Pesantren Riyadlotul ‘Uqul, Cilacap

Pesantren Riyadlotul ‘Uqul, Cilacap

Profil
Lokasi PP Riyadlotul ‘uqul berada di Desa Layansari Kec.Gandrungmangu Kab.Cilacap, atau ± 45 km ke arah barat kota cilacap. PP Riyadlotul ‘uqul didirikan oleh K.H. Abdurrohman baidlowi siroj pada tahun 1942 M. KH Abdurrohman baidlowi siroj adalah alumnus PP Miftahul ulum lirap petanahan kebumen.saat itu di asuh oleh KH.Ibrohim dan ke PP Glonggong  klirog, setelah itu beliau melanjutkan ke PP Darul Hikam Benda Pare Kediri di bawah Asuhan KH. Khozin dan PP Al Ikhsan Jampes Gampengrejo Kediri Di bawah asuhan KH Ikhsan Dahlan.

Bangunan yang dimiliki pada mulanya berupa bangunan dari kayu ( panggok ) sebanyak tiga lokal, masing – masing berukuran 3x2 m.Pada tahun1976 M. PP Riyadlotul ‘uqul membangun kamar – kamar permanen sebanyak 6 kamar dengan ukuran 3x3 m. Sedangkan  pondok putri di bangun pada tahun 1982 berupa bamgunan panggok sebanyak 4 lokal.

Sejak wafatnya K.H. Abdurrohman baidlowi siroj pada bulan Agustus 1987 M, kepemimpinan PP Riyadlotul ‘uqul dilanjutkan putra Beliau KH. Ali Masykur baidlowi dan KH Maimun thoyyib baidlowi. KH  Ali Masykur Bailowi dan KH Maimun thoyyib baidlowi adalah alumnus PP Miftahul ‘ulum lirap petanahan kebumen di bawah asuhan KH. DURMUJI IBROHIM.

Setelah itu KH.Maimun Thoyyib Baidlowi melanjutkan Di PP Al falah ploso mojo kediri di bawah asuhan KH Ahmad Djazuli ustman. dan Tabarukan di PP Bustanul Arifin Batokan Semen Kediri saat itu di asuh oleh k.Jamal. sedangkan kH. Aly Masykur Baidlowi melanjutkan di PP LIRBOYO Kediri Asuhan KH Mahrus Aly Dan KH Marzuki. Lalu Tabarukan  di PP Ainul Huda Suruh Ngronggot Nganjuk di bawah asuhan K.Badar,

    Seiring dengan bertambahnya jumlah santri pada tahun 1989 M bangunan pesantren ditambah menjadi empat kamar untuk santri putra masing- masing 3x3 m dan sepuluh kamar untuk santri putri dengan ukuran yang sama dengan berlantai dua. Pada tahun 2003  pesantren menambah fasilitas belajar berupa aula madrasah diniyah, kantor, ruang tamu dan tiga kamar untuk santri putra ( Wisma Al – Azhar ).

Pembangunan terbaru yang dilakukan PP Riyadltul ‘uqul adalah membangun komplek pemakaman di lokasi pesantren untuk keluarga pengasuh. Hal ini dilakukan 4 bulan setelah wafatnya K.H Maimun Thoyyib bailowi pada tanggal 19 Februari 2007.Sepeninggal KH. Aly Masykur Baidlowi Pada tahun 2010 Dan K. Nadzirul ikhsan,  kepemimpinan PP Riyadlotul ‘uqul dilanjutkan Oleh, Agus Bahaudin Masykur Baidlowi, Agus Zidni Thoyyib Baidlowi, Agus Hidayatul Lutfi dan di bantu santri senior, alumni dan para asatidz yang berdomisili di sekitar PP Riyadlotul ‘uqul.

Pendidikan
Madrasah Diniah

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. ZIARAH MAKAM MASYAYIKH
2. JAM’IYAH SHOLAWAT NARIYAH
3. JAM’IYAH TADARUS AL QUR’AN
4. JAM’IYAH SURAT AL WAQI’AH
5. JAM’IYAH AL BARZANJI
6. SEKOLAH KHUSUS TAHLIL & AUROD
7. TRAINING KHITOBAH
8. NADZOMAN SHROF NAHWU
9. SHOLAT MUJAHADAH / HAJAT
10. SENI BACA AL QUR’AN
11. TARTIL AL QUR’AN
12. TARTIL AL BARZANJI
13. JUM’AT BERSIH

Alamat
Jl. Tengiri No.184, Layansari, Gandrungmangu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah 53254

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

Alumni Pesantren Riyadlotul ‘Uqul, Cilacap