Ziarah di Makam Ki Bagus Kuncung, Pendakwah Agama Islam di Pati

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam Ki Bagus Kuncung, Pendakwah Agama Islam di Pati

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Ki Bagus Kuncung beliau adalah putera dari Ki Ageng Pemanahan yang menjadi ulama menyebarkan agama islam di daerah Kayen, Pati. Dikisahkan, Ki Bagus Kuncung sebagai salah satu senopati kerajaan mengantarkan Saridin atau Syeh Jangkung ke Dukuh Landoh, Kayen, setelah menumpas pageblug atau wabah penyakit di Keraton Mataram. Ki Bagus Kuncung tidak pulang, tetapi menyebarkan agama Islam di wilayah Pati selatan hingga akhir hayat dan di makamkan di Dukuh Jabung.

Profil

Ki Bagus Kuncung adalah anak dari Bagus Kacung atau Ki Ageng Mataram atau Ki Ageng Pemanahan. "Bagus Kacung punya empat istri dan sekitar 32 anak. Salah satu anaknya bernama itu Ki Bagus Kuncung. Ki Ageng Pemanahan adalah anak dari Ki Ageng Henis. Ki Ageng Henis sendiri adalah anak dari Ki Ageng Selo atau Ki Bagus Songgom. Bila dirunut ke atas, ada juga tokoh Ki Ageng Getas Pendowo, Raden Mas Bondan Kejawan atau Ki Lembu Peteng dan Roro Nawangsih.

Guru beliau selama menuntut ilmu adalah:
Saridin atau Syeh Jangkung

Lokasi Makam

Makam Ki Bagus Kuncung atau Mbah H Metaram berlokasi di Dukuh Jabung, Desa Jatiroto, Kecamatan Kayen.

Haul

Untuk mengenang Ki Bagus Kuncung atau Mbah H Metaram setiap tanggal 1 Rajab diadakan haul yang dilaksanakan selama 4 hari. Dan puncak acaranya adalah 1 Rajab yang dihadiri langsung oleh Ratu Surakarta beserta seluruh abdi dalemnya. Serta penggantian kelambu makam yang akan dilelang dan dananya untuk pembangunan area makam dan acara haul selanjutnya.

Motivasi Ziarah Menurut Syekh An Nawawi al Bantani

1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
2. Untuk mendoakan
3. Untuk mendapatkan keberkahan
4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah

Makam Ki Bagus Kuncung banyak dikunjungi para peziarah dan santri. Tak hanya datang dari wilayah Malang saja. Banyak peziarah yang datang dari luar kota dan bahkan dari luar Jawa yang berziarah di makam beliau yang berada di Kawasan Komplek pemakaman Dukuh Jabung, Desa Jatiroto, Kecamatan Kayen, Pati

Ada keyakinan dari masyarakat dan santri yang datang ke sana bahwa dengan berziarah, berdoa dan bertawassul di makamKi Bagus Kuncung,  dimudahkan dalam hajatnya, dimudahkan dalam mencari rezeki, dimudahkan dalam derajat, dan dimudahkan dalam mendapatkan keturunan anak sholeh dan sholehah

Oleh-oleh

Oleh-oleh yang bisa dibeli dan dibawa pulang usai ziarah di Pati di antaranya:
Kerupuk Udang Tambak, Brayo, Kerupuk Catak, Abon Lele, Koktail Belimbing, Jambu Air, Ikan Crispy, Wingko Salem.