Pondok Pesantren Mahir Arriyadl Kediri

Pondok Pesantren Mahir Arriyadl Kediri

Profil
Pada sekitar tahun 1870 M, Hadlrotus Syaikh Imam Nawawi mendirikan sebuah Pondok Pesantren Salafiyyah yang berasaskan Ahlussunah Wal Jamaah yang kemudian bernama Ponpes"Mahir Arriyadl". Dalam memberi suri tauladan pada masyarakat Syaikh senantiasa mengedepankan sikap dan kpribadihan yang luhur.

Sekitar tahun 1968 M generasi penerus dari keluarga ndalem mendirikan Madrasah Al-Asna, yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Mahir Arriyadl, adapun Madrasah Salafiyah yaitu lembaga pendidikan khusus mendalami ilmu-ilmu agama islam terdiri dari; SP(Sekolah Persiapan)Madrasah Ibtidaiyah,Tsanawiyah,'Aliyah, Musyawirin,yang masing-masing mempunyai sistem,metode, kurikulum, jenjang, kalender pendidikan dan kepengurusan tersendiri.

Dalam kegiatan belajar mengajar Madrasah Salafiyah selalu mengikut sertakan santri secara aktif guna mempercepat keberhasilan tujuan pendidikan. Kegiatan yang selalu exsis yaitu; Pengajian kitab-kitab kuning karena penjabaran dari para Mujtahidin dan para 'ulama' salaf tertuang dalam buku-buku teks yang telah teruji(al kutub al-mu'tabarah).

Metode belajar yang digunakan dengan sistem klasikal dalam artian;wetonan, sorogan.dan bandongan. Dan masih ada lagi kegiatan ekstrakurikuler meliputi;Khatabah, Bahsul Masail, Qiroah bit taghonniy dan masih banyak lagi lainnya. sumber Almanak Pondok Pesantren Salafiyah"Mahir Arriyadl"Ringinagung Keling Kepung Pare Kediri Tahun 2011 M/1432/33 H. 

Pendidikan
SP(Sekolah Persiapan)Madrasah Ibtidaiyah,Tsanawiyah,'Aliyah, Musyawirin,yang masing-masing mempunyai sistem, metode, kurikulum, jenjang, kalender pendidikan dan kepengurusan tersendiri. Dalam kegiatan belajar mengajar Madrasah Salafiyah selalu mengikut sertakan santri secara aktif guna mempercepat keberhasilan tujuan pendidikan. Kegiatan yang selalu exsis yaitu; Pengajian kitab-kitab kuning karena penjabaran dari para Mujtahidin dan para 'ulama' salaf tertuang dalam buku-buku teks yang telah teruji(al kutub al-mu'tabarah). Metode belajar yang digunakan dengan sistem klasikal dalam artian;wetonan, sorogan.dan bandongan.   

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler  
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Hadrah
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Alamat
Ringinagung, Keling, Kec.Kepung, Kab Kediri, Indonesia (619,43 km) Kota Kediri 64294

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 
 

 

 

 

 

 

Alumni Pondok Pesantren Mahir Arriyadl Kediri