Pesantren Ar-Rohmah Ngawi

Pesantren Ar-Rohmah Ngawi

Profil
Pondok Pesantren Islam Ar-Rohmah hadir ditengah-tengah umat sebagai lembaga Pendidikan yang siap turut andil dalam mendidik dan mengarahkan anak-anak (terkhusus putri) agar mereka dapat terhindar dari pengaruh negatif zaman yang serba modern ini, dan dapat menjadi generasi yang berakhlaq Qur'ani. Pada awal didirikan, Pondok Pesantren Islam Putri Ar-Rohmah berdiri di atas tanah milik bapak Untung di desa Terbono Selosari Kabupaten Magetan dengan luas tanah hanya 100 M² pada tanggal 15 Dzulqo'dah 1424 H yang bertepatan dengan tanggal 19 Januari 2004.

Sebagai sebuah Pondok Pesantren rintisan, ditengah menjamurnya lembaga-lembaga Pendidikan yang bonafit, maka bukanlah hal yang mudah bagi Pondok Pesantren Ar-Rohmah untuk mulai menunjukkan eksistensinya, apalagi dengan sempitnya lokasi, bangunan Pondok yang hanya berupa rumah tua, pengasuh dan pengajar yang terbatas serta minimnya sarana dan prasarana yang dimiliki.Namun demikian, dengan izin Alloh dan ringannya tangan para ikhwah, Pondok Pesantren Ar-Rohmah bisa tetap eksis hingga dapat mewisuda santriwatinya untuk yang pertama kalinya sejumlah 3 orang.

Tahun Pelajaran 2006/2007 M, Pondok Pesantren Ar-Rohmah yang terletak di desa Terbono Selosari Kabupaten Magetan diboyong ke lokasi tanah wakaf dari keluarga bapak Nur Cholis bin Marsinggih (Bulakrejo Katikan) di Dusun Bulakrejo Desa Katikan Kecamatan Kedunggalar Kabupaten Ngawi Jawa Timur. Pada bulan-bulan awal kepindahan, kegiatan belajar mengajar dan aktivitas kepondokan lainnya telah berjalan dengan lancar walaupun masih terdapat beberapa kekurangan, namun hal tersebut tidaklah menghambat perjalanan operasional Pondok Pesantren Ar-Rohmah di tempat yang baru ini.

Sejak saat itulah kepengurusan Pondok Pesantren Ar-Rohmah berada di bawah naungan Yayasan Islam Ar-Rohmah Yasiroh Cabang Ngawi. Kampus Pondok Pesantren Putri Ar-Rohmah “Bumi Al-AzKa (alas Katikan) terletak dikawasan pedesaan yang jauh dari polusi udara maupun suara juga rona lingkungan hidup alami karena masih banyak pohon-pohon sumber oksigen alam terutama flora pepohonan peneduh dan tanaman hias yang efektif menghasilkan kondisi lingkungan yang nyaman sehat dan indah. Pondok Pesantren Islam Putri Ar-Rohmah berdiri pada tanggal 19 Januari 2004 M dengan lokasi pertama di Terbono Selosari Magetan Jawa Timur

Program Unggulan :
1. Bahasa arab
2. Tahfid al qur’an
3. Kemandirian PROGRAM PENDIDIKAN

Pendidikan
Pendidikan Formal :
1. PAUD
2. TKIT
3. SDIT
4. Kuliyyatul Mu’allimat Al-Islamiyyah(KMA) tingkat Tsanwaiyah Unit KMT tingkat wustho
5. Mengadakan ujian nasional wajar dikdas (paket B) mandiri
6. Unit KMT tngkat ulya Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah (KMA) tingkat ‘Aliyah
7. Mengadakan ujian nasional paket C mandiri dan ujian pesantren Insyaallah program paket C diganti dengan PMU (pendidikan Menengah Universal)
Pendidikan Informal
1. Unit Takhosus selama 1 tahun 2. Ma’had Sighor 

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pagi 07.00 – 12.00 dan sore 16.00 – 17.00, Sholat berjama'ah lima waktu, kultum dan muhadharah tiga bahasa (Arab, Inggris dan Indonesia), Tahfizh dan tahsin Al-Qur'an, Tasmi' Al-Qur'an, Pembiasaan berbahasa Arab dan Inggris melalui tasyji'ullughoh, muhadatsah dan daily conversation, Qiroatul Kutub, Olahraga, belajar kelompok, belajar mandiri, ekstra kurikuler, kaligrafi, jurnalistik, tata boga dan menjahit.

Alamat
Bulakrejo, Kedung Gelar, Margomulyo, Kec. Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur 63217
Telepon: (0351) 7756162

 
 
Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.