Pesantren Nurul Yaqin Pariaman Padang

Pesantren Nurul Yaqin Pariaman Padang

Profil
Pondok Pesantren Nurul Yaqin adalah sebuah lembaga yang didirikan oleh Syehk. H. Ali Imran Hasan (Tuanku Mudo)  pada tahun 1960 di Korong (Jorong) Ringan-Ringan Negeri Pakandangan Kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman Provinsi Sumatera Barat.

Pondok Pesantren ini dahulu berawalnya dari beberapa Santri Tarbiyah Padang Laweh Malalo yang ikut dengan Syehk. H. Ali Imran Hasan (Tuanku Mudo) yang mendirikan Pondok Pesantren dikampung halamannya yaitu di Korong (Jorong) Ringan-Ringan yang diberi nama Pondok Pesantren Nurul Yaqin, dahulunya Pemimpin Pesantren ini menimba Ilmu Agama di Pesantren Tarbiyah Padang Laweh Malalo yang pada waktu itu Pemimpin serta Guru Besarnya ialah Syehk Zakaria Tuanku Labai Sati.

Dengan beberapa santri tersebut Pondok Pesantren Nurul Yaqin terus berkembang jaya. Pondok Pesantren Nurul Yaqin adalah sebuah lembaga yang masih utuh dan eksis mempertahankan mutu disiplin ilmu yang bersumber dari Kitab Standar atau dikenal sebagai Kitab Kuning karangan Ulama Timur Tengah tanpa kehilangan Visi dan Misi yang futristik.

Secara khusus Pondok Pesantren Nurul Yaqin menyiapkan Generasi Islam yang memiliki barometer keislaman yang kaffah sebagai basik yang utuh ditengah-tengah pendangkalan Nilai-Nilai keilmuan dan rusaknya mayoritas Umat Islam.

Visi dan Misi
-          Visi Pendidikan dan Pembinaan Pondok Pesantren Nurul Yaqin adalah:
Mewujudkan  generasi alim yang kamil (sempurna) serta diredhoi Allah swt dan siap terjun disegala aspek kehidupan masyarakat.

-          Misi Pengajaran dan Pendidikan Pondok Pesantren Nurul Yaqin adalah :
1. Menjadikan Santri Tsanawiyah yang mampu beribadah Maddah/pokok serta menguasai Qawaid Lughatul Arabiyah/Tata Bahasa Arab.
2. Menjadi Santri Aliyah yang mampu menggali sendiri  dalil-dalil ibadah serta sanggup mempertahankan dalil-dalil tersebut sekaligus menjadi panutan masyarakat.
3. Menjadi Tuanku-Tuanku/Ustadzah-Ustadzah yang mampu mencari solusi masalah fiqih yang kontenporer serta membukukannya.
4. Membekali Life Skill setiap sanntri/wati.
5. Menyediakan sarana dan prasarana yang Kondusif dan Resfentatif.

Pendidikan
Pendidikan Formal: 
1. Madrasah Tsanawiyah
2. Madrasah Aliyah

Pendidikan Informal:
1. Madrasah Diniah
2. Tahfidz Alqur'an

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
Seni baca Al Qur’an, kajian kitab Kuning, Kaligrafi, praktek mengajar, bahtsul masa’il diniyah, mading (majalah dinding), training khitobah, olahraga, bimbingan pelajaran umum, kursus komputer, bahasa asing arab dan inggris, pramuka, PMR, silat, tata boga, tata busana, seni qasidah, latihan pidato, elektro, berjanji, Ketrampilan wirausaha.

Alamat
Desa Ringan - ringan, Enam Lingkung, Parit Malintang, Pandang, 25584 Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat Telepon: (0751) 96519
 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

 

 
 

Alumni Pesantren Nurul Yaqin Pariaman Padang