Pesantren Al-Ishlahiyah Malang

Pesantren Al-Ishlahiyah Malang

Profil
Pondok Pesantren Al-Ishlahiyah didirikan pada tahun 1955 oleh Almarhum KH. Mahfudz Kholil bersama istri dia Hj. Hasbiyah Hamid (putri Almarhum KH. Abdul Hamid Hasbullah (adik kandung pendiri NU, KH. Abdul Wahab Hasbullah, Tambakberas Jombang ). KH. Mahfudz adalah adik ipar KH. Masykur, Menteri agama RI era Presiden Soekarno.

KH. Masykur juga telah menjadi sahabat KH. Abdul Wahab Hasbullah sebelum lahirnya jam'iyah Nahdlatul 'Ulama. Cikal bakal pondok pesantren putri Al-Ishlahiyah adalah rumah almaghfurlah KH.Kholil Asy'ari yang beristrikan Nyai Halimah (putri alm. Mbah Tohir Bungkuk) yang menjadi tempat mengaji para remaja putri di sekitar Bungkuk, Singosari, Malang, di bawah bimbingan Nyai Halimah yang wafat mendahului suaminya.

Setelah seratus hari wafatnya Nyai Halimah tahun 1953, salah satu putra KH.Kholil Asy'ari (H. Mahfudz) dinikahkan dengan putri Jombang keponakan mbah Wahab bernama Hasbiyah yang pada saat itu berusia 16 tahun. Belakangan, Ibu Hasbiyah meneruskan peran Nyai Halimah mengajar ngaji remaja putri dan kerabat-kerabat di sekitar Bungkuk.

Setelah menikah dan berputra dua, keluarga H. Mahfudz berpindah rumah di seberang rumah orang tuanya, tepatnya di Jalan Kramat, Singosari. Sebagian santri pun ikut pindah bersama keluarga H. Mahfudz-Hasbiyah. Sepeninggal KH.Mahfudz, Ibu Nyai Hasbiyah Hamid bersama putra-putrinya bertekad untuk melanjutkan cita-cita almarhum.

Dan kini, Yayasan Pondok Pesantren Al-Ishlahiyah telah berkembang dengan berbagai unit kegiatan sebagaimana yang di cita-citakan pendiri. Unit-unit kegiatan yang sekarang diselenggarakan di Yayasan Pondok Pesantren Al-Ishlahiyah adalah :
1.   Pondok Pesantren Putri Al-Ishlahiyah (sejak tahun 1955)
2.   Pondok Pesantren Putra Al-Ishlah (sejak tahun 1986)
3.   Madrasah Diniyah Putri Al-Ishlahiyah (sejak tahun 1987)
4.   Madrasah Diniyah Putra Al-Ishlah (sejak tahun 2005)
5.   PUAN Amal Hayati (Woman Crisis Centre) Al-Ishlahiyah (sejak tahun 2002)
6.   SMK Terpadu Al-Ishlahiyah (sejak tahun 2005)
7.   PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Al-Ishlah (sejak tahun 2006)
8.   Play Group Al-Ishlah (sejak tahun 2007)
9.   Sekolah Kesetaraan "Nawa Kartika" (sejak tahun 2007) Disamping unit-unit kegiatan tersebut, secara berkala Yayasan Pondok Pesantren Al-Ishlahiyah Singosari juga menyelenggarakan program pendidikan ketrampilan praktis bagi santri dan masyarakat sekitar, disamping juga menyelenggarakan bakti sosial kepada masyarakat.
Program Unggulan : Pengajian kitab kuning sesuai jenjang
Pengasuh : Hj. Anisah Mahfudz, M.Ap (Ning Anisah)
Pendiri : KH. Mahfudz Cholil dan Nyai Hj. Hasbiyah Hamid
Pendidikan
Pendidikan Formal :
1.   SMK Terpadu Al-Ishlahiyah (sejak tahun 2005) SMK Terpadu Al-Ishlahiyah memberi 4 pilihan jurusan yaitu Multimedia, Teknik Komputer dan Jaringan, Administrasi Perkantoran, dan Busana Butik
2.   Play Group Al-Ishlah (sejak tahun 2007) Play Group Al Ishlahiyah merupakan pendidikan untuk anak-anak di bawah usia 5 tahun 3. Sekolah Kesetaraan "Nawa Kartika" (sejak tahun 2007)
Pendidikan Informal :
1.   Madrasah Diniyah Putri Al-Ishlahiyah (sejak tahun 1987) Madrasah Diniyah Putri Al Ishlahiyah dan Madrasah Diniyah Putra Al Ishlah diasuh oleh guru-guru pengajar lulusan pesantren dan ahli dalam bidangnya. 2.   Madrasah Diniyah Putra Al-Ishlah (sejak tahun 2005)
Pendidikan Nonformal :
1.   PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Al-Ishlah (sejak tahun 2006)
2. Program Tahfidz Al Qur'an Program Tahfidz Al Qur'an dibina langsung oleh pengasuh pesantren Al Ishlahiyah
Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.
Ekstrakurikuler
1. Qiro’atul Qur’an
2. Tartilul Qur’an
3. Al Banjari
4. Kaligrafi
5. English Club
6. Jurnalistik
7. Futsal
8. Basket
9. Cooking Class
10. Sinematografi
11. Web Design
Alamat
Jl. Kramat No. 46, Kelurahan Pagentan, Kecamatan Singosari 65153,KAB. Malang, Jawa Timur
Telepon : (0341) 454340

 

      

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

Alumni Pesantren Al-Ishlahiyah Malang