Pesantren YPPP Miftahul Huda Bojonegoro

Pesantren YPPP Miftahul Huda Bojonegoro

Profil
YPPP. Miftahul Huda mulai didirikan pada tahun 1972 oleh KH. Abu Amar. Beliau adalah pengasuh dan pendiri pondok pesantren Miftahul Huda. Pada tahun 1972 beliau mulai mulai merintis Miftahul Huda melalui mendirikan Madrasah Diniyah dengan sistim salaf, pembelajaran untuk mendalami ilmu agama islam dan mencari bekal untuk kehidupan akhirat serta pembelajaran ilmu alat. Setelah 2 tahun berdirinya madrasah diniyah yang ada di miftahul huda beliau mendirikan lembaga pendidikan formal Madrasah Ibtidaiyah. pada tahun 1974 MI Miftahul Huda telah diresmikan oleh pemerintah sebagai lembaga pendidikan yang terakreditasi.

Setelah melihat perkembangan Madin dan MI yang ada Miftahul Huda sudah mendapat antusias dan kepercayaan dari masyarakat yang berada dilingkungan yayasan, maka pada tahun 1976 KH. Abu Amar mendirikan Madrasah Tsanawiyah yang terakreditasi dan bertujuan agar tetap memberikan yang terbaik untuk masyarakat yang khususnya sudah waktunya untuk menginjak pendidikan pada tingkat MTs. Seiring dengan berjalannya waktu untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat, maka pada tahun 2009 beliau mendirikan Sekolah Menengah Atas Islam (SMAI) yang dikepalai oleh Bpk. Muhlis,S.Pd dan Roudlotul Athfal (RA) yang juga sudah terakreditasi.

Pada tahun 2007 sampai dengan tahun 2012 MTs. Miftahul Huda dikepalai oleh Bpk. Sultonul Muhibbin, S.Pd.I (putra ke-3 KH. Abu Amar) dan sebagai ketua yayasannya adalah K. Imam Abdul Hadi (menantu ke-2 KH. Abu Amar) yang pada saat itu juga sebagai pengasuh pondok pesantren Miftahul Huda. Beliau adalah sosok figur yang sangat sempurna. Beliau termasuk kelompok kyai muda yang sukses berkarya dibidang agama dan pendidikan, melalui dakwah dan kegiatan keagamaan lainnyalah beliau mengenalkan Miftahul Muda kepada masyarakat, tapi sekarang beliau sudah tiada. K. Imam Abdul Hadi Wafat pada tagal 5 maret 2012.

Mulai saat itu semua urusan yang beliau menjadi tanggung jawab Bpk. Sultonul Muhibbin dan keluarga. Pada tahun 2012 Bpk. Sultonul Muhibbin resmi menjadi ketua yayasan. Semua urusan yang berkaitan dengan kepala Madrasah Tsanawiyah sudah dialihkan kepada Bpk. Imam Suyuti, S.Pd yang sebelumnya adalah sebagai Waka Kurikulum di MTs. Miftahul Huda.
Semua perjuangan keras beliau beliau tidaklah luput dari semua do'a dan usaha, terutama keluarga, masyarakat, dan pemerintah.

Visi dan Misi
Visi
Terwujudnya generasi yang berdedikasi tinggi, unggul dalam berprestasi dan berakhlaqul karimah.

Misi
1. Menumbuh kembangkan sikap tanggung jawab dengan berwawasan IMTAQ
2. Melaksanakan bimbingan dan pembelajaran secara aktif, kreatif,
    efektif dan menyenagkan   agar siswa dapat berkembang secara optimal,
    sesuai dengan potensi yang dimiliki.
3. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga
    sekolah/madrasah, baik dalam prestasi akademik maupun nonakademik.
4. Mendorong dan membantu setiap siswa untuk mengenali potensi dirinya,
    sehingga dapat dikembangkan secara lebih optimal.
5. Menerapkan manajemen partisipatif dengan melibatkan seluruh warga
    sekolah/Madrasah dan steak Holder.
6. Menciptakan lingkungan sekolah/Madrasah yang sehat, bersih, dan indah.
7. Melaksanakan pengembangan bidang sopan santun disekolah/Madrasah dan masyarakat.

Tujuan
1. Adanya peningkatan etos kerja, sikap dan amaliah keagamaan pada warga sekolah/Madrasah dari pada sebelumnya. 2. Adanya peningkatan kepedulian warga sekolah/Madrasah terhadap kebersihan dan keindahan lingkungan sekolah/Madrasah dari pada sebelumnya. 3. Adanya peningkatan kualitas dan kuantitas sarana/prasarana dan fasilitas yang mendukung peningkatan prestasi akademik dan non akademik. 4. Mampu bersaing dalam mengikuti berbagai kompetisi akademik dan non akademik ditingkat kecamatan, kabupaten, propinsi, dan nasional. 5. Mdanya peningkatan skor ujian nasional minimal rata-rata +1,00 dari standar yang ada. 6. Mampu mengaktualisasikan diri dalam berbagai seni dan olahraga sesuai pilihannya. 7. Mdanya peningkatan para siswa yangmemiliki minat, bakat dan kemampuan terhadap bahasa arab dan inggris. 8. Mampu memiliki kecakapan hidup personal, sosial, envieronmental dan pra-vocasional.
Pengasuh : K.H. Abu Umar
Pendiri : K.H. Abu Umar

Pendidikan
Pendidikan Formal 
1. Roudlotul Atfal (RA/TK) Akreditasi A
2. Madrasah Ibtidaiyah (MI) Akreditasi B
3. Madrasah Tsanawiyah (MTs) Akreditasi B
4. Sekolah Menengah Islam (SMAI)  Akreditasi B

Pendidikan Informal 
1. TPQ 2. Madrasah Diniyah

Pendidikan Nonformal 
1. Pengajian Sistem Salaf
2. Bimbingan Belajar

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Pembinaan Tahfidz dan Tanfidz Al-Qur'an, marawis atau hadrah, Kajian kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band, pengembangan jurnalistik dan publisistik, pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan hidup/usaha

Alamat
Jl. Raya Sendangrejo Dander No.07 Sendangrejo Dander 62171
 
 
 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Alumni Pesantren YPPP Miftahul Huda Bojonegoro