Pesantren Modern Nurul Amin Kubu Raya Kalbar

Pesantren Modern Nurul Amin Kubu Raya Kalbar

Profil
Sejarah berdirinya pondok pesantren Nurul Amin berangkat dari Lembaga Kursus bahasa Asing ( Arab, Inggris ) dan kesadaran masyarakat akan arti pentingya pendidikan agama bagi kehidupan, guna mencapai kesejahteraan hidup didunia dan akhirat. Saat itu penyelenggaraan  pendidikan formal baru Madrasah Ibtidaiyah. Namun keberadaan Madrasah tersebut di anggap belum cukup untuk dijadikan sarana pembinaan keagamaan.

Untuk menarik perhatian dan simpati masyarakat  K.H. Nasiruddin, S.Sos.I, M.S.I membuka Lembaga Kursus Bahasa Asing agar lembaganya lebih berkembang, sehingga dari anggota kursus tersebut ada yang mau nyantri maka berdirilah Pondok Pesantren NURUL AMIN. Berkat kepedulian dan dukungan dari masyarakat pimpinan melanjutkan membuka pendidikan formal mulai dari tingkat atas mulai dari MA, MTs, MI, RA, dan PAUD sampai saat ini.

 Lembaga Pendidikan  Agama Islam Nurul Amin mengunakan manajemen Pondok Modern. Dalam sistem manajemen kepemimpinan Pondok pesantren sepenuhnya menyerahkan kepada pimpinan sekolah dalam pengelolaanya. Maksudnya pimpinan sekolah/madrasah memiliki Hak otonom untuk mengelola lembaga yang di pimpinnya.

Kepengurusan Pondok Pesantren Nurul Amin saat ini di naungi oleh Lembaga Pendidikan Islam Pendidikan Nurul Amin yang diketuai; H. Murad, pengurus operasionalnya lembaga mengangkat satu pimpinan yakni; Pimpinan : K. H. Nasiruddin, S.Sos., M.S.I Pembantu Pim 1 : Ust. Bahauddin, S.Pd.I. Pembantu Pim 2 : Ust. Muhamad Hasan. S.Sos.I. serta pembantu harian yang lain dalam strutur pondok pesantren Nurul Amin.

Pendidikan
Pendidikan Formal: 
1. PAUD/TK
2. Madrasah Ibtidaiyah
3. Madrasah Tsanawiyah
4. Madrasah Aliyah
5. SMK

Pendidikan Informal: 
1. Madrasah Diniah
2. Tahfidz Alqur'an 

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Seni baca Al Qur’an, kajian kitab Kuning, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, jum’at bersih, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, bahasa asing arab dan inggris, pramuka, PMR, Silat, tata boga, tata busana, seni qasidah, latihan pidato, elektro, berjanji, ketrampilan sesuai kompetensi.

Keorganisasian
- IPNU/IPPNU
- OSIS
- Pramuka
- PMR

Alamat
Jl. Parit Semangat Baru Desa Kubu Padi Kec. Kuala Mandor B, Kab. Kubu Raya

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 

 

 

Alumni Pesantren Modern Nurul Amin Kubu Raya Kalbar