Pesantren Darussalam Brebes

Pesantren Darussalam Brebes

Profil
Brebes, kota  ini juga mencetak ulama dan pribadi-pribadi  paripuna melalui perjuangan para ulama dengan dakwahnya diantaranya adalah pondok pesantren DARUSSALAM di bawah asuhan As-Syaikh Sholeh Muhammad Basalamah.   Syaikh Sholeh Muhammad Basalamah, nama ini sungguh tidak asing lagi bagi masyarakat Brebes, melalui perjuangan yang sangat melelahkan, beliau mendirikan sebuah yayasan  Pendidikan Islam Darussalam pada tahun 1988.

Seperti kebanyakan pendidikan Islam, madrasah ini dimulai dengan santri yang sedikit, tapi hal itu tidak pernah menyurutkan semangat dan tekad As-Syaikh Sholeh untuk tetap berkhidmat kepada agama dan ummat melalui madrasah tersebut. Berselang kurang lebih 11 tahun  madrasah ini menjadi sebuah pondok pesantren yang besar, yang kemudian diberi nama Pondok Pesantren DARUSSALAM, tepatnya  pada tahun 1999 beliau yang akrab disapa Abuya oleh para santrinya, mulai menerima santri yang ingin tinggal di Pondok Pesantren Darussalam, yang sebelumnya mereka tinggal di rumah mereka masing-masing, layaknya perkembangan Zaman, Pondok ini terus berkembang. 

Baik secara kualitas maupun kuantitas. Jika kita melihat rutinitas yang terdapat di Ponpes Darussalam sungguh sangat berbeda dengan pondok-pondok lainnya, kebanyakan pondok-pondok di Indonesia selalu memperhatikan  kuantitas santrinya, tapi tidak dengan  Ponpes Darussalam, setiap tahunnya pondok  hanya menerima 20-30 santri baru yang kebanyakan dari mereka sudah menyelesaikan pendidikan SMA/MA sederajat, hal ini  dilakukan karena beberapa alasan, diantaranya  beliau ingin mengenal lebih dekat para santrinya. 

Pendidikan
Program Pendidikan: Ponpes Darussalam mendidik para santrinya dengan cara  menerapkan tarbiyyatussalaf,  yang dikolaborasiakan dengan kurikulum yang diadopsi dari pembelajaran di Timur Tengah, seperti kebanyakan pondok salaf  yang lain, pondok ini juga tidak menyertakan pendidikan  formal, seperti SD bahkan sampai Perguruan Tinggi, akan tetapi ijazah yang dikeluarkan bisa digunakan untuk mendaftar ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi, baik di Indonesia atau di Timur Tengah. Jenjang pendidikan yang ada di pondok ini  dimulai dari i'dadi, ibtida, tsanawiy, kemudian aliyah.

Fasilitas
1. Gedung Sekolah
2. Gedung Asrama Putra/Putri
3. Lab Komputer
4. Lab Bahasa
5. Aula Putra/Putri
6. Masjid
7. Lapangan Olahraga
8. Kolam
9. MCK Putra/Putri
10. Dapur

Ekstrakurikuler
1. Pengkajian Kitab Kuning
2. Kursus Komputer
3. Kursus Bahasa
4. Seni Tilawah Qur’an
5. Seni Kaligrafi
6. Olahraga dan Seni Beladiri
7. Seni Hadroh dan marawis

Alamat
Jl. Pramuka No.110 Jatibarang, Brebes, Jawa Tengah, 52261 Telepon: (0283) 6185142


Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

Alumni Pesantren Darussalam Brebes