Universitas Nahdatul Ulama Kalimantan Selatan

Universitas Nahdatul Ulama Kalimantan Selatan

PROFIL
Keinginan mendirikan Perguruan Tinggi oleh sejumlah tokoh NU Kalimantan Selatan sempat dilakukan tahun 1990-an. Salah satu perintisnya adalah Prof. Drs. H. Harun Utuh (Allah yarham) dosen Unlam dan Prof. Dr. H. Zurkani Jahja (Allah jarham) dosen IAIN. Bersama sejumlah aktivis, didirikanlah “Yayasan Bintang Sembilan”. Mereka merupakan aktivis muda NU yang progresif revolusioner. Tetapi karena situasi internal dan eksternal NU kala itu tidak juga membaik, maka harapan itu tidak membuahkan hasil.

Konferensi Wilayah Nahdlatul Ulama Kalimantan Selatan tahun 2007 memilih seorang ulama sebagai Rais Syuriah (KH Ahmad Supian) dan seorang aktivis muda menjadi Ketua Tanfidziah (HM Syarbani Haira. Pasangan ini sejumlah aktivis muda lainnya, maka kenerja mereka relatif lebih surviv. KH Ahmad Supian, lulusan Pesantren Darussalam Martapura yang kemudian 9 (sembilan) tahun menekuni ilmu agama di Mekkah.

Sementara HM Syarbani Haira, mantan aktivis PMII menyelesaikan pendidikan di Pascasarjana Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, yang sehari-hari menjadi dosen di sebuah PTN di Banjarmasin. Salah satu agenda penting yang diusung Kepengurusan PWNU kalimantan Selatan masa khidmad 2007 - 2012 ini adalah mendirikan Perguruan Tinggi NU.

Maka itu, pada saat Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil) NU Kalimantan Selatan tahun 2010 di Gedung Mahligai Pancasila disertai kegiatan “Lokakarya Peluang NU Mendirikan Perguruan Tinggi” Lokakarya ini menghadirkan sejumlah tokoh, antara lain : Dr. KH. As'ad Said Aly (Wakil Ketua Umum PBNU), Prof. Dr. Ir. H. Muhammad Ruslan, MS (Rektor Universitas Lambung Mangkurat), Dr. H. Geriliansyah Basrindu, MM (Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Kalimantan Selatan), Prof. Dr. H. Abidin HH (Bendahara PBNU, dan beberapa nara sumber lainnya.

Hasil Mukerwil PWNU Kalimantan Selatan itulah yang ditindak-lanjuti oleh jajaran PWNU Kalimantan Selatan masa khidmat 2007–2012, yang ditindak-lanjuti oleh fungsionaris PWNU Kalimantan Selatan masa khidmat 2012–2017. Pada bulan Agustus 2012, PWNU Kalimantan Selatan mengajukan permohonan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mendirikan sebuah Universitas bernama Universitas Kebangsaan Nahdlatul Ulama (UK-NU) Kalimantan Selatan.

Usulan disertai dengan langkah lainnya, seperti menyiapkan pendirian sarana dan prasarana kampus, dan sejumlah dokumen lainnya yang diperlukan Kebetulan, tersedia areal kosong di lokasi ex pesantren NU di Jalan Ahmad Yani KM 12,5 Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Kini di areal tersebut sudah berdiri beberapa buah bangunan, khusus untuk perkuliahan sudah tersedia 20 ruang untuk perkuliahan.

Maksud dan Tujuan - Adapun maksud PWNU Kalimantan Selatan membangun Universitas tersebut, antara lain :
(1). Sebagai upaya dari realisasi program kerja PW Nahdlatul Ulama (UNU) Kalimantan Selatan memiliki lembaga pendidikan tinggi.
(2). Partisipasi Nahdlatul Ulama terhadap negara dalam hal penguatan sumber daya manusia (SDM), melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
(3) Melakukan penguatan terhadap internal jama'ah dan jam'iyah Nahdlatul Ulama (NU) melalui dunia akademik, demi menyongsong hari esok yang lebih baik dan kompetitif.

Sedangkan tujuan yang diharapkan dari pendirian lembaga pendirian (ma'arif) tinggi ini adalah :
(1). Terbangunnya dan tersedianya fasilitas sarana dan prasarana pendidikan.
(2). Sebagai bentuk dan kiprah nyata NU Kalimantan Selatan dalam partisipasinya dalam pembangunan nasional, guna meningkatkan kualitas (SDM).
(3). Sebagai upaya bagi NU melakukan penguatan terhadap internal jama'ah dan jam'iyah NU di daerah ini, termasuk masyarakat luas, tanpa membedakan etnik, agama, paham dan aliran yang berkembang dan diakui oleh negeri ini.
Kelembagaan
Untuk suksesnya kegiatan ini, secara internal PWNU Kalimantan Selatan telah membentuk sebuah wadah kepanitiaan yang secara khusus merancang, memonitor, mengawasi dan mengevaluasi pembangunan kampus tersebut, dengan melibatkan sejumlah elemen yang bisa memberikan masukan pemikiran dan ide-ide segar untuk akselerasi program ini.

Seluruhnya tetap dalam koridor PWNU Kalimantan Selatan, untuk melakukan pertanggung-jawaban kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan ; Wadah tersebut semula berbentuk Tim Perintis dengan jumlah 9 (sembilan) orang, dan Tim Pendiri, yang juga ( (sembilan) orang Sasaran dan Partisipan - sasaran dan partisipan dari kegiatan ini, adalah
(1). Warga nahdliyyin di semua tingkatan, pengurus dan anggotanya, termasuk dalam hal ini jajaran Banom (Badan Otonom NU), Lembaga-lembaga di lingkungan NU, serta jajaran Lajnah yang ada di lingkungan NU.
(2). Ummat Islam semua lapisan di daerah ini, bahkan juga mereka yang berasal dari kawasan lain di daerah ini.
(3). Semua warga negara Republik Indonesia yang ada di daerah ini, bahkan juga memungkinkan mereka yang berasal dari luar yang memiliki minat dan kesepahaman dengan NU di negeri ini.
Evaluasi dan Proyeksi
Semua kegiatan yang dilakukan, selalu diikuti dengan langkah evaluasi, dengan harapan agar semua kegiatan yang dilakukan bermanfaat serta bermakna. Karena itu, upaya evaluasi harus selalu dilakukan, sehingga semua aktivitas berlangsung tepat sasaran, dan berhasil guna ; Hasil evaluasi, serta semua kegiatan yang dilakukan, diproyeksikan agar dapat memberikan manfaat bagi kepentingan ummat Islam, khususnya warga nahdliyyin, masyarakat luas, nusa dan bangsa ; Ini penting dimunculkan, agar kontinyuitas negara Indonesia tetap terjaga, terpelihara, mampu mengatasi semua gerakan yang bisa merusak tatasan sosial dalam sebuah mainstrem kehidupan berbangsa dan bernegara
PRODI
1. Teknik Informatika (S1)
2. Teknik Arsitektur (S1)
3. Teknik Sipil (S1)
4. Perencanan Wilayah dan Kota atau Planologi (S1)
5. Farmasi (S1)
6. Akuntansi (S1)
7. Agribisnis (S1)
8. Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
9. Pendididkan Matematika (S1)
10. PGSD (S1) 
ALAMAT
Jl. Ahmad Yani KM.12,5 Gambut - Kab. Banjar - Prov. Kalimantan Selatan Telp/Fax (0511) 4221617
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi Email: Web : www.unu-kalsel.ac.id dan sekretariat@unu-kalsel.ac.id

 

             

         

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni Universitas Nahdatul Ulama Kalimantan Selatan