Pesantren Nurul Ulum Sutojayan Blitar

Pesantren Nurul Ulum Sutojayan Blitar

Profil
PP Nurul Ulum 2 Sutojayan dirintis sejak tahun 1997 oleh KH. Agus Muadzin dan dibangun di atas tanah waqof Nahdlatul Ulama seluas + 4000 m2. Pondok pesantren ini diawali dengan didirikanya madrasah Diniyah Nidzomiyah dan kegiatan pengajian rutin subhiyah serta kegiatan-kegiatan keagamaan yang lain. Para santri madrasah diniyah tersebut umumnya berangkat dari rumah masing-masing, namun ada sebagian kecil di antara mereka yang tetap tinggal di bilik-bilik sederhana.

Dalam perkembangan selanjutnya, ada tuntutan dan desakan warga masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan formal madrasah. Oleh karenanya, pada tahun 2010, setelah mendapatkan pertimbangan dan kebijakan Pengurus Nahdlatul Ulama Kabupaten Blitar, di lokasi Madrasah Diniyah Nidzomiyah tersebut didirikan Pontren Nurul Ulum 2 yang di dalamnya diselenggarakan pula pendidikan formal MTs Maarif NU 2 Sutojayan Blitar yang seluruh siswanya wajib tinggal di Pesantren.

Program Unggulan
Program unggulan Pontren Nurul Ulum 2 Sutojayan adalah penerapan pendidikan diniyah dengan menggunakan sitem peminatan. Tujuannya adalah agar belajar santri lebih fokus. Ada tiga peminatan yang bisa dipilih: Tahfidzul Qur'an, Pendalaman Kitab Kuning dan Pengembangan Bahasa Arab Aktif. Pembiasaan 9 ubudiyyah santri sebagai upaya pendekatan kepada Allah sehingga proses tholabul ilmi bisa berhasil. 9 ubudiyah tersebut adalah: Sholat tahajjud, sholat witir, sholat jamaah, membaca al-Qur'an, shalat dhuha, shalat rawatib, puasa Senin-Kamis, istighatsah dan dawamul wudhu'.

Pengasuh : Drs. KH. Agus Muadzin, M.Pd.I.
Pendiri : Drs. KH. Agus Muadzin, M.Pd.I. 

Pendidikan
Pontren Nurul Ulum 2 Sutojayan memliki beberapa lembaga pendidikan  
Pendidikan Formal 
1. MTs Maarif NU 2 Sutojayan MTs Ma'arif NU 2 Sutojayan adalah MTs swasta terbesar di Kab. Blitar. Pada tahun 2015 telah memperoleh akreditasi A dan mulai tahun 2015 resmi melaksanakan Kurikulum 2013.

Pendidikan Informal 
1. Madin Nurul Ulum  Madin Nurul Ulum memberikan 3 pilihan peminatan; Tahfidzul Quran, Pendalaman Kitab Kuning dan Pengembangan Bahasa Arab Aktif (PBA) dengan harapan santri bisa lebih fokus dalam menjalani proses pembelajaran sesuai dengan minatnya.

Pendidikan Nonformal 
1. Tahfidz
2. Pengajian bakda subuh
3. Pengajian bakda maghrib

Fasilitas
1. POSKESTREN POSKESTREN(Pos Kesehatan Pondok Pesantren) merupakan salah satu pelayanan kesehatan santri
2. MCK rapi bersih
3. Koperasi
4. Masjid
5. Balai pertemuan
6. Tempat bermain dan bersosialisasi
7. Laboratorium Komputer
8. Perpustakaan

Ekstrakurikuler
1. Tahfidz
2. Bahasa Arab
3. Bahasa Inggris
4. Pramuka Pramuka merupakan salah satu ektra untuk menanamkan budaya disiplin, kreatif, dan jiwa kepemimpinan.
5. Membaca Qur’an Tartil
6. Komputer
7. Olahraga
8. Hadrah

Alamat
Jl. Diponegoro 105 Ds. Kedungbunder Kec. Sutojayan, 77166, Blitar
(0342)443278

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

 

 

 

Alumni Pesantren Nurul Ulum Sutojayan Blitar