Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam U, Aceh Besar

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD0 MTS/SMP1
MA/SMA1 Maly/Univ.0
Tahfidz0 Laboratorium1
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam U, Aceh Besar

Profil
Pesantren Modern Al-Falah Abu Lam U merupakan titisan Dayah Abu Lam U yang pernah eksis dalam bidang pendidikan agama sebelum kemerdekaan RI di bawah pimpinan Tgk. Haji ‘Auf dilanjutkan oleh anak beliau Tgk. H. Umar bin ‘Auf yang kemudian untuk menyelamatkan ilmu agama hijrah bersama keluarga dan anaknya Tgk. Abdullah bin Umar Lam U ke Yan Negeri Kedah Malaysia Karena meletusnya perang Aceh-Belanda tahun 1873 dan mengajar di Dayah Yan di bawah asuhan Tgk. Muhammad Arsyad le Leubeue. Setelah keadaan Aceh normal, Tgk. Abdullah bin Umar Lam U kembali ke Aceh dan menghidupkan kembali dayah yang pernah dirintis oleh ayah dan kakeknya.

Dalam waktu yang singkat Dayah Abu Lam U banyak didatangi santri dari beberapa daerah dalam wilayah XXII mukim (Aceh Besar sekarang) dan luar XXII mukim. Dayah ini terus berkembang berkat dukungan Bangsawan Budi H.T. Panglima Polem Muhammad Ali sampai Abu Lam U meninggal pada tanggal 4 Juni tahun 1967 dan terjadi kefakuman untuk beberapa tahun. Kini Pesantren Modern Al- Falah Abu Lam u resmi didirikan kembali pada tanggal 2 Juli 1992 atas inisiatif (alm) Drs. Athailah Abu Lam U bersama tokoh-tokoh masyarakat kemukiman Lamjampok dengan menerapkan sistem pesantren terpadu tingkat SMP dan SMA yang mngikuti perkembangan zaman sebagai respon keinginan dan kebutuhan untuk mengintegrasikan antara ilmu pengetahuan dan pendidikan agama.
Pendidikan
SMP, SMA, dan Madrasah Diniyah
Fasilitas
Masjid, asrama putra dan putri terpisah, koperasi, kantor, gedung-gedung sekolah dan madrasah, perguruan tinggi, lapangan serbaguna, perpustakaan, gudang, mck, lab komputer, lab bahasa asing, parkir mobil dan motor.
Ekstrakurikuler
Seni baca Al Qur’an, kajian kitab kuning, pramuka, silat, PMR, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, Jum’at bersih, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, menjahit dan lain-lain
Alamat
Jl. Lubuk – Seuneulop Lamjampok Kec. Ingin Jaya Kab. Aceh Besar

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://www.alfalahabulamu.com

Telepon:     0813 6089 5308 (Putra)
                   0822 7454 1791 (Putri)

E-mail:        alfalahabulamu@gmail.com


 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 


 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.