Pesantren Darul Muttaqien Temanggung

Pesantren Darul Muttaqien Temanggung

Profil
Pondok Pesantren 'Darul Muttaqien' beralamatkan di Dusun Bolong, Desa Ngaditirto Kecamatan Selopampang Kab. Temanggung lebih dikenal sebagai
Pondok Pesantren Bolong. Pengasuhnya adalah KH Cholil Asy'ari, dan karena usianya yang sudah lanjut, tanpa mengurangi Kyai yang karismatik, Pengelolaan Pendidikan Islam diserahkan kepada putra sulungnya, Gus Muhith. Dibawah pengelolaan Gus Muhith, selain tetap disuguhkan materi pelajaran salaf bagi para santri, juga dipadukan dengan pendidikan Formal, seperti Madrasah Aliyah Darul Muttaqien. Kondisi pelajar dibagi menjadi dua, dimana ada santri-santriwati yang ansih memperdalam ilmu pesantren dan ada santri-santriwati yang selain juga

Pendidikan
Jenjang Pendidikan SMP dan MA,  untuk menambah bobot pengajian, dalam pelajaran juga masih ada pengajian yang diberikan oleh santri senior yang sudah mampu. Pengajian ini mengambil celah-celah waktu senggang santri. Semua sistem yang dipergunakan adalah model bandongan, yakni guru membaca kitab, para santri kemudian memberi makna gandhul (bahasa Jawa), atau model sorogan, yakni santri membaca kitab secara aktif yang dibimbing oleh santri senior.   

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Seni baca Al-Qur'an, marawis atau hadrah, baca kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band.

Alamat
Dusun Bolong, Desa Ngaditirto Kecamatan Selopampang Kab. Temanggung
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi  http://darulmuttaqien.com

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.