muhammad bin Thalib bin Ali bin Ja’far bin Abu Bakar bin Umar Al-Muhdhar bin Syekh Abu Bakar mewarisi sifat-sifat kebaikan dari ayah beliau. Beliau adalah seorang yang menguasai dalam berbagai cabang ilmu dan dan merupakan salah satu imam besar di jamannya.

Biografi Sayyid Al Habib Muhammad Al Muhdor (Bondowoso) bin Ahmad bin Muhammad

Beliau adalah Sayyid Al Habib Muhammad Al Muhdor (Bondowoso) bin Ahmad bin Muhammad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Abu Bakar bin Abdullah bin Shaleh bin Abdullah bin Salim bin Umar bin Hamid Inat bin Syekh Abu Bakar

Sayyid Ahmad bin Abu Bakar bin Abdullah bin Shaleh bin Abdullah bin Salim bin Umar bin Hamid Inat bin Syekh Abu Bakar mewarisi sifat-sifat kebaikan dari ayah beliau. Beliau adalah seorang yang menguasai dalam berbagai cabang ilmu dan dan merupakan salah satu imam besar di jamannya. Beliau seorang yang alim, soleh, menguasai ilmu fiqih, hadits dan tasawuf.

Biografi Sayyid Muchsin bin Ahmad bin Abu Bakar bin Abdullah bin Shaleh bin Abdullah bin Salim bin Umar bin Hamid Inat bin Syekh Abu Bakar

Sayyid Muchsin bin Ahmad bin Abu Bakar bin Abdullah bin Shaleh bin Abdullah bin Salim bin Umar bin Hamid Inat bin Syekh Abu Bakar adalah ulama yang tawadhu' dan banyak melatih diri dengan berbagai jenis ibadah serta amal kebajikan.

Biografi Sayyid Ahmad bin Husein bin Syekh Abu Bakar bin Salim bin Abdullah bin Abdurrahman

Sayyid Ahmad Husein bin Syekh Abu Bakar bin Salim bin Abdullah bin Abdurrahman bin Abdullah bin Abdurrahman As-Segaf bin Muhammad Mauladdawilah seorang ulama besar yang hafidz ( hafal Al-Qur'an ) lahir pada tahun 981 H di Kota Inat

Biografi Sayyid Ahmad bin Syekh Abu Bakar bin Salim bin Abdullah bin Abdurrahman bin Abdullah bin Abdurrahman As-Segaf bin Muhammad Mauladdawilah

Sayyid Ahmad bin Syekh Abu Bakar bin Salim bin Abdullah bin Abdurrahman bin Abdullah bin Abdurrahman As-Segaf bin Muhammad Mauladdawilah seorang ulama besar yang hafidz ( hafal Al-Qur'an ) lahir pada tahun 957 H di Kota Inat

Biografi Sayyid Ahmad bin Ali bin Hasan bin Syekh Abu Bakar

Sayyid Ahmad bin Ali bin Hasan bin Syekh Abu Bakar bin Salim bin Abdullah bin Abdurrahman bin Abdullah bin Abdurrahman As-Segaf bin Muhammad Mauladdawilah seorang ulama besar yang lahir pada tahun 1011 H di Kota Inat.

Biografi Sayyid Abu Bakar bin Ahmad bin Ali

Sayyid Abu Bakar bin Ahmad bin Ali bin Hasan bin Syekh Abu Bakar bin Salim bin Abdullah bin Abdurrahman bin Abdullah bin Abdurrahman As-Segaf bin Muhammad Mauladdawilah seorang ulama besar yang lahir pada tahun 1041 H di Kota Inat.

Biografi Sayyid Muhammad Abu Fataim bin Abu Bakar bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Muhammad Abu Fataim bin Abu Bakar bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Husein bin Sholeh bin Abdullah bin Umar

Sayyid Ahmad bin Husein bin Sholeh bin Abdullah bin Umar bin Abdullah bin Jindan bin Syaichan bin Syekh Abu Bakar bin Salim bin Abdullah bin Abdurrahman bin Abdullah bin Abdurrahman As-Segaf bin Muhammad Mauladdawilah seorang ulama besar yang lahir pada tahun 1257 H di Kota Inat.

Biografi Sayyid Ahmad At-Thawil bin Alwi bin Hasan bin Abdullah bin Abdurrahman As-Segaf bin Muhammad Mauladdawilah

Sayyid Ahmad At-Thawil bin Alwi bin Hasan bin Abdullah bin Abdurrahman As-Segaf bin Muhammad Mauladdawilah seorang ulama besar yang hafidz ( hafal Al-Qur'an ) lahir pada tahun 881 H di Tarim Al-Ghonna.

Biografi Sayyid Ahmad bin Abdul Qadir bin Ali

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Abdul Qadir bin Ali. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Al Habib Abdurrahman Assegaf (Bukit Duri Jakarta) bin Ahmad bin Abdul Qadir

Beliau adalah Sayyid Al Habib Abdurrahman Assegaf (Bukit Duri Jakarta) bin Ahmad bin Abdul Qadir. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Syahabbudin Al Askor

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Syahabbudin Al Askor. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Muhammad Al Masyhur bin Ahmad bin Muhammad

Beliau adalah Sayyid Muhammad Al Masyhur bin Ahmad bin Muhammad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Abdullah bin Muhammad Al Masyhur bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Abdullah bin Muhammad Al Masyhur bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Abdullah bin Muhammad Al Masyhur

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Abdullah bin Muhammad Al Masyhur. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Muhammad Azzahir bin Ahmad bin Abdullah

Beliau adalah Sayyid Muhammad Azzahir bin Ahmad bin Abdullah. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad Al Sholbiyah bin Husein bin Abdullah

Beliau adalah Sayyid Ahmad Al Sholbiyah bin Husein bin Abdullah. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Husein bin Mustafa

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Husein bin Mustafa. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Zainal Abidin bin Ahmad bin Husein

Beliau adalah Sayyid Zainal Abidin bin Ahmad bin Husein. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Husein bin Zainal Abidin bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Husein bin Zainal Abidin bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Husein bin Abdullah Al Aydrus

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Husein bin Abdullah Al Aydrus. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Muhammad bin Ahmad bin Husein

Beliau adalah Sayyid Muhammad bin Ahmad bin Husein. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Husein

Beliau adalah Sayyid Ali bin Muhammad bin Ahmad bin Husein. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Abu Bakar Assakran bin Abdurrahman Assegaf

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Abu Bakar Assakran bin Abdurrahman Assegaf. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Muhammad bin Ahmad bin Abu Bakar Assakran

Beliau adalah Sayyid Muhammad bin Ahmad bin Abu Bakar Assakran. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad Al Musawa bin Muhammad bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Ahmad Al Musawa bin Muhammad bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Alwi bin Ahmad bin Abu Bakar Assakran

Beliau adalah Sayyid Alwi bin Ahmad bin Abu Bakar Assakran. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Abu Bakar bin Alwi bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Abu Bakar bin Alwi bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Abdullah bin Alwi

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Abdullah bin Alwi. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Umar Barakbah bin Ahmad bin Muhammad

Beliau adalah Sayyid Umar Barakbah bin Ahmad bin Muhammad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ali bin Ahmad bin Muhammad

Beliau adalah Sayyid Ali bin Ahmad bin Muhammad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Abdullah Ubud bin Ali bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Abdullah Ubud bin Ali bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Abdurrahman bin Muhammad

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Abdurrahman bin Muhammad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Umar bin Ahmad bin Abdurrahman

Beliau adalah Sayyid Umar bin Ahmad bin Abdurrahman. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Abu Bakar bin Abdurrahman

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Abu Bakar bin Abdurrahman. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Umar bin Ahmad bin Abu Bakar

Beliau adalah Sayyid Umar bin Ahmad bin Abu Bakar. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Hamid bin Umar bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Hamid bin Umar bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Abdullah Wadhob bin Muhammad Al Manfar

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Abdullah Wadhob bin Muhammad Al Manfar. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Syech Marzaq bin Ahmad bin Abdullah Wadhob

Beliau adalah Sayyid Syech Marzaq bin Ahmad bin Abdullah Wadhob. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Abdullah Wadhob

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Abdullah Wadhob. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Abdullah Wadhob bin Ahmad bin Muhammad

Beliau adalah Sayyid Abdullah Wadhob bin Ahmad bin Muhammad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Mubarak bin Abdullah Wadhob bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Mubarak bin Abdullah Wadhob bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Alwi bin Abdullah

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Alwi bin Abdullah. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Muhammad Junaid bin Ahmad bin Alwi

Beliau adalah Sayyid Muhammad Junaid bin Ahmad bin Alwi. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Abdurrahman bin Muhammad Junaid bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Abdurrahman bin Muhammad Junaid bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Abdurrahman

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Muhammad bin Abdurrahman. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Junaid Al Achdor bin Ahmad bin Muhammad

Beliau adalah Sayyid Junaid Al Achdor bin Ahmad bin Muhammad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Abdullah bin Muhammad

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Abdullah bin Muhammad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Sahil bin Ahmad bin Abdullah

Beliau adalah Sayyid Sahil bin Ahmad bin Abdullah. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Abdurrahman bin Ali

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Abdurrahman bin Ali. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Salim bin Ahmad bin Abdurrahman

Beliau adalah Sayyid Salim bin Ahmad bin Abdurrahman. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Muhammad bin Salim bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Muhammad bin Salim bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Muhammad Assadillah bin Hasan Atturabi

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Muhammad Assadillah bin Hasan Atturabi. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Hasan bin Ahmad bin Muhammad Assadillah

Beliau adalah Sayyid Hasan bin Ahmad bin Muhammad Assadillah. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ali bin Ahmad bin Muhammad Assadillah

Beliau adalah Sayyid Ali bin Ahmad bin Muhammad Assadillah. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Alwi Asyatri bin Ali bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Alwi Asyatri bin Ali bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Umar Asyatri bin Alwi Asyatri

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Umar Asyatri bin Alwi Asyatri. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Muhammad bin Ahmad bin Umar Asyatri

Beliau adalah Sayyid Muhammad bin Ahmad bin Umar Asyatri. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Husein bin Muhammad bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Husein bin Muhammad bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Ali bin Husein

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Ali bin Husein. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Umar bin Ahmad bin Ali

Beliau adalah Sayyid Umar bin Ahmad bin Ali. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Umar bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Umar bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Umar bin Ahmad bin Umar

Beliau adalah Sayyid Umar bin Ahmad bin Umar. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Alwi bin Umar bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Alwi bin Umar bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Abu Bakar Al Habsy bin Ali bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Abu Bakar Al Habsy bin Ali bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad Shohibusy Syitb bin Muhammad Asghor bin Alwi

Beliau adalah Sayyid Ahmad Shohibusy Syitb bin Muhammad Asghor bin Alwi. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Husein bin Ahmad Shohibusy Syitb bin Muhammad Asghor

Beliau adalah Sayyid Husein bin Ahmad Shohibusy Syitb bin Muhammad Asghor. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Muhammad bin Husein bin Ahmad Shohibusy Syitb

Beliau adalah Sayyid Muhammad bin Husein bin Ahmad Shohibusy Syitb. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Abdullah bin Muhammad bin Husein bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Abdullah bin Muhammad bin Husein bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Hadi bin Ahmad Shohibusy Syitb bin Muhammad Asghor

Beliau adalah Sayyid Hadi bin Ahmad Shohibusy Syitb bin Muhammad Asghor. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Abdurrahman bin Hadi bin Ahmad Shohibusy Syitb

Beliau adalah Sayyid Abdurrahman bin Hadi bin Ahmad Shohibusy Syitb. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Alwi bin Ahmad Shohibusy Syitb bin Muhammad Asghor

Beliau adalah Sayyid Alwi bin Ahmad Shohibusy Syitb bin Muhammad Asghor. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Zein bin Alwi bin Ahmad Shohibusy Syitb

Beliau adalah Sayyid Zein bin Alwi bin Ahmad Shohibusy Syitb. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Zein bin Alwi

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Zein bin Alwi. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ja'far bin Ahmad bin Zein

Beliau adalah Sayyid Ja'far bin Ahmad bin Zein. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Ja'far bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Ja'far bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Muhammad bin Ahmad bin Ja'far

Beliau adalah Sayyid Muhammad bin Ahmad bin Ja'far. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Idrus bin Muhammad bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Idrus bin Muhammad bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Abu Bakar Basyeban bin Muhammad Assadillah

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Abu Bakar Basyeban bin Muhammad Assadillah. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Muhammad Assadillah bin Ahmad bin Abu Bakar Basyeban

Beliau adalah Sayyid Muhammad Assadillah bin Ahmad bin Abu Bakar Basyeban. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Umar bin Muhammad Assadillah bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Umar bin Muhammad Assadillah bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad Al Faqih bin Abdurrahman bin Alwi

Beliau adalah Sayyid Ahmad Al Faqih bin Abdurrahman bin Alwi. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Abdullah bin Ahmad Al Faqih bin Abdurrahman

Beliau adalah Sayyid Abdullah bin Ahmad Al Faqih bin Abdurrahman. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Abu Bakar Al Fachier bin Abdullah bin Ahmad Al Faqih

Beliau adalah Sayyid Abu Bakar Al Fachier bin Abdullah bin Ahmad Al Faqih. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Alwi bin Ali

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Alwi bin Ali. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Husein Al Goroh bin Ahmad bin Alwi

Beliau adalah Sayyid Husein Al Goroh bin Ahmad bin Alwi. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Muhammad bin Abdullah bin Ahmad Al Faqih

Beliau adalah Sayyid Muhammad bin Abdullah bin Ahmad Al Faqih. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Hasan At Thawil bin Muhammad

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Hasan At Thawil bin Muhammad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Abdurrahman Al Basurroh bin Ahmad bin Hasan At Thawil

Beliau adalah Sayyid Abdurrahman Al Basurroh bin Ahmad bin Hasan At Thawil. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad Al Musrafah bin Muhammad bin Abdullah

Beliau adalah Sayyid Ahmad Al Musrafah bin Muhammad bin Abdullah. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Faraj bin Ahmad Al Musrafah bin Muhammad

Beliau adalah Sayyid Faraj bin Ahmad Al Musrafah bin Muhammad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Abu Bakar bin Ahmad Al Musrafah bin Muhammad

Beliau adalah Sayyid Abu Bakar bin Ahmad Al Musrafah bin Muhammad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad Al Hadad bin Abu Bakar bin Ahmad Al Musrafah

Beliau adalah Sayyid Ahmad Al Hadad bin Abu Bakar bin Ahmad Al Musrafah. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Alwi bin Ahmad Al Hadad bin Abu Bakar

Beliau adalah Sayyid Alwi bin Ahmad Al Hadad bin Abu Bakar. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Muhammad bin Alwi bin Ahmad Al Hadad

Beliau adalah Sayyid Muhammad bin Alwi bin Ahmad Al Hadad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Abdullah bin Muhammad

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Abdullah bin Muhammad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Muhammad bin Ahmad bin Abdullah

Beliau adalah Sayyid Muhammad bin Ahmad bin Abdullah. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Alwi bin Muhammad bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Alwi bin Muhammad bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Hasan bin Abdullah

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Hasan bin Abdullah. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Alwi bin Ahmad bin Hasan

Beliau adalah Sayyid Alwi bin Ahmad bin Hasan. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Al Habib Ahmad Al Haddad (Habib Kuncung) bin Alwi bin Ahmad, Sang Wali Ahlud Darkah

Beliau adalah Sayyid Al Habib Ahmad Al Haddad (Habib Kuncung) bin Alwi bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad Al Faqih bin Abdurrahman bin Alwi

Beliau adalah Sayyid Ahmad Al Faqih bin Abdurrahman bin Alwi. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Alwi bin Ahmad Al Faqih bin Abdurrahman

Beliau adalah Sayyid Alwi bin Ahmad Al Faqih bin Abdurrahman. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Alwi bin Ahmad Al Faqih

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Alwi bin Ahmad Al Faqih. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Abdurrahman bin Ahmad bin Alwi

Beliau adalah Sayyid Abdurrahman bin Ahmad bin Alwi. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Umar bin Abdurrahman bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Umar bin Abdurrahman bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ali bin Abdurrahman bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Ali bin Abdurrahman bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Muhammad bin Abdurrahman bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Muhammad bin Abdurrahman bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Alwi bin Ahmad Al Faqih

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Alwi bin Ahmad Al Faqih. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Abdullah bin Ahmad bin Alwi

Beliau adalah Sayyid Abdullah bin Ahmad bin Alwi. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Hasyim bin Abdullah bin Ahmad

Beliau adalah Sayyid Hasyim bin Abdullah bin Ahmad. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad Jalaluddin bin Abdullah bin Abdul Malik

Beliau adalah Sayyid Ahmad Jalaluddin bin Abdullah bin Abdul Malik. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ali Nurul Alam bin Jamaludin Husein bin Ahmad Jalaluddin

Beliau adalah Sayyid Ali Nurul Alam bin Jamaludin Husein bin Ahmad Jalaluddin. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad Waliyullah bin Abdullah bin Ali Nurul Alam

Beliau adalah Sayyid Ahmad Waliyullah bin Abdullah bin Ali Nurul Alam. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Barakat Zainal Alam bin Jamaludin Husein

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Barakat Zainal Alam bin Jamaludin Husein. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ali Nuruddin bin Ahmad Jalaluddin bin Abdullah

Beliau adalah Sayyid Ali Nuruddin bin Ahmad Jalaluddin bin Abdullah. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Mansur bin Ali Nuruddin bin Ahmad Jalaluddin

Beliau adalah Sayyid Mansur bin Ali Nuruddin bin Ahmad Jalaluddin. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Biografi Sayyid Ahmad bin Mansur bin Ali Nuruddin

Beliau adalah Sayyid Ahmad bin Mansur bin Ali Nuruddin. Sumber: Kitab Syamsuddhahiroh oleh Al Alamah As Sayyid Abdurrahman bin Muhammad bin Husein Al Masyhur.

Pesantren Ar Roudloh Limpung, Batang

Pesantren Ar Roudloh Limpung, Batang adalah lembaga pendidikan islam berasrama berlokasi di Jalan Syamsuri gang III, RT 03 RW 03, Desa Babadan, Kecamatan Limpung, Kabupaten Batang, Jawa Tengah yang diasuh oleh KH. Ahmad Sholeh, Ms, pesantren memiliki lembaga pendidikan formal dibawah naungan Kemenag.

Biografi KH. Ahmad Fatih Syuhud

KH. Ahmad Fatih Syuhud beliau adalah penulis masalah Islam, pendidikan, pesantren dan politik. Tulisan opininya pernah dimuat di hampir seluruh media cetak nasional dan daerah seperti Kompas, Republika, Media Indonesia, Jawa Pos, Pikiran Rakyat, Bali Post, Duta Masyarakat, Riau Post, dan lain-lain. Beliau juga adalah seorang pengasuh pesantren di Al Khoirot dan pembina konsultasi agama online.

Biografi KH. Mahmud Mudrikah Hanafi

KH. Mahmud Mudrikah Hanafi lahir di Sukabumi Selatan atau daerah Jampang Kidul, tepatnya di Desa Cibadak Kecamatan Pabuaran pada tanggal 8 Agustus 1945 dari pasangan KH Hasbulloh dan Ibu Hj Syamsiah.

Biografi Habib Hasan Bin Ahmad Baharun

Habib Hasan Bin Ahmad Baharun adalah ulama besar dari Pasuruan. Lahir di Sumenep pada tanggal 11 Juni 1934, merupakan putra pertama dari empat bersaudara dari Al Habib Ahmad bin Husein dengan Fathmah binti Ahmad Bachabazy.

Ziarah di Makam KH. Ahmad al-Hadi, Pelopor NU di Bali

KH. Ahmad al-Hadi beliau adalah ulama besar bali dari kota Semarang, beliau lebih dikenal dengan panggilan ustaz Semarang. KH. Ahmad al-Hadi adalah pelopor berdirinya NU di Bali

Biografi Abuya Ahmad Widara Cidodol

Abuya Ahmad Widara Cidodol beliau adalah ulama kharismatik dari Lebak Banten, pendiri pesantren Riyadhul Mubarakah

Biografi H. Ahmad Zamakhsyari, S. Ag

H. Ahmad Zamakhsyari, S. Ag beliau adalah Wakil Bupati Karawang periode 2016–2021 yang berpasangan dengan Bupati Cellica Nurrachadiana.

Biografi H. Cucun Ahmad Syamsurijal, S.Ag., M.AP

H. Cucun Ahmad Syamsurijal, S.Ag., M.AP adalah politikus Indonesia yang menjabat sebagai anggota DPR-RI selama dua periode (2014–2019 dan 2019–2024).

Ziarah di Makam Sayyid Ahmad Zaini Dahlan, Sang Guru Ulama Nusantara

Sayyid Ahmad Zaini beliau adalah ulama masyhur karena keilmuannya, murid-murid beliau sangat banyak dari Nusantara yang menjadi ulama-ulama besar.

Kisah Imam Ahmad bin Hanbal dan Tetangga Ahli Maksiat

Imam Ahmad bin Hanbal hidup bertetangga dengan seorang laki-laki yang kehidupan sehari-harinya diisi dengan melakukan perbuatan maksiat.

Ziarah di Makam KH. Ahmad Rukyat Kaliwungu, Waliyullah dari Kaliwungu

KH. Ahmad Rukyat adalah Ulama besar dari Kaliwungu, Kendal, dengan keilmuan agama beliau yang tinggi beliau berhasil mendidik santri-santri di pesantren beliau menjadi ulama-ulama besar.

Biografi KH. Tubagus Ahmad Hasuri Thohir (Buya Kaloran), Pendiri Pesantren At-Thahiriyah, Kota Serang

Syekh Ahmad Hashuri bin Thahir Al-Kalurani Al Bantani (Buya Kaloran) beliau adalah ulama kharimatik dari Kaloran, Banten, beliau juga adalah pendiri pesantren At-thohiriyah di Kaloran

Biografi KH. Muhdi Ahmad

KH. Muhdi Ahmad beliau adalah ulama kharismatik yang menjadi pengajar di MA NU Miftahul Falah Cendono, Madrasah Diniyyah NU Kradenan, dan juga Madrasah Hidayatul Mustafidin Lau.

Biografi KH. Abdurrahim bin Ahmad

KH. Abdurrahim bin Ahmad beliau adalah ulama kharismatik dari Sarang, Rembang dan merupakan pengasuh pesantren Ma’hadul ‘Ulum asy-Syar’iyyah (PP. MUS) Sarang, Rembang

Biografi Syekh Ahmad Mutamakkin Kajen

Syekh Ahmad Mutamakkin dikenal juga dengan nama Mbah Cebolek, beliau adalah seorang faqih yang disegani karena berpandangan jauh dan luas.

Ziarah di Makam KH. Ahmad Syakir Ma’shum, Muasis Pesantren Al Hidayat Lasem

KH. Ahmad Syakir beliau adalah ulama kharismatik dari Lasem Rembang. Beliau adalah penerus perjuangan KH. Ma’shum di Lasem, mengasuh santri-santri di pondok pesantren Al-Hidayat yang telah dirintis sejak tahun 1916 oleh ayahnya tersebut.

Biografi Al-Khatib Al-Baghdadi

Nama lengkapnya adalah Abu Bakar Muhammad Ahmad bin Ali bin Tsabit, terkenal dengan nama Al-Khatib Al-Baghdadi.

Biografi Ibnu Rajab

Nama sebenarnya adalah Abdurahman ibn Syihab al Din Ahmad ibn Rajab ibn Abd al Rahman ibn Hasan ibn Muhammad ibn Abi al Barakat Mas’ud al Hafidz Zain al Din Abu al Faraj al Baghdadiy al Dimasyqiy al Hanbaliy, terkenal dengan sebutan Ibnu Rajab.

Biografi KH. Ahmad Sholeh (Pengasuh Pondok Pesantren Langitan Ke-2)

KH. Ahmad Sholeh membina Pondok Pesantren Langitan dengan lebih tekun lagi. Sekurang-kurangnya dengan ilmu beliau  yang  dalam,  budi  pekertinya  yang  luhur, kewibawaan  dan  kesederhanaannya,  beliau  telah  dapat membawa Pondok Pesantren Langitan pada tingkat kemajuan  dan  perkembangan  yang  sangat  tinggi.

Ziarah di Makam KH. Ahmad Sholeh, Masyayikh Pesantren Langitan Tuban

KH. Ahmad Sholeh adalah putra kedua dari KH. Muhammad Nur pendiri Pondok Pesantren Langitan. Beliau lahir di Tuban sekitar tahun 1820 an. 

Biografi Habib Ahmad Bin Abdullah bin Thalib Al-Attas (Sapuro Pekalongan)

Di Kota Pekalongan Habib Ahmad bin Abdullah bin Thalib Al-Attas aktif melakukan kegiatan-kegiatan dakwah. Beliau tidak ambil pusing dengan urusan-urusan duniawi. Semua tenaga dan fikiran beliau semata ditujukan untuk kepentingan dakwah. Waktu beliau selalu dipenuhi dengan kegiatan dakwah, ibadah, dzikir kepada Allah dan membaca ayat-ayat suci al-Qur'an.

Biografi KH. Ahmad Dasuqi Sekardangan, Blitar

KH. Ahmad Dasuqi di Dusun Manukan , Pojok Garum, Blitar. Beliau dilahirkan sekitar tahun 1845. Beliau adalah putra Kyai Marto Sentono bin Kyai Imam Tobroni.

Biografi Sayyid Umar bin Muhammad bin Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam

Sayyid Umar dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut. Ayah beliau adalah seorang Imam dan Ulama yang diakui kewaliannya pada masa itu. Yaitu Sayyid Muhammad bin Ahmad bin Muhammad Al-Fagih Muqaddam.

Biografi Sayyid Muhammad bin Umar bin Muhammad bin Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam

Sayyid Umar dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut. Ayah beliau adalah seorang Imam dan Ulama yang diakui kewaliannya pada masa itu. Yaitu Sayyid Umar bin Muhammad bin Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam.

Biografi Sayyid Ahmad bin Husein bin Ali

Sayyid Ahmad bin Husein bin Ali dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut.

Biografi Sayyid Ahmad bin Abdurrahman Al-Asqo bin Abdullah

Sayyid Ahmad bin Abdurrahman Al-Asqo bin Abdullah bin Ahmad bin Ali dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut

Ziarah di Makam KH. Ahmad Marzuqi Romli, Masyayikh Pesantren Ar-Ramly Bantul

KH. Ahmad Marzuqi beliau adalah ulama besar dari Giriloyo, Yogyakarta, selain sebagai Masyayikh pesantren Ramly Bantul juga adalah Mursyid Thariqah Syathoriyah di Bantul, Yogyakarta.

Biografi Sayyid Salim bin Abu Bakar bin Ahmad bin Abu Bakar Al-Jufri

Sayyid Salim bin Abu Bakar bin Ahmad bin Abu Bakar Al-Jufri bin Muhammad dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut

Biografi Sayyid Abdullah bin Muhammad Kuraikarih bin Ahmad bin Abu Bakar Al-Jufri

Sayyid Abdullah bin Muhammad Kuraikarih bin Ahmad bin Abu Bakar Al-Jufri dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut

Biografi Sayyid Ahmad bin Husein bin Abdurrahman Bil-Faqih

Sayyid Ahmad bin Husein bin Abdurrahman Bil-Faqih bin Muhammad Al-Asqo dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut

Biografi Sayyid Umar bin Ahmad Bal-Ghoits bin Al-Ghoits

Sayyid Umar bin Ahmad Bal-Ghoits bin Al-Ghoits di Kota Tarim, Hadramaut

Biografi Sayyid Hasan bin Ahmad Qoyah bin Umar bin Ali Ba’ Umar

Sayyid Hasan bin Ahmad Qoyah bin Umar bin Ali Ba’ Umar dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut

Biografi Sayyid Ahmad Qoyah bin Umar bin Ali Ba’ Umar

Sayyid Ahmad Qoyah bin Umar bin Ali Ba’ Umar dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut.

Biografi Sayyid Abdurrahman bin Ahmad Qoyah bin Umar bin Ali Ba’ Umar

Sayyid Abdurrahman bin Ahmad Qoyah bin Umar bin Ali Ba’ Umar dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut

Biografi Sayyid Ali bin Alwi bin Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam

Sayyid Ali dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut. Ayah beliau adalah seorang Imam dan Ulama yang diakui kewaliannya pada masa itu

Biografi Sayyid Abdurrahman bin Alwi bin Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam

Sayyid Abdurrahman dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut. Ayah beliau adalah seorang Imam dan Ulama yang diakui kewaliannya pada masa itu. Yaitu Sayyid Alwi bin Ahmad bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam.

Biografi Sayyid Ahmad bin Abdurrahman bin Muhammad Syarim

Sayyid Ahmad bin Abdurrahman bin Muhammad Syarim . Ayah beliau adalah seorang Imam dan Ulama yang diakui kewaliannya pada masa itu

Biografi Sayyid Hasan bin Abu Bakar Al-Warak bin Ahmad bin Muhammad Al-Fagih Muqaddam

Sayyid Hasan bin Abu Bakar Al-Warak dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut. Ayah beliau adalah seorang Imam dan Ulama yang diakui kewaliannya

Biografi Sayyid Ahmad bin Abdullah bin Ahmad bin Abu Bakar Al-Warak

Sayyid Ahmad bin Abdullah bin Ahmad bin Abu Bakar Al-Warak dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut

Biografi Sayyid Muhammad bin Abdullah bin Ahmad bin Abu Bakar Al-Warak

Sayyid Muhammad bin Abdullah bin Ahmad bin Abu Bakar Al-Warak dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut.

Biografi Sayyid Ali bin Abu Bakar bin Ahmad bin Abu Bakar Al-Warak bin Ahmad bin Muhammad Al-Fagih Muqaddam

Sayyid Ali bin Abu Bakar bin Ahmad bin Abu Bakar Al-Warak dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut. Ayah beliau adalah seorang Imam dan Ulama yang diakui kewaliannya pada masa itu. Yaitu Sayyid Abu Bakar bin Ahmad bin Abu Bakar Al-Warak bin Ahmad bin Muhammad Al-Fagih Muqaddam

Biografi Sayyid Ahmad Al-Baid bin Abdurrahman Al-Jazirah bin Husein bin Ali

Sayyid Ahmad Al-Baid bin Abdurrahman Al-Jazirah bin Husein bin Ali dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut

Biografi Sayyid Abdurrahman bin Ahmad Al-Baid bin Abdurrahman Al-Jazirah

Sayyid Abdurrahman bin Ahmad Al-Baid bin Abdurrahman Al-Jazirah bin Husein bin Ali dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut

Biografi Sayyid Umar bin Ahmad Chanam bin Umar

Sayyid Umar bin Ahmad Chanam bin Umar bin Muhammad bin Ahmad bin Abu Bakar Al-Warak dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut.

Biografi Sayyid Makhrus bin Ahmad Al-Baid bin Abdurrahman Al-Jazirah

Sayyid Makhrus bin Ahmad Al-Baid bin Abdurrahman Al-Jazirah bin Husein bin Ali dilahirkan di Kota Tarim, Hadramaut.

Biografi Sayyid Ahmad bin Abdullah Al-Mahjub bin Abdurrahman

Sayyid Ahmad bin Abdullah Al-Mahjub bin Abdurrahman bin Hasan bin Syekh bin Ali bin Syekh bin Ali bin Muhammad Mauladdawilah, lahir pada tahun 935 H di Makho” Hadramaut.

Biografi Sayyid Ahmad bin Alwi bin Muhammad Mauladdawilah

Sayyid Ahmad bin Alwi bin Muhammad Mauladdawilah, seorang ulama besar yang  lahir pada tahun 769 H di Tarim Al-Ghonna. Ayahanda beliau adalah Sayyid Alwi bin Muhammad Mauladdawilah bin  Ali Shohibud Dark bin Alwi Al-Ghuyur bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam.

Biografi Sayyid Abdurrahman As-Seggaf bin Ahmad Al-Mauladdawilah bin Muhammad

Sayyid Abdurrahman As-Seggaf bin Ahmad Al-Mauladdawilah bin Muhammad bin Alwi bin Muhammad Mauladdawilah, seorang ulama besar yang  lahir pada tahun 825 H di kota Yabhar Tarim Hadramaut. Ayahanda beliau adalah Sayyid Ahmad Al-Mauladdawilah bin Muhammad bin Alwi bin Muhammad Mauladdawilah bin  Ali Shohibud Dark bin Alwi Al-Ghuyur bin Muhammad Al-Faqih Muqaddam.

Biografi Sayyid Alwi bin Ahmad Al-Mauladdawilah bin Muhammad bin Alwi bin Muhammad Mauladdawilah

Sayyid Alwi bin Ahmad Al-Mauladdawilah bin Muhammad bin Alwi bin Muhammad Mauladdawilah, seorang ulama besar yang lahir pada tahun 839 H di kota Yabhar Tarim Hadramaut.

Biografi Sayyid Abdullah bin Ahmad Al-Mauladdawilah bin Muhammad

Sayyid Abdullah bin Ahmad Al-Mauladdawilah bin Muhammad bin Alwi bin Muhammad Mauladdawilah, seorang ulama besar yang  lahir pada tahun 845 H di kota Yabhar Tarim Hadramaut.

Biografi Sayyid Ali bin Ahmad Al-Mauladdawilah bin Muhammad

Sayyid Ali bin Ahmad Al-Mauladdawilah bin Muhammad bin Alwi bin Muhammad Mauladdawilah, seorang ulama besar yang lahir pada tahun 835 H di kota Yabhar Tarim Hadramaut.

Biografi Sayyid Ahmad bin Abdurrahman As-Segaf bin Muhammad Mauladdawilah

Sayyid Ahmad bin Abdurrahman As-Segaf bin Muhammad Mauladdawilah mewarisi sifat-sifat kebaikan dari ayah beliau. Beliau adalah seorang yang menguasai dalam berbagai cabang ilmu dan dan merupakan salah satu imam besar di jamannya.

Biografi Sayyid Ahmad bin Ali bin Abdurrahman As-Segaf

Sayyid Ahmad bin Ali bin Abdurrahman As-Segaf bin Muhammad Mauladdawilah mewarisi sifat-sifat kebaikan dari ayah beliau. Beliau adalah seorang yang menguasai dalam berbagai cabang ilmu dan dan merupakan salah satu imam besar di jamannya.

Biografi Drs. KH. Ahmad Shonhaji Romly, Pengasuh pesantren Darul Ulum Rejoso

Drs. KH. Ahmad Shonhaji Romly merupakan putra kedua dari pasangan KH. Muhammad Romly Tamim dan Ny. Hj. Khodijah Luqman yang lahir pada tanggal 02 Februari 1943. Pada masa kecilnya beliau mendapatkan didikan langsung dari ayahnya.

Biografi KH. Ahmad Nahrawi, Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong

KH. Ahmad Nahrawi merupakan anak pertama (sulung) dari pasangan KH. Moh. Hasan dan Nyai Ruwaidah. Masa kecil beliau banyak dihabiskan di lingkungan komplek pesantren Genggong.

Info Harian Laduni: 23 Oktober 2023

Bertepatan dengan tanggal 23 Oktober ini menjadi momentum bagi kita semua untuk mengenang kepergian KH. Ahmad Baidlowie Syamsuri., Lc.H. Beliau wafat pada hari Kamis Kliwon, 23 Oktober 2014, pagi. Jenazahnya dikebumikan di pemakaman desa Brabo, Grobogan.

Info Harian Laduni: 30 Oktober 2023

KH. Ahmad Dahlan Ahyad lahir pada tanggal 30 Oktober 1885 M bertepatan dengan 13 Muharram 1303 H di Kebondalem Surabaya. Beliau adalah putra keempat dari enam bersaudara dari pasangan KH. Muhammad Ahyad dan Nyai Hj. Mardliyah.

Biografi KH. Ahmad Solehan Toyyib, Pendiri Pesantren Hidayatul Mubarok Lampung Tengah

KH. Ahmad Solehan Toyyib, Pendiri Pesantren Hidayatul Mubarok Lampung Tengah. Beliau lahir di Tulung Agung, Jawa Timur, pada tanggal 19 Juni 1951 M

Biogafi KH. Ahmad Abrori Akwan, Muasis Pesantren Al-Hidayat Pesawaran

KH. Ahmad Abrori Akwan lahir di Bindu, Peninjauan, OKU, Sumatera Selatan pada tanggal 31 Desember 1947. Beliau adalah putra kedua dari lima bersaudara dari pasangan Kiyai Ahmad Akwan bin Hasbullah dan Nyai Sayyah binti Muhammad Sholih

Biografi KH. Ahmad Haris Shodaqoh, Pengasuh Pesantren Al-Itqon Semarang

KH. Ahmad Haris Shodaqoh, tepatnya di desa Bugen Kelurahan Telogosari Wetan, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang pada tanggal 01 Januari 1953. Dalam buku Silsilah Keluarga Bani Shodaqoh, dirinya merupakan putra keempat dari pasangan KH. Shodaqoh Hasan dan Hikmah.

Biografi KH. Ahmad Qori Nuri, Pendiri Pesantren Al-Ittifaqiah Indralaya

KH. Ahmad Qori Nuri lahir di Mekkah Mukarromah pada tahun 1911, beliau putra dari pasangan KH. Muhammad Nur bin Naidain bin Wasim bin Tunggal dan Nyai Hj. Sholha binti M. Mursyid bin Munir.

Biografi KH. Ahmad Suyuthi Dahlan, Pengasuh Pesantren Nurul Ulum Malang

KH. Ahmad Suyuthi Dahlan namanya. Oleh masyarakat Kota Malang, ia dikenal luas dengan sapaan Gus Mad Kacuk – mengingat basis tempat tinggal dan pusat dakwahnya berada di Kacuk, Kebonsari, Kota Malang. Ia tercatat lahir pada 11 September 1939, dari pasangan KH Ahmad Dahlan dan Nyai Ruqoyyah.

Biografi KH. Ahmad Zayadi Muhajir, Pendiri Pesantren Az-Ziyadah Jakarta Timur

KH. Ahmad Zayadi Muhajir, ulama Betawi yang terkenal santun dan tawadhu` ini, lahir pada tanggal 23 Desember 1918 di Kampung Tanah 80 Klender, Jakarta Timur dari pasangan H. Muhajir bin Ahmad Gojek bin Dato KH. Muhammad Sholeh bin Tinggal bin Syafiuddin dan Umi Anisah yang merupakan orang asli Betawi.

Biografi Drs. KH. Ahmad Humaidi Dachlan, Lc , Pengasuh Ponpes Rakha Amuntai Kalsel

Drs. KH. Ahmad Humaidi Dachlan, Lc  lahir di Amuntai, Jum'at, 5 Oktober 1934 M (bertepatan dengan 25 Jumadil Akhir 1353 H).

Biografi KH. Ahmad Ulinnuha Rozy, Muasis Pesantren Daarul Mukhlishiin, Ngawi

KH. Ahmad Ulinnuha Rozy, lahir tahun 1971 adalah dari putra pasangan Qomariyah dan Kyai. Syairozy Noor itu. warga asli Demak, Jawa Tengah

Biografi KH. Ahmad Munir Adnan, Pengasuh Pesantren Abu Dzarrin Bojonegoro

KH. Ahmad Munir Adnan lahir pada tahun 1932 M di Bojonegoro, beliau putera dari ulama terkenal dari Bojonegoro Syaikh KH. Abu Dzarrin dan ibu Nyai Hj. Asmanah.

Biografi KH. Ahmad Makhdum Zein, Muasis Pesantren Al-Mubarok Demak

KH. Ahmad Makhdum Zein, beliau lahir di Kaliwungu, Kendal bertepatan pada hari selasa 17 Sya’ban 1347 Hijriah  atau  29 Januari 1929. Beliau berasal dari keluarga terkemuka di daerahnya. Kedua orang tua beliau adalah guru ngaji dan dibesarkan dilingkup pesantren. 

Biografi KH. Ahmad Bhusaeri, Pendiri Pesantren Nihayatul Amal Rawamerta Karawang

KH. Ahmad Bhusaeri beliau adalah anak kedua dari enam bersaudara hasil dari pernikahan H. Musa bin Salwa dengan Hj. Syafi’ah binti Ramunah beliau dilahirkan pada tahun 1923 M.

Biografi KH. Ahmad Ghozali, Pengasuh Pesantren Al-Mubarok Lanbulan, Kab. Sampang

KH. Ahmad Ghozali, beliau dilahirkan pada tanggal 7 Januari 1959 M di sebuah kampung bernama Lanbulan desa Baturasang Kec. Tambelangan Kab. Sampang, Jawa Timur. KH. Ahmad Ghozali merupakan salah satu putra dari pasangan Muhammad Fathullah dan Zainab Khoiruddin.

Biografi Raden KH. Ahmad Masyhud, Pendiri Pesantren Al-Istiqomah Bandung

Raden KH. Ahmad Masyhud di Subang pada tanggal 22 April 1916 M. Beliau merupakan anak pertama dari kedua bersaudara, ayahnya bernama KH. Aceng Muhammad Qolyubi dan Ibunya bernama Hajjah Siti Maemunah, beliau mempunyai seorang adik yang bernama KH. Ahmad Syahid.

Biografi KH. Ahmad Mursyidi, Pendiri Perguruan Islam Al Falah Klender Jakarta Timur

KH. Ahmad Mursyidi, Pendiri Perguruan Islam Al Falah, Jakarta Timur, KH. Ahmad Mursyidi , lahir di Klender Jakarta Timur pada 15 November 1915. Beliau lahir dari pasangan H. Maisin dan Hj. Fatimah.

Info Harian Laduni.ID: 27 Februari 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Selasa, 27 Februari 2024 bertepatan dengan hari lahir KH. A. Musallim Ridlo.

Anjuran Berniat Puasa Ramadhan Sebulan Penuh

Niat puasa Ramadhan sebulan penuh tersebut dianjurkan sebagai antisipasi, suatu saat mungkin seseorang lupa, maka puasanya tetap dianggap sah. Selain itu juga bisa dianggap sebagai wujud keseriusan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Info Harian Laduni.ID: 15 Maret 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Jum’at, 15 Maret 2024 bertepatan dengan hari lahir KH. Ahmad Wafi Maimoen.

Biografi KH. Ahmad Abdul Haq Dalhar, Pengasuh Pesantren Darussalam Watucongol, Magelang

KH. Ahmad Abdul Haq Dalhar adalah salah seorang kyai yang cukup disegani banyak kalangan lintas golongan, para ulama, dan pejabat. Sejak kecil, beliau dikenal memiliki ilmu yang tidak dimiliki para kyai pada umumnya.

Biografi KH. Luthfi Ahmad Pengasuh Pesantren Madinatul Ulum, Jember

KH. Muhammad Luthfi Ahmad, lahir di Jember 2 Januari 1965, bersuku Madura, berkulit matang agak gelap, tinggnya sekitar 165 cm, badannya tegap, penampilan dan tutur katanya kelam tetapi tegas, sehingga memancarkan sinar kewibawaan seorang kyai yang kharismatik.

Biografi KH. Ahmad bin Syu’aib, Pengasuh Pesantren MUS Sarang, Rembang

Kyai Ahmad bin Syu’aib tekun dalam mencari ilmu, memusatkan perhatian pada ibadah malam dan puasa di siang hari, menjauhi godaan hawa nafsu. Setiap saat, waktu disisihkan untuk aktivitas yang bermanfaat, berusaha mencapai pemahaman yang lebih tinggi melalui ilmu dan kesadaran spiritual.

Info Harian Laduni.ID: 26 Maret 2024

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini Selasa, 26 Maret 2024 bertepatan dengan hari wafat Habib Abdurrahman bin Ahmad As-Sagaf dan KH. Fachruddin Ghazali.

Pesantren Hidayatullah Keraton Martapura, Kalimantan Selatan

Pesantren Hidayatullah merupakan institusi pendidikan Islam yang didirikan pada tahun 1950 oleh tiga tokoh utama, yaitu KH. M. Hasyim Muchtar El-H, KH. Nashrun Thahir, dan KH. Ahmad Nawawi Marfu'. Sejak didirikan, pesantren ini telah menjadi tempat bagi ribuan santri untuk menimba ilmu agama dan keterampilan.

Info Harian Laduni.ID: 27 Maret 2024

Hari ini Rabu, 27 Maret 2024 bertepatan dengan hari wafat KH. Ahmad Zayadi Muhajir.

Ziarah di Makam KH. Ahmad Zuhdiannoor (Guru Zuhdi) Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Guru Zuhdi kecil memulai pendidikannya dengan belajar kepada ayahnya, setelah selesai beliau melanjutkan pendidikan formal dengan Sekolah Rakyat (SR). Setelah itu, beliau melanjutkan dengan belajar di Pondok Pesantren Al Falah Banjarbaru yang diasuh oleh Tuan Guru Sani.

Menampilkan 1 - 10 dari 590