Pesantren Mathlabul Ulum Sumenep

Pesantren Mathlabul Ulum Sumenep

Profil
Awalnya Pondok Mathlabul Ulum Jambu adalah sebuah lembaga pesantren Islam yang dirintis oleh KH. Moh. Taufiqurrahman FM, hanya mengelola lembaga pendidikan dasar yang kurikulum pengajarannya memuat pelajaran-pelajaran agama, dengan nama Mathlabul Ulum Diniyah (MUD),berdiri pada tanggal 01 Maret 1979. Setelah mendapatkan simpati dan dukungan dari berbagai pihak utamanya masyarakat Jambu dan masyarakat sekitarnya maka Pondok Pesantren Mathlabul Ulum dibawah naungan Yayasan Mathlabul Ulum terus istiqomah dan mengembangkan beberapa lembaga antara lain : MTs Al-Amien berdiri tahun 1983 dan MA Al-Amien berdiri tahun 1986 yang keduanya sudah mendapat StatusTerakreditasi.

Setahun kemudian Pondok Pesantren Mathlabul Ulum tepatnya pada tanggal 7 Juni 1987 / 10 Syawal 1407. Merintis lagi lembaga program khusus yang dikenal dengan Ma'hadul Mu'allimien Al-Islamie (MMI), LembagaPendidikan Islam Sistem Mu'allimien setingkat/setara dengan MTs dan MA atau SMP dan SMA. Program pendidikannya dilaksanakan secara integratif antara Sistem Sekolah dan Sistem Pondok Pesantren.

Pendidikan
1. PAUD
2. TK
3. SDI
4. MTS
5. MA
6. MMI

Fasilitas
1. Masjid Mathlabul Ulum representatif (terpisah Pa/Pi)
2. Gedung sekolah representatif (terpisah Pa/Pi)
3. Asrama representative (terpisah Pa/Pi)
4. Wartel, Warnet dan Fotocopy
5. Gedung laboratorium bahasa
6. Laboratorium IPA 7. Perpustakaan
8. Pusat Pendidikan Komputer (PUSDIKOM)
9. 6 unit mesin jahit,
10. Lapangan olahraga, dll. M. Manajemen dan Struktur

Ekstrakurikuler
Dikemas dalam Garis-garis Besar Haluan Organisasi (GBHO) dilaksanakan di luar jam-jam pelajaran formal. Bertujuan untuk memperkuat moral dan sikap mental santri serta memperluas wawasan dan menambah bekal keterampilan secara optial. Program tersebut antara lain :
a.   Latihan dan praktik berorganisasi (kepemimpinan dan manajemen) ISMU (santri pondok putra), ORISMU (santri pondok putri), OSIS (khusus MTs,MA), GUDEP  Gerakan Pramuka (putra dan putri);
b.   Kursus-kursus dan latihan-latihan;
c.    Dinamika kelompok santri (kelompok wajib dan minat).

Alamat
Jl. Raya Lenteng Desa Jambu Kecamatan Lenteng Kabupaten Sumenep

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.