Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Cipasung

 
Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Cipasung

Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung (STT Cipasung) merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi formal yang ada di Pondok Pesantren Cipasung Singaparana Tasikmalaya Jawa Barat. Pesantren Cipasung didirikan tahun 1931 oleh almarhum KH. Ruhiat, terletak di desa Cipakat Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, sekitar 100 km dari Kota Bandung. Dalam Perkembangan selanjutnya setelah KH. Ruhiat wafat (1931-1977), perjuangan beliau diteruskan oleh KH. Moh. Ilyas Ruhiat (1977-2007), yang pernah menjabat sebagai Rais Aam PBNU (1994-1999), KH Dudung Abdul Halim, MA. (2007-2012), dan sekarang dilanjutkan oleh KH. Drs. A. Bunyamin Ruhiat, M.S.I.

Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung didirikan pada tahun 1997, melengkapi lembaga-lembaga pendidikan yang sudah ada di lingkungan Pondok Pesantren Cipasung, mulai dari Paud, TK, MI, SMPI, MTs, SMAI, MAN, dan IAIC. Pemrakarsa utama berdirinya Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung adalah Drs. H. Abdul Chobir, MT atas anjuran Pimpinan Pondok Pesantren Cipasung pada masa itu, yaitu KH. Moh. Ilyas Ruhiat. Pendirian kampus ini, juga atas bantuan dan arahan dari tim Institut Teknologi Bandung, serta dorongan dari Prof. Dr. Ginanjar Kartasasmita dan Ir. Fadel Muhammad ketika melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Cipasung. Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Cipasung periode 1997-2002 adalah Dr. Ir. Idwan Santoso, periode 2002-2014 adalah Drs. H. Abdul Chobir, MT, periode 2014-sekarang adalah Dra. Hj. N. Ida Nurhalida, MPd.
JURUSAN Program Studi :
 Teknik Industri. Teknik industri merupakan pencabangan keilmuan teknik yang berasal dari Amerika Utara. Itulah sebabnya di negara-negara eropa atau persemakmuran (commonwealth) anda tidak akan menemukan teknik industri, tetapi lebih spesifik lagi menjadi teknik manufaktur (manufacturing engineering) atau teknik manajemen (engineering management). Secara historis, teknik industri merupakan pencabangan dari keilmuan teknik mesin yang pada awalnya berfokus kepada bagaimana mengelola tidak hanya mesin-mesin manufaktur tetapi secara lebih makro: sebuah sistem manufaktur sebagai sebuah sistem terintegrasi.
Mengingat pada saat itu memang dibutuhkan seorang ahli yang tidak hanya mengerti konsep dasar permesinan tetapi juga sanggup mengelola aliran produsi, penjadwalan, biaya dan lain sebagainya yang dibutuhkan untuk mengelola sebuah sistem manufaktur. Seorang alumni Teknik Industri memiliki prospek kerja yang sangat luas, beberapa diantaranya adalah:
1. Bidang produksi/ operasi dan penjaminan mutu Lulusan TI sangat dibutuhkan khususnya untuk menangani perencanaan dan pengendalian produksi, pengendalian kualitas, pengembangan sistem manajemen kualitas. Hampir semua perusahaan membutuhkan ini, khususnya perusahaan manufaktur seperti Toyota Astra Motor, PT Rekayasa Industri, PT Krakatau Steel, dll.
2. Bidang sistem informasi Posisi yang biasanya diduduki lulusan TI misalnya staf IT, staf dalam pemasangan sistem informasi, bahkan banyak alumni yang membuka usaha di bidang software house. Perusahaan yang membutuhkan lulusan TI misalnya: SAP Indonesia, Oracle Telekomsel, Pertamina, P&G, dll.
3. Bidang pemasaran Beberapa posisi yang biasanya ditempati oleh lulusan TI misalnya market research, technical sales, dll. Misalnya di perusahaan P&G, Unilever, Nestle, Astra, dll.
4. Bidang logistik Perencanaan dan pengelolaan sistem distribusi merupakan bidang yang mulai banyak dimasuki oleh lulusan TI seperti di P&G, PT Semen Gresik, dll.
5. Bidang manajemen sumber daya manusia Pengelolaan sumber daya manusia mulai dari masalah rekruitmen, pengembangan sistem penggajian dan manajemen personalia termasuk pengembangan SDM dalam pelatihan. Alumni TI yang bekerja di bidang ini misalnya di PT Semen Padang, P&G, dll.
6. Bidang keuangan (bank dan asuransi) Misalnya BNI, Bank Mandiri, Bank Niaga, dsb. 7. Bidang konsultasi manajemen Misalnya Boston Consulting Group, Accenture, Nielsen Company, dsb
 Alamat
Jalan Raya Cisinga KM1, Cilampunghilir Padakembang, Tasikmalaya, Jawa Barat 46466 Telp : (0265) 2550424 Email : sttcipasung@ac.id
Mengenai informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi Web : https://sttcipasung.ac.id 
 

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.