Pesantren As'ad Olak Kemang Jambi

Pesantren As'ad Olak Kemang Jambi

Profil
Jika kita berbicara tentang sejarah dan perkembangan Pondok Pesantren As’ad, maka hal tersebut tidak terlepas dari keberadaan Langgar Putih yang banyak mempengaruhi keberadaan Pesantren yang kita cintai ini. Langgar Putih berlokasi di Kelurahan Ulu Gedong, didirikan pada tahun 1868 oleh Asy Syeh Khotib Mas’ud, selain sebagai tempat peribadatan masyarakat Ulu Gedong dan masyarakat Seberang Kota Jambi, Langgar Putih juga dijadikan sebagai sarana pendidikan Agama Islam.

Setelah beliau wafat ditahun 1889, usaha beliau dilanjutkan oleh keponakannya sekaligus anak angkatnya yaitu Al ‘Alimul ‘Allamah Syeh Abdul Majid Jambi, yang pada waktu belajarnya di Mekkah seangkatan dengan Syeh Ahmad Khotib Minang Kabau. Pada masa Syeh Abdul Majid Jambi inilah di Langgar Putih mulai mengadakan pengajian Kitab Kuning di daerah Kesultanan Jambi dan berlangsung hingga tahun 1904 karena beliau harus hijrah ke Mekkah gua menghindari penangkapan penjajah Belanda. Hal tersebut karena selain sebagai seorang Guru beliau juga sebagai penasehat Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi.

Pengajian di Langgar Putih kembali dibuka oleh Al ‘Alimul ‘Allamah Syeh Haji Ibrahim Putra Al ‘Alimul ‘Allamah Syeh Haji Abdul Majid Jambi yang mendirikan Madrasah Nurul Iman Ulu Gedong. Langgar Putih ini berfungsi sebagai lembaga pendidikan kembali pada tahun 1946 hingga tahun 1951 oleh K.H. Abdul Qodir Ibrahim. B. BERDIRINYA PERGURUAN AS’AD Pada tahun 1369 H, tepat tanggal 26 Jumadil Awwal 1369 H dan selesai pada tanggal 26 Dzulqo’idah 1370 H bertepatan tanggal 29 Agustus 1951 M, dengan disertai niat yang baik dan semangat yang kuat dalam menghadapi rintangan-rintangan baik yang datangnya dari pihak yang tidak setuju dengan kehadiran Perguruan/Pondok Pesantren As’ad (Ma’hadul As’ad) ini ataupun rintangan berupa biaya, namun berkat inayah dan hidayah Allah SWT maka pada tahun 1951 berdirilah sebuah gedung permanen berukuran 35 x 17 meter yang terletak diatas lahan seluas 1 ½ Ha dan pembangunan di Pondok Pesantren As’ad ini berkembang dengan pesat, terbukti dengan banyaknya gedung yang telah dibangun pihak Yayasan pada sa’at ini.

Tapi, faktor kurang luasnya lahanlah yag menjadi permasalahan pokok pihak Yayasan untuk membangun lokal/ruang yang lebih banyak untuk mendukung proses belajar mengajar di Perguruan As’ad. Ketua Yayasan Perguruan As’ad dari Masa ke Masa : 1. K.H.A. Qodir Ibrahim (1951 – 1970), sebagai mudir sejkaligus nadzir. 2. K.H.M. Yusuf Ibrahim (Ketua Yayasan) dan K.H. Nurdin Abdul Ghoni (Mudir), tahun 1970 – 1979. 3. Drs. M. Hasan K.H.A. Qodir (1979 – 1985). 4. K.H.M. Nadjmi K.H.A. Qodir (1985 – sekarang).
Pendidikan 
Pendidikan Formal :
MTs dan MA
Pendidikan non formal :
Madrasah Diniah
Fasilitas
 Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.
Ekstrakurikuler
Pembinaan Tahfidz dan Tanfidz Al-Qur'an, marawis atau hadrah, Kajian kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band, pengembangan jurnalistik dan publisistik, pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan hidup/usaha
Alamat
Pesantren As'ad Olak Kemang JL. Kyai Haji Abdul Qodir Ibrahim, No. 45, kota Jambi, Jambi
Telp : +62 741 580854
 

 

 

 

 

 

 

 

 


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni Pesantren As'ad Olak Kemang Jambi