Keistimewaan Ibadah Qurban dan Sejarahnya

Salah satu ibadah yang istimewa di Bulan Dzulhijjah adalah melakukan qurban. Ibadah ini khusus dilakukan pada Hari Raya Idul Adha tanggal 10 Dzulhijjah dan Hari Tasyriq tanggal 11,12 dan 13 Dzulhijjah.

Penjelasan tentang Penyerahan Qurban dan Pernyataan Perwakilan

Penjelasan tentang penyerahan hewan qurban dan pernyataan perwakilan sewaktu penyembelihan.

Penjelasan tentang Mewakilkan Hewan Qurban kepada Orang Fasik

Penjelasan tentang penyerahan / pewakilan hewan kurban kepada orang fasik.

Menyerahkan Hewan Qurban Tanpa Mewakilkan

Hukum kurban itu sah dan Zaid menjadi wakilnya kurban itu, tentang pembelian, memotong, dan membaginya.

Hukum Fakir Miskin yang Menjual Daging atau Kulit Hewan dari Kurban

Fuqara, masakin yang menerima pembagian daging/kulit udhhiyah lalu menjualnya kepada ghair al-muslim hukumnya sah ma’ al-hurmah ‘ala al-mu’tamad.

Hukum Membagikan Hewan Kurban yang Sudah Disembelih

Bagaimanakah pendapat Muktamar mengenai menyembelih kurban tidak dibagikan, tetapi dibiarkan; yang membutuhkan silahkan mengambil sendiri ?.

Berqurban Bukan dengan Hewan Tetapi dengan Uang

Bagaimana hukumnya kurban bukan dengan hewan, tetapi dengan nilai uang?.

Menyembelih Kurban di Luar Hari Nahr dan Hari Tasyriq

Bagaimana hukumnya menyembelih kurban di luar hari Nahr dan Tasyriq dengan alasan agar pembagian dagingnya lebih mengenai sasaran ?.

Hewan Kurban Diserahkan Kepada Fakir Miskin untuk Modal Usaha yang Lebih Produktif

Bagaimana hukumnya tidak menyembelih hewan kurban dan membiarkan hidup untuk diserahkan kepada fakir/miskin sebagai modal usaha yang lebih produktif ?.

Kulit Hewan Kurban Dikumpulkan dan Dijual untuk Membangun Mushalla atau Madrasah

Bagaimana hukumnya kulit-kulit hewan kurban yang dikumpulkan dan dijual, kemudian hasilnya untuk membangun mushalla, madrasah dan sebagainya ?.

Keutamaan Qurban dan Penjelasannya

Setiap tanggal 10 Dzul Hijjah, semua umat Islam yang tidak melaksanakan haji merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari itu, umat Islam sangat disunnahkan untuk berqurban..

Ini Syarat-Syarat Lengkap Melaksanakan Ibadah Kurban

Terdapat berbagai hal yang menjadi syarat-syarat ibadah kurban, di antaranya adalah sebagai berikut.

Doa Menyembelih Hewan Qurban Atas Nama Pemiliknya

Mengenai doa menyembelih hewan qurban, terdapat keterangan dari Imam Al-Baihaqi yang ditulis dalam Kitabnya As-Sunan Al-Kubra di bagian Bab Qoulul Mudlohhi. 

Menyoal Qurban untuk Orang yang Telah Meninggal

Ada sebagian umat Islam yang melakukan qurban untuk orang yang telah meninggal. Mengenai persoalan ini, Imam Nawawi membahasnya di dalam kitab beliau bernama Minhajut Tholibin.

Kisah Anak dari Dua Kurban

Abdul Muthalib menangis. Betapa tak tega hati jika ia mesti menyembelih Abdullah, anak yang paling disayanginya.

Doa Lengkap Menyembelih Hewan Kurban Sekaligus Tips Menyembelih Agar Daging Tidak Bau

Menghadapi ‘Idhul Adha, penyembelihan hewan kurban adalah bagian dari ibadah yang sangat dianjurkan. Ada beberapa Tips dalam menyembelih hewan Kurban, di antaranya adalah:

Qurban atau Aqiqah Dulu?

Hukum aqiqah dan kurban ada persamaan diantara kedua ibadah ini yakni sama-sama sunnah hukumnya menurut madzhab Syafi’i (selama tidak nadzar), serta adanaya aktifitas penyembelihan terhadap hewan yang telah memenuhi syarat untuk dipotong.

Sedekah Uang Pengganti Qurban

Pada saat Hari Raya Idul Adha umat Islam disunnahkan untuk melakukan qurban. Secara umum hewan yang bisa digunakan untuk berqurban adalah, unta, sapi, kerbau, kambing. Namun saat ini berkembang tradisi qurban tapi dengan sedekah uang yang jumlahnya sama dengan harga hewan qurban. Apakah masuk dianggap melakukan ibadah qurban atau tidak cukup.

Hewan Qurban Berkualitas Menurut Persatuan Dokter Hewan Indonesia

Menjelang hari Raya Idul Adha, banyak umat Islam yang sibuk mempersiapkan diri untuk belanja hewan qurban yang nanti akan diqurbankan saat Idul Adha atau Hari Tasyiq.

Urutan Bacaan Doa Menjelang Penyembelihan Hewan Qurban

badah qurban adalah merupakan ibadah yang sangat disenangi oleh Allah SWT. Sebagaimana diketahui bahwa pengertian ibadah qurban adalah dengan menyembelih hewan qurban.

Larangan Potong Rambut dan Kuku bagi Orang yang Hendak Berqurban

Terkadang masih ditanyakan apakah larangan memotong kuku dan rambut adalah bagi orang yang akan berqurban atau hewan yang akan dijadikan qurbannya? Dalam hal ini secara jelas adalah terlarang bagi orang yang berqurban, sebagaimana dijelaskan oleh Imam An-Nawawi.

Jelang Idhul Qurban, Gunakan Cara ini untuk Melunakkan Daging

Jelang Idhul Qurban, Gunakan Cara ini untuk Melunakkan Daging

Ibadah Qurban Tanpa Wasiat untuk Orang Tua yang Wafat

badah qurban merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dan hanya bisa dilakukan di bulan Dzulhijjah saat Hari Raya Idul Adha dan Hari Tasyriq. Ibadah ini bisa dilakukan oleh siapapun.

Adab dan Tata Cara Menyembelih Hewan Qurban yang Dianjurkan Islam

Pada dasaranya tujuan menyembelih hewan qurban adalah untuk menghidupkan ajaran Nabi Ibrahim a.s. dan  Nabi Ismail a.s. sebagai bentuk kepatuhan terhadap perintah Allah SWT.

Warga Bali Sebut Idul Adha sebagai Galungan Jawa, Ini Sejarahnya

Masyarakat Bali menyebut Idul Adha sebagai Galungan Jawa. Kenapa bisa begitu?

Nenek Pemulung yang Berkurban Sapi, Kini Dapat Hadiah Umrah

Nenek Sahnun adalah seorang pemulung yang mampu berkurban sapi tiap tahunnya.

Memberi Lebih Kepada Panitia Kurban

Memberikan daging lebih kepada panitia atau tim penyembelih dan yang membantunya atas nama hadiah atau sedekah atau sekedar kebaikan, menurut sebagian ulama’ diperbolehkan. Artinya memang harus dibedakan antara daging diberikan kepada orang-orang tersebut sebagai upah (ujroh) yang terlarang dengan sebagai hadiah atau sedekah yang diperbolehkan.

Jamarat dan Kurban (Seri 1)

Manakala matahari tanggal 9 dzulhijjah tenggelam, dan langit menyisakan warna merah saga, jutaan manusia dari berbagai penjuru dunia bergerak meninggalkan medan luas bumi Arafat. Mereka akan menuju Mina melewati tengah malam di sebuah tempat bernama Muzdalifah.

Jamarat dan Kurban (Seri 2)

Selanjutnya adalah Qurban. Secara harfiah ia berarti dekat atau mendekatan diri. Dalam Haji ia berarti mendekatkan diri kepada Allah, melalui penyembelihan ternak. Memenuhi seruan Tuhan dengan cara menyembelih hewan pada peristiwa ini adalah salah satu bentuk ketaqwaan kepada-Nya. Al Qur-an menyebutkan :

Fakta Unik Cara Sembelih Hewan Kurban, Bandingkan dengan Barat

Fakta menarik sekaligus mencengkan ditermukan oleh peneliti Jerman mengenai cara sembelih hewan kurban.

Hukum Potong Kuku bagi Orang yang Berkurban

esimpulannya bahwa ini masalah khilafiyah: menurut Imam Malik dan Imam Syafi’i disunahkan tidak memotong rambut dan kuku bagi orang yang berkurban, sampai selesai penyembelihan. Bila dia memotong kuku ataupun rambutnya sebelum penyembelihan dihukumi makruh

Hukum Pembagian Daging Hewan Kurban Sumbangan Perusahaan

Dalam fikih, terdapat tata cara yang perlu diperhatikan terutama terkait dengan penyaluran daging kurban yang juga harus sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh fikih kita.

Ibadah Qurban Itu Butuh Ketulusan

Qurban berasal dari bahasa Arab, yakni “Qurban” yang berarti dekat (قربان). Jadi qurban mengandung makna tersirat kedekatan diri yang agung kepada Allah. Apa yang dilakukan terkait dengan ibadah qurban ini merupakan upaya mendekatkan diri kepada Allah, pendekatan yang sungguh besar dan mulia.

Protokol Kesehatan Hewan Kurban di Hari Idul Adha

Idul Adha tahun ini sangat berbeda dengan Idul Adha di tahun-tahun sebelumnya. Sebab, Idul Adha tahun ini berbarengan dengan musibah dunia yaitu pandemi virus corona.

Hukum Menjual Daging Kurban kepada Non-Muslim

Bagaimana hukum fuqara wal masakin yang menerima pembagian daging/kulit kurban lalu menjualnya kepada orang yang bukan muslim?

Orang Kaya yang Mampu Tapi Tidak Berkurban, Bagaimana Hukumnya?

Bagaimana dengan orang yang kaya dan mampu tapi tidak melaksanakan kurban?

Menyembelih Hewan Kurban dengan Cara Halus

Pernahkah kita melihat orang menyembelih hewan kurban dengan cara halus? Jika pernah, adakah orang yang menyembelih hewan kurban secara kasar?

Pentingnya Syarah dalam Penyembelihan Hewan Kurban

Dalam matan diterangkan bahwa penyembelihan hewan itu harus membaca bismillah. Namun demikian, apakah kata “harus” dalam matan itu berarti tentang sah tidaknya hewan kurban yang kita sembelih?

Doa Menyembelih Hewan Qurban dalam Berbagai Riwayat

Menyembelih hewan qurban di Hari Raya Idul Adha, tanggal 10 dan 3 hari Tasyriq, yaitu tanggal 11, 12 dan 13 Dzulhijjah merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dan memiliki keutamaan besar.

Nasihat Mbah Dullah agar Menjadikan Hewan Qurban Sebagai Wasilah

Jika kamu berqurban, sebelum kambing disembelih, peganglah kambing itu, seraya berucap di dalam batin, munajat kepada Gusti Allah. Ya Allah, aku qurbankan kambing ini, lantaran menghormati Nabi Ibrahim dan Syari’atnya Nabi Muhammad. Dagingnya merupakan sedekahku. Ini bisa kamu ucapkan jenis sedekah yang kamu inginkan.

Bagian Daging untuk Pemilik Qurban

Kalau kita melakukan ibadah menyembelih hewan qurban di Hari Raya Idul Adha atau di Hari Tasyrik, maka kita dianjurkan untuk turut mengonsumsi dagingnya, maksimal sepertiga bagian menurut Madzhab Syafi'i.

Bacaan Niat Ibadah Qurban

Salah satu rukun yang menjadikan qurban bisa diterima adalah niat. Niat merupakan inti ibadah. Niat dimaksudkan agar dapat dibedakan antara qurban sunnah dan qurban wajib, karena keduanya memiliki kedudukan dan konsekuensi hukum yang berbeda.

Empat Amalan Baik di Bulan Dzulhijjah

Salah satu bulan istimewa selain bulan Ramadhan adalah Djulhijah. Sebagai umat muslim yang senantiasa mengharapkan ridha dari Allah SWT, maka tidak akan menyia-nyiakan bulan ini

Qurban Sunah yang Menjadi Wajib

Qurban hukumnya sunnah muakkad (sangat dianjurkan), bahkan hukumnya lebih utama dari sekedar sedekah hewan biasa, anjuran ini diungkapkan oleh Imam Syafi’i dalam kitab al-Um. Bahkan beliau tidak menolerir orang yang mampu melakukan qurban namun tak kunjung melakukannya

Hukum Patungan Hewan Qurban Kambing

Syariat Islam telah menetapkan standar maksimal jumlah kapasitas mudlahhi (orang yang berqurban) untuk per satu ekor hewan qurban, yaitu Unta dan Sapi untuk tujuh orang, sementara Kambing hanya sah dibuat qurban satu orang.

Waktu Penyembelihan Hewan Qurban

Waktu pelaksanaan penyembelihan hewan qurban dimulai setelah kira-kira sudah selesai melaksanakan shalat idul adha dua roka’at dan dua khutbah pada hari raya idul adhha

Tata Cara Pembagian Daging Hewan Qurban

Berqurban saat hari raya Idul Adha merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi orang-orang yang mampu. Qurban adalah menyembelih hewan dengan tujuan taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT.

Sunah-sunah Qurban

Berqurban di bulan Dzulhijah merupakan salah satu ibadah yang dicontontohkan oleh Rasulullah SAW. Agar ibadah qurban menjadi sempurna maka umat islam sebelum mengerjakannya dianjurkan untuk menjalankan sunah-sunah sebelumnya agar qurban menjadi sempurna sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW.

Larangan Saat Berqurban Penting untuk Diketahui

Bagi orang yang berqurban, tidak diperbolehkan baginya untuk menjual (memberikan) upah pada pemotong atau panitia sedikitpun dari hewan qurban tersebut. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Barangsiapa menjual qurban, maka tiada qurban baginya (tidak sah qurbannya).”

Tips Menghilangkan Bau Amis Pada Daging Hewan Qurban

Hanya tinggal menghitung hari umat islam sebentar lagi akan merayakan hari raya Idul Adha 1443 hijriyah, sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah bahwa perayaan hari raya qurban pada tanggal 10 Juli 2022.

Hadis Imam Bukhari No. 1580 : Orang yang memberi syiar dan menganlungkan sesuatu pada hewan kurban di Dzul Hulaifah kemudian melakukan ihram

Orang yang memberi syiar dan menganlungkan sesuatu pada hewan kurban di Dzul Hulaifah kemudian melakukan ihram

Hadis Imam Bukhari No. 1581 : Orang yang memberi syiar dan menganlungkan sesuatu pada hewan kurban di Dzul Hulaifah kemudian melakukan ihram

Orang yang memberi syiar dan menganlungkan sesuatu pada hewan kurban di Dzul Hulaifah kemudian melakukan ihram

Hadis Imam Bukhari No. 1593 : Orang yang membeli hadyu di jalan dan memasangkan kalung pada leher hewan kurban

Orang yang membeli hadyu di jalan dan memasangkan kalung pada leher hewan kurban

Khutbah Jumat: Refleksi Ibadah Qurban di Bulan Dzulhijjah

Bulan ini merupakan bulan yang agung bagi kita semua. Bulan di mana umat Islam menunaikan ibadah haji di Baitullah dan berqurban. Seluruh umat Islam berkumpul untuk menjalani sunnah Nabi Ibrahim a.s, menyembelih qurban, serentak mengumandangkan takbir, tahmid, dan tahlil, mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Buletin Jumat Laduni.ID Edisi 59: Semangat Berkurban untuk Keutuhan Bangsa dan Negara

Menyambut hari raya Idul Adha yang mulia dengan takbir dan tahmid dengan rasa syukur dan tulus, maka jutaan umat Islam berkumpul di tanah suci Makkah, Arafah dan Mina untuk melaksanakan rukun, wajib dan sunnah-sunnah haji. Mereka datang dari berbagai pelosok dunia,

Khutbah Jumat: Makna Berqurban dan Ciri Orang yang Telah Berqurban

Barang siapa yang mendapatkan kelapangan rizki tetapi dia tidak berkurban maka janganlah dia mendekati tempat shalat kami

Hadis Imam Muslim No. 2299 : Sunahnya pada hari nahr adalah melempar jumrah kemudian menyembelih kurban

Sunahnya pada hari nahr adalah melempar jumrah kemudian menyembelih kurban

Hadis Imam Muslim No. 2301 : Orang yang menggundul sebelum menyembelih kurban, atau menyembelih sebelum melempar

Orang yang menggundul sebelum menyembelih kurban, atau menyembelih sebelum melempar

Hadis Imam Muslim No. 2302 : Orang yang menggundul sebelum menyembelih kurban, atau menyembelih sebelum melempar

Orang yang menggundul sebelum menyembelih kurban, atau menyembelih sebelum melempar

Hadis Imam Muslim No. 2303 : Orang yang menggundul sebelum menyembelih kurban, atau menyembelih sebelum melempar

Orang yang menggundul sebelum menyembelih kurban, atau menyembelih sebelum melempar

Hadis Imam Muslim No. 2304 : Orang yang menggundul sebelum menyembelih kurban, atau menyembelih sebelum melempar

Orang yang menggundul sebelum menyembelih kurban, atau menyembelih sebelum melempar

Hadis Imam Muslim No. 2305 : Orang yang menggundul sebelum menyembelih kurban, atau menyembelih sebelum melempar

Orang yang menggundul sebelum menyembelih kurban, atau menyembelih sebelum melempar

Hadis Imam Muslim No. 2306 : Orang yang menggundul sebelum menyembelih kurban, atau menyembelih sebelum melempar

Orang yang menggundul sebelum menyembelih kurban, atau menyembelih sebelum melempar

Hadis Imam Muslim No. 3635 : Sunahnya berkurban dan menyembelihnya sendiri tenpa mewakilkannya kepada orang lain

Sunahnya berkurban dan menyembelihnya sendiri tenpa mewakilkannya kepada orang lain

Hadis Imam Muslim No. 3636 : Sunahnya berkurban dan menyembelihnya sendiri tenpa mewakilkannya kepada orang lain

Sunahnya berkurban dan menyembelihnya sendiri tenpa mewakilkannya kepada orang lain

Hadis Imam Muslim No. 3637 : Sunahnya berkurban dan menyembelihnya sendiri tenpa mewakilkannya kepada orang lain

Sunahnya berkurban dan menyembelihnya sendiri tenpa mewakilkannya kepada orang lain

Hadis Imam Muslim No. 3653 : Setelah masuk sepuluh hari dibulan dzul hijjah, bagi orang yang ingin berkurban dilarang

Setelah masuk sepuluh hari dibulan dzul hijjah, bagi orang yang ingin berkurban dilarang

Hadis Imam Muslim No. 3654 : Setelah masuk sepuluh hari dibulan dzul hijjah, bagi orang yang ingin berkurban dilarang

Setelah masuk sepuluh hari dibulan dzul hijjah, bagi orang yang ingin berkurban dilarang

Hadis Imam Muslim No. 3655 : Setelah masuk sepuluh hari dibulan dzul hijjah, bagi orang yang ingin berkurban dilarang

Setelah masuk sepuluh hari dibulan dzul hijjah, bagi orang yang ingin berkurban dilarang

Hadis Imam Muslim No. 3656 : Setelah masuk sepuluh hari dibulan dzul hijjah, bagi orang yang ingin berkurban dilarang

Setelah masuk sepuluh hari dibulan dzul hijjah, bagi orang yang ingin berkurban dilarang

Menampilkan 1 - 10 dari 172