Biografi Syekh Fadhil Al-Bantani

Syekh Fadhil Banten atau Syekh KH. Fadhil bin Haji Abu Bakar Al-Bantani dilahirkan di Banten, Jawa Barat sekitar tahun 1287 Hijrah/1870 Masihi dan meninggal dunia di Bakri, Muar, Johor pada 29 Jamadilawal 1369 Hijrah/18 Maret 1950 M, dikebumikan di Batu 28 Langa, Muar.

Pesantren Al-Ihya Kaduronyok, Pandeglang

Pondok Pesantren Lingkungan Hidup Al-Ihya Kaduronyok didirikan tahun 1993 berorientasi membentuk manusia yang berkualitas yakni manusia yang unggul dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, berwawasan ke depan, handal dalam menghadapi persaingan global

Biografi Syekh Nawawi Al-Bantani

Syekh Nawawi lahir dalam tradisi keagamaan yang sangat kuat di Kampung Tanara, sebuah desa kecil di kecamatan Tirtayasa

Pondok Pesantren La Tansa Banten

PONDOK PESANTREN “LA TANSA” berdiri di sebuah lembah seluas ±13 ha.

Pesantren Wasilatul Falah Banten

Yayasan Pendidikan Islam Wasilatul Falah adalah lembaga pendidikan Islam swasta yang didirikan oleh KH. Mohammad Yusuf pada tanggal 07 Agustus 1967 bertepatan dengan tanggal 15 Syawal 1402 H

Pesantren Qothrotul Falah Lebak

Untuk memenuhi pendidikan keagamaan yang mampu mencetak kader-kader ulama yang berdedikasi tingggi terhadap agama dan negara, berakhlak mulia dan memiliki jiwa kepemimpinan amanah.

SMA Ma’arif Pulo Merak Banten

Sekolah Menengah Atas (SMA) Ma’arif yang didirikan oleh Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama Kota Cilegon adalah suatu lembaga pendidikan bercorak Islam, dibuka mulai tahun 1994, bertempat di Kelurahan Tegal Bunder Kota Cilegon.

SMK Al-Ma'arif Serang

SMKA Al-Ma'arif Serang adalah sekolah kejuruan yang dipersiapkan untuk pelajar siap terampil dan siap bekerja atau mandiri dalam usaha

Batal Dipindahkan, Jazad Kakek KH Ma'ruf Amin Masih Utuh

Inilah yang juga menimpa makam Kakek dari KH Ma’ruf Amin, yaitu Syaikh Nawawi Al-Bantani. sesudah kuburnya genap berumur satu tahun, datanglah petugas dari pemerintah kota untuk menggali kuburnya.

Calon Siswa Magang Jepang Ikuti Simulasi Tes dan Wawancara di Kantor PPWI Banten

Sejumlah Calon Siswa Pra Magang Jepang yang akan mengikuti Pelatihan Persiapan Magang, dengan didampingi orang tuanya, mengikuti wawancara dan simulasi tes tertulis bidang study matematika dasar dan wawancara di kantor PPWI DPD Provinsi Banten, Jum’at, 26 Oktober 2018.

STAI Syekh Manshur Banten

Awal berdirinya pada 1972 dengan nama Perguruan Tinggi Agama Islam Syekh Manshur. Selanjutnya berdasarkan terbitnya SK Menteri Agama Nomor 219 tahun 1988 menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Syekh Manshur (STITMAN) Pandeglang.

Universitas Mathla'ul Anwar (UNMA) Banten

Universitas Mathla’ul Anwar (UNMA) merupakan salah satu implementasi cita-cita besar dari organisasi Mathla’ul Anwar (MA) dalam bidang pendidikan.

NU Peduli Gerak Cepat Bantu Korban Terdampak Tsunami di Banten dan Lampung

NU melalui Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) melakukan gerak cepat membantu korban dengan berkoordinasi dengan LPBINU setempat untuk melakukan evakuasi, peninjauan, dan pemberian bantuan

Banser Gerak Cepak Bantu Korban Terdampak Tsunami di Banten dan Lampung

Barisan Ansor Serbaguna ( Banser) Nahdlatul Ulama (NU) bergerak cepat membantu penanganan pasca-bencana tsunami Selat Sunda,

Cara Diagnosa Kerusakan Mobil yang Terkena Tsunami

Selain itu, kata Sapta untuk tangki bahan bakar minyak (BBM) ada baiknya dicek juga apakah bahan bakar yang ada juga ikut terkontaminasi air atau tidak. Jika ada kandungan air maka harus dikuras dan mengganti BBM-nya.

Melalui LAZISNU, Ansor-Banser Diwek Serahkan Belasan Juta untuk Banten-Lampung

Ansor Diwek serahkan bantuan belasan juta untuk bantu korban tsunami Banten-Lampung. Bagaimana bentuknya?

Begini Upaya NU Peduli untuk Pulihkan Perekonomian Korban Tsunami

NU Peduli melakukan berbagai langkah untuk memulihkan perekonomian warga korban tsunami. Bagaimana realisasinya?

NU Peduli Bangun 130 Huntara di Lampung Selatan

Di Banding sudah dibangun 10 unit plus mushola 1 unit dan MCK 4 unit. Sedangkan didesa Sukaraja baru dimulai hari ini pembangunan Huntara 27 unit

Begini Komitmen LAZISNU Pringsewu untuk Sukseskan Hutara NU Peduli

LAZISNU Pringsewu berkomitmen sukseskan Huntara NU Peduli. Apa langkah-langkahnya?

LAZISNU Jombagn Kirim Baju dan Obat-Obatan untuk Keperluan Korban Tsunami

LAZISNU Jombang mengirimkan baju dan obat-obatan. Bagaimana keadaan di sana sekarang?

STAI Nurul Hidayah Lebak Banten

STAI NURUL HIDAYAH berkedudukan di Jl. Raden Abbas No.55 LebakJaha Desa Malingping Selatan Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak, merupakan wujud nyata dari kemauan, niat, tekad, kesungguhan dan himmah 'aliyah dari para pendirinya untuk turut berpartisipasi aktif dalam mewujudkan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya.

Laksanakan PKD, PMII Banten Upayakan Jaga Aswaja

PMII Banten berkomitmen untuk menjaga Ahlussunnah wal Jamaah. Bagaimana caranya?

Salimpe', Kuliner Banten yang Bikin Anda Ngiler

Salimpe’ atau nama lainnya ialah Lepet Banten adalah makanan khas Banten yang berbahan dasar beras ketan. Dikemas dengan lilitan daun janur membuatnya semakin menarik.

STAI Washilatul Falah, Rangkasbitung, Lebak

Perguruan Tinggi Agama Islam yang pertama berdiri di Kabupaten Lebak adalah Sekolah Tinggi Agama Islam Wasilatul Falah Rangkasbitung, tepatnya pada tahun 1985.

Dari Banten Sampai Makkah, Beginilah Sanad Keilmuan KH Ma’ruf Amin

Sanad keilmuan KH Ma'ruf Amin sudah tidak bisa diragukan. Bagaimana sanadnya?

Kuatkan Aswaja Annahdliyah, Rijalul Ansor Gelar Rakorcab

Rakorcab sebagai upaya penguatan amaliah Ahlusunnah wal Jamah Annahdliyah di masyarakat.

Menggelar Tradisi Seba ala Warga Badui Pedalaman Lebak Banten

"Kita wajib melaksanakan tradisi Seba yang dilaksanakan warga Badui setelah menjalani perayaan Kawalu itu," kata Ayah Nurpa,

Anjuran Memperbanyak Doa dan Amal Shalih di Hari Jumat

Syeikh Nawawi Al-Banteni pernah menjelaskan dalam Nihayatuz Zain tentang keutamaan hari Jumat.

Marâh Labîd: Tafsir Al-Qur’an Terlengkap Karya Syaikh Nawawi Al-Bantani

Kitab “Marâh Labîd” atau “al-Tafsîr al-Munîr” terhitung sebagai kitab tafsir yang sangat istimewa, karena karya ini adalah karya tafsir Al-Qur’an yang pertama yang ditulis dalam bahasa Arab secara lengkap oleh seorang ulama asal Nusantara. Selain itu, karya ini juga tercatat sebagai salah satu karya tafsir yang ditulis pada abad ke-19 M di dunia Islam

Pesantren Daarul Falah Ciloang, Serang

Pondok Pesantren Al-Falah didirikan pada tahun 1973, oleh KH. Djawahir Abu Bakar.

Pesantren An Nawawi Tanara Serang, Banten

Pesantren An-Nawawi Tanara Serang Banten, sesuai dengan namanya, ingin mengambil spirit dari Syekh Nawawi Al Bantani, salah satu ulama asal Nusantara yang mampu menunjukkan kiprahnya di tingkat internasional pada zamannya.

Pesantren Darus Sunnah Tangerang Selatan

Darus sunnah yang kita cintai ini mempunyai latar belakang dalam pendiriannya. Banyak hal yang akhirnya menjadi pertimbangan pak Yai kita , untuk mengembangkan Ma’had ini menjadi lebih berkualitas.

Pesantren Modern Al-Mizan Putra Lebak

Pondok Pesantren Modern Al-Mizan berdiri pada tanggal 1 Mei 1993 berdasarkan Akta Notaris Nuzwar, SH Rangkasbitung Nomor 16 tanggal 15 maret 1993. Pondok Pesantren Modern Al-Mizan

Pesantren Daarul Mubtadi-in Tangerang

Pesantren Daarul Mubtadi-in berdiri pada tanggal 3 Jumadil Awal 1420 H bertepatan dengan tanggal 24 Agustus Tahun 1999 M, yang berada di sebuah kampung gandasari desa jayanti kecamatana jayanti kabupaten tangerang.

Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy Tangsel

Pesantren Peradaban Dunia Jagat ‘Arsy atau Jagat ‘Arsy World Civilization Boarding school merupakan salah satu pondok pesantren berbasis internasional yang berlokasi di Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan.

Tuntunan Lengkap Shalat Sunnah Witir

Shalat Witir adalah shalat sunnah dengan jumlah rakaat yang ganjil. Shalat Witir terhitung dari satu hingga sebelas rakaat. Bagi seseorang yang hanya sanggup mengerjakan satu rakaat shalat Witir, maka hal itu diperbolehkan dan tidak dianggap makruh.

Pesantren Ardaniah Kota Serang

Pondok Pesantren Ardaniah merupakan hasil revolusi dari pengalaman belajar di pensantren Salaf, terpadu dan modern serta pengalaman baik dalam dan luar negeri.

Pesantren Terpadu Daarul Amanah Tangerang

Pondok Pesantren Daarul Amanah yang berada di Kawasan Cipondoh Kota Tangerang Provinsi Banten

Pesantren Ummul Qura Tangerang Selatan

Ummul Qura merupakan Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren yang terletak di Jl. Raya Pondok Cabe Ilir RT 001/004 Pondok Cabe Ilir Pamulang Tangerang Selatan Banten, di sebelah lapangan udara Pondok Cabe.

Pesantren Turus Pandeglang

Pondok Pesantren Turus merupakan salah satu pondok tertua yang ada di Indonesia yang didirikan pada 10 Februari 1942 bertepatan dengan 08 Rabiul Awwal 1365 Hijriah.

Ziarah di Makam Syeikh Asnawi Pandeglang, Ulama Pejuang dari Pandeglang

Syeikh Asnawi dilahirkan pada tahun 1850. Ayah beliau bernama Syeikh Abdurrahman, seorang alim ulama dan menjabat sebagai penghulu Landraat

Kitab "Nur al-Zhalam" dan Pujian Ulama al-Azhar atas Syekh Nawawi Banten

Berikut ini adalah bagian halaman terakhir yang memuat kolofon (titimangsa) dari manuskrip kitab “Nûr al-Zhalâm” karangan seorang ulama besar Nusantara asal Banten yang berkarir di Makkah, yaitu Syaikh Muhammad Nawawi b. Umar al-Bantani al-Makki (Syaikh Nawawi Banten, w. 1897). Manuskrip tersebut merupakan koleksi perpustakaan King Saud University, KSA.

Biografi Abuya Ahmad Muhtadi Dimyathi

Setelah ayahandanya wafat, Abuya Muhtadi Dimyathi melanjutkan kepemimpinan pesantren. Beliau menjadi pengasuh di Pondok Pesantren Roudotul 'Ulum Cidahu, Pandeglang.

Biografi KH. Uci Turtusi

Biografi KH. Uci Turtusi Ulama Nahdlatul Ulama Tangerang Banten

Karomah Kiai ‘Aqil Siroj, Mimpi Bertemu Rasulullah SAW

Melihat Rasulullah bagi umat zaman akhir adalah sebuah keistewaan tersendiri, dan ini hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu, hamba-Nya yang sholeh, ahli ibadah serta taat beribadah.

Pesantren Al Istiqlaliyah, Cilongok, Tangerang

Pesantren Al Istiqlaliyah Cilongok, Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang Banten

3 Ulama Paku Bumi Tanah Banten Paling Keramat yang Masih Hidup

Banten merupakan Provinsi seribu Kiyai dan sejuta santri itulah julukan untuk provinsi yang satu ini tak heran jika nama Banten terkenal di seluruh Nusantara bahkan dunia internasional

Sayyid R Fadludin Jalalain, Pangeran Banten Penyebar Islam di Kota Malang

Penyebaran Islam di wilayah Malang dan sekitarnya tentu merupaan bagian dari Islamisasi Indonesia ini.

Panti Asuhan Yatim Piatu Al-Muhajirin Tangerang Selatan

Panti Asuhan Yatim Piatu Al-Muhajirin Kota Tangerang Selatan Banten

Majlis Ta'lim al-Fachriyah Tangerang

Majlis Ta'lim al-Fachriyah Tangerang Banten

TK Islam YPI Baitul Maal Tangerang

TK Islam YPI Baitul Maal Tangerang Banten

Majelis Ta'lim Wali Songo Tangerang Selatan

Majelis Ta'lim Wali Songo kelurahan Jombang kecamatan Ciputat kabupaten Tangerang propinsi Banten

Majelis Ta'lim Dzikir Al Ikhlas Kab. Tangerang

Majlis Dzikir Al Ikhlas Kab. Tangerang Banten

Majelis Ta'lim An-Nida Linahdlatil Ulama Tangerang

Majelis Ta'lim An-Nida Linahdlatil Ulama Tangerang Banten

Majelis Ta'lim At-Tadzkir

Majelis Ta'lim At-Tadzkir Tangerang, Banten

TK Islam Nusantara Serang

TK Islam Nusantara Serang Kota Serang Prov. Banten

Panti asuhan Al-ihsan Tangerang

Panti asuhan Al-ihsan Tangerang Banten

Panti Asuhan Mizan Amanah Tangerang

Panti Asuhan Mizan Amanah Tangerang Banten

TK Islam Asy-Syukriyyah Tangerang

TK Islam Asy-Syukriyyah Tangerang Banten

Majelis Alfath Cilegon

Majelis Alfath Cilegon Banten

TK IT Bismillah Serang

TK IT Bismillah Serang Banten

Panti Asuhan Aria Putra Tangsel

Panti Asuhan Aria Putra Tangsel Banten

Panti Asuhan Raudhatul Hikmah Tangerang Selatan

Panti Asuhan Raudhatul Hikmah Tangerang Selatan Banten

Pesantren Tahfidz Irhamna Bil Qur`an Pandeglang

Pondok Pesantren Tahfidz Irhamna Bil-Quran berdiri pada 27 Mei 2014/27 Rajab 1435, di atas lahan kecil berlokasi di Kp. Pari Ds. Pari Kec. Mandalawangi Kab. Pandeglang Banten yang terletak 17 km dari alun-alun Pandeglang.

Karomah Abuya Dimyati Banten yang Setiap Malam Jum'at Ziarah ke Makam Syekh Abdul Qadir al-Jailani

Kisah Abuya Dimyati Rois Banten yang dapat berziarah ke Syekh Syekh Abdul Qadir al-Jailani setiap malam Jum'at.

Mengungkap Sejarah Wali Songo Langsung dari Sumber Primer

Sebagai sumber primer, maka naskah Babad Cirebon kode CS 114 PNRI dan CS 105 PNRI akan mengungkap banyak hal tentang sejarah Wali Songo.

Pesantren Subulussalam Kresek Tangerang

Pesantren Subulussalam yang terletak di Jl. KH. Astari No. 01 Kandang Gede Kresek Tangerang, Provinsi Banten

Biografi KH. Tubagus Muhammad Falak Banten

KH. Tubagus Muhammad Falak atau yang akrab disapa dengan panggilan Abah Falak lahir pada tahun 1842 M, di Pondok Pesantren Sabi, Desa Purbasari Kabupaten Pandeglang, Banten.

Biografi Syekh Abdul Karim Banten

Syekh Abdul Karim disebut sebagai salah satu di antara tiga kyai utama yang memegang peranan penting dalam pemberontakan rakyat Banten di Cilegon pada tahun 1888. Dua tokoh kunci lainnya adalah KH. Wasyid dan KH. Tubagus Ismail.

Karomah Ki Harun: Waliyullah Tanah Banten yang Makamnya di Mana-mana

Mama Hamzah Sulaeman Harun atau yang lebih akrab disapa Ki Harun, merupakan sosok Waliyullah sekaligus paku tanah Banten yang berasal dari Gunung Karang Pandeglang, Banten.

Hikayat Banjar: Riwayat Jatuhnya Majapahit Akibat ‘Pralaya’ (Huru-Hara)

Ada tiga korpus (keluarga) naskah, dalam bahasa Jawa, Bali dan Melayu Banjar, yang sama-sama punya nilai historis sebagai dokumen primer, karena masing-masing saling berdialog.

Kiai Imad, RMI dan Bangkitnya Pesantren di Banten

Adalah fakta sejarah, pesantren merupakan tonggak penting berdiri dan tegaknya NKRI. Perjuangan dan Komitmen Kiai serta Santri  terhadap keutuhan NKRI adalah benar adanya.

Tan Djin Sing (Bupati Yogyakarta) & Thung Sian Toh (Cucu Sultan Agung Tirtayasa, Banten) 2 Tokoh Ban

Tan Djin Sing adalah keturunan bangsawan Jawa yang menjadi Tionghoa,  beliau pernah menjabat sebagai Bupati Yogyakarta. Kecakapannya benar2 diatas rata2 pada saat itu, selain mampu berbahasa Hokkian, Jawa dan juga Melayu, Djin Sing juga belajar bahasa Belanda dan Inggris. Bagi kalangan Tionghoa, beliau adalah pimpinan / tokoh yang sangat dihormati.

Tahun 1634 Orang Banten Sudah Mesantren Ke Makkah

Tradisi mesantren di Makkah kemudian surut sejalan dengan kemerdekaan Indonesia dan ketatnya faham Wahabi di Saudi Arabia. Santri-santri Banten pada waktu berikutnya mesantren kepada murid-murid Syekh Nawawi tanara baik yang ada di Banten maupun di luar Banten.

Al-Iqdu Ats-Tsamin: Kitab Fiqh Karya Syaikh Nawawi Banten yang Jarang Beredar

Syaikh Nawawi bin Umar Al-Jawi Al-Bantani (w. 1314H) adalah salah satu ulama nusantara yang mendunia. Terbukti beliau dijuluki 'Sayyid Ulama' al-Hijaz'.

Karomah Abuya Uci Turtusi Disaksikan Langsung oleh Habib Abdurrohman al Khirid

Allah menunjukkan karomah kewalian seseorang hanya untuk orang-orang yang Dia kehendaki, Allah juga yang menganugerahkan hidayah rasa cinta dan keyakinan kewaliannya kepada orang-orang yang Dia kehendaki.

Mengambil Hikmah dari 5 Hal yang Dilakukan Abuya Dimyathi Banten

Di kalangan santri pesantren salaf Nusantara, khususnya Banten, siapa yang tak kenal KH. Muhammad Dimyathi bin Muhammad Amin atau lebih dikenal dengan sapaan Abuya Dimyathi. Beliau adalah sosok yang masyhur dengan kealiman dan kebijaksanaannya dalam membimbing umat

Biografi Habib Ahmad bin Novel bin Salim bin Jindan

Habib Ahmad bin Novel bin Salim bin Jindan ulama habib Tangerang Banten

Riwayat Syaikh Nasidan bin Aidan, Sang Wali dari Panongan

Bermula dari peristiwa dua tahun lalu yang dialami oleh Abi KH. Haifs Gunawan, pengasuh pesantren Miftahul Khaer Curug, Tangerang

Menggilas Ocehan Keji

Makhluk bernama FA ini terus menyerang NU, terutama kepada Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari, sang muassis agung Jam'iyyah Nahdlatul Ulama 1926.

Biografi KH. Tubagus Abdul Hakim

KH. Tubagus Abdul Hakim Ulama Nahdlatul Ulama Pandeglang Banten

Biografi KH. Ahmad Maimun Alie

KH. Ahmad Maimun Alie Ulama Nahdlatul Ulama Tangerang Banten

Mengharap Berkah Ziarah Syaikh Abdul Syukur Kenari

Kenari, nisbat atas Syaikh Abdul Syukur karena itu adalah nama kampung yang terletak di belakang kampung Sukamandi, Kasemen

Gelar Mukerwil I, Jatman Banten Usung Tema “Teguh Berthariqah dan Damai Bernegara”

Pengurus Idaroh Wustho Jam'iyah Ahlith Thariqah Mu'tabaroh an-Nahdlyiah atau JATMAN Provinsi Banten telah selesai melaksanakan Musyawarah Kerja Wilayah I

Biografi KH. Asy'ari Jemplaon

KH. Asy'ari Ulama Nahdlatul Ulama Jemplaon Serang Banten

Biografi KH. A Hafizh Utsman

KH. A Hafizh Utsman, Ulama, Nahdlatul Ulama, Pandeglang, Banten

Riwayat Ki Rengges Jati, Asal Usul Orang Ragas

Bermula dari obrolan biasa selepas tahlilan di Kampung Ragas, Purwadadi, kebiasaan saya ingin mendengar cerita atau riwayat tokoh yang berkait dengan daerah tersebut,

Biography of Sheikh Imam Nawawi al-Bantani

Sheikh Imam Nawawi al-Bantani is Ulama from Banten

Karomah Syekh Nawawi Banten Melihat Ka’bah dari Jakarta

Beliau seorang ulama yang berasal dari Banten Indonesia yang menjadi Imam di Masjidil Haram. Al-Sayyid al-Ulama al-Hijaz (tokoh ulama Hijaz) atau Sayyidul Hijaz (penjaga Hijaz) merupakan gelar yang beliau sandang.

Biografi Habib Ali Alwi bin Thohir Al Husainy

Drs. KH. Habib Ali Alwi bin Thohir Al Husainy beliau adalah Ulama yang bernasab dari ulama besar Yaman "al-Imam al-Qutubul Irsyad Al-Habib Abdullah Bin Husein bin Thohir", Ulama Nahdaltul Ulama dan pengasuh pesantren al-Husainy di kawasan BSD Tangerang.

Biografi Syekh Astari Cakung

Beliau bernama lengkap Syekh Astari bin Maulana Ishaq bin Muhammad Rafiuddin bin Nyi Hadisah binti Ki Alim bin Ki Bulus (Abdul Gani) bin Syekh Hasan Bashri bin Ki Mahmud bin Raden Saleh bin Sulthan Abul Mufakhir Mahmud Abdul Qadir

Biografi KH. Sulaeman

KH. Sulaeman beliau adalah ulama kharismatik dari Banten dan sosok ulama yang tegas dalam penyampaian fiqih, dan beliau lebih mementingkan kemaslahatan umum.

Biografi Abuya Ahmad Widara Cidodol

Abuya Ahmad Widara Cidodol beliau adalah ulama kharismatik dari Lebak Banten, pendiri pesantren Riyadhul Mubarakah

Ziarah di Makam KH. Tubagus Muhammad Falak (Abah Falak), Waliyullah dari Pagentongan

KH. Tubagus Muhammad Falak beliau adalah ulama kharismatik dari Pagentongan Bogor.

Biografi KH. Tubagus Ahmad Hasuri Thohir (Buya Kaloran), Pendiri Pesantren At-Thahiriyah, Kota Serang

Syekh Ahmad Hashuri bin Thahir Al-Kalurani Al Bantani (Buya Kaloran) beliau adalah ulama kharimatik dari Kaloran, Banten, beliau juga adalah pendiri pesantren At-thohiriyah di Kaloran

Pesantren Nurul Falah Lebak Banten

Pesantren Nurul Falah Lebak Banten merupakan lembaga pendidikan islam berasrama yang berada di Pasirmalang, Lebak, Banten dengan lembaga formal pendidikan berupa MTs dan MA

Ziarah di Makam Syekh Maulana Muhammad Ali Akbar ( Syekh Ali Akbar), Sang Farmakologi Islam

Syekh Maulana Muhammad Ali Akbar, Syekh Maulana Maghribi, Syekh Subakir akhirnya melakukan perjalanan siar agama Islam menuju ke daerah Jung Mara.

Biografi Habib Hasan bin Thoha bin Yahya (Syaikhul Akbar di Tanah Jawa)

Habib Hasan bin Thoha bin Yahya adalah salah satu Ulama yang melakukan perjuangan menentang penjajahan Bumi Nusantara ini di mulai dari Banten, Cirebon kemudian dilanjutkan di Pekalongan sampai ke Yogyakarta, bahkan diangkat menjadi menantu dan Panglima Perang oleh Hamengku Buwono II.

Biografi Abuya Dimyati Cilongok

Abuya Dimyati Cilongok merupakan pendiri pondok pesantren Al Istiqlaliyah yang berdiri sejak tahun 1957 M. Abuya Dimyati Cilongok merupakan seorang ulama besar di wilayah Kabupaten Tangerang, Banten dan seorang ulama yang memiliki komitmen kuat menjaga tradisi pesantren.

Biografi Nyai Hj. Arnah Cimanuk: Ulama Perempuan Ahli Qira’at dari Banten

Nyai Arnah adalah mata rantai penting dalam transmisi intelektualitas ulama perempuan Islam, terutama dalam bidang ilmu qira’at, dari periode Syekh Nawawi Al-Bantani kepada generasi berikutnya.

Biografi Syekh Mas Mohammad Arsyad Thawil Al-Bantani

Syekh Arsyad Thawil lahir di Desa Lempayung, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang Banten pada Zulkaedah 1255 H/Januari 1840 M. Riwayat lain menyebut beliau lahir tahun 1263 H/1847 M. Tidak ada yang tahu persis, namun dibatu nisan tempat wafatnya di Manado tertulis beliau lahir tahun 1851 M.

Biografi Sultan Ageng Tirtayasa, Kesultanan Banten

Untuk memudahkan pengawasan terhadap daerah-daerah Banten yang tersebar luas, seperti Lampung, Solebar, Bengkulu, dan lainnya, diangkatlah penggawa-penggawa dan dalam waktu tertentu diharuskan datang ke Banten.

Biografi Sultan Maulana Hasanuddin, Pendiri Kesultanan Banten

Sultan Maulana Hasanuddin adalah pendiri Kesultanan Banten yang berkuasa pada 1552-1570 Masehi. Selain sebagai sultan pertama Banten, Sultan Maulana Hasanuddin juga merupakan sosok pelopor sejarah syiar Islam di wilayah tersebut.

Biografi KH. Suhaemi, Pendiri Pesantren Darul Hikmah Serang Banten

KH. Suhaemi masuk dan istiqomah dalam amaliah ajaran tasawuf dengan mengambil sanad tarekat kepada Abah KH. TB Khisni, menantu dari Abah KH. TB. Ahmad Sukamandi Kasemen (mertua Abuya Muhtadi Cidahu) yaitu Tarekat Qodriyah Naqsyabandiyah.

Biografi KH. Junaedi Aziz, Pendiri Pesantren Al-Inayah, Banten

KH. Junaedi Aziz lahir di Kampung Jerang Ilir Desa Karang Asem Kecamatan Cibeber Kota Cilegon Pada Tahun 02 Maret 1935. Ayahnya benama KH. Bani Aziz sebagai tokoh masyarakat yang disegani dan di hormati oleh masyarakat karena bijaksana dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.

Pesantren Al-Fathaniyah Serang

Pondok Pesantren Al Fathaniyah ini bernama Al-Ikhlas juga lebih akrab disebut dengan Pesantren Tengkele dengan lokasi hanya beberapa meter dari jalan raya, yaitu tepat berseberangan dengan penziarahan Tengkele (Tubagus Ahmad dan Tubagus Chuluq).

Biografi Syekh Tajul Arsy Al-Bantani (Pangeran Sunyararas Tanara)

Pangeran Sunyararas adalah Laksamana pertama kesultanan Banten di awal periode kepemimpinan Maulana Hasanuddin 1552-1570 M.

Biografi Sultan Maulana Yusuf (Sultan Banten ke-II menjabat 1570-1580)

Sepeninggal Sultan Maulana Hasanuddin, putra pertamanya Sultan Maulana Yusuf memegang tampuk kepemimpinan Kesultanan Banten.

Biografi KH. Wasyid bin Muhammad Abbas, Pahlawan Geger Cilegon

Gerakan KH. Wasyid dalam perang tersebut banyak dipengaruhi oleh pemikiran guru-gurunya, Syekh Nawawi Al-Bantani dan Syekh Abdul Karim Al-Bantani, seorang mursyid Tarekat Qodiriyah wa Naqsyabandiyah.

Pesantren Daarul Ahsan Tangerang

Pondok Pesantren Daarul Ahsan merupakan lembaga pendidikan Islam yang didirikan oleh KH. Maman Lukman Hakim yang tidak lepas dari dukungan keluarga dan Bapak H. Madtosi selaku Ayah mertua beliau. Terletak di Desa Dangdeur, yang mana desa Dangdeur pada saat itu merupakan salah satu daerah terpencil di kecamatan Balaraja, daerah yang masih terlihat asri dengan pemandangan hutan belantara. :

Pesantren Terpadu Al - Farhan Kab. Lebak

Pondok pesantren Terpadu Al - Farhan didirikan pada tahun 2002 oleh KH. Holil Abdul Kholik dan Umi Hj. Umi Sumiati SPd, MPd. Pesantren Terpadu-Al - Farhan Kab. Lebak terletak di jalan RangkasBitung-Bogor, KM 34, Kampung Babakan Pedes, Desa Sipayung, Kec. Cipanas, Kabupaten Lebak, Banten.

Pesantren Al-Hikmah Kab. Tangerang

Pesantren Al-Hikmah berdiri pada tahun 1922 M yang berdirinya dilandasi oleh hasrat luhur “li i’laikalimatillah” Bani Astari yakni KH. Astari seorang tokoh alim ulama terkemuka kampung Pendawa Lima yang hidup semasa perjuangan dakwah islam di tanah Jawa dan Banten dan Beliau merupakan keturunan dari Syekh Ciliwulung Bin Raden Kenyep Jati.

Biografi KH. Tb. Moh. Wase’ , Muasis Pesantren As- Salafiyah Banten

KH. Tb. Moh. Wase’ berasal dari Jiput, Pandeglang. Beliau merupakan anak dari KH. Tb. Zainudin dan ibu Ratu Zahroh. KH. Tb. Zainudin yang juga adalah seorang kyai di Jiput,lahir di Tenjolahang, Jiput pada tanggal 11 November 1908.

Pesantren Kananga Kab. Pandeglang

Pesantren Kananga, Kab. Pandeglang, BantenPesantren Kananga didirikan oleh KH.Tubagus Muhammad Sholeh setelah pulang dari Mekkah menunaikan ibadah haji dan menuntut ilmu dengan Syekh Nawawi Al-Bantani. Sekitar pada tahun 1871 para santri mulai berdatangan untuk belajar agama kepada beliau. Kini pesantren Kananga telah kini sudah 1,5 abad usianya.

Pesantren As-Sa'adah Linahdlatil Ulama, Tangerang

Pesantren Terpadu Assa'adah Li Nahdlatil 'Ulama, Tangerang, Banten

Ziarah di Makam Syekh Mas Mohammad Arsyad Thawil Al-Bantani

Syekh Arsyad Thawil lahir di Desa Lempayung, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang Banten pada Zulkaedah 1255 H/Januari 1840 M. Riwayat lain menyebut beliau lahir tahun 1263 H/1847 M. Tidak ada yang tahu persis, namun dibatu nisan tempat wafatnya di Manado tertulis beliau lahir tahun 1851 M.

Menampilkan 1 - 10 dari 138