Pesantren Annihayah Karawang

Pesantren Annihayah Karawang

Profil
Pondok Pesantren ANNIHAYAH lahir, terinspirasi dari kenyataan masih banyak saudara kita yang bernasib kurang beruntung. Maka berdasarkan hal tersebut diatas, kami Keluarga besar Yayasan Annihayah merasa terpanggil untuk dapat membantu dan mengantarkan mereka menuju gerbang cita-cita. Oleh karenanya dengan segala keterbatasan dan pasrah diri kepada Allah, maka berdirilah Pondok Pesantren ANNIHAYAH  pada tahun 2006 M / 1426 M.

Khusus yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan di lingkungan pesantren. Pengasuh memiliki kiat-kiat tersendiri. Obsesinya menjadikan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang berpihak kepada rakyat kecil khususnya yatim dan orang-orang tidak mampu.

Oleh karena itu, seluruh pendidikan di pondok pesantren ini diberikan secara cuma-cuma atau gratis tanpa membayar sedikit pun. Pemikiran tentang pendidikan gratis tersebut dilatarbelakangi dua realitas sosial yang terjadi di masyarakat. Pertama, biaya pendidikan yang relatif mahal.

Dan kedua, bagi anak-anak dari golongan tidak mampu yang jumlahnya sangat besar akan sulit menempuh pendidikan yang baik. Sehingga Alhamdulillah seluruh biaya pendidikan, akomodasi dan keperluan santri di tanggung oleh pesantren.

Pendidikan
Kurikulum Pesantren
Dalam kurikulum Pesantren dititikberatkan dalam penguasaan Kitab Kuning dengan diperbanyaknya pengkajian Nahwu, Shorof dan Fiqih. Sehingga di programkan anak harus dapat membaca dan memahami kitab kuning minimal 3 tahun. Hal ini sesuai dengan tingkatan kelas yang ada di pesantren ini yaitu : Kelas Ibtidaiyyah, Kelas Tsanawiyah dan Kelas Aliyah.

Pendidikan Formal:
TK, SD, MTs, dan SMK

Fasilitas
Sarana pendidikan terpisah untuk Putra/Putri, Masjid, Asrama, Ruang kelas Representatif , Ruang Praktek SMK, Koperasi, Unit Usaha.

Ekstrakurikuler  
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Hadrah
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Alamat
Desa Sukamerta, Kec. Rawamerta Kab. Karawang – Jawa Barat Indonesia 41382 Telp : 0267 – 123 45678

      

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.