Pesantren Al-Imam Ashim Makasar

Pesantren Al-Imam Ashim Makasar

Profil
MADRASAH TAHFIDZIL QUR'AN AL IMAM ASHIM merupakan suatu Lembaga Pendidikan Islam di Makassar yang ikut memelihara kemurnian Al qur'an dalam hal hafalan. Lembaga ini didirikan oleh Al-Hafidz H. SYAM AMIR YUNUS pada tahun 1999. Keberadaan lembaga ini juga dalam rangka menjawab kekhawatiran semakin langkanya penghafal Al qur'an khususnya di Indonesia bagian timur, sehingga sejak berdirinya sampai sekarang sebahagian besar santri berasal dari luar Makassar bahkan luar Sulawesi Selatan. Dengan sistem Talaqqi/Musyahafah, nilai tambah yang ditampilkan oleh lembaga ini adalah lahirnya para penghafal Al qur'an yang mempunyai kualitas dalam hafalan maupun bacaan.

Pendidikan
Madrasah Tahfidzil Qur'an terdapat 3 jenjang Program Pendidikan Al Qur'an : A. Program Binnadzar Program ini dikhususkan bagi :
1. Santri yang baru mulai belajar membaca Al Qur'an
2. Santri yang belum mampu membaca Al Qur'an dengan baik dan benar
3. Santri yang sudah mahir membaca Al Qur'an tapi belum menghafal Juz 30 dan beberapa surah yang telah ditetapkan di MTQ IA Kegiatan harian santri selama mengikuti Program Binnadzar :
1. Belajar Tajwid/Fashahah dengan menggunakan metode Jibril
2. Setoran Bacaan binnadzar 30 Juz
3. Mudarasah sendiri atau berkelompok, mulai 1 Juz hingga 3 Juz perhari dengan bacaan murattal
B. Program Tahfidz Program ini diikuti oleh santri yang sudah menyelesaikan program binnadzar, mereka mulai menghafal dari Juz 1 sampai dengan Juz 30. Kegiatan harian santri selama mengikuti Program Tahfidz :
1. Setoran hafalan tambahan dan murajaan kepada instruktur/pembina yang sudah ditetapkan
2. Fashahah Tahfidz dengan metode Jibril 3. Takrir baik sendiri-sendiri maupun berkelompok
C. Program Qiraah Sab'ah Program ini diperuntukkan bagi mereka yang sudah khatam 30 Juz bil hifdzi, agar mereka bisa mendalami ketujuh bacaan imam Qiraat beserta rawinya yang mutawatir. Bukan hanya Qiraat Imam Ashim riwayat hafs. Adapun bentuk programnya antara lain:
Tahsin Al-Qur’an (perbaikan bacaan Al-Qur’an), tahfizh Al-Qur’an (menghafal Al-Qur’an), Simaan Al-Qur’an, Pengajian kitab kuning dan shalat tarawih.
Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.
Ekstrakurikuler
Seni baca Al-Qur'an, marawis atau hadrah, baca kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band. 
Alamat
JL Tidung Mariolo, Lorong 7, No. 11B, Kec. Makassar, 90222,Sulawesi Selatan
Telp : 0411-884906 - 5062686
 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.