Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in Jombang

Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in Jombang

Profil
Pertumbuhan Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’in Pacul Gowang Jombang dengan bertambahnya waktu mengalami dinamika yang pesat ketika diasuh oleh KH. M. Abdul Aziz Manshur hal ini disebabkan oleh beberapa hal antara lain:
1.   Sistem yang diterapkan berupa Madrasah Diniyah yang berkelas dan berjenjang yang disesuaikan dengan Madrasah Hidayatul Mubtadi’in Lirboyo Kediri.
2.   Bertambahnya waktu pengajian baik yang ditangani oleh Romo Kyai ataupun para khodim beliau.
3.   sistem kepengurusan mengacu pada tatanan dan aturan organisasi, serta pengembangan Open Managemen yang dipantau langsung oleh Romo kyai.
4.   Semakin nampaknya karakter ( Maziyzah ) Pondok Pesantten sebagai lembaga Tafaqquh Fiddin. Akibat dari sebab-sebab itulah perkembangan kemajuan Pondok Pesantren semakin nyata, yang ditandai dengan munculnya lembaga-lembaga baru dibawah naungan Yayasan Tarbitun Nasyi’in ( YAMTASI ) antara lain :
-   Pada tanggal 17 Syawal 1406 H/1986 M. Madrasah resmi dibuka oleh kakak beliau K.H. Anwar mansur selaku pengasuh PP. Putri Hidayatul Mubtadiat Lirboyo Kediri.
-   Pada tahun yang sama berdirilah Pondok Pesantren Tarbiyatun Nasyi’at. Setelah dua institusi berjalan setapak demi setapak, maka semakin hari kian menunjukan sikap kedewasaanya. Setelah dianggap dewasa, lembaga Tarbiyatunnasyi’in mencoba mengembangkan sayapnya untuk lebih memantapkan ilmu keagamaan dan pengabdian pada masyarakat lingkungannya tanpa mengurangi ciri khas kesalafan yang ada

Pendidikan
A.   UNIT PENDIDIKAN FORMAL:
1.   RA ( Raudlotul athfal )
2.   MI ( Madrasah Ibtida’iyah)
3.   Madrasah Diniyah Ibtidaiyah
4.   Madrasah Diniyah Tsanawiyah
5.   Tahassus AL Qur’an
6.   Tahassus Kitab Kuning
7.   Munadhoroh
8.   Forum Tahassus Fathul Qorib Lembaga ini merupakan forum diskusi masalah-masalah fiqih dengan acuan pokok kitab fathul qorib dan didukung dengan acuan kitab-kitab lain yang diikuti oleh kelas V Ibtida’iyah sampai kelas III Tsanawiyah yang ditangani oleh Majlis Musyawarah Madrasah ( M3TN ) dan di katrol langsung oleh Kepala Madrash Diniyah.
9.   Taman Pendidikan AL Qur’an (TPQ) Lembaga ini muncul karena ada semangat pengelola Tarbiyatunnasyi’in untuk ikut andil dalm membudayakan dan memasyarakatkan AL Qur’an kepada tunas-tunas bangsa dan calon pemimpin masa depan serta mencetak santri yang qur’ani
10.   Pendidikan Setara SMPNR-SMUTN Lembaga ini dikelola oleh Drs. Abdul Mun’in Sholeh M Ag. dan sebagai penyelenggaranya adalah KH. M. Abdul Aziz Mansur sendiri, Lembaga ini dimaksudkan untuk meperluas wawasan/SDM santri dan membuka kemungkinan-kemungkinan untuk melanjutkan kejenjang sekolah formal yang lebih tinggi.

B.   UNIT PENDIDIKAN NON FORMAL
1.   Pengajian kitab kuning
2.   Pengajian Tahfidhul Qur’an
3.   Pengajian kilatan
4.   Bahtsul Masa’il
5.   Seni hadroh AL Banjari
6.   Ketrampilam Computer, Bordir, Pupuk bokashi elektronik dan lain-lain
7.   KOPONTREN
8.   FORUM MUSYAWARAH (FMPPTN)

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Pembinaan Tahfidz dan Tanfidz Al-Qur'an, marawis atau hadrah, Kajian kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band, pengembangan jurnalistik dan publisistik, pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan hidup/usaha

Alamat
Dusun Paculgowang RT.02 / RW.07, Desa Jatirejo, Diwek, Jatirejo, Jombang, Kabupaten Jombang, Jawa Timur 61471
Telepon: (0321) 866465

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.