Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo

PROFIL
Keinginan mendirikan Perguruan Tinggi di Sidoarjo merupakan cita-cita para tokoh masyarakat Sidoarjo sejak tahun 2010-an, sebagai wahana untuk membantu percepatan pencapaian target pemerintah dalam meningkatkan nilai APK-PT Indonesia dan sekaligus turut membantu pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat pada jenjang pendidikan tinggi. Banyak putera-puteri terbaik lulusan SLTA Sidoarjo khususnya dan Jawa Timur umumnya yang harus pergi ke Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI Jakarta dan DI Yogyakarta untuk dapat melanjutkan studinya.

Di pihak lain, Propinsi Jawa Timur khususnya Kabupaten Sidoarjo memerlukan tenaga lulusan perguruan tinggi dalam jumlah banyak guna melaksanakan kegiatan pembangunan di daerah ini. Kabupaten Sidoarjo juga merupakan sebuah wilayah yang secara geografis cukup strategis di Jawa Timur, dan dikenal sebagai kota Santri yang mengandung arti dan menggambarkan tingkat religiusitas yang kuat dari masyarakat Kabupaten Sidoarjo.

Ditinjau dari sisi pendidikan tinggi masih belum menunjukan perkembangan yang optimal. Di sisi lain, justru marak tumbuhnya kelas jauh Perguruan Tinggi Swasta dari daerah lain di Kabupaten Sidoarjo yang sangat memprihatinkan. Di samping itu masih banyak tenaga kependidikan, guru dan tenaga fungsional lain yang belum memenuhi standar kompetensi akademik (lulusan S1).

Untuk itu, Perkumpulan Nahdlatul Ulama melalui Badan Pelaksana Penyelenggara Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama - UNU Sidoarjo (BPPPTNU - UNU Sidoarjo) berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di seluruh wilayahnya untuk berbagai jenjang pendidikan yang didukung oleh seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali perguruan tinggi sebagai institusi pencetak tenaga profesional. Oleh karenanya BPPPTNU - UNU Sidoarjo memandang perlu mendirikan sebuah Perguruan Tinggi dengan nama UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SIDOARJO yang di singkat UNU Sidoarjo untuk mencetak lulusan (sarjana) yang memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berwawasan Qur'ani. Alasan pendirian UNU Sidoarjo juga dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan tuntutan zaman.
Visi, Misi, Kebijakan Mutu dan Motto Visi
Visi
Menjadikan UNU Sidoarjo sebagai Perguruan Tinggi yang Unggul dan Kompetitif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya yang berpedoman kepada aqidah Islam Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah
Misi
1. Menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana muslim yang memiliki keluasan ilmu keislamankematangan profesional, kedalaman aqidah dan keluhuran akhlak.
2. Meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan berpedoman kepada aqidah Islam Ahlussunnah wal Jamaah an-Nahdliyah.
3. Mengembangkan manajemen Universitas yang mempunyai tata kelola baik (Good University Governance).
4. Menjalin kerjasama dengan berbagai kalangan untuk mewujudkan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.
Kebijakan Mutu
Dengan komitmen yang tinggi terhadap mutu, UNU Sidoarjo secara efisiens dan akuntabel melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, melaksanakan pengabdian kepada masyarakat serta menghasilkan lulusan yang kompeten dan relevan dengan kebutuhan masyarakat.
Motto
"RELIGIOUS CAMPUS WITH ENTREPRENEURSHIP SPIRIT"
PRODI
1. Prodi Fakultas Teknik
a. Prodi Teknik Industri
b. Prodi Teknik Lingkungan
c. Prodi Teknik Kimia
2. Prodi Fakultas Ilmu Komputer
a. Prodi Sistem Informasi
b. Prodi Desain Komunikasi Visual
c. Prodi Teknik Informatika
3. Prodi Fakultas Ekonomi
a. Prodi Manajemen
b. Prodi Akutansi
4. Prodi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
a. Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
b. Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 
ALAMAT
Jl. Monginsidi Dalam Kav. DPR Sidoklumpuk Sidoarjo Telp : (031) 79740999
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi Email : unu@unusida.ac.id dan Website : unusida.ac.id
 

 

       

      

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

Alumni Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo