Pesantren Bantargedang Tasikmalaya

Pesantren Bantargedang Tasikmalaya

Profil
Pondok Pesantren Bantargedang merupakan Pesantren Besar yang berdiri sudah hampir Se-abad sehingga sudah melahirkan alumni-alumni sukses Ratusan  Ribu banyaknya.  Maka tak heran alumni Pondok Pesantren Bantargedang tersebar di seluruh pelosok negeri ini. Santri yang menuntut ilmu datang dari berbagai penjuru daerah bahkan banyak yang dari luar Provinsi Jawa Barat sehingga Pondok Pesantren Bantargedang sudah terkenal juga dari Sabang sampai Merauke. dengan harapan, aoa yang mereka dapat dari Pondok Pesantren Bantargedang dapat bermanfa’at dengan mengamalkan ilmunya bagi masyarakat terutama dalam memperkuat aqidah, memperbaiki akhlak dan moral yang sesuai dengan ajaran Agama Islam.

Dibalik kebesarannya Pondok Pesantren Bantargedang ini tidak lain salah satunya yang paling besar dari usaha Pendirinya yaitu KH. Muhammad Ruhiat (Alm). Almarhum lahir pada tahun 1923 – wafat  tahun 1992 di Tanah Suci Mekkah saat beribadah Haji. Almarhum dimaqamkan di Mekkah. Dalam Fii Sabiilillahnya mengelola Pesantren Bantargedang almarhum ditemani seorang istri yaitu HJ. Amas Maesyaroh (Alm) wafat pada tahun 2014. Beliau memiliki 7 (Tujuh) orang anak terdiri dari empat orang anak laki-laki dan tiga orang anak perempuan yang sekarang meneruskan perjuangan beliau  dibantu para cucunya dalam mengabdikan jiwa raga dan pikirannya untuk Pondok Pesantren Bantargedang (BIC).

VISI dan MISI
VISI
"Menjadi Pesantren Salafi yang Istiqomah dalam Mencetak Kader Alim Ulama Islam yang berwawasan Global"

MISI
1. Mencetak Santri yang berakhlakul karimah.
2. mencetak santri yang memiliki ketauhidan yang kuat.
3. Mencetak santri yang memiliki mental dan spiritual yang kuat.
4. Mencetak Santri yang memiliki keluasan ilmu agama, ilmu pengetahuan dan teknologi .

Pendidikan
Madrasah Diniyah

Fasilitas
 Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Seni baca Al-Qur'an, marawis atau hadrah, baca kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band.

Alamat
Jl. Bantargedang, Kersanagara, Cibeureum, Tasikmalaya, Jawa Barat 46196
Telepon: 0822-2902-0070
 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Alumni Pesantren Bantargedang Tasikmalaya