Pesantren Modern Al - Kautsar Banyuwangi

Pesantren Modern Al - Kautsar Banyuwangi

Profil
Yayasan Al Kaustar bertekad bulat untuk mendirikan pesantren yang dikelola dengan manajemen modern dan berasaskan ahlusunnah wa jamaah yang mampu melahirkan manusia Indonesia seutuhnya. Untuk mewujudkan tujuan Sebagaimana dimaksud, maka didirikan Pondok Pesantren Modern di Desa Tembokrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Pondok pesantren tersebut diberi nama Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Modern Al Kautsar, yanBg diresmikan pada tanggal 1 Muharam 1424 H. dibawah pengasuh KH. Nur Hamid Askandar.

Pada tahun pertama ini nama Pondok Pesantren Salafiyah Safi’iyah Modern Al Kautsar mengalami perubahan nama menjadi Pondok Pesantren Modern Al Kautsar (PP Modern Al Kautsar). dengan pertimbangan bahwa, istilah salafiyah safi’iyah sudah melekat pada istilah pesantren yang dirintis oleh para tokoh nahdhiyyin yang memegang teguh faham Ahlusunnah wal jamaah dengan Madhab Syafi’i.

Visi dan Misi
Visi
Sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa, berakhlaqul karimah, berwawasan yang luas, kualitas ilmu yang memadai, mandiri dan disiplin yang tinggi.

Misi
1. Mewujudkan Iman dan Taqwa.
2. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang efektif, kreatif dan inovatif.
3. Memberdayakan semua potensi tenaga pendidik, sarana dan prasarana.
4. Melaksanakan sistem pembelajaran dan bimbingan secara aktif, tertib, disiplin dan efisien.
5. Menumbuhkan sikap mandiri, disiplin serta berwawasan luas.

Pendidikan
Sistem Pendidikan  Balai Pendidikan Pondok Pesantren Modern Al-Kautsar meliputi sebagai berikut :
1. SMP
2. MA (Madrasah Aliyah)
3. Madrasah Diniyah

SMP dan MA Al-Kautsar dengan memakai kurikulum Dinas Pendidikan dan Departemen Agama serta kurikulum Pondok Pesantren Modern dengan Bahasa Pengantar Bahasa Arab dan Bahasa Inggris pada pukul 06.45-12.30 WIB. Madrasah Diniyah menggunakan kurikulum Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah dengan sistem ma’na gandul / tradisional dengan materi kitab kuning dengan spesialisasi Aqidah, Akhlaq, Fiqih dan ilmu alat pada pukul 14.30-15.30 WIB Pengkajian ulang (Takror) pelajaran mulai pukul 20.30-21.30 WIB. Bahasa sehari-hari diharuskan Berbahasa Arab dan Bahasa Inggris bagi santri lama dan diperbolehkan berbahasa Indo nesia bagi santri baru selama lima bulan.

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Seni baca Al-Qur'an, marawis atau hadrah, baca kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band.

Alamat
Jalan Pandan no. 340 dusun Krajan RT. 1 RW. 1 Sumbersari Srono Banyuwangi Banyuwangi, Jawa Timur. Telepon: (0333) 846162

 
 
Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

      

 

 

Alumni Pesantren Modern Al - Kautsar Banyuwangi