Pesantren Al Balagh Lamongan

Pesantren Al Balagh Lamongan

Profil
Pondok Pesantren Al Balagh ini terletak  di Desa Bulutigo Kecamatan Laren Kabupaten Lamongan. adalah satu satunya pesantren yang ada di Desa tersebut. Mula-mula dirintis oleh seorang kiyai yang bernama irsyad pada tahun 1880-1895 kemudian secara estafet dilanjutkan oleh masing masing, KH Abd Fakih,KH Yasin pada tahun 1895-1920, KH Ahmad Raji 1920-1950, KH Abdulloh Zawawi 1950-1969.

Pada periode tersebut, pesantren sering mengalami vakum- kosong, ketika pada pergantian pengasuhnya, barulah pada tahun 1970 pesantren ini aktif kembali dan diasuh oleh KH Moh. Zainul Anam (Alumnus Pesantren Langitan Tuban Jawa Timur) yang kemudian diberi nama Al Balagh yang mana nama tersebut pemberian dari Al Mukarrom KH.Abd  Fakih Pengasuh Pondok Pesantren Langitan Tuban Jawa Timur.

Sekalipun pada mulanya  dengan dukungan Masyarakat yang separuh-separuh dan sarana gedung berlantai tanah berdinding bambu namun pesantren dari tahun ketahun sedikit demi sedikit semakin dirasa masyarakat akan manfaatnya maka pada tahun 1972 pesantren ini mendapat jariyah berupa sebuah rumah bekas cungkup kuburan dari salah seorang warga Desa setempat yang bernama H. Ihsan karna dirasa akan pentingnya pendidikan agama islam bagi masyarakat dan para santri, selanjutnya sangat diharapkan pesantren menjadi pusat kegiatan pendidikan Agama bagi masyarakat setempat dan sekitarnya.

Visi dan Misi
Visi
Terwujudnya faham yang agamis berfaham  ahlussunnah waljama'ah berorientasi salaf peka terhadap modernitas

Misi
1. Menigkatkan kualitas pemblajaran diniyah salafiayah.
2. Menumbuhkan etika sosial yang berhaluan aswaja denganmenerapkan nilai tasawuf, tasamuh, tawazun.
3. Melaksanakan kurukulum berdasarkan perkembangan.

Pendidikan
1)   Taman Pendidikan Al Qur’an
2)   Madrasah Ibtidaiyah
3)   Madrasah Tsanawiyah
4)   MA Al Balagh
5)   Santri Murni (tidak merangkap sekolah) / Madrasah Diniyah  

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Seni baca Al Qur’an, kajian kitab Kuning, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, Jum’at bersih, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, bahasa Asing arab dan inggris, pramuka, PMR, Silat, tata boga, tata busana, seni qasidah, latihan pidato, elektro, berjanji.

Alamat
Jl Pondok Pesantren Al Balagh Bulutigo Laren (202,58 km) Kabupaten Lamongan 62262

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.