Pondok Pesantren An-Nur Jambi

Pondok Pesantren An-Nur Jambi

Profil
Tanggal 23 Oktober 1995, bapak H. Muhlas mewakafkan sebahagian tanahnya di RT008 RW003 desa Tangkit kecamatan Sungai Gelam. Di mana pengelolaannya diserahkan kepada H. Rukani (w.2005) dan H. Marwazi yang kemudian disebut nadzir. Dalam ikrarnya, tanah tersebut diperuntukkan bagi pondok pesantren. Oleh karena itu, dilakukan berkali-kali rapat koordinasi antara nadzir dengan para muhsinin dan para alumni pondok pesantren, dan alhamdulillah dapat dirintis pendirian Pondok Pesantren yang diberi nama An-Nur, yang awalnya (dahulunya) bernama Nurul Muhajirin.

Nama awal tersebut sudah digunakan di Tangkit Baru dan dirasa terlalu panjang serta kurang mudah disebut atau diingat, maka nama tersebut dipendekkan menjadi An-Nur, agar lebih mudah diingat dan relatif lebih masyhur serta familier di telinga masyarakat. Maka atas dasar itu pondok pesantren ini dinamakan Pondok Pesantren An-Nur yang disingkat menjadi Ponpes atau Pontren An-Nur.

Untuk mewujudkan niat besar tersebut, Rabu tgl 10 Oktober 2002 (2 Sya’ban 1423) diadakan do’a bersama untuk memulai penggalian fondasi bagi gedung I (6 lokal, satu kantor, dan dua kamar mandi yang terdiri dari 14 bilik), dan Kamis 17 Oktober 2002 (9 Sya’ban 1423) peletakan batu pertama oleh pimpinan pondok dan para pengurus lainnya. Gedung I tersebut, lebih kurang 80 % dananya berasal dari H. Ruhani, dan yang 20 % dari para muhsinin (dermawan) yang lain, seperti H. Utsman Simpang Kawat, H. Hudhari Bon Sembilan, dan lain-lain. Bangunan gedung I tersebut, dianggap selesai pada tahun 2003.
Pendidikan
1. MTS
2. MA
3. Madrasah Diniah
Fasilitas
Fasilitas Pondok Pesantren : Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.
Ekstrakurukuler
Muhadasah, Lari pagi, Kepramukaan, Latihan Pidato dalm tiga bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia), Beladiri Pencak Silat dan Salto, Kursus Menjahit, Club Bola Kaki, Bola Voly, Bola Takraw,Futsal, Bulu Tangkis dan Tenis Meja dan beberapa macam LIFE SKILL lainnhya. 
Alamat
An-Nur, Jl. An-Nur RT008 RW003 desa Tangkit Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, Jambi
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi Web : http://pp.annur-tangkit.sch.id/

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni Pondok Pesantren An-Nur Jambi