Sistani Tegur Politisi Irak karena Mencari Keuntungan Pribadi

Anggota parlemen yang baru terpilih Naim al-Aboudi, dalam sebuah pernyataan kepada Asharq Al-Awsat, mengecam penundaan mengisi semua portofolio menteri dan mengatakan hal itu mengancam stabilitas politik di negara itu.

Kolom Gus Nadir : Tragedi Karbala dan Harrah: Kekejaman Khalifah Yazid bin Muawiyah

Tanpa adanya mekanisme kontrol rakyat terhadap Khalifah, kekuasaan seorang Khalifah menjadi mutlak tanpa kontrol. Sejarah menceritakan kepada kita mereka yang menolak berba'iat dan mengkritik kekuasaan Khilafah di masa lampau akan dihadapai dengan tindakan kekerasan.

Kelompok Ekstrimis Sunni Irak Serang Peziarah Syiah

Kelompok ekstrimis Sunni menyerang para peziarah Syiah di kota Karbala di Irak hingga mengakibatkan 30 orang meninggal dunia dan belaaan lainnya luka-luka. 

Yazid Bin Muawiyah Menyesal Setelah Memenggal Kepala Cucu Rasulullah SAW

Saat Sayyid Husein dibunuh, kepalanya dipenggal dan digunakan untuk mainan Yazid kurang lebih selama 2 bulan. Anehnya, ketika digunakan untuk mainan, kepala Sayyid Husein sedikitpun tidak terluka.

Kolom Gus Nadir: Kisah al-Husain yang Terbunuh di Padang Karbala

Lelaki itu berusia sekitar 58 tahun. Pada hari kesepuluh bulan Muharram, di tahun 61 H, selepas menunaikan shalat subuh, dia bergegas keluar tenda dan menaiki kuda kesayangannya. Pria itu menatap pasukan yang tengah mengepungnya. Mulailah dia berpidato yang begitu indah dan menyentuh hati:

Kelompok ISIS Bombardir Bus di Karbala Irak

LADUNI.ID, Dalam peristiwa pengeboman bus yang menyebabkan tewasnya 12 orang di dekat kota Karbala, Irak. Kelompok Negara Islam Irak serta Suriah (ISIS) mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

Peristiwa Karbala 10 Muharram dan Nasib Pembunuh Cucu Nabi

Kisah ini direkam oleh sejumlah kitab dari para ulama Ahlussunnah wal Jamaah, seperti misalnya Tarikh At-Thabari di jilid ke-5 halaman 425 dan Ibnu Katsir dalam kitabnya Al-Bidayah wa an-Nihayah jilid ke-8 halaman 193.

Tragedi Karbala dan Sikap Seorang Muslim Sejati dalam Menanggapinya

Menjelang wafatnya Muawiyah salah seorang sahabat nabi, dia sempat meluangkan waktu sibuknya – dalam menjalankan roda pemerintahan – untuk berkhutbah dihadapan masyarakatnya.

Hari Asyura dan Tragedi Karbala (bagian 1)

Asyura (Suro dalam bahasa Jawa) diambil dari kata “Asyara” yang secara literal berarti yang ke-10 (sepuluh).  Asyura dalam perbincangan sosial keagamaan sebagai tanggal 10 atau hari ke-10. Dan karena dalam sistem kalender Islam Asyura masuk dalam bulan Muharram, maka terma “Asyura” berarti tanggal 10 Muharram

Hari Asyura dan Tragedi Karbala (bagian 2)

Dalam sejarah kaum Syi’ah, hari itu, 10 Muharram, menjadi hari yang sangat penting dan agung. Karena pada tanggal itu Sayyidina Husein bin Ali bin Abi Thalib, cucu kesayangan Nabi, dan keluarga serta mereka yang ikut bersamanya terbunuh dan dibantai secara kejam di sebuah daerah bernama Karbala, Irak, tahun 680 M

Hari Asyura dan Tragedi Karbala (bagian 3)

Peristiwa Karbala dikenang sepanjang masa oleh muslim Syi’ah sebagai sebuah tragedi kemanusiaan terbesar. Sampai hari ini kaum Syi’ah di seluruh dunia, memperingatinya sebagai hari duka nestapa. Hari besar 10 Muharram ini merupakan ritus keagamaan terpopuler dan paling besar dalam tradisi kaum Syiah

Gus Baha: Sekilas Tragedi di Karbala 10 Muharram

Nabi SAW pernah bercerita jarak kejayaan islam dan Nabi SAW hanya 36 tahun. Banyak riwayat yang secara detail menceritakan bahwa nantinya cucu Nabi SAW yaitu Sayyid Husein terbunuh disuatu tragedi yang bernama karbala juga sudah diberikan bocoran oleh malaikat Jibril jauh sebelum tragedi itu terjadi.

Tahun 680 M: Kesedihan Keluarga Rasulullah SAW (Perang Karbala)

Peralihan kekuasaan dari Khalifah Muawiyah kepada anaknya, Yazid bin Muawiyah, menjadi titik kontroversial yang memicu berbagai polemik dan pertentangan pandangan. Bagi banyak pihak, penunjukan Yazid sebagai penerus kepemimpinan dianggap sebagai langkah yang dipertanyakan.

Menampilkan 1 - 10 dari 13