Pesantren An-Nashuha Cirebon

Pesantren An-Nashuha Cirebon

Profil
Pondok Pesantren An-Nashuha didirikan pada tahun 1248 H / 1827 M oleh Embah KH. Uzer Nashuha berlokasi di Desa Kalimukti Kec. Pabedilan Kab. Cirebon, sebuah Desa yang sebelumnya bernama Kalibuntu, adalah Desa yang berada ditepian sungai Cisanggarung sebagai garis perbatasan Jawa Barat – Jawa Tengah kurang lebih 5 Km dari arah Losari dan 7 Km dari arah Ciledug.

Pondok Pesantren An-Nashuha sejak didirikannya bukan hanya mencetak para Santrinya menjadi Kadar-kader ‘Ulama untuk melestarikan estafeta Kepemimpinan Pesantren dan Izzul Islam Wal Muslimin di daerahnya masing-masing sebagai Pengawal Hazanah Keilmuan Keagamaan ditanah air, tetapi secara kolektif para Kyai Pengasuh Pesantren dan para Santri membangun Patriotisme, Nasionalisme dan Hubbul Wathan (Cinta Tanah Air).  KH. Uzer Nashuha mendirikan sebuah pesantren yang awalnya merupakan padepokan untuk memberikan pendidikan agama bagi umat islam dan sebagai symbol serta basis perlawanan terhadap penjajah Belanda pada waktu itu. 

Pendidikan
Pendidikan Formal
1. Taman Kanak-kanak Islam An-Nashuha (Bina Anaprasa/Play Group)
2. Madrasah Ibtidaiyah An-Nashuha (Tingkat Sekolah Dasar)
3. Madrasah Tsanawiyah An-Nashuha (Tingkat SLTP)
4. Madrasah Aliyah An-Nashuha (Tingkat SLTA)
5. Sekolah Tinggi Agama Islam An-Nashuha (STAI)

Pendidikan Informal
1. Taman Pendidikan Al-Qur’an An-Nashuha
2. Dirosah Diniyah Ula
3. Dirosah Diniyah Wustho
4. Dirosah Diniyah ‘Ulya
Kitab-kitab yang dikaji dalam Dirosah Diniyah bervariasi, dari mulai Ilmu Nahwu, Tauhid, Fiqih, Tajwid, Tashawuf dan lain-lain, semua itu dipelajari dalam rangka membekali Santri dalam berda’wah.   

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Seni baca Al-Qur’an, marawis atau hadrah, baca kitab kuning, pidato, pramuka, komputer, bahasa asing, kaligrafi, silat, basket, voli, sepakbola, marching band.

Alamat
Desa Kalimukti Kec. Pabedilan Kab. Cirebon

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

Alumni Pesantren An-Nashuha Cirebon