Dayah Madinatul Fata Banda Aceh

Dayah Madinatul Fata Banda Aceh

Profil
Mesjid Al qurban  merupakan mesjid utama kemukiman  lam Ara yang terletak di pinggiran kota Banda Aceh. Dalam komplek mesjid ini terdapat dua mesjid yaitu mesjid baru yang didirikan pada masa rezim orde lama, dan mesjid lama yang didirikan pada tahun 1920-an dan di renovasi pertama kali tanggal 14 -7 1956 M / 1375 H. Mesjid ini merupakan peninggalan bersejarah yang sampai sekarang masih utuh dan di fungsikan sebagai tempat ibadah dan tempat pengajian.

Di samping Mesjid lama ( mesjid tuha ) ini terdapat satu balai pengajian yang sudah di fungsikan sejak awal berdirinya mesjid dan juga merupakan warisan dari Abu Syiek Abdul Aziz. Namun dari tahun 80-an pengajian yang berlangsung di mesjid tuha dan di bale ini merupakan pengajian mingguan . Pada awal tahun 2001 timbullah pemikiran dari panitia Mesjid yang dipimpin oleh H. Ichtyar Roedyar Hamid dan tokoh tokoh masyarakat disekitarnya untuk mendirikan suatu dayah salafiah di samping Mesjid tersebut.

Setelah mengadakan musyawarah timbullah suatu hasil kesepakatan bahwa yang akan memimpin dayah tersebut adalah Tgk Atasykuri M. Hm. beliau merupakan putra daerah Lambheu ( Salah satu desa di Darul Imarah, Aceh Besar ) yang usianya masih  muda dan pada saat itu masih aktif mengajar di dayah Ruhul Fata Seulimum Aceh Besar. Kelanjutannya beberapa tokoh masyarakat meujumpai dan memohon  kepada pimpinan Dayah Ruhul Fata yaitu Tgk. H Muchtar Luthfi AW yang akrab di sapa dengan ABON agar memberi izin kepada TGK ATASYKURI untuk memimpin dayah dan membina ummat di tempat kelahirannya.

Setelah mendapat Izin dari Gurunya, akhirnya Tgk. Atasykuri M. Hm kembali ke kampung halamannya untuk mendirikan sebuah Dayah Salafiyah yang diberi nama dengan Yayasan Tgk. Abdul Aziz DAYAH MADINATUL FATA. Yayasan ini berdiri pada tanggal 05 Agustus 2001 . Awal dari pada pendirian Yayasan pertama adalah cuma satu buah Balai Pengajian, Mushalla / Masjid tua, 4 buah Bilek / Kamar Santri dan 1 kamar mandi. Luas tanah yayasan pada saat pendirian pertama adalah ± 1472 M2.

Kemudian pada tanggal 05 Januari 2002 diresmikanlah Yayasan Tgk. Abdul Aziz Dayah Madinatul Fata Oleh Al Mukarram Tgk. H. Muchtar Luthfi atau yang lebih dikenal dengan Panggilan ABON, yaitu Guru Tgk. Atasykuri M. Hm sekaligus Pimpinan Dayah Ruhul Fata Seulimuem – Aceh Besar dan  Dayah Madinatul Fata ini merupakan salah satu cabang dari Dayah Ruhul Fata Seulimum.

VISI DAN MISI VISI DAYAH MADINATUL FATA
VISI
-    Menjadikan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan agama pengkaderisasi generasi islam yang beriman, bertaqwa, akhlaqul karimah, disiplin, menguasai iptek dan ekonomi

MISI
-    Mencetak santriwan dan santriwati yang beriman, bertaqwa, berakhlaqul karimah, berjiwa pemimpin, mampu menghadapi tantangan zaman yang semakin maju serta mampu untuk maju dengan terampil menghadapi tantangan hidup, berkuwalitas, dan siap menjadi contoh di masyarakat dan memasyarakatkan islam.
-    Mencetak kader hafiz al qur’an.
-    Memberikan pendidikan kesetaraan dari jenjang sd/min   sampai  jenjang sma/ma.
-    Membangun asrama penginapan yang lebih layak dan memadai.
-    Mengembangkan koperasi sebagai penopang perekonomian pondok pesantren.
-    Menciptakan lapangan kerja bagi dewan guru dan alumni

Pendidikan
1. Majelis Ta’lim
2. Madrasah Diniyah
3. Pendidikan paket B dan C

Fasilitas
Pesantren telah memiliki fasilitas pendukung yang lengkap yaitu diantaranya :
a.    1 ruang kantor sekretariat
b.    1 ruang pustaka
c.    1 buah balai utama tempat perkumpulan/rapat
d.    6 buah balai pengajian
e.    20 ruang bilik/kamar
f.    1 buah mushalla
g.    10 buah komputer
h.    1 buah lapangan bulu tangkis

Ekstrakurikuler
Mengadakan pelatihan keahlian/ketrampilan hidup ( Life Skile ), berupa pelatihan komputer, aplikasi dan pemograman komputer, pelatihan kaligrafi Arab, dan pertukangan.

Alamat
Jalan Mesjid Al-Qurban No. 05 Gampong Lampeuot Mukim Lam Ara Kecamatan Banda Raya Kota Banda Aceh Telepon (0651) 49885

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.        

      

 

 

 

 

 

Alumni Dayah Madinatul Fata Banda Aceh