Pondok Pesantren La Tansa Banten

Pondok Pesantren La Tansa Banten

Profil
PONDOK PESANTREN “LA TANSA” berdiri di sebuah lembah seluas ±13 ha. yang sekelilingnya dialiri sungai Ciberang dan dikelilingi oleh gunung-gunung dan bukit yang menghijau, terhindar dari polusi udara bahkan polusi budaya dan pergaulan amoral, merupakan tempat tafaqquh fiddien yang nyaman dan rekreatif. Lembaga ini dilahirkan oleh Pondok Pesantren Daar El-Qolam Gintung, Jayanti, Tangerang, sebagai suatu pengembangan wawasan dan pengembangan daya tampung dengan sistem pendidikan serta pengajaran yang lebih variatif dan memenuhi hajat umat. yang memberikan prospek yang sangat baik untuk sebuah sarana pendidikan.

Sasaran siswa yang ditargetkan untuk menuntut ilmu di Pondok Pesantren La Tansa bukan hanya warga di wilayah ini, namun lebih jauh lagi adalah seluruh rakyat Indonesia yang ingin memperdalam ilmu umum sekaligus ingin memahami dan mengamalkan ajaran agama Islam yang baik. Hal ini terbukti dengan kehadiran para santri dari berbagai kota dan propinsi di Indonesia untuk menuntut ilmu pengetahuan di Pondok Pesantren La Tansa setiap tahunnya.

Lembaga ini dikelola oleh Yayasan “LA TANSA MASHIRO” yang didirikan oleh Drs. KH. Ahmad Rifa’i Arief (Alm) dengan Akta Notaris No. 4 Tanggal 9 Januari 1991 dan Akta perubahan No. 44 Tanggal 20 April 1998, beralamat di Parakansantri, Cipanas, Lebak, Banten. Lahirnya Pondok Pesantren “LA TANSA” didasarkan atas kesadaran untuk membangun sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa, berwawasan luas, berilmu, berakhlakul-karimah (mukminin, muttaqien dan rosikhina fil’ilmi) kelak menjadi generasi penerus bangsa, negara dan agama dalam pelbagai sektor kehidupan.
Pendidikan
Program pesantren 6 (Enam) Tahun 1. SLTP (Ma’had Mutawasithi) Terakreditasi A SK. Badan Akreditasi Nasional No.01/BAS/MN/II/2006. Program ini diperuntukkan bagi siswa lulusan Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtida’iyah dengan masa pendidikan selama enam tahun, yakni ditempuh dari kelas satu berurutan sampai kelas enam. 2. SMU (Ma’had Tsanawi) Terakreditasi B SK. Badan Akreditasi Sekolah No. 02/BASDA-BTN/SK/V2004. Program ini diperuntukkan bagi seluruh santri Pondok Pesantren La Tansa yang melanjutkan studinya pada jenjang pendidikan SMA-nya di Pondok Pesantren La Tansa dan santri pindahan dari Pondok Pesantren lain dengan terlebih dahulu mengikuti tes akademik yang telah ditentukan. Pada jenjang ini ada dua jurusan pendidikan yang dipilih oleh santri yaitu jurusan IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), jurusan IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Program 4 (Empat) Tahun Program penyetaraan Materi Pesantren & Bahasa untuk calon santri lulusan SLTP/MTs (1 Tahun); dilanjutkan Program Pesantren SMU La Tansa (3 Tahun) Program ini diperuntukan bagi santri lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Madrasah Tsanawiah (MTs). Program ini dilaksanakan selama empat tahun, tahun pertama sebagai tahun pembelajaran matei-materi kepondokkan dan kebahasaan setingkat materi kelas satu dan dua SMP, baru kemudian pada tahun kedua santri dari program ini terdaftar sebagai santri SMA dan duduk di kelas empat dengan memulai pembelajaran materi yang sama dengan santri dari program pertama (SMP). 3. Program SMK Program ini diperuntukkan bagi seluruh santri Pondok Pesantren La Tansa yang melanjutkan studinya pada jenjang pendidikan lebih tinggi dengan mengkhusukan pada bidang kejuruan yaitu SMK dengan jurusan Komputer Multimedia, Komputer Akutansi, Teknik Komputer dan Jaringan, serta Rekayasa Perangkat Lunak.
Fasilitas
Kampus santri milik sendiri, dilengkapi dengan sarana perkantoran, ruang belajar, asrama, perpustakaan, kantor OSIS (Organisasi Santri) dan KGP (Pramuka), Lab. Komputer, Lab. Fisika, Lab Kimia (Pembinaan Olimpiade, Klinik Mafikib), Lab Biologi, Lab. Bahasa, Kantin, Wartel, Tabungan Siswa, Perumahan Guru, Masjid, Dapur, Lapangan Olah Raga (Sepak Bola, Futsal, GOR Bulu Tangkis, Basket, Voli, Tenis Meja) dan gedung pertemuan. Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf) 2. Pembinaan Tilawatil Qur’an 3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab) 4. Disiplin berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari 5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah 6. Kepramukaan dan PKK 7. Pengembangan Olahraga 8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis 9. Pengembangan Seni Beladiri (Tapaksuci danPaku Banten) 10. Tahfidhul Qur’an 11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik 12. Pengembangan Exacta (Lab Skill) 13. Pengembangan Teater 14. Disiplin hidup 
Alamat
Pondok Pesantren La Tansa Parakansantri, Lebakgedong, Lebak - Banten 42372 T: (+62 252) 204-334 H: +62 877-7292-1814 E:
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi sekretariat@latansa.sch.id Website: http://latansa.sch.id

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.