Pesantren Amanatul Ummah Surabaya

Pesantren Amanatul Ummah Surabaya

Profil
Membincangkan Pondok Pesantren Amanatul Ummah tidak bisa dilepaskan dari sosok DR. KH. Asep Saifuddin Chalim, MA sebagai pendiri pengasuh dan sekaligus pemiliknya. Keberadaan pondok pesantren ini merupakan pengejawantahan dari cita-cita beliau yang banyak diilhami oleh sang ayahanda, KH Abdul Chalim *), seorang tokoh pejuang Islam nasionalis, yang ingin mewujudkan masyarakat indonesia adil dan makmur dalam ukhuwah Islamiah.

Berkaca pada keberhasilan beberapa negara maju (developing countries ) ternyata bahwa kunci kesuksesan mereka tidak lain berpokok pada keberhasilan pembangunan sumber-daya manusia ( Human Resource ) Sebagai contoh , Jepang sebagai negara yang miskin sumber daya alam (natural resource ) namun telah membawa bangsanya dalam kehidupan yang sejahtera. Apalagi Singapore negara kecil hanya kurang lebih sebesar wilayah Kabupaten Sidoarjo tidak memiliki sumber-daya alam apapun namun karena melimpahnya sumber-daya manusia yang berkualitas, negara ini telah berhasil meraih Human Development Index (HDI) di peringkat 3 dunia.

Berdasarkan realita ini DR. KH Asep Saifuddin Chalim, MA memilih jalan perjuangan untuk merealisasikan cita-cita luhurnya melalui pembangunan sumber-daya manusia yang sudah barang tentu berupa pendidikan. Sebagai konsekuensi terhadap pilihannya, DR. KH Asep Saifuddin Chalim, MA menentukan jalan hidupnya sebagai seorang pendidik sejak tahun 1971. Namun, setelah beberapa tahun lamanya, dirasakan bahwa perjuangan yang semata-mata hanya sebagai seorang pendidik ternyata tidak memberikan makna yang cukup berarti. lbarat setetes susu, dia ttdak akan mengubah wama nilanils sebelanga. Oleh karena itu, agar syiarnya bergaung lebih luas, maka Beliau mengemban amanat sebagai Kepala Sekolah SMP Bina Bangsa Surabaya. Sekali lagi, hal inipun belum memberikan hasil yang diharapkan.

Mengapa demikian ? Bak pengemudi sebuah angkutan kota yang telah ditetapkan trayeknya, maupun sebuah taxi yang arah dan tujuannya ditentukan oleh si penumpang. Dalam prakteknya, kebijakan yayasan banyak diatur oleh para pemiliknya, sementara DR. KH Asep Saifuddin Chalim MA hanyalah sebagai operator organisasi tanpa ruang besar untuk lebih kreatif. Akibatnya,banyak rencana strategis untuk meretas jalan menuju cita-citanya terhenti pada tataran ide di angan-angan saja HaI inilah yang mendorong D R . K H . Asep Saifuddin Chalim , MA mendirikan sendiri Pondok Pesantren Amanatul Ummah yang didukung oleh beberapa koleganya .
 
Dengan berbagai keterbatasan , pada awaInya lembaga ini menyelenggarakan pendidikan daIam bentuk MTs Unggulan dengan hanya 28 siswa, terdiri dari 15 putra dan 13 putri. Pada tahun 2001 ,yayasan membuka sekoIah baru , yakni MA Unggulan dengan jumlah peserta didik sebanyak 40 siswa (sekarang telah berkembang menjadi lebih dari 3000 siswa ). Meski pada awalnya yayasan ini tidak memiliki keberdayaan materi yang melimpah , namun mampu memberikan Iahan subur bagi benih -benih kreativitas dan inovasi daIam menapak titian mimpi besar para penggiatnya, terutama D R . K H . Asep Saifuddin Chalim , M A .
Pengasuh : Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim
MA
Pendiri : Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, MA

Pendidikan
 Pendidikan Formal :
1. MTS unggulan, 
2. SMP unggulan, 
3. MTS akselerasi, 
4. SMP unggulan berbasis pesantren, 
5. MA unggulan, 
6. MA Akselerasi, 
7. SMA unggulan, 
8. SMA unggulan berbasis pesantren

Pendidikan Informal :
1. Madrasah Bertaraf Internasional, 

Fasilitas
1. Masjid
2. Asrama
3. Laboratorium Komputer
4. Perpustakaan
5. MCK/WC
6. Gudang
7. Laboratorium Bahasa
8. Ruang tamu
9. Kopontren
10. Klinik Kesehatan
11. Aula
12. Lapangan


Ekstrakurikuler
1. Tahfidz al-Qur’an
2. Salat Dhuha Berjemaah
3. Pengajian Kitab Kuning
4. Musyawarah Ma’hadiyah
5. Bahtsul Ma’sail
6. Diskusi Ilmiah 
7. Hadrah/Rebana
8. Pengembangan Berbagai Olahraga
9. Keterampilan Wirausaha
10. Drumb Band
11. Pengembangan Jurnalistik dan Publish
12. Bahasa Asing
13. Pramuka, PMR, PKS, OSIS
14.
Latihan berpidato
15. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
16.Olahraga
17.Kaligrafi


Alamat
Siwalankerto Utara No. 56, 60236, Surabaya, Jawa Timur
Telepon: (031)-8419986, (031)-8434945, (0321)-8438754
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi https://amanatulummah.wordpress.com/

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

 

 

 

Alumni Pesantren Amanatul Ummah Surabaya