MA Ma’arif 19 Hasyim Asy’ari Lamongan

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga Daftar Sebagai Alumni
 
MA Ma’arif 19 Hasyim Asy’ari Lamongan

Profil
MA Ma’arif 19 Hasyim Asy’ari merupakan salah satu lembaga  pendidikan lanjutan tingkat atas yang berciri khas agama Islam,  didirikan tahun 1986 oleh tokoh dan sesepuh masyarakat  Kedungmegarih yang bernaung dalam yayasan pendidikan ma’arif.

Sebagai wujud rasa tanggung jawab moral, MA Ma’arif 19 Hasyim Asy’ari telah berusaha menempuh berbagai langkah kebijakan dalam upaya mengembangkan sistem pendidikan dan pelatihan yang adaptif, Fleksibel, dan berwawasan Global, melalui pembenahan menejemen Madrasah Berbasis sekolah (MBS), mengembangkan Kurkulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP ) mengembangkan Sarana dan  prasarana serta perubahan sistem yang lainnya demi terwujudnya  tujuan pendidikan yang diharapkan.

Dengan kehadiran sekolah yang berada di wilayah kecamatan   kembang bahu membawa manfaat yang signifikan terhadap   anemo masyarakat dalam berpartisipasi untuk memajukan   pendidikan di wilayah tersebut. Dengan menyekolahkan putra-putrinya  di madrasah tersebut para orang tua wali mempunyai harapan besar akan keberhasilan putra-putrinya untuk meraih cita-cita  di masa mendatang.

Data Sekolah

Nama Sekolah MA MA'ARIF 19 HASYIM ASY'ARI
NSM 131235240008
NISS 310130
Status Terakreditasi B
Alamat Desa Kedungmegarih, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan Kembangbahu
Telepon/HP 085646259747
Tahun Berdiri 1998
Nama Kepala Sekolah A. Hasan Mudlofar, S.Pd
Website https://maharikedungmegarih.blogspot.com
Facebook
Twitter
Email maharikedungmegarih@gmail.com
Visi, Misi, dan Tujuan

Visi ” Terwujudnya Generasi yang Islami, Berbudaya dan Berprestasi ”

Indikator-indikatornya: Berkepribadian islami :
- Terbiasa melaksanakan sholat 5 waktu.
- Terbiasa membaca Al Qur’an.
- Terbiasa melaksanakan amalan sunnah : sholat sunnah, puasa sunnah dan shodaqoh. - Terbiasa berakhlak mulia (sopan, jujur, amanah, bertanggung jawab, adil, peduli).
- Terbiasa mematuhi segala aturan yang berlaku
- Memiliki kecakapan personal dan sosial
- Memiliki kecakapan vokasional

Prestasi Akademik :
- Rata-rata nilai pelajaran sekurang-kurangnya 75.
- Masuk sepuluh besar lomba bidang studi sekurang-kurangnya tingkat kabupaten.
- Masuk sepuluh besar lomba karya ilmiah sekurang-kurangnya tingkat kabupaten.
- 100 % lulus Ujian Nasional
- Siswa yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi minimal 10 % diterima di PTN

Prestasi non Akademik :
- Masuk sepuluh besar lomba keagamaan sekurang-kurangnya tingkat kabupaten.
- Masuk sepuluh besar lomba olah raga sekurang-kurangnya tingkat kabupaten.
- Masuk sepuluh besar lomba seni budaya sekurang-kurangnya tingkat kabupaten.
- Memiliki hasil karya kreatif dan Inovatif.

B.   Misi Madrasah   
Bertolak dari visi dan indikator-indikatornya tersebut di atas, maka rumusan misi-nya adalah sebagai berikut:

  1. Melaksanakan pendidikan terpadu antara pendidikan agama dan umum dengan mengacu pada kurikulum yang berlaku
  2. Menciptakan kondisi, nuansa lingkungan yang agamis Li I’laa’i Kalimaatillaahi
  3. Menumbuhkan semangat disiplin secara intensif kepada seluruh warga Madrasah
  4. Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearifan dalam berpikir, bersikap dan bertindak
  5. Melibatkan komponen Madrasah dalam mengelola pendidikan
  6.  Memberikan pelayanan pendidikan yang mengembangkan komponen-komponen kecakapan hidup (life skill).
  7.  Memberikan pelayanan pendidikan yang efektif, efisien dan menarik dalam pencapaian prestasi akademik dan non akademik.
  8.  Memberikan pelayanan pendidikan yang bernuansa pengembangan pembelajaran imtaq dan IPTEK.
  C.   Tujuan Madrasah
Misi merupakan kegiatan jangka panjang yang masih perlu diuraikan menjadi beberapa kegiatan yang memiliki tujuan lebih detil dan lebih jelas. Berikut ini jabaran tujuan yang diuraikan dari visi dan misi di atas. Dalam waktu 4 tahun :
  1. Madrasah dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas sikap dan praktik amaliah keagamaan warga Madrasah
  2. Madrasah dapat meningkatkan kepedulian dan kesadaran warga Madrasah terhadap keamanan, kebersihan, dan keindahan lingkungan Madrasah
  3. Madrasah memiliki berbagai program penghayatan dan pengamalan agama dan kegiatan baca tulis Al Qur’an secara rutin
  4. Madrasah dapat mengembangkan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk semua mata pelajaran.
  5. Madrasah dapat menginternalisasi aspek-aspek kecakapan hidup kedalam semua mata pelajaran
  6. Madrasah memiliki program kecakapan hidup vokasional.
  7. Madrasah mencapai nilai rata-rata Ujian Akhir 75.
  8. Madrasah memiliki tim olah raga minimal 3 cabang yang mampu menjadi finalis tingkat kabupaten.
  9. Madrasah memiliki tim kesenian yang mampu tampil minimal pada acara setingkat kabupaten.
  10. Madrasah memiliki kegiatan bimbingan mata pelajaran kelompok IPTEK (pelajaran bahasa, matematika, IPS, TIK) dan mencapai nilai ketuntasan minimal 75.
 

Fasilitas

1. Gedung Sekolah
2. Gudang
3. Ruang Guru dan Staff
4. Laboratorium Komputer
5. UKS
6. Masjid
7. Pembelajaran dilengkapi LCD Proyektor
8. Tempat Parkir
9. Internet dan Hotspot area
10. Lapangan Serbaguna
11. Aula
12. Perpustakaan
13. Kantin
14. koperasi Sekolah
15. Laboratorium Bahasa Asing

Ekstrakurikuler

1. Tahfidz Qur’an
2. Menghafal Cepat Asmaul Husna
3. Kaligrafi Arab
4. Kaligrafi Umum/latin
5. Tata Boga dan Tata Busana
6. Melukis Poster
7. Elektronik dan Robotika
8. Paduan Suara
9. Pidato Multibahasa
10. Baca Al-Qur’an Bittartil
11. Baca Al-Qur’an Bittaghanni
12. Kerajinan Tangan
13. Kreasi Jilbab
14. Menjahit
15. Teater
16. Seni Hadrah
17. Marching Band / Drum Band


 

 

Alamat
Desa Kedungmegarih, Kecamatan Kembangbahu, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur
Kode Pos:
Telepon (0322) 321668
Email : maharikedungmegarih@gmail.com
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi : https://mahari.sch.id

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id

 

 

 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.