Pesantren Darul Amin Palangkaraya

Pesantren Darul Amin Palangkaraya

Profil
Yayasan “Al Amin” didirikan secara resmi pada hari Selasa tanggal 05 Januari 1999 atau bertepatan dengan tanggal  17 Ramadhan 1419 Hijriyah dengan diterbitkannya Akta Notaris Nomor 01/1999 oleh Notaris R.A. Setiyo Hidayati, SH. Dalam akte itu disebutkan bahwa untuk pertama kalinya keanggotan dari pengurus Yayasan “Al Amin” adalah sebagai berikut :
Ketua: Prof. Dr.H.Ahmadi Isa,MA
Wakil Ketua: H. Abu Sadikin
Sekretaris: Ir.H.Abdul Mukti, MP
Bendahara: M. Syaifu I Guzi

 Berdirinya Yayasan “Al Amin” tersebut sesuai dengan saran dan aspirasi yang di sampaikan anggota masyarakat pada hari Sabtu tanggal 26 Desember 1998 untuk menaungi sebuah pondok pesantren yang di beri nama baru Pondok Pesantren “Darul Amin” yang berada di jalan Yakut I (belakang SDN Langkai 24), RT.01 RW.XIX, Komplek KPR-BTN Palangka Permal , Kelurahan Langkai , Palangkaraya Telp. (0536) 37855. Umumnya peserta rapat beranggapan bahwa dengan membentuk yayaysan sendiri, dan tidak menepel lagi dengan Pondok Pesantren “Hidayatul Insan Fii Ta’limiddin” akan dapat membawa kedua-dua pondok pesantren itu lebih baik perkembangannya, dengan keunggulan-keunggulan komperatifnya masing-masing.  

Visi Misi
Maksud, Tujuan, Visi
 Misi dan Motto Maksud, tujuan, didirikannya yayasan “Al Amin” ini secara jelas tercantum dalam akta yayasan, yakni sebagai berikut :
1. Sebagai wadah pembinaan dan pengembangan pendidikan Islam, sekaligus turut meningkatkan dan melaksanakan program pemerintah dalam masalah pendidikan.
2. Memberikan kesempatan bagi anak-anak yang ditinggalkanorang tua(yatim/piatu) dan bagi anak-anak yang tidak mampu dalam soal biaya untuk mengecap pendidikan demi memberantas buta huruf dan baca tulis.
3. Membantu dan mendorong pembinaan umat Islam yang dilaksanakan oleh organisasi-organisasi Islam lainya, agar lebih mampu berpartisipasi secara nyata dalam pembangunan masyarakat yang Islami.

V  I  S  I : 
Terwujudnya Insan  yang unggul, berprestasi, terampil denggan berdasarkan Iman dan taqwa IMTAQ.

|
M  I  S  I: 
-  Membentuk generasi Qur'ani, bertauhid, istiqomah, ikhlas berdikakasi tinggi dan mengamalkan syari’at Islam sehari-hari.

-  Mendidik dan mengembangkan generasi mukmin dan muslim yang berbudi luhur, sehat dan pengetahuan luas, berfikir luas, terampil dan mandiri serta berkhidmah kepada agama, nusa dan bangsa  
Pendidikan
Pendidikan Formal :  
MTs

Pendidikan Nonformal :
1. TPA
2. Madin
3. Jam’iyyatul Qurra wal Huffazh


Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tilawatil Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband,dan Hadrah
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha.

Alamat
Jl. Yakut I No. 17 Kel. Menteng Kec. Jekan Raya Kota Palangka Raya Kalimantan Tengah (0536) – 3237855
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi darulaminpalangkaraya.org

 

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.