Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap

 
Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (UNUGHA) Cilacap

PROFIL
Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali (disingkat UNUGHA) adalah sebuah perguruan tinggi yang berlokasi di Kota Cilacap, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Universitas ini berasal dari IAIIG Cilacap dan mulai beroperasi sebagai universitas pada tahun 2014. Kelahiran UNUGHA Cilacap melalui proses panjang dan berliku. Keberadaanya bermula dari ide untuk mengembangkan IAIIG Cilacap menjadi unversitas.

Pada waktu itu yang digagas adalah Universitas Islam Al Ghazali (UNIGHA). Karena secara de jure AIIG Cilacap masuk dalam pembinaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementrian Agama, sedangkan universitas secara umum di bawah Direktorat Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional, maka proses metamorfosis dari institut ke universitas melibatkan dua kementrian.

Proses ini ditempuh selama bertahun-tahun. Sampai akhirnya muncul peluang baru untuk pendirian universitas, bukan peralihan bentuk institut ke universitas. Dalam hal ini adalah kebijakan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang sejalan dengan kebijakan Mentri Pendidikan Nasional saat itu. Peluang ini ditangkap oleh tim pengusul UNUGHA yang diback up sepenuhnya oleh Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihadul Islamiyah (Ya BAKII) Kesugihan, untuk mengajukan usulan pendirian universitas, sesuai dengan tahapan yang jamak dilakukan di lingkungan Kementrian Pendidikan Nasional.

Semua tahapan dilakukan dengan sebaik-baiknya. Sampai akhirnya UNUGHA Cilacap berhasil mendapatkan ijin operasional penyelenggaraan program studi Strata Sarjana (S1) dengan Keputusan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 264/E//O/2014 tanggal 23 Juli 2014. Dalam hitungan hari, tim pengusul dan publikasi UNUGHA bergerak cepat untuk segera di tahun tersebut (tahun akademik 2014/2015) untuk melakukan penerimaan mahasiswa baru.

Dengan fakultas dan program studi yang ditawarkan ada 4 (empat) fakultas dengan 10 program studi. Keempat fakultas yang dimaksud adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Matematika dan Komputer (FMIKOM) dan Fakultas Teknologi Industri (FTI).

Pertama. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menyelenggarakan 2 program studi yaitu
(1) Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) dan (2) Pendidikan Guru SD (PGSD). Kedua. Fakultas Ekonomi (FE), juga menyelenggarakan 2 program studi yaitu (1) Program Studi Ekonomi Pembangunan dan (2) Manajemen. Ketiga. Fakultas Matematika dan Komputer (FMIKOM), menyelenggarakan 3 program studi, yaitu (1) Program Studi Matematika, (2) Teknik Informatika dan (3) Sistem Informatika. Keempat. Fakultas Teknologi Industri (FTI), dengan 3 program studi juga, yaitu: (1) Program Studi Teknik Mesin, (2) Teknik Kimia dan (3) Teknik Industri.

Selanjutnya dalam rangka pengawalan terhadap pengembangan dan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di UNUGHA, telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Yayasan Badan Amal Kesejahteraan Ittihadul Islamiyah dengan Universitas Jendral Soedirman Purwokerto Nomor : ybk. 1271/01/DP/PP.00/MoU/2013 dan Nomor : 2320/UN23/KS.00.00/2013 tanggal 16 Mei 2013, yang akan diikuti dengan penandatangan MoU dengan beberapa pihak yang sudah ditetapkan pimpinan.
Visi dan Misi UNUGHA
Visi :
“ Pada tahun 2035 UNUGHA menjadi pusat pengembangan sains dan teknologi yang inspiratif.”
Misi :
1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas sehingga menghasilkan lulusan yang mampu berkompetisi di pasar global dan berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dibekali nilai-nilai Islam ahlissunnah wal jamaah an Nahdliyah
2. Meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi ilmiah sebagai upaya pengembangan ilmu dan teknologi dengan mengedepankan budaya dan sumber daya lokal dengan nilai-nilai Islam ahlissunnah wal jamaah an Nahdliyah
3. Mendampingi masyarakat sebagai  upaya penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai-nilai Islam ahlissunnah wal jamaah an Nahdliyah
4. Meningkatkan integritas dan tata kelola serta kemandirian penyelenggaraan perguruan tinggi yang inspiratif
Tujuan :
1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora berdasarkan moral agama, serta mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.
2. Menghasilkan penelitian inovatif yang mendorong pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan humaniora dalam lingkup nasional dan internasional.
3. Menghasilkan pengabdian berbasis penalaran dan karya penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dan pemberdayaan masyarakat secara inovatif agar masyarakat mampu menyelesaikan masalah secara mandiri dan berkelanjutan.
4. Meningkatkan kualitas manajemen pembelajaran secara berkesinambungan untuk mencapai keunggulan dalam persaingan dan kerja sama nasional dan internasional.
5. Menjadi kekuatan moral dan intelektual dalam membangun masyarakat madani Indonesia; dan
6. Mengembangkan potensi Mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, terampil, kompeten, dan proaktif terhadap tuntutan masyarakat dan tantangan pembangunan, baik secara nasional dan internasional serta berbudaya untuk kepentingan bangsa.
PRODI
1. Fakultas Teknologi Industri (FTI)
2. Program Studi Teknik Industri
3. Program Studi Teknik Kimia
4. Program Studi Teknik Mesin
5. Fakultas Ekonomi (FE)
6. Program Studi Ekonomi
7. Program Studi Managemen Pembangunan
8. Fakultas Matematika dan Komputer (MIKOM)
9. Program Studi Matematika
10. Program Studi Teknik Informatika
11. Program Studi Sistem Informasi
12. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
13. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
14. Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK) 
ALAMAT
Jl. Kemerdekaan Barat No.12 Kesugihan Kidul Cilacap – Jawa Tengah Indonesia Telp: +62 282695415
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungiEmail: kita@unugha.ac.id Web: www.unugha.ac.id

 

     

 

 

 

 Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.