Pesantren Al-Hikmah An-Najiyah Bogor

Pesantren Al-Hikmah An-Najiyah Bogor

Profil
Berawal dari pengajian Al-Quran untuk anak-anak di sebuah kontrakan yang diikuti oleh anak-anak masyarakat kampung Poncol Cirimekar Cibinong. Tradisi pengajian sore atau lepas maghrib bagi anak-anak di sebuah kampung adalah merupakan kebutuhan bagi generasi Islam pemula, maka tidak aneh kalau pengajian ini diikuti oleh hampir semua anak-anak masyarakat Cirimekar dan sekitarnya.

Tahun 1994, pengajian dengan nama TPA Al-Ikhlash ini sedikit berbeda dengan pengajian tradisional yang ada di rumah-rumah guru ngaji, karena tenaga pengajarannya dilaksanakan dengan metode IQRO, sementara di tempat-tempat lain masih menggunakan sistim Baghdadiyah (ejahan). Di awal tahun 1994 Drs. Abdul Halim Al-Qorny, sebagai pengasuh pengajian Al-Ikhlash menerima wakaf tanah dari H. Adang Zakaria seluas 285 m2 (terdiri dari dua lokasi) Pada tgl. 04 Juni 1994 terbentuklah sebuah yayasan pendidikan Islam dengan nama YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM AL-IKHLASH (Notaris HM.Adam.SH) sekaligus memulai pembangunan sarana pendidikan.

Pada tgl 1 Agustus 2001 bangunan tersebut sudah dapat diisi, walau dengan sangat darurat, rumah ustadz dan kamar santri hanya dibatasi hijab, Ponpes Al-Hikmah An-Najiyah sudah mulai melaksanakan tugas pendidikan da’wah dan pengabdiannya, dan pada waktu itu yang dapat diteima hanyalah santri putra.Sambil menyelesaikan pembangunan, pelaksanaan pendidikan kepesantrenan, majlis ta’lim dan kegiatan sosial lainnya terus dikembangkan, setahun kemudian rampung juga pembangunan ponpes tahap pertama.

Tahun 2002, di atas tanah seluas 250 m2 yang dibeli dari H. Marjuk dibangunlah bangunan dengan luas 13 X 12 m2 (dua lantai) untuk rumah di lantai bawah dan kamar santri putri di lantai atas. Tahun 2003 selesailah pembangunan ponpes tahap ke dua, dan pada taanggal 1 Agustus tahun itu resmi diisi dengan doa yang dibacaakan oleh KH. Burdah (pimpinan Pon-Pes Babakan Madang). Awal tahun 2007 ponpes mulai melaksanakan pembangunan tahap ketiga di atas tanah yang belum lama dibebaskan. Pembangunan masih berjalan, persiapan untuk mengembangkan pendidikanpun dimulai. 

VISI DAN MISI YP3I AL-HIKMAH AN-NAJIYAH
VISI :
Terwujudnya Individu Insan Beriman, Berilmu dan Bertaqwa, Menjunjung Tinggi Silaturahmi dan Toleransi, Ikhlas Berda’wah dan Ahlu Sunnah Waljama’ah

MISI :
Pendidikan Menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada ilmu amaliah, amal ilmiah dan ikhlas ilahiyah, dan hasanah fiddunnya hasanah fil akherah
Da’wah : Menyampaikan pesan Islam sebagai rahmatan lil’alamin, amar ma’ruf nahi munkar, dengan hikmah, mau’izhothul , dan uswatun hasanah secara terbuka sehingga memperbesar simpati, dan partisipasi masyarakat kepada Islam
Pengabdian : Melayani, membantu dan memberdayakan keluarga dan masyarakat sehingga mampu menampung kebutuhan masyarakat dalam berbagai situasi dan kondisi.                     

Pendidikan
Pendidikan Formal:
SMP.IT Al-Hikmah An-Najiyah

Pendidikan Informal: 
1. Madrasah Diniyah
2. Tahfidz Alqur'an
3. Majelis Taklim

Fasilitas
Masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium bahasa, gudang, kamarmandi/wc, klinik kesehatan.

Ekstrakurikuler
1. Kajian kitab-kitab kuning (kitab salaf)
2. Pembinaan Tahfidz dan Tilawatil Al-Qur’an
3. Latihan berpidato dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris dan Arab)
4. berbahasa Arab dan Inggris sehari-hari
5. Diskusi dan Penelitian Ilmiah
6. Kepramukaan
7. Pengembangan Olahraga
8. Pengembangan Seni Drumband, Qashidah dan Marawis
9. Pengembangan Seni Beladiri
10. Tahfidhul Qur’an
11. Pengembangan jurnalistik dan publisistik
12. Pengembangan Exacta (Lab Skill), Ketrampilan, Wirausaha

Alamat
Jl. Kayu Manis Kp.Poncol Rt.05/04 Kel. Cirimekar Cibinong – Bogor

 

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.