Pesantren Miftahul Qulub Pamekasan

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Miftahul Qulub Pamekasan

PROFIL 

Pondok pesantren Miftahul Qulub dirintis oleh kyai Fadloli siraj sekitar 41 tahun silam 1960. Pondok pesantren Miftahul Qulub memberikan pengajaran dan pendidikan bagi masyarakat desa Polagan, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan beliau mendirikan masjid sebagai pusat pendidikan bagi para santri nya, yang selanjutnya masjid tersebut dijadikan sebagai pusat segala macam kegiatan keagamaan di kota Pamekasan.

Kyai Fadloli siraj adalah putra dari Kyai Sirajudin bin Nashirudin dari Desa Bettet, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan.
Santri beliau semakin hari semakin bertambah baik santri yang datang dari masyarakat kota pamekasan maupun santri yang datang dari luar kota pamekasan untuk belajar agama dan membaca Al-qur’an.Apa yang dirintis beliau inilah yang menjadi cikal bakal dari pondok pesantren Assalafy “ MIFTAHUL QULUB “

SEJARAH
Pondok pesantren Miftahul Qulub Pamekasan berdiri pada tahun 1960 M, dari tangan dingin seorang alim bernama KH. Fadholi Siraj.  Kiai Haji Fadholi sejatinya bukan asli Desa Polagan, Kecamatan Galis, yakni lokasi berdirinya pesantren bernam Miftahul Qulub ini. Sang kiai berasal dari Desa Bettet. Beliau adalah putra Kiai Sirajuddin bin Nashiruddin.

Ketika bermukim di Desa Polagan, Kiai Fadholi tidak langsung membangun pesantren. Seperti halnya cikal-bakal pesantren pada umumnya, sang kiai mengamalkan ilmunya pada masyarakat sekitar. Mengisi pengajian atau tausiah keagamaan. Lalu beliau membangun sebuah masjid. Masjid tersebut lantas menjadi pusat beliau mengajar anak-anak setempat yang oleh orang tuanya dititipkan pada beliau untuk nyantri.

Lambat laun masjid itu menyedot para generasi yang haus ilmu agama. Santri Kiai Fadholi semakin hari semakin bertambah jumlahnya. Baik santri yang datang dari masyarakat setempat maupun dari luar kota Pamekasan. Tujuannya sama, untuk belajar agama dan membaca al-Qur’an.

Dalam menjalankan kegiatan sehari-hari di pesantren, Kiai Fadholi dibantu oleh Drs. KH. Moh. Salehoddin yang bertempat tinggal di sebelah utara lokasi pondok pesantren, kira-kira 100 meter ke arah utara. Drs Salehoddin inilah yang selalu mendampingi Kiai Fadholi. Sehingga ketika sang kiai wafat, beliau yang lantas membantu menjalankan roda ponpes. Karena putra Kiai Fadholi masih kecil-kecil dan masih berada dalam dunia pendidikan.

Di bawah Drs Salehoddin, pondok pesantren Miftahul Qulub semakin lama semakin terkenal dan semakin banyak pula santrinya.Untuk mengantisipasi lonjakan santri, diupayakan membuka sebuah madrasah diniyah yang didirikan pada tahun 1993. Madrasah tersebut diberi nama Madrasah Diniyah Miftahul Qulub. Pengelolaan pendidikan tersebut tetap ditangani oleh Drs Salehoddin.

Saat Kiai Fadholi Siraj berpulang ke rahmatullah, dan bersamaan dengan itu beliau punya menantu pertama, yaitu KH. Syafiuddin, putra KH. Abd. Wahid, Nangger Sempal, Kabupaten Sampang. Sang menantu merupakan alumni sebuah pesantren di Arab Saudi. Sejak saat itu, Kiai Syafiuddin untuk sementara ditunjuk sebagai pengasuh pondok pesantren. Beliau berduet dengan Drs Salehoddin.

Pada tahun 1991, KH. Mukri Fadholi, salah satu anak lelaki Kiai Fadholi telah menamatkan studinya di beberapa pondok pesantren di Jawa timur. Saat itulah Kiai Syafiuddin selaku menantu Kiai Fadholi menyerahkan sepenuhnya pimpinan pondok pesantren dan juga pengolaan taman pendidikan Miftahul Qulub kepada Kiai Mukri. Namun, Kiai Mukri tetap didampingi oleh Drs Salehoddin.

Kiai Mukri Fadholi memulai upaya pembinaan dan pengembangan Taman Pendidikan Miftahul Qulub dan sekaligus meresmikan penamaan pondok pesantren dengan tetap mengambil nama Miftahul Qulub. Sebelumnya nama pesantren sudah dengan nama “Baqiatus Syabibah”, yang bermakna Taman Remaja.

Sejak masa Kiai Mukri mulai berdatanglah para santri untuk belajar agama dari berbagai daerah. Sehingga kala itu mulai dibangunlah bilik-bilik untuk tempat menginap  para santri yang mukim. Atas usaha keras Kiai Mukri serta dukungan masyarakat, pada tanggal 10 Januari  1992 diresmikanlah berdirinya gedung pondok  pesantren sebanyak 20 lokal dengan luas 5m x 5m x 20 lokal.

Dilihat dari segi umur, pondok pesantren ini sebenarnya terbilang sangat muda. Namun minat masyarakat untuk belajar di sini cukup besar. Sehingga tidak heran dalam kurun waktu setengah abad, Pondok Pesantren ini telah mampu menampung lebih dari 500 orang santri yang datang dari berbagai daerah di Indonesia, khususnya pulau Jawa dan kebanyakan mereka dari Jawa Timur.

Pengasuh

1. KH. Fadholi Siraj
2. KH. Abdul Hamid Mu'in
3. KH. Syafiuddin Abdul Wahid
4. KH. Abdul Mannan Fadholi
5. KH. Mukri Fadholi

PENDIDIKAN

1. MTs
2. MA
3. SMK
4. MADIN

EKSTRAKURIKULER
Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Tahsinul Qiroat
  3. Bimbingan Al Qur'an dengan Tajwid
  4. Bimbingan membaca kitab kuning
  5. Bahtsul Masa'il Diniyah
  6. Jam'iyatul Muballighin
  7. Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
  8. Seni Hadrah Al-Banjari
  9. Seni Pencak Silat Kuda Lantang
  10. Pramuka
  11. PMR
  12. Sepakbola
  13. Futsal
  14. Voli
  15. Basket
  16. Marching Band
  17. Ketrampilan Hidup: Teknisi Listrik, Teknisi Komputer Jaringan, Teknisi Informatika


Hadrah di pesantren Miftahul Qulub 


Muthola'ah kitab di pesantren Miftahul Qulub 

FASILITAS

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1. Gedung asrama pondok
  2. Gedung sekolah
  3.  Lab. Bahasa
  4.  Lab. Komputer
  5.  Lab IPA
  6.  Ruang Perpustakaan
  7. Ruang Multimedia
  8. Perpustakaan
  9.  Sarana Olahraga 
  10.  Klinik/Poskestren
  11. Workshop Elektronik dan Menjahit
  12. Mushola putra dan putri
  13.  Aula
  14. Hotspot Area



Gedung pesantren di pesantren Miftahul Qulub 


Gedung pesantren di pesantren Miftahul Qulub 

Alamat
Ds Polagan, Kec. Galis, Kab. Pamekasan, Pulau Madura, Jawa Timur
Kode Pos:    69332

Telepon:       0823-3864-8844
                     0853-3648-9795
       

 

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.