Touring Ziarah dan Berdo'a Makam Syekh Maulana Maghribi di Wonobodro, Batang

Touring Ziarah dan Berdo'a Makam Syekh Maulana Maghribi di Wonobodro, Batang

Makam Syekh Maulana Maghribi Wonobodro Batang berada di Bukit Wonobodro, perbukitan tak begitu tinggi di Desa Wonobodro, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Kabupaten ini tepat berada di sebelah Timur Kabupaten Pekalongan, yang dilewati jalan Pantai Utara Jawa, dengan jalur tengkorak Alas Roban. Syech Maulana Maghribi adalah tokoh penyebar agama Islam sebelum masa Wali Songo. Beliau adalah Putra ulama Persia, Maulana Jumadil Kubro, yang datang dari negeri Champa (Kamboja) ke Jawa sekitar tahun 1400-an.

Beliau juga sebagai pendiri pesantren pertama di Jawa. Disini juga terdapat makam Ki Ageng Wonobodro atau yang biasa disebut sebagai Ki Ageng Pekalongan karena beliaulah pendiri Kota Pekalongan. Komplek makam ini berada di titik koordinat  -7.0871024,109.8414351 yaitu disebuah bukit yang masih terjaga kealamiannya dengan nuansa pedesaan yang masih asri dan jauh dari kebisingan. Di kawasan ini juga terdapat sebuah pancuran yang diyakini sebagai tempat Syech Maghribi mengambil air wudhu. Selain itu di sana juga terdapat tanaman yang dianggap keramat oleh warga sekitar, yakni Pohon Jlamprang. Menurut cerita pohon tersebut adalah tongkat Syech Maulana Maghribi yang ditancapkan saat hendak melakukan shalat.




Komplek pemakaman ini sepanjang tahun yaitu tepatnya pada bulan Muharram banyak dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai sudut tanah air mulai dari Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan bahkan dari Luar Pulau Jawa. Sehingga Pemerintah Kabupaten Batang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata memasukkan Komplek Makam Auliya Wonobodro ini sebagai salah satu tempat wisata religi andalan di Kabupaten Batang.  

Sumber: Dari Berbagai sumber

 

yang Sudah Mengunjungi Touring Ziarah dan Berdo'a Makam Syekh Maulana Maghribi di Wonobodro, Batang