Universitas Darul Ulum Lamongan

Universitas Darul Ulum Lamongan

 Secara hakiki Unisda memiliki sejarah yang panjang namun  waktu yang pendek. Hal itu tidak lain adalah bahwa pemikiran berdirinya perguruan tinggi ini sudah ada semenjak hidupnya almarhum almaghfurlah KH. Soefyan Abd. Wahab. Saat itu beliau sebagai ulama pesantren yang berfikir progresif dan punya kepedulian terhadap pendidikan rakyat miskin, bersama saya mulai punya gagasan untuk membuat pendidikan tinggi. Pemikiran ini kira-kira sudah ada sejak akhir tahun tujuh puluhan.

     Beliau sebagai ulama pesantren yang progresif dan punya kepedulian tinggi terhadap pendidikan, saat itu mempunyai keinginan mendirikan pendidikan tingi, gagasan itu mulai mengalir dari pemikiran beliau pada tahun tujuh puluhan, tetapi sebelum gagasan itu terealisasi pada thn 1983 beliau dipanggil kehadirat Allah SWT, 3 tahun setelah itu sebagai terjemahhan dari ide yang dimaksud dirintislah oleh menantunya : Masykuri Shodiq BA ( Alm )

     Adapun sejarah berdirinya  adalah merupakan penerusan dari kelompok studi mahasiswa Undar Jombang yang bertempat di Pondok Pesantren Matholi`ul Anwar Simo Karanggeneng. Kelompok Studi dimaksud adalah pada tahun 1985, semenjak tahun inilah gagasan perguruan tinggi tersebut telah diterjemahkan ke dalam bentuk yang kurang lebih mendekati pada kenyataan sebagai lembaga perguruan tinggi sebagaimana dimaksud oleh Founding Father Pondok Pesantren Matholi`ul Anwar.

      Kelompok belajar Undar Jombang di Pesantren tersebut ternyata mendapat respon positif dari masyarkat sekitar Lamongan. Dorongan dari ulama dan masyarkat tersebut kami respon dengan memulai pengurusannya pada tahun 1987. Secara formal institusional UNISDA berdiri adalah pada tahun 1990, tonggak tahun 1990 inilah UNISDA memulai perencanaan masa depannya.  Pendirian PTS ini inspirasinya tidak sama dengan Untag, IKIP PGRI, Stesia atau Unitomo, namun PTS ini inspiratornya adalah ulama dengan nilai-nilai dasar islam yang kental.

Berdirinya sebuah perguruan tinggi ini diawali dengan didirikannya  YAYASAN UNIVERSITAS ISLAM DARUL `ULUM pada tanggal 12 November 1986 dan mengawali dengan dibentuknya kelompok belajar mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNDAR Jombang Program studi PLS ( pendidikan Luar Sekolah ) dan PBB (Psikologi Pendidikan dan Bimbingan) di PONDOK PESANTREN MATHOLI’UL ANWAR pada tahun 1985. Semenjak itulah gagasan didirikannya sebuah perguruan tinggi di pondok pesantren Matholi’ul Anwar mendekati kenyataan.
Visi & Misi
Visi
Menjadi Universitas yang Berdaya Saing Kuat, Mandiri, Berbudaya, Islami dan Bertaraf Internasional pada Tahun 2031
Misi
1. Mengembangkan manajemen kelembagaan dengan prinsip-prinsip tata kelola Universitas yang baik, meningkatkan kualitas SDM, menyediakan sarana-prasarana pendidikan tinggi yang memadai dan berkualitas, serta mengembangkan tata kelola keuangan institusi yang efisien, transparan dan akuntabel.
2. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas yang menghasilkan lulusan yang islami menmpunyai keunggulan kompetitif/komparatif di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.
3. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian guna mendukung/menopang pendidikan dan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan pengayaan budaya yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
4. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya sesuai dengan kepentingan masyarakat dan bangsa.
5. Meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak guna memperkaya pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi.
JURUSAN
1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
a. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
b. Pendidikan Bahasa Inggris
c. Pendidikan Matematika
2. Fakultas Teknik
a. Teknik Arsitektur
b. Teknik Sipil
3. Fakultas Pertanian
a. Agroteknologi
4. Fakultas Ekonomi
a. Prodi Manajemen
b. Prodi Akuntansi
5. Fakultas Agama Islam
a. Pendidikan Agama Islam
b. Program Studi Ekonomi Syariah
c. Pendidikan Bahasa Arab d. PGMI e. PGRA
6. Fakultas Ilmu Sosial Politik
a. Program studi ilmu pemerintahan
b. Program studi ilmu Politik
7. Fakultas Hukum
a. Ilmu Hukum
8. Fakultas MIPA
a. program studi Matematika
9. Program Pasca Sarjana
a. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
b. Pendidikan Agama Islam
 ALAMAT
Jl. Airlangga 03 Kec. Sukodadi, Lamongan, Jawa Timur
Email : humas@unisda.ac.id
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi Web : http://unisda.ac.id

 

       

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.