Pesantren Bustanul Falah Brebes

Pesantren Bustanul Falah Brebes

Profil
Pondok Pesantren Bustanul Falah didirikan oleh Almarhum Almaghfurulah Bapak H. Nasori Bin Arsadirana pada tahun 1989 M berlokasi di Desa Bandungsari, Kec. Banjarharjo, Kab. Brebes, dan pertama dipimpin atau diasuh oleh Almarhum Almaghfurulah K.H. Husnan Muktar Bin Mukhtar dan dibantu oleh Almarhum KH. Elon Sahlani.

Pengambilan nama Busatanul Falah ini berasal dari dua nama pondok pesantren tempat almarhum KH. Husnan Mukhtar nyantren dulu di sana, yaitu; Pondok Pesantren Bustanul Arifin Bangbayang Bantarkawung Brebes dan Pondok Pesantren Alfalah Cimanglid Kuningan. Akan tetapi pada tahun 2006 Almarhum KH. Elon Sahlani pun dipanggil ke rahmatullah, dan Pondok Pesantren pun dipimpin oleh K. Ali Luqman.

Mulai dibantu juga oleh Putra Pertama Almarhum KH. Husnan Mukhtar yaitu K. Jajang Al Husnan pada tahun 2013 sampai sekarang. Pondok pesantren Bustanul Falah sistem pengajaran salafiyah, dimana metode sorogan dan bandungan merupakan metode utama proses belajar mengajar di pesantren ini. Hal ini tidak berarti Pondok Pesantren Bustanul Falah menolak perbaikan dan penyempurnaan metode pendidikan. Usaha penyempurnaan dan perbaikan akan terus dilakukan selama itu tidak merubah sistem salafiyah yang mengacu pada doktrin ahlu sunnah waljamaah. 

Pendidikan
Pendidikan Formal
1. TK. Tashwirul Afkar
2.  Madrasah Tsanawiyah ( MTs Plus )
3.  Madrasah Aliyah ( MA Plus )
4. Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK Plus )Program Keahlian Otomotif dan RPL

Pendidikan Nonformal
Madrasah Diniyah ( Awaliyah / Wustha / Ulya )

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Seni baca Al Qur’an, kajian kitab Kuning, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, bahasa asing arab dan inggris, pramuka, PMR,  seni hadrah, tari, marching band, latihan pidato, elektro, berjanji, pelatihan ketrampilan usaha.

Alamat
Desa Bandungsari, Kec. Banjarharjo, Kab Brebes, Jawa Tengah


Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni Pesantren Bustanul Falah Brebes