Pesantren Al-Huda Jetis Kebumen

Pesantren Al-Huda Jetis Kebumen

Profil
Syaikhuna Wamurobbiruhina Asysyaikh Al ‘Alim Al ‘Alamah KH. Abdurrohman adalah pendiri sekaligus Pengasuh pondok pesantren Al-Huda Jetis Kutosari Kebumen yang didirikan pada tahun 1801 M. Semasa kecilnya beliau bernama Sholihin, dan hidup sebagai anak seorang petani biasa dan kehidupan sehari-harinya adalah mengembala kerbau milik pamannya, dan ketika beranjak remaja Beliau pergi ke Kota Makkah untuk menuntut ilmu.

Disana beliau belajar ilmu Tashawwuf pada Syaikh Sulaiman Zuhdhi di Jabal Qubais. Pada saat itu di Makkah terjadi kerusuhan, yaitu dimana orang-orang Wahabi selalu meneror dan memerangi orang-orang suni, karena kejadian tersebut akhirnya beliau kondur ketanah Jawa. Pondok ini terletak di Jetis, Desa Kutosari, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah.

Lokasinya sangat setrategis karena terletak di jantung kota Kebumen, pondok pesantren ini juga berdekatan dengan beberapa tempat pendidikan formal, seperti SMP, SMA, SMK dan Perguruan Tinggi, masjid Agung dan pusat pemerintahan kabupaten Kebumen, dan mulai tahun 2006 Pengasuh Pondok Pesantren sekaligus sebagai ketua Yayasan Kholidiyah, KH Wahib Machfudz mendirikan pendidikan formal yaitu SMP VIP Al-Huda dan pada tahun 2008 mendirikan SMK VIP Al-Huda yang mempuyai 3 jurusan yaitu: Farmasi, Keperawatan, dan Kimia Industri.

Visi dan Misi Pondok Pesantren Al-Huda
VISI:
1. Mewujudkan pesantren yang mampu menghasilkan lulusan yang mampu memahami dan mendalami ilmu agama, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta insan yang berbudi pekerti luhur dan berahlakul karimah.
2. Memantapkan iman dan taqwa serta mengembangkan ilmu pengetahuan agama untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat berdasarkan Al-Qur’an dan Assunnah.

MISI:
1. Beriman dan bertaqwa, berprestasi serta berakhlakul karimah.
2. Mengarahkan dan mengantarkan umat memenuhi fitrahnya sebagi khoirul ummah yang dapat memerankan kepeloporan kemajuan dan perubahan social, sehingga tercipta negera Indonesia yang Baldatun Toyyibatun wa Robbun Ghafur.

Pendidikan
Pendidikan Formal:
1. SMP VIP Al-Huda
2. SMA VIP Al-Huda
3. SMK VIP Al-Huda

  Pendidikan Informal :
1. TPQ 
2. Madrasah Diniyah

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Alamat
Jetis, Kutosari, Kebumen, Jawa Tengah Tlp (0287) 384964
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi http://www.alhudajetis.com

             

         

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.