Pesantren Darul Abror Purbalingga

Pesantren Darul Abror Purbalingga

Profil
Pada tahun 1989 didirikan Madrasah Diniyyah dengan nama Madrasah Diniyyah Al Amiriyah yang dipimpin oleh KH. Abror Mushodiq. Pada awal berdirinya, Madrasah Diniyyah ini telah mendapatkan sambutan masyarakat dengan dukungan santri mencapai 150 anak/santri, yang kesemuanya berdomisili di lingkungan sekitar masjid.

Periode Pengembangan
Dengan adanya Madrasah Diniyyah tersebut, maka banyak siswa dari luar desa Kedungjati yang mengikuti pendidikan di Madrasah Diniyyah tersebut dan bermukim di rumah KH. Abror Mushodiq, sehingga di luar kegiatan diniyyah mereka diajarkan kajian kitab-kitab keagamaan model pondok pesantren. Jumlah siswa/santri yang menetap pada saat itu 7 santri kemudian lambat laun berkembang menjadi 25 santri.

Maka pada tanggal 4 Januari 1991 diresmikan berdirinya Pondok pesantren dengan diberi nama Darunnajah dan dipimpin oleh KH. Abror Mushodiq. Pada tahun 1996 nama Darunnajah diubah menjadi Darul Abror ini dikarenakan pengasuh mendapatkan anjuran dari guru beliau yakni KH. Muhtar Syafa’at Abdul Ghofur dengan harapan dapat menjadikan pondok tersebut menjadi bertambah berkah, manfaat bagi agama, bangsa dan negara.

Seiring dengan usia pondok Pesantren Darul Abror yang semakin bertambah serta tuntutan jaman maka pada tanggal 1 Oktober 2003, dengan izin dari pihak pengasuh maka pengurus Pondok mendaftarkan pondok tersebut ke petugas akta notaris kabupaten Purbalingga yakni Bp. Heri Prastowo Wisnu Widodo, S.H. untuk diresmikan sebagai lembaga yang berbentuk yayasan dengan nama Yayasan Pondok Pesantren Putra Putri Darul Abror.

Pendidikan
Yayasan Pondok pesantren Darul Abror juga menyelenggarakan pendidikan formal yang mengacu pada kurikulum Kementrian Agama RI.
Pendidikan yang di selenggarakan  Yayasan  Pondok Pesantren Darul Abror :
1. Taman Kanak-kanak Darul Abror
2. MI  Darul Abror
3. MTs Darul Abror
4. Mad Din Al Amiriyah Sifir
5. Mad Din Al Amiriyah Ula
6. Mad Din Al Amiriyah Ulya
7. Wajar Dik Das sembilan tahun ( paket B )

Pendidikan Non Formal
1. Pengajian sorogan
2. Pengajian bandungan
3. Pengajian selasaan (setiap Selasa)
4. Pengajian alumni (setiap Jum`at Kliwon)
5. Pembacaan Mauled Nabi (setiap Malam Jum`at)
Selain membekali santri ilmu agama Yayasan Pontren Darul Abror juga membekali Santrinya ketrampilan yang berguna ketika kelak terjun di masyarakat di antaranya; pertukangan, pertanian, perikanan, perkoprasian, menjahit, komputer, rebana.

Pemberdayaan
1. Pemberdayaan Ekonomi yang di lakukan Yayasan Pontren Darul Abror
2. Kopontren Ausath berbadan hukum No : 12962/BH/KWK.II/I/1997
3. Bengkel
4. Kantin
5. Pertanian
6. Kegiatan lain
7. Mengadakan Haflah Tasyakur Lil Ikhtitam setiap tanggal 7 Sya`ban
8. Mengadakan Ziaroh Wali Songo dan Para Masyayih
9. Forum kajian kitab kuning
10. Latihan seni baca Al Qur`an

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Seni baca Al-Qur'an, marawis atau hadrah, baca kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band.

Alamat
Kedungjati Rt 01/07 Kec Bukateja, Kab Purbalingga Prop Jawa Tengah
Nomor Telepon                     : (0286) 476167 
 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

      

 

 
 

Alumni Pesantren Darul Abror Purbalingga