Laduni - Layanan Digital untuk Nahdliyin NU

Islam Nusantara

 

Ini Sejarah Tahun Berdirinya Sebagian Pesantren di Jawa Barat

Jika dirunut, maka akan terlihat sejarah berdirinya pesantren di Jawa Barat sebagai berikut.

Kitab "Nur al-Zhalam" dan Pujian Ulama al-Azhar atas Syekh Nawawi Banten

Berikut ini adalah bagian halaman terakhir yang memuat kolofon (titimangsa) dari manuskrip kitab “Nûr al-Zhalâm” karangan seorang ulama besar Nusantara asal Banten yang berkarir di Makkah, yaitu Syaikh Muhammad Nawawi b. Umar al-Bantani al-Makki (Syaikh Nawawi Banten, w. 1897). Manuskrip tersebut merupakan koleksi perpustakaan King Saud University, KSA.

Naskah Tulisan Tangan Syaikh Abdul Shamad Palembang: Kitab “Nashîhah al-Muslimîn wa Tadzkirah al-Mu’

 Berikut ini adalah manuskrip kitab berjudul “Nashîhah al-Muslimîn wa Tadzkirah al-Mu’minîn fî Fadhl al-Jihâd wa Karâmah al-Mujâhidîn” (Nashîhah al-Muslimîn) karangan seorang ulama besar Nusantara asal Kesultanan Palembang yang hidup di abad ke-XVIII, yaitu Syaikh Abdul Shamad al-Falimbani. Manuskrip merupakan koleksi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta.

Debat Dua Kiyai dari Sukabumi: KH. Ahmad Syaubandi yang Puritan vs KH. Ahmad Sanusi yang Tradisional

Berikut ini adalah surat yang ditulis oleh seorang yang bertanda tangan atas nama Ahmad Syaubandi Sukabumi. Surat ini ditulis dalam bahasa Sunda aksara Arab (Pegon) dan dimuat dalam majalah “Tjahja Islam” yang terbit di Garut, bilangan nomor 8, Bulan Februari 1931 (Puasa/ Ramadhan 1349 Hijri), tahun ke-II.

Fatwa “Talqin Mayyit” di Majalah “al-Huda” untuk Soalan dari Bandung

Berikut ini adalah teks soalan fatwa dan jawabannya yang termuat dalam rubrik “Neraca Ahlussunnah wal Jama’ah” majalah bulanan “al-Huda”, edisi bulan Zulkaedah 1349 Hijri (bertepatan dengan Maret 1931).