Laduni - Layanan Digital untuk Negeri

Artikel

 

Cara GusDur Mempromosikan Kiai (Bagian 1)

ahun 1980an, beberapa kiai sempat menjuluki Gus Dur sebagai “kiai ketoprak”. Julukan itu dilontarkan lantaran gaya Gus Dur slenge’ankayak seniman, akrab juga dengan seniman, menjadi dewan juri Festifal Film Indonesia, fasih bercerita wayang, paham seluk beluk ludruk, kesenian asli Jawa Timur tersebut.

Memuliakan Para Pahlawan

Dalam riwayat Ibnu Abi Hatim, Nabi Muhammad SAW. sedang mengadakan pertemuan dengan para sahabat umat Islam pada hari jumat di suatu tempat yang sempit. Ruangan sudah penuh sesak, Nabi SAW. tengah berbicara melihat ada beberapa orang yang baru datang dan mereka berdiri karena tidak ada lagi ruang tempat duduk.

Karomah Gus Dur, Weruh Sak Durunge Wineruh

Negeri Riau adalah negerinya orang-orang Naqsyabandi. Dan dari sini telah muncul seorang wali besar Syaikh Abdul Wahab Rokan

Gus Dur dan Mahfud MD

Momentum itu bagi Mahfud terasa aneh dan ajaib karena seolah-olah Gus Dur mengetahui pertemuan itu tanpa diberitahu oleh siapapun. Dia tidak tahu, apakah itu sesuatu yang kebetulan atau tidak. Tapi dia menilai, sepertinya Gus Dur dari kejauhan tahu.

Karomah Gus Dur, Membuka Langit

Pada kunjungan ke India, ketika pesawat udara mendekati New Delhi, terdapat awan yang sangat gelap yang menutupi bandar udara sehingga tidak mungkin untuk mendarat di bandara Internasional Indira Gandhi New Delhi, sebuah fenomena alam yang sangat ajaib, tiba-tiba saja langit terbuka dan sehingga pesawat bisa melewati awan dan begitu bisa mendarat, langit kembali tertutup awan hitam kembali