Pesantren Al-Hidayah Ngawi

Pesantren Al-Hidayah Ngawi

Profil
Pondok pesantren Al Hidayah merupakan salah satu pondok pesantren yang didirikanoleh KH.Khoirul Anam Mu’min SH, MHI yang berasal dari Bojonegoro, JawaTimur. Pada tahun 1997 Pondok pesantren ini didirikan di Desa Sondriyan Desa majasem Kecamatan Kendal kabupaten Ngawi Jawa Timur tahun karena moral masyarakat Majasem semakin terkikis akan budaya hindu –budha yang masih melekat.

Dulu Sondruyan merupakan sebuah hutan yang banyak orang menganggapnya angker, tetapi muncullah tokoh masyarakat yang mengajak untuk bangkit menuju kecerahan masa depan. Seiring berjalannya waktu pondok pesantren Al Hidayah ini mulai berkembang pesat dan santrinya pun sudah mulai dari luar pulau jawa seperti Sumatra dan Papua. Ponpes Al Hidayahmerupakan pondok modern salaf yang menganut Ahlussunnah WalJama’ah dengan Nahdlotul Ulama’. Kegiatan di pondok pesantren ini sangat beragam seperti mengkaji kitab kuning, Basic English Course and Arabic, dan lain – lain.

Ponpest Al Hidayah yang mempunyai motto seperti motto NahdlotulUlama’ yaitu“ Mempertahankan Budaya Lama yang masih Baik dan Mengambil Budaya Baru yang lebih baik ingin menciptakan generasi muda yang mempunyai suri tauladan dan moral yang baik di kancah masyarakat dan generasi yang cerdas dan bermanfaat bagi agama, nusa, dan bangsa. Berjarak beberapa tahun KH.Khoirul Anam Mu’min mendirikan sekolah yang diberi nama MTs Al Hidayah yang bersebelahan dengan pondok pesantren yang siswanya masih orang – orang yang ada di daerah sekitar pondok pesantren tersebut. Dan tahun berikutnya KH.Khoirul Anam Mu’min juga mendirikan MA Al Hidayah yang juga ingin mewujudkan generasi yang cerdas, berakhlakul karimah.

Pendidikan
Aktivitas Pendidikan Lembaga pendidikan Al-Hidayah merupakan lembaga pendidikan dengan sistem pendidikan terintegrasi, yaitu perpaduan dari sistem tradisional (salaf) dan modern yang memadukan dan menyeimbangkan antara ilmu pengetahuan umum dan ilmu agama, dengan tetap menjaga serta melestarikan kearifan lokal dan tradisi-tradisi ajaran Ahlus Sunnah Wal Jama’ah. Hal ini tidak terlepas dari motto Pondok Pesantren Al-Hidayah(memelihara tradisi lama yang baik, dan mengadopsi metode baru yang lebih baik). Adapun lembaga-lembaga pendidikan tersebut di antaranya adalah

1.     Islamic Modern School (IMS) Al-Hidayah
a.     PAUD Salsabila
b.     Roudlotul Athfal (RA) Al-Hidayah
c.     Madrasah Ibtida’iyah (MI) Al-Hidayah
2.     MadrasahTsanawiyah Al-Hidayah (Matsahida)
3.     Madrasah Aliyah Al-Hidayah (Mahida) Meliputi Program Studi (Prodi) :
a.     Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
b.     Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
c.     Madrasah Aliyah Keagamaan (MAK)
d.     Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Aktivitas Lain Madrasah Diniyah Al-Hidayah (Madinah) Madrasah Diniyah Ulya Madrasah Diniyah Wustho Madrasah Al-Qur’an

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Hadrah
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Alamat
Dusun Sondriyan Desa Majasaem, Kendal, Ngawi, Jawa Timur Telepon: 0351-770539
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi     https://pondpestalhidayah.wordpress.com/

  

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

 

Alumni Pesantren Al-Hidayah Ngawi